Kesehatan

7 Kandungan yang Wajib Ada Pada Obat Herbal Glaukoma

/

by Shaffi Kareem


Saat ini, sebagian masyarakat kita mulai beralih ke obat herbal. Bagaimanapun, obat herbal atau obat tradisional telah disarankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Obat herbal semakin marak digemari saat pandemi COVID-19 di mana kita berbondong-bondong untuk membeli bahan-bahan makanan alami yang baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Salah satu contoh obat herbal adalah obat herbal glaukoma yang diformulasikan untuk mencegah terjadinya dan perkembangan glaukoma. Obat herbal semacam ini pastinya mengandung bahan-bahan alami yang memiliki nutrisi yang baik untuk mata.

Selain itu, aman dikonsumsi dalam jangka panjang menjadi pertimbangan selanjutnya. Namun, obat herbal glaukoma yang baik itu seperti apa, sih?

Teman mata penasaran? Yuk, simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Apa Itu Glaukoma?

Sebelum kita membahas mengenai obat herbal glaukoma, kita akan mengulas sedikit tentang apa itu glaukoma.

Istilah glaukoma diartikan sebagai gangguan mata yang diakibatkan oleh kerusakan saraf optik mata oleh peningkatan tekanan di dalam mata atau intraokuler.  

Padahal, saraf optik mata bertugas menyalurkan sinyal dari retina ke otak dan menginterpretasikan sinyal tersebut menjadi gambar dari benda-benda yang kita lihat dengan kedua mata kita.

Dengan adanya kerusakan tersebut, tidak memungkinkan bagi kita untuk melihat benda-benda tersebut. Dalam arti lain, mata akan kehilangan penglihatan secara perlahan mulai dari penglihatan tepi (peripheral vision) hingga penglihatan utama (central vision).

Melansir dari laman Healthline, glaukoma merupakan penyebab kebutaan terbesar kedua setelah katarak. Oleh karenanya, penyakit glaukoma mata menjadi perhatian atau concern dari para ahli medis hingga Badan Kesehatan Dunia (WHO).

For your information, glaukoma tidak dapat disembuhkan bahkan dengan prosedur operasi sekalipun sebab saraf optik yang rusak sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Sehingga, kalau ada yang mengatakan menyembuhkan glaukoma itu tidak benar ya, teman mata. Sejauh ini, pengobatan atau perawatan yang ada hanya dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dan perkembangan glaukoma saja.

Untuk Lebih Jelas Terkait Penyakit Glaukoma, Kamu Bisa Baca Artikelnya nih Mengenal Glaukoma, Si Pencuri Penglihatan

Obat Herbal Glaukoma

Obat Herbal Glaukoma

Apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang obat herbal?

Obat herbal adalah obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Obat semacam ini terbilang lebih aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping tertentu.

Berbeda dengan obat-obatan medis yang terbuat dari bahan-bahan kimia dan penggunaannya harus sesuai dengan dosis pemakain. Bahkan, sebagian yang lain hanya bisa diperoleh dari resep dokter saja.

Let’s say, obat herbal glaukoma. Obat jenis ini merupakan obat dengan bahan alami yang diformulasikan khusus untuk mencegah terjadinya dan perkembangan glaukoma.

Baca Eyeducation Lainnya: Bagaimana Cara Mengatasi Mata Merah Akibat Alergi? Simak Caranya Di Sini!

Perlu kamu tahu, asupan makanan dan nutrisi sangat berpengaruh terhadap perkembangan glaukoma seperti yang disebutkan dalam riset berjudul The Role of Diet in Glaucoma: A Review of the Current Evidence.

Adapun nutrisi yang sebaiknya ada di dalam obat herbal glaukoma, di antaranya seperti:

1. Vitamin A

Sejak dahulu, vitamin A dikenal menjadi nutrisi yang sangat baik untuk mata. Bahkan, mungkin kita mengalami masa kecil dimana wortel digaungkan oleh orang tua kita sebagai sumber nutrisi untuk mata jernih dan sehat.Bukan asal-asalan, dalam studi penelitian berjudul The Effect of Vitamins on Glaucoma: A Systematic Review and Meta-Analysis, ternyata asupan harian vitamin A memiliki hubungan yang menguntungkan dengan glaukoma jenis open-angle.

2. VItamin C

Kalau membahas tentang vitamin C, pikiran kita akan langsung tertuju pada jeruk. Tapi, jeruk bukan satu-satunya sumber vitamin C, lho. Ada juga keluarga berri yang kaya akan kandungan vitamin C seperti halnya pada blueberry.

Nyatanya, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Oleh sebab itu, obat herbal glaukoma yang baik seyogyanya mengandung vitamin yang satu ini.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil penelitian dari Seguimiento University of Navarra. Disebutkan juga kalau orang yang mengonsumsi makanan atau suplemen tinggi vitamin C, 47% lebih kecil kemungkinannya mengalami perkembangan glaukoma.

3. Vitamin E

Selain vitamin A dan C, vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang harus ada di dalam obat herbal glaukoma.

Bagi kesehatan mata, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang menurunkan aktivitas peroksida pada pasien glaukoma, yang mana peroksida merupakan penyebab terjadinya kerusakan jaringan akibat adanya radikal bebas.

Selain vitamin A, ternyata wortel juga mengandung vitamin E, lho!

4. Lutein

Obat Herbal Glaukoma

Nggak kaleng-kaleng, lutein merupakan jenis antioksidan yang hampir ada pada semua vitamin mata. Senyawa luar biasa yang satu ini memang dikenal akan manfaatnya dalam memelihara kesehatan mata.

Tubuh kita tidak bisa memproduksi lutein sendiri, sehingga kita membutuhkan asupan nutrisi ini dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Melansir dari laman webmd, lutein telah terbukti dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata yang mengancam hilangnya penglihatan seperti katarak, glaukoma, AMD (Age-related Macular Degeneration), dan lain-lain.

Kandungan lutein banyak ditemukan pada buah, sayur, bahkan bunga yang berwarna terang seperti oranye dan kuning, misalnya bunga marigold atau yang dikenal dengan bunga tahi ayam.

5. Antosianin

Hasil penelitian menunjukkan kalau jenis antioksidan bernama antosianin menunjukkan manfaatnya dalam menjaga mata dari terjadinya perfusi iskemik dan neurotoksisitas.

Perfusi iskemik adalah suatu mekanisme di mana pembuluh darah mengalami kerusakan sehingga aliran darah yang menuju ke suatu organ tidak tercukupi.

Hal ini mengakibatkan darah kembali lagi dan memicu terjadinya peradangan atau kerusakan jaringan.

Sementara itu, neurotoksisitas adalah ketika zat kimia berbahaya menyerang sistem pembuluh darah. Risiko terjadinya kedua hal tersebut dapat diturunkan dengan asupan antosianin, misalnya buah bilberry.

6. Flavonoid

Sebuah studi penelitian berjudul The Effect of Flavonoids on Visual Function in Patients with Glaucoma or Ocular Hypertension: A Systematic Review and Meta-Analysis menyebutkan kalau flavonoid memiliki dampak positif bagi penderita glaukoma.

Flavonoid terbukti menunjukkan peran yang menjanjikan untuk meningkatkan fungsi penglihatan pada pasien glaukoma dan hipertensi mata (ocular hypertension).

Salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan flavonoid adalah madu. Tapi, ingat ya teman mata kalau madunya harus yang asli!

7. Polifenol

Senyawa fenol berupa polifenol berfungsi meningkatkan status antioksidan yang kerap kali disepelekan pada penyakit glaukoma.

Hal ini disebutkan dalam riset berjudul Role of Polyphenolic Compounds in Management of Oxidative Stress Associated with Glaucoma.

Madu dikenal akan kandungan antioksidannya yang luar biasa. Selain flavonoid, madu mengandung polifenol yang juga baik untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Pilihan Obat Herbal Glaukoma

Obat Herbal Glaukoma

Berbahan alami, aman dikonsumsi jangka panjang, baik untuk mencegah terjadinya dan perkembangan glaukoma, siapa yang tidak tergiur dengan deretan manfaat tersebut.

Selain itu, sangat sulit mencari obat herbal glaukoma yang mencakup manfaat di atas. Eitssss sulit bukan berarti tidak ada, ya!

Ada salah satu obat herbal glaukoma adalah madu mata Eyebost yang menawarkan manfaat yang sangat menjanjikan. Mulai dari mencegah kamu terkena glaukoma hingga mencegah perkembangannya, bahkan memelihara kesehatan mata secara umum.

Di dalam Eyebost, terkandung nutrisi lengkap untuk mata seperti vitamin A, C, E, lutein, antosianin, flavonoid, dan polifenol yang berasal dari madu hutan asli, buah bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Karena hanya mengandung bahan 100% alami, Eyebost sangat aman dikonsumsi setiap hari oleh segala usia, mulai dari anak-anak berusia di atas 2 tahun hingga kalangan lanjut usia.

Ribuan konsumen sudah merasakan manfaatnya. Yuk, minum Eyebost sekarang juga! Jangan lupa pesan di website resmi eyebost.id ya, teman mata! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi