Kesehatan

Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi Mata Iritasi

/

by Shaffi Kareem


Apabila kesehatan mata terganggu, otomatis aktivitas kita pun akan terganggu. Iritasi mata adalah salah satu nya, bagaimana sih cara mengatasi mata iritasi?

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang sangat vital bagi setiap manusia. Bagaimana tidak? Bahkan untuk hal paling dasar sebagai seorang makhluk hidup, kita perlu makan dan minum yang dapat dilakukan dengan bantuan mata.

Iritasi mata adalah infeksi atau inflamasi yang terjadi pada mata yang ditandai dengan mata merah, bengkak, berair, dan peka terhadap cahaya.

Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi mata antara lain debu polusi, berada dalam ruangan ber-AC, zat klorin dalam kolam renang, dan pemakaian softlense (lensa kontak).

Tentunya, iritasi mata harus segera diobati dan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi mata. Yuk simak cara-cara mengatasi mata iritasi

Cara Mengatasi Iritasi Mata Merah

cara mengatasi mata iritasi merah
cara mengatasi mata iritasi

Mata merah akibat iritasi kerap disepelekan oleh banyak orang. Meskipun terbilang tidak membahayakan, tetapi hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan berujung pada terganggunya aktivitas penderitanya. Cara mengatasi mata iritasi bisa dilakukan secara alami maupun dengan bantuan obat-obatan, antara lain

1. Kompres hangat

Kompres hangat bisa dilakukan dengan merendam handuk atau kain ke dalam wadah yang berisi air hangat.

Kemudian, kompres handuk pada mata selama kurang lebih 10-15 menit. Kompres hangat ini dapat membantu memperlancar peredaran darah pada mata yang kemudian dapat meredakan merah pada mata.

2. Kompres dingin

Cara mengatasi mata iritasi yang selanjutnya adalah dengan kompres dingin bisa dilakukan apabila kompres hangat tidak membantu.

Caranya adalah dengan merendam handuk atau kain ke dalam wadah yang berisi air dingin dan kemudian kompres pada mata.

Cara ini terbilang lebih efektif untuk mengatasi mata merah, bengkak, dan gatal yang diakibatkan oleh iritasi mata.

3. Bersihkan kotoran mata secara berkala

agar mata tidak bermasalah
cara mengatasi mata iritasi

Konjungtivis salah satu iritasi mata yang seringkali disebabkan oleh virus dan gejalanya adalah mata merah, berair, gatal, dan mengeluarkan kotoran mata atau yang biasa dikenal sebagai belekan. Bersihkan kotoran secara rutin atau berkala supaya mata merah lekas mereda.

4. Pelembab udara

cara mengatasi mata iritasi selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab udara. Akhir-akhir ini, pelembab udara atau humidifier telah mulai banyak digunakan oleh masyarakat.

Alat ini terbukti efektif untuk membantu melembabkan udara di dalam ruangan, terlebih lagi ruangan ber-AC.

Gunakan dan tempatkan alat ini di dalam ruangan untuk mengatasi mata kering yang dapat menyebabkan iritasi mata merah.

5. Obat mata herbal

Selain cara alami, penggunaan obat-obatan juga bisa dilakukan untuk mengatasi mata merah akibat iritasi.

Caranya bisa dengan menggunakan obat tetes mata atau bisa juga dengan menggunakan obat herbal mata seperti Eyebost.

6. Antihistamin

Salah satu penyebab mata merah adalah reaksi alergi seseorang terhadap makanan atau suatu hal. Apabila setelah dilakukan observasi dan ternyata penyebabnya adalah alergi, maka cara mengatasi yang tepat adalah dengan mengkonsumsi obat anti alergi atau antihistamin. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan dosis yang tepat.

Cara Mengatasi Iritasi Mata Akibat Bengkak

cara mengatasi mata iritasi akibat bengkak
cara mengatasi mata iritasi

Periorbital atau yang biasa dikenal sebagai mata bengkak, merupakan salah satu tanda iritasi mata. Umumnya, hal ini akan hilang dalam beberapa hari dengan sendirinya.

Penyebabnya pun beragam, antara lain adalah reaksi alergi, kekurangan cairan, kekurangan jam tidur, dan terlalu banyak mengkonsumsi yodium.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi mata bengkak:

1. Konsumsi air putih yang cukup

Salah satu penyebab mata bengkak adalah kurangnya konsumsi air putih. Idealnya, kita harus minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

2. Kurangi konsumsi yodium

Zat yodium atau yang biasa ditemukan dalam garam, terbukti dapat mengikat cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan beberapa bagian tubuh kita membengkak, tidak terkecuali mata. Menurut WHO, batasan untuk mengkonsumsi garam adalah sebanyak 1 sendok teh per hari.

3. Kompres hangat

Kompres hangat dapat membatu memerlancar peredaran darah yang dapat membantu meredakan mata bengkak. Caranya adalah dengan mengkompres mata dengan kain halus yang sebelumnya telah direndam ke dalam air hangat. Biarkan selama 10-15 menit.

4. Tidur cukup

Kerurangan jam tidur menyebabkan mata bengkak, lingkaran hitam, kerutan mata dan juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Menurut Kementerian Kesehatan, orang dewasa dengan rentang usia 18-40 tahun membutuhkan setidaknya 7-8 jam sehari.

Cara Mengatasi Iritasi Mata Akibat Softlen

cara merawat mata dengan softlen
cara mengatasi mata iritasi

Softlense atau lensa kontak biasanya digunakan untuk menunjang penampilan. Warnanya yang beragam membuat mata semakin cantik, tetapi dalam penggunaannya, seringkali terjadi iritasi mata.

 Dalam sebuah jurnal, disebutkan bahwa iritasi mata akibat penggunaan softlense menyebabkan mata merah, berair, gatal, bahkan bisa lebih parah. Ditemukan juga bahwa bakteri yang berada di dalam mata pengguna softlense atau lensa kontak 3x lebih banyak dari mata orang yang tidak menggunakannya.

Apabila iritasi mata sudah terjadi, maka jangan khawatir. Ada berbagai cara untuk mengatasinya

1. Kurangi intensitas pemakaian

Pemakaian softlense yang terlalu lama dapat mengakibatkan mata kering dan iritasi. Mengurangi pemakaiannya dapat membantu mengatasi iritasi tersebut.

Gunakanlah softlense saat benar-benar membutuhkannya, contohnya seperti acara wisuda, pernikahan, atau acara formal lainnya. Tidak disarankan untuk menggunakannya pada saat berenang, tidur, dan memasak karena dikhawatirkan akan terkena uap masakan.

2. Ganti softlense atau lensa kontak

Iritasi mata yang terjadi mungkin bisa terjadi karena lensa tersebut sudah rusak atau terlalu lama dipakai. Sebaiknya cek secara berkala tanggal kadaluarsanya.

Demikian cara-cara mengatasi iritasi mata yang dapat kita lakukan, baik secara alami maupun dengan obat-obatan.

Apabila iritasi mata sudah terlanjur terjadi, jangan khawatir! Eyebost hadir untuk membantu mengatasi mata iritasi, terutama mata iritasi merah, mata iritasi bengkak, dan juga mata iritasi karena penggunaan softlense. Konsultasikan dengan dokter apabila iritasi mata berlanjut.


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi