Kesehatan

Mata Bengkak Sebelah Kiri Gejala Apa? Ini 6 Penyebabnya, Nomor 6 Berbahaya!

/

by Shaffi Kareem


Sebentar lagi ‘musim’ wisuda, nih. Buat kamu yang ikut wisuda, sudah sampai mana persiapan kamu?

Kebaya yang cantik, footwear yang nyaman, dan tentunya make-up yang paripurna ikut menyukseskan hari bahagiamu. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan menjelang hari-H, misalnya gangguan mata bengkak.

Mata bengkak sebelah kiri, kanan, maupun keduanya tentu menjadi suatu kesedihan tersendiri. Bagaimana tidak, tampil dengan mata bengkak di depan ribuan teman-teman, dosen, dekan, rektor, dan para orang tua sangatlah menurunkan kepercayaan diri.

Eitsss belum terlambat!

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai mata bengkak sebelah kiri atau kanan, mulai dari penyebabnya, kapan harus ke dokter, cara mengobatinya, dan apakah kondisi seperti ini bisa dicegah.

Kalau mau tahu kelanjutannya, jangan skip artikel ini ya, teman mata!

Kamu Mata Bengkak Sebelah Kiri?

Panik nggak sih kalau lagi ngaca tiba-tiba melihat mata kita bengkak?

Apalagi kalau mendapati mata bengkak menjelang hari penting buat kita, misalnya wisuda. Polesan make-up pun tidak bisa sepenuhnya menyamarkannya, entah itu mata bengkak sebelah kiri, kanan, atau keduanya. Kalau sudah begini, apa boleh buat.

Mata bengkak dikategorikan sebagai gejala, bukan suatu penyakit mata. Biasanya, mata bengkak hadir seolah-olah memberikan tanda bahwa ada yang tidak beres pada mata.

Secara, mata adalah organ tubuh yang sangat rentan terkena iritasi akibat polusi, debu, zat kimia berbahaya, maupun infeksi bakteri, virus, atau parasit lainnya. Tidak heran kalau kejadian mata bengkak sangat banyak jumlahnya.

Nah, mata bengkak sendiri merupakan gejala gangguan mata yang membuat mata tampak lebih besar daripada mata normal. Sehingga, terjadinya mata bengkak sebelah kiri akan sangat jelas sebab mata sebelah kiri cenderung lebih besar daripada mata sebelah kanan.

Sebenarnya, mata bengkak sebelah kiri tidak berbahaya kalau tidak disertai dengan nyeri saat mata digerakkan, kesulitan bernapas, atau sakit di dalam mata yang teramat sangat. Sebaiknya, segera minta pertolongan ahli medis, ya.

Penyebab Mata Bengkak Sebelah Kiri atau Kanan

Kasus mata bengkak memang tidak sebanyak kasus mata minus, mata iritasi, atau yang lainnya. Meskipun tidak selalu berbahaya, mata bengkak agaknya membuat kita khawatir, terutama ketika mengalami mata bengkak sebelah kiri atau kanan saja.

Bagaimanapun, mengetahui penyebab mata bengkak sebelah kiri atau kanan sangat penting supaya kita bisa lebih mawas dan tahu harus melangkah seperti apa untuk mengatasinya. Berikut merupakan penyebab mata bengkak sebelah kiri atau kanan, meliputi:

1. Mengucek mata berlebihan

Ketika mata terasa gatal, memang paling enak mengucek mata. Tetapi, jangan mengucek mata berlebihan kalau kamu tidak ingin terjadi apapun pada mata kamu, ya.

Mengucek mata berlebihan berpotensi memicu mata bengkak sebelah kiri atau kanan. Selain itu, mengucek mata berlebihan juga bisa memicu terjadinya keratoconus di mana bentuk kornea mata menyerupai kerucut. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan mata.

2. Cedera

Kalau kamu mengalami mata bengkak sebelah kiri atau kanan, bisa jadi hal ini mengindikasikan kamu mengalami cedera mata. Sayatan atau memar bisa mengakibatkan perubahan warna kulit, bengkak, dan perih atau nyeri.

Sama halnya dengan mata bengkak gigitan serangga seperti nyamuk di area mata akan mengakibatkan mata bengkak.  Pada kasus mata bengkak gigitan serangga, mata bengkak disertai dengan gatal.

Kamu tidak usah khawatir sebab cedera kecil di area mata akan sembuh dengan sendirinya ketika orang tersebut memastikan area mata bengkak sebelah kiri atau kanan tetap bersih dan kering.

Kalau mata bengkak dan nyeri bertambah parah atau mengacu pada tanda infeksi seperti keluarnya nanah atau cairan, lakukan perawatan medis.

3. Tersumbatnya saluran air mata

Tersumbatnya saluran air mata menyebabkan air mata tidak bisa terbuang melalui sistem drainase sehingga mata bengkak kiri atau kanan. Menurut American Academy of Ophthalmology, gejala lain saluran air mata tersumbat adalah mata berair dan mata mengelaurkan air mata seperti menangis.

Penyebab mata bengkak sebelah kiri atau kanan dapat berkembang akibat infeksi mata, cedera mata, maupun tumor.

4. Bintitan

Kamu pasti sudah sering mendengar bintitan nih, teman mata. Ada yang bilang kalau bintitan muncul karena kamu mengintip atau melihat sesuatu yang tidak seharusnya kamu lihat.

Pernyataan itu sepenuhnya mitos, ya. Bintitan, dalam istilah medis disebut hordeolum atau stye, adalah infeksi yang terjadi pada dasar bulu mata sehingga menyebabkan benjolan yang menyakitkan.

Dikatakan kalau orang yang menderita bintitan merasakan sensasi masuknya benda asing di dalam mata, gatal, berair, dan mata sensitif terhadap cahaya (fotofobia).

Umumnya, bintitan tidak memerlukan perawatan khusus dalam proses penyembuhannya dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

5. Selulitis periorbital

Selulitis periorbital terjadi ketika luka di sekitar mata terinfeksi. Hal ini mengakibatkan mata bengkak sebelah kiri atau kanan yang cenderung parah, nyeri, dan peradangan.

Menurun National Institutes of Health, selulitis periorbital banyak terjadi pada anak-anak dan seringkali disebabkan oleh cedera atau sinusitis. Bagaimanapun, kondisi ini harus segera diberikan perawatan untuk mencegah kerusakan mata dan organ lainnya.

6. Limfoma

For your information, limfoma adalah jenis kanker yang mempengaruhi mata pada beberapa kasus langka. Kanker limfoma pada mata berkembang dari sel kelenjar getah bening di dalam mata. Limfoma pada mata masuk digolongkan ke dalam limfoma non-Hodgkin.

Menurut Survey of Ophthalmology, penderita limfoma mata akan mengalami benjolan atau tumor yang bisa terlihat serta mata bengkak sebelah kiri atau kanan.

Kapan Harus ke Dokter Ketika Mata Bengkak Sebelah Kiri?

As we discussed before, hanya segelintir penyebab mata bengkak sebelah kiri atau kanan yang berbahaya. Penyebab lainnya tergolong ringan, sementara dan akan membaik dengan sendirinya.

Bagaimanapun, ketika kamu mendapati mata bengkak sebelah kiri atau kanan disertai dengan gejala infeksi atau cedera yang lebih serius seperti nyeri, keluarnya nanah, ataupun peradangan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Kalau kamu mengalami gejala seperti di bawah ini, segera minta pertolongan ahli medis:

  • Mata bengkak dan demam
  • Mata bengkak menyebabkan mata setengah atau sepenuhnya tertutup
  • Pembengkakan saluran pernapasan atau kesulitan bernapas
  • Mata bengkak dengan kaki atau pergelangan kaki membengkak
  • Kehilangan penglihatan
  • Penglihatan ganda

Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Kiri

Mata bengkak sebelah kiri atau kanan bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan tetapi juga tidak boleh dianggap remeh. Mengenai cara mengobatinya, kita bisa melakukan sesuai dengan penyebab mata bengkak tersebut.

Berikut merupakan beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata bengkak sebelah kiri atau kanan berdasarkan penyebabnya:

  • Kompres dingin. Kompres dingin adalah cara alami untuk mengatasi mata bengkak sebelah kiri atau kanan akibat mengucek mata berlebihan dan cedera. Kompres dingin berfungsi untuk memperkecil pembuluh darah di sekitar mata.
  • Antibiotik. Obat antibiotik diberikan untuk menyembuhkan mata bengkak sebelah kiri atau kanan akibat tersumbatnya saluran air mata. Pemberian antibiotik bertujuan untuk mematikan bakteri yang menyebabkan infeksi.
  • Kompres hangat. Mata bengkak sebelah kiri atau kanan akibat bintitan bisa diatasi dengan melakukan kompres hangat. Diharapkan, nanah atau cairan eksudasi bisa keluar dengan mudah dengan memberikan sensasi hangat ke mata yang terdampak.
  • Operasi. Dokter akan menyarankan untuk operasi untuk mata bengkak sebelah kiri atau kanan akibat selulitis periorbital. Operasi bertujuan untuk membuang cairan dari sinus yang terinfeksi serta membuang jaringan yang mati.
  • Kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan khusus untuk kanker, dalam kasus ini limfoma intraokular atau limfoma di dalam mata. Tujuan pengobatan ini adalah untuk mematikan sel-sel kanker agar tidak meluas.

Kesimpulannya, mata bengkak sebelah kiri atau kanan bisa disebabkan oleh kondisi medis yang tergolong ringan hingga berat seperti halnya pada kanker mata limfoma. Hal ini mengingatkan kita kembali bahwa mata bengkak tidak seharusnya dipandang sebelah mata.

Seharusnya, kita semakin menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan mata baik itu dari dalam maupun dari luar. Kalau dari luar, kita bisa mulai menggunakan sunglasses saat di luar ruangan, filter sinar biru pada gadget, serta mengistirahatkan mata dari gadget setiap 20 menit.

Menjaga kesehatan mata dari dalam tidak kalah penting. Perhatikan asupan makanan, minum 8 gelas sehari, rutin olahraga, tidur cukup, dan jangan lupa minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, baik secara fisik maupun fungsinya. Penglihatan dijamin jernih, tajam, dan fokus, serta terjaga dari penyakit-penyakit mata.

Vitamin mata Eyebost terbuat hanya dari bahan alami saja lho, teman mata. 4 bahan berkhasiat tinggi seperti ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu hutan asli, sehingga vitamin mata Eyebost disebut juga dengan madu Eyebost.

100% bahan alami tanpa pengawet buatan, Eyebost aman dikonsumsi oleh setiap kalangan usia mulai dari anak-anak berusia 2 tahun, remaja, dewasa, dan lansia.

Jadi, Eyebost tepat sekali untuk dijadikan sebagai vitamin mata keluarga sebab bisa diminum oleh adik, kakak, ibu, ayah, kakek dan nenek. Bahkan, kalau kakek atau nenek menderita diabetes pun sangat aman mengonsumsi vitamin mata Eyebost.

Baca Juga: Kenapa Mata Bengkak Setelah Minum Obat? Ketahui Penyebab dan 3 Cara Mengatasinya!

Wah, sudah terbayang kalau semua keluarga di Indonesia minum Eyebost. Mata semakin sehat dan pastinya kualitas hidup meningkat.

Yuk, chek-out Eyebost sekarang juga di website resminya karena ada banyak promo menarik, nih!

Ingat mata ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi