Kesehatan

10 Penyebab Mata Menonjol, Benarkah Karena Hipertiroid?

/

by Shaffi Kareem


Pernah nggak sih kamu mendengar istilah belo?

Istilah belo digunakan oleh banyak orang untuk mendeskripsikan bentuk mata yang lebar dengan mata yang lebih menonjol kalau dibandingkan dengan mata sipit.

Sama halnya dengan mata sipit, mata belo yang dikaruniakan sejak lahir bukan kondisi berbahaya, kok. Justru mata belo merupakan suatu ciri khas yang membuat kesan mata lebih tegas.

Kendati demikian, perlu digaris bawahi kalau mata belo atau mata menonjol yang berkembang saat anak-anak atau dewasa bisa saja mengindikasikan masalah kesehatan yang kamu alami.

Tetapi, penyakit seperti apa sih yang berhubungan dengan mata menonjol? Atau apakah mata menonjol gejala hipertiroid? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Apa Itu Mata Menonjol?

Mata menonjol adalah suatu kondisi ketika mata lebih besar dan menonjol. Kondisi ini disebut juga dengan proptosis atau exophthalmos.

Beberapa orang dikaruniai mata menonjol atau belo sejak dilahirkan sehingga kondisi semacam ini tidak perlu dikhawatirkan. Yang menjadi perhatian kita adalah ketika fenomena mata menonjol berkembang seiring bertambahnya usia.

Fenomena tersebut merupakan tanda adanya masalah pada kesehatanmu, sehingga kamu harus mewaspadainya ya, teman mata.

Agar kamu lebih aware terhadap kondisi ini, perhatikan penampakan bola mata. Biasanya, bagian mata yang berwarna putih (sklera) bagian atas tertutup kelopak mata atas.

Akan tetapi, pada mata menonjol, sklera bagian atas terlihat lebih jelas atau keluar. Kalau seiring berjalannya waktu mata justru semakin menonjol secara tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis mata.

Terlebih lagi kalau hanya terjadi pada salah satu mata saja.. Bisa dikatakan kalau kondisi ini merupakan kegawatdaruratan yang membutuhkan tindakan medis sesegera mungkin.

Penyebab Mata Menonjol

Mata menonjol yang berkembang saat beranjaknya usia memanglah patut diwaspadai. Kondisi ini masuk ke dalam kategori emergency yang harus segera ditangani oleh ahli medis.

Namun, sebenarnya apa sih penyebab mata menonjol?

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa penyebab mata menonjol, di antaranya meliputi:

1. Hipertiroid

Tubuh kita memiliki kelenjar tiroid yang berlokasi di depan leher. Pada umumnya, tiroid melepaskan beberapa hormon yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh.

Ada sebuah kelainan bernama hipertiroid yang terjadi ketika tiroid dalam tubuh kita melepaskan begitu banyak hormon. Hal tersebut menyebabkan proses metabolisme tubuh terganggu.

Penyakit Graves salah satunya. Penyakit autoimun yang satu ini menyebabkan jaringan di sekitar mata meradang sehingga berefek pada mata menonjol.

Penyakit Graves dapat menyerang siapapun, akan tetapi lebih banyak mempengaruhi wanita usia antara 30-60 berdasarkan data dari Office on Women Health.

2. Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah jenis tumor atau kanker yang muncul pada bagian neuroblast atau sel-sel saraf yang belum mencapai tahap matang.Basically, sel neuroblast akan berkembang menjadi sel saraf, namun sel tersebut justru mengalami perkembangan yang tidak terkendali hingga menjadi benjolan atau tumor.

3. Leukemia

Leukemia adalah kanker yang terjadi ketika tubuh memproduksi sel darah putih terlalu banyak. Sebenarnya, sel darah putih berperan menyerang virus atau mikroorganisme yang menyerang tubuh.

Meskipun demikian, sel darah putih yang berlebihan justru membahayakan tubuh. Leukemia dikenal juga dengan istilah kanker darah.

4. Limfoma

Limfoma atau yang disebut juga dengan kanker kelenjar getah bening adalah sejenis kanker darah yang mengakibatkan kelenjar getah bening membengkak atau limfadenopati.

Kelainan ini bermula saat sel kanker menyerang limfosit atau sel darah putih. Salah satu limfoma yang paling umum adalah limfoma non-Hodgkin.

5. Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di jaringan lunak seperti pembuluh darah, otot, lemak, dan sebagainya.

‘Embel-embel’ sarkoma menandakan kalau tumor ini termasuk ke dalam tumor ganas atau kanker yang dapat menyebar ke berbagai organ tubuh lain, tak terkecuali mata.

6. Selulitis Mata

Tak dapat dipungkiri kalau mata sering sekali mengalami gangguan, salah satunya adalah selulitis mata atau orbital cellulitis.

Gangguan mata yang satu ini merupakan infeksi yang menyerang jaringan di sekitar mata sehingga memicu munculnya mata menonjol.

7. Hemangioma

Hemangioma adalah gumpalan pembuluh darah abnormal. Wujudnya berupa benjolan merah bertekstur kenyal yang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, termasuk mata.

Adanya hemangioma akan menimbulkan kesan mata menonjol. Namun, jangan khawatir ya, teman mata sebab hemangioma bisa disembuhkan tanpa pengobatan apapun jika tidak disertai dengan gejala lainnya.

8. Perdarahan

Perdarahan yang terjadi di dalam mata memungkinkan terjadinya peningkatan tekanan di dalam mata (intraokuler).

Seiring dengan pertambahan tekanan di dalam mata, maka mata cenderung lebih menonjol ke luar. Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan mata lainnya, misalnya glaukoma.

9. Tumor Metastasis

Saat kanker sudah masuk ke stadium akhir, biasanya fase metastasis akan terjadi, yang mana metastasis adalah tersebarnya sel kanker ke berbagai organ tubuh, termasuk mata.

Sel kanker yang berkembang dan membesar di dalam mata akan mengakibatkan mata menonjol keluar akibat adanya tekanan dari dalam mata.

10. Sarkoidosis

Penyebab mata menonjol lainnya adalah sarkoidosis. Penyakit sarkoidosis adalah peradangan pada berbagai organ tubuh akibat sel granuloma yang memicu peradangan.

Ada berbagai organ tubuh yang biasanya terdampak, mulai dari paru-paru, kulit, hati, ginjal, otak, kelenjar getah bening, dan mata.

Apakah Mata Menonjol Berbahaya?

Bisa dikatakan kalau mata menonjol berbahaya, terutama saat keadaan ini terjadi secara tiba-tiba. Berbagai masalah kesehatan mungkin menjadi penyebabnya, seperti halnya hipertiroid, tumor, atau kanker.

Alangkah baiknya segera konsultasikan dengan dokter saat kamu menyadari ada perubahan pada bentuk mata. Pun sama halnya ketika ada bagian tubuh lain yang menunjukkan perubahan bentuk.

Semakin cepat penyakit terdeteksi, maka akan semakin cepat penyakit penyebabnya terobati. Hal ini pun penting untuk dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut berkembang lebih parah.

Lebih baiknya lagi, rutinlah melakukan medical check-up minimal satu tahun sekali ya, teman mata. Sadarilah kalau prosedur ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta kita terhadap tubuh atau yang sering disebut juga dengan self-love.

Cara Mengatasi Mata Menonjol

Setelah membahas ngalor-ngidul tentang mata menonjol, sampai juga kita pada pembahasan cara mengatasi kondisi ini.

Perlu kamu ketahui, cara mengatasi atau treatment untuk mata menonjol dilakukan berdasarkan penyakit penyebabnya. Jadi, dokter akan melakukan observasi dan diagnosis terlebih dahulu sebelum proses pengobatan dilakukan.

Baca Juga Yuk: Benarkah Ada Cara Mengurangi Mata Minus? Bagaimana Caranya? Ini Jawabannya

Kendati demikian, pengobatan yang biasanya dilakukan oleh dokter, antara lain meliputi:

  • Antibiotik
  • Kortikosteroid untuk mengatasi peradangan
  • Operasi mata
  • Operasi, kemoterapi, terapi radiasi untuk mengatasi tumor atau kanker
  • Terapi hormon untuk mengatasi gangguan hipertiroid
  • Pengobatan anti-tiroid atau beta-blockers
  • Operasi atau radioactive iodine untuk menghilangkan kelenjar tiroid

Satu hal yang menjadi catatan, perbaiki pola hidup bisa mengimbangi prosedur pengobatan yang dilakukan. Mulai dari asupan makanan dan cairan, olahraga, waktu tidur, hindari merokok, hingga pastikan untuk selalu menjaga mood atau emosi.

Selain itu, penting juga bagi kamu untuk mencegah gangguan mata seperti mata menonjol dengan vitamin mata Eyebost.

Tidak seperti vitamin mata pada umumnya, vitamin mata Eyebost terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan seperti madu hutan asli, ekstrak buah bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Berbagai kandungan istimewa seperti vitamin A, C, E, dan beragam jenis antioksidan mulai dari lutein, antosianin, flavonoid, dan phenol terformulasi lengkap di dalam sebotol Eyebost.

Vitamin mata Eyebost menawarkan manfaat baik untuk mata yang tidak akan kamu temukan di vitamin mata lain. Kabar baiknya lagi, Eyebost bisa dikonsumsi oleh segala usia mulai dari anak-anak di atasi usia 2 tahun, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.

Jadi, tunggu apalagi nih? Ribuan orang sudah merasakan manfaatnya. Sekarang giliran kamu!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi