Kesehatan

Mata Bengkak Karena Hp? Ini Penjelasannya & 7 Cara Mencegah Sakit Mata Karena Hp

/

by Shaffi Kareem


Coba deh teman mata perhatikan, di sekitar kompleks rumah kalian, ada berapa anak yang belum terpapar hp atau gawai. Sepertinya hanya tersisa segelintir anak saja yang belum mengenal hp, ya.

Nyatanya, kemajuan teknologi diiringi dengan masifnya penggunaan gawai. Sayangnya, hal ini pun memicu meningkatnya gangguan mata.

Lantas, gangguan mata apa saja yang disebabkan karena hp dan apakah mata bengkak karena hp benar adanya?

Simak selanjutnya pada artikel di bawah ini, ya! Stay tuned!

Mata Bengkak Karena Hp, Apakah Benar?

Mata Bengkak Karena HP?

Siapapun sepakat kalau kemajuan teknologi dan adanya gadget sangat memudahkan aktivitas kita, entah itu untuk kepentingan bekerja, belajar, berkomunikasi, maupun mencari hiburan.

Namun, layaknya dua sisi mata uang, kemajuan teknologi memiliki sisi negatif apabila dilihat dari sisi kesehatan, terutama kesehatan mata.

Dalam sebuah studi berjudul Hubungan Penggunaan Gadget dengan Kesehatan Mata pada Anak Usia 6-8 Tahun: Literature Review disebutkan kalau kelainan refraksi berupa miopi mulai nampak pada anak-anak usia 6-11 tahun.

Baca Juga: Ini 10 Obat Mata Perih Alami dan Medis yang Direkomendasikan

Hal ini bukan hanya ‘pe-er’ pemerintah saja, melainkan juga tugas kita bersama sebagai bagian dari masyarakat yang peduli akan kesehatan anak-anak.

Kenapa demikian? Sebab, mata yang sehat merupakan salah satu parameter kualitas hidup seseorang, lho.

Bagaimanapun, penggunaan hp terlalu lama berisiko memicu gangguan mata. Tetapi, menurut beberapa ahli medis, mata bengkak karena hp tidaklah benar.

Dalam penjelasannya, dikatakan kalau mata bengkak karena hp tidak serta merta disebabkan oleh paparan layar hp. Umumnya, mata bengkak muncul akibat adanya peradangan pada kelopak mata.

Penyebab mata bengkak pun bermacam-macam, mulai dari infeksi, iritasi, dan alergi. Jadi, kalau kamu mengalami mata bengkak karena hp, sebaiknya lakukan observasi mandiri terlebih dahulu.

Kamu bisa perhatikan apakah ada gejala lainnya dan berapa lama mata bengkak muncul. Kalau tidak kunjung membaik, buatlah jadwal konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gangguan Mata Karena Hp

Seperti yang sudah disebutkan, mata bengkak karena hp tidak benar ya, teman mata. Hal semacam ini perlu diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Bisa-bisa, nanti semua orang jadi takut untuk memakai hp, kan.

Tetapi, bukan berarti hp tidak memiliki sisi negatif. Gangguan mata mengancam siapapun penggunanya ketika penggunaannya berlebihan. Adapun beberapa gangguan mata karena hp yang perlu kamu waspadai, di antaranya meliputi:

1. Mata lelah

Bukan mata bengkak karena hp, berlebihan bermain hp akan memicu terjadinya mata lelah. Gangguan mata yang satu ini dipicu oleh otot yang terlalu lama berkonsentrasi tanpa istirahat sehingga mengakibatkan otot tegang dan mata lelah.

Banyak dari kita yang mengalami mata lelah tanpa kita sadari. Oleh sebab itu, kita perlu tahu apa saja gejala mata lelah agar kamu lebih aware lagi dengan kondisi kesehatan mata.

Melansir dari laman Mayo Clinic, gejala mata lelah yang umumnya muncul seperti:

  • Mata lelah, nyeri, gatal
  • Sensasi panas pada mata
  • Mata kering atau berair
  • Sakit kepala
  • Penglihatan buram
  • Nyeri leher, pundah, dan punggung
  • Mata sensitif terhadap cahaya (fotofobia)
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Mata sulit untuk tetap terbuka

2. Mata kering

Mata kering adalah suatu kondisi ketika permukaan mata tidak terhidrasi dengan baik. Dua penyebab umum mata kering adalah ketika produksi air mata menurun dan penguapan air mata yang terlalu cepat.

Mata kering menjadi salah satu gangguan mata yang lebih masuk akal daripada mata bengkak karena main hp. Hal ini disebabkan karena saat menatap layar hp dalam waktu yang lama, intensitas berkedip pun berkurang.

Padahal, berkedip merupakan mekanisme alami mata untuk melumasi atau menghidrasi permukaan mata dengan air mata. Terbayang seperti apa keringnya permukaan mata kita, kan?

3. Kelainan refraksi

For your information, kelainan refraksi adalah suatu gangguan atau kelainan pada posisi jatuhnya cahaya di dalam mata. Pada mata normal, cahaya jatuh tepat di retina sehingga semua benda yang kita lihat akan nampak jelas.

Berbeda halnya dengan gangguan ini, kelainan refraksi seperti pada miopi membuat posisi cahaya ada di depan retina sehingga mata tidak mampu melihat benda jarak jauh.

Miopi memiliki nama lain rabun jauh atau mata minus.

Untuk mengoreksinya, penderita miopi memerlukan lensa bantuan berupa lensa minus agar gambar benda yang diterima oleh mata menjadi jelas kembali.

Tidak seperti mata bengkak karena hp yang tidak terbukti kebenarannya, mata minus mengakibatkan bola mata lebih lentur atau memanjang yang meningkatkan risiko seseorang terkena mata minus.

4. Rusaknya retina

Retina adalah bagian mata yang bertugas menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata dan membantu menginterpretasikannya menjadi gambar. Posisi retina ada pada bagian belakang mata.

Lantas, bagaimana penggunaan gadget menyebabkan kerusakan retina?

Jadi, layar gadget atau hp memaparkan sinar biru (blue light) yang berbahaya untuk tubuh, tak terkecuali mata.

Kalau sinar biru terus menerus masuk ke dalam mata, maka kerusakan retina pun sangat mungkin terjadi.

Bukannya mata bengkak karena hp, kamu bisa terkena penyakit mata yang lebih serius seperti Age-related Macular Degeneration (AMD). Gangguan mata AMD berisiko menyebabkan hilangnya penglihatan, lho.

5. Mata juling

Mustahil mata bengkak karena hp, pemakaian hp yang berlebihan memicu terjadinya mata juling atau yang dalam istilah medis disebut dengan strabismus..

Kok bisa?

Dalam studi penelitian yang dicukil dari laman Children’s Health of Orange County, disebutkan kalau adanya pengaruh perkembangan strabismus dengan screen time berlebih, terutama strabismus tipe mata ke dalam (esotropia).

Bagaimanapun, pembatasan penggunaan gadget bisa mengurangi strabismus. Akan tetapi, sebagian penderita lainnya memerlukan tindakan operasi untuk memperbaiki kondisi ini.

Cara Mencegah Gangguan Mata Karena Hp

Meskipun mata bengkak karena hp tidak dibenarkan, akan tetapi hal ini tidak dapat memungkiri kalau gadget menimbulkan berbagai jenis gangguan mata muncul.

Oleh karenanya, cara mencegah gangguan mata karena hp harus dilakukan untuk menekan angka terjadinya gangguan mata khususnya pada anak-anak.

Beberapa cara mencegah gangguan mata karena hp, di antaranya adalah:

1. Pastikan permukaan mata lembab

Mata kering merupakan gangguan mata yang sangat umum dialami. Gangguan mata ini berisiko mengiritasi mata yang kemudian berpotensi menyebabkan mata bengkak karena hp kalau tidak diatasi dengan segera.

Oleh sebab itu, kamu harus selalu memastikan kalau permukaan mata terhidrasi dengan baik. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti menggunakan humidifier dalam ruangan ber-AC, air mata buatan, dan stay hydrated.

2. Berkedip lebih sering

Kalau sudah fokus, secara tidak sadar, intensitas berkedip berkurang jauh. Tidak heran kalau mata kering mengancam kesehatan mata.

Walaupun tidak berbahaya, mata kering akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata seperti mata merah, gatal, sensasi panas dan berpasir pada mata, berair, dan lain sebagainya.

Inilah pentingnya untuk lebih sering berkedip nih, teman mata. Terdengar sepele, berkedip merupakan mekanisme alami untuk melumasi permukaan mata dengan air mata agar tetap lembab.

Mau se-fokus apapun, jangan lupa berkedip ya, teman mata!

3. Atur brightness level layar

Sebagian orang menyukai layar hp atau gadget yang terang. Tulisan, gambar, dan warnanya yang terlihat jelas sangat eye-catching. Kendati demikian, layar yang terlalu terang memicu mata lelah, lho!

Maka dari itu, aturlah tingkat kecerahan layar dengan baik supaya mata tetap merasa nyaman ketika menatap layar hp. Tidak hanya itu, kamu juga disarankan untuk mengatur cahaya di dalam ruangan untuk meminimalisir mata lelah.

4. Istirahatkan mata

Bukan hanya tubuh kita yang memerlukan istirahat, mata kita juga butuh nih, teman mata. Terus menerus menatap layar hp atau gadget sangat tidak baik untuk kesehatan mata sebab berisiko menimbulkan mata lelah, kering, bahkan mata minus.

Sebaiknya, istirahatkan mata dengan menerapkan aturan 20-20-20 di mana setiap 20 menit sekali, kamu harus melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Cara ini tidaklah sulit sebab kamu tidak membutuhkan perlengkapan atau atribut apapun selama melakukannya.

5. Menjaga jarak mata dengan layar hp

Tidak heran kalau orangtua kerap kali memarahi kita kalau jarak antara mata dan layar hp terlalu dekat. Usut punya usut, jarak yang terlalu dekat bisa menyebabkan mata cepat lelah, lho.

Idealnya, jarak antara mata dan layar gadget berkisar 63 cm atau setidaknya sekitar satu lengan. Selain itu, posisi layar seharusnya agak mendongak ke atas agar kita melihatnya dengan agak ke bawah.

6. Meminimalisir sumber cahaya

Banyak terjadi, mata lelah dipengaruhi oleh faktor lingkungan berupa pantulan cahaya dari berbagai sumber cahaya berupa lampu, pintu, atau jendela.

Hal ini memang tidak menimbulkan kejadian mata bengkak karena hp, akan tetapi akan kurang nyaman kalau kita harus menatap layar hp atau gadget terlalu lama.

Meminimalisir sumber cahaya mungkin akan membantu kamu mencegah gangguan mata karena hp. Tutuplah jendela dan pintu, serta posisikan layar hp atau gadget di bawah lampu untuk menghindari pantulan cahaya lampu.

7. Gunakan filter sinar biru

Blue light atau sinar biru adalah sinar bergelombang pendek yang berbahaya apabila terpapar ke dalam tubuh. Sinar semacam ini dipancarkan dari sinar matahari (ultraviolet), layar gadget, dan perangkat dengan teknologi LED.

Efek sinar biru untuk mata adalah menimbulkan kerusakan retina bahkan memicu pembentukan gumpalan protein atau lemak pada katarak. Sangat berbahaya, bukan?

Untuk meminimalisir paparan sinar biru, kamu bisa memberikan filter sinar biru pada gadget atau hp kamu, nih. Fitur berupa filter sinar biru membuat warna layar menjadi kekuningan, but it’s okay, demi mata sehat kan, teman mata?

Pembahasan mata bengkak karena hp berakhir panjang ya, teman mata. Mulai dari mengulik kebenaran mengenai mata bengkak karena hp, gangguan mata karena hp, hingga cara mencegah gangguan mata akibat hp.

Bagaimanapun, sudah jelas ya kalau mata bengkak karena hp tidak benar. Umumnya, mata bengkak disebabkan oleh adanya infeksi, iritasi, ataupun cedera.

Untuk mencegah gangguan mata akibat gadget sendiri, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi, minum air putih, olahraga rutin, dan jangan lupa minum vitamin mata Eyebost.

Buat kamu yang belum tahu apa itu vitamin mata Eyebost, vitamin mata yang satu ini diformulasikan secara khusus untuk menjaga kesehatan mata. Bukan hanya mata yang sehat, penglihatan pun akan tetap jernih, tajam, dan fokus.

Eyebost terbuat dari bahan-bahan 100% alami, seperti madu hutan asli, ekstrak bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavor blueberry. Tidak hanya rasanya manis dan segar, nutrisinya pun tidak kalah luar biasa.

Berbagai jenis antioksidan dan vitamin seperti lutein, antosianin, flavonoid, polifenol, dan vitamin A, C, E terkandung di dalam sebotol vitamin mata Eyebost.

Kabar baiknya lagi, Eyebost aman dikonsumsi oleh segala usia mulai dari anak-anak usia 2 tahun hingga lanjut usia bahkan penderita diabetes sekalipun, lho.

Yuk, minum Eyebost dan rasakan sendiri manfaatnya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi