Kesehatan

Mata Kabur Obatnya Apa? Ini 6 Obat Mata Kabur Alami Tanpa Efek Samping

/

by Shaffi Kareem


Kalian lebih suka berlibur ke pantai atau gunung nih, teman mata?

Rasanya, kedua pilihan tersebut memiliki daya tariknya tersendiri bagi setiap orang. Apapun tempatnya, yang terpenting dalam sebuah liburan adalah menikmati detik demi detik hanya dengan menatap pemandangan di depan mata dengan rileks.

Akan berbeda kejadiannya kalau kita mengalami mata buram. Boro-boro menikmati pemandangan, yang ada semua pemandangan tersebut buyar. Tentu kita nggak mau dong hal ini sampai terjadi.

Terlepas dari itu, kita perlu mengulik lebih dalam mengenai mata kabur obatnya apa untuk menambah wawasan kita. Pun, apabila ternyata ada salah satu dari kalian yang mengalaminya, kamu bisa mencobanya agar penglihatan kembali jernih.

Nggak perlu terlalu banyak pengantar, kita langsung saja mulai pembahasan ini, yuk!

Mata Kabur Adalah…

Mata Kabur Obatnya Apa

Mata kabur adalah suatu gejala yang dideskripsikan sebagai suatu kondisi ketika penglihatan tidak jernih dan tajam. Semua benda yang kita lihat seperti diberi efek blur pada kamera sehingga akan sangat sulit untuk melihat dengan detail.

Penglihatan kita mungkin mengalami buram ketika kita semakin berumur atau karena kondisi kesehatan tertentu. Kamu juga bisa mengalami mata kabur ketika bangun di pagi hari atau setelah menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama.

Umumnya, mata kabur disebabkan oleh beberapa kondisi yang tidak berbahaya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau mata kabur diakibatkan oleh penyebab yang lebih serius, bahkan stroke sekalipun.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya kalau kita mencari tahu perihal mata kabur obatnya apa sebagai bentuk pencegahan. Kalau sudah terjadi mengetahui mata bengkak obatnya apa bisa mencegah penyebabnya berkembang lebih parah.

Meskipun ada beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan memperbaiki mata kabur tanpa perlu memakai kacamata atau pengobatan medis lainnya, kembali lagi bahwa semua ini dilakukan harus sesuai dengan penyebab utamanya.

Ketika kamu mengalami mata kabur yang kian parah dari waktu ke waktu, akan lebih baik kalau kamu meminta bantuan ahli medis untuk melakukan evaluasi mata.

Apakah Mata Kabur Akibat Diabetes Bisa Sembuh?

Kejadian mata kabur tidak terhitung jumlahnya. Bahkan, mata kabur ‘dinobatkan’ menjadi keluhan yang paling disampaikan oleh pasien saat melakukan konsultasi dengan ahli medis mengenai kondisi penglihatannya.

However, mata kabur dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah diabetes. Perlu kamu tahu, diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula dalam darah tinggi atau yang disebut juga dengan hiperglikemia.

Kalau tidak ditangani dengan tepat, diabetes sangat mungkin menyebabkan komplikasi seperti pada retinopati diabetik. Tingginya kadar gula dalam darah akan memicu kerusakan pada pembuluh darah retina.

Pertanyaannya, “Apakah mata kabur akibat diabetes bisa sembuh?

Jawabannya adalah bisa. Tapi… Ada tapinya nih, teman mata.

Melansir dari laman Universitas Gadjah Mada, seseorang menuturkan kalau retinopati diabetik bisa disembuhkan, namun jenis pengobatannya mungkin akan disesuaikan dengan derajat keparahannya. Lantas, kalau akibat retinopati diabetik, mata kabur obatnya apa?

Retinopati diabetik ringan bisa diatasi dengan mengontrol kadar gula dalam darah. Memperbaiki pola makan dan pola hidup adalah koentji. Kamu bisa mulai untuk mengontrol gula darah dengan cara rutin berolahraga, kurangi konsumsi karbohidrat, dan hindari minuman manis.

Sementara itu, retinopati berat hanya bisa diatasi menggunakan laser retina, memasukkan obat khusus ke dalam mata melalui suntikan, maupun operasi.

Kapan Mata Kabur Harus ke Dokter?

Kamu mungkin tidak perlu ke dokter ketika mata kabur hilang setelah mata berkedip beberapa kali atau mencoba beberapa cara alami mengatasi mata kabur. Tetapi, pertimbangkan untuk pergi ke dokter ketika mata kabur kian memburuk seiring berjalannya waktu.

Dokter spesialis mata mungkin akan melakukan tes mata untuk memastikan apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Kalau mata kabur menunjukkan kondisi darurat seperti ini, segera telpon ahli medis sebab bisa menjadi gejala stroke:

  • Sakit kepala parah
  • Kesulitan untuk berbicara
  • Wajah melorot akibat gangguan otot
  • Salah satu sisi tubuh melemah

Mata Kabur Obatnya Apa?

Bisa jadi, mata kabur muncul akibat kondisi kesehatan yang tidak berbahaya seperti mata kering, namun tidak menutup kemungkinan kalau mata kabur juga disebabkan oleh penyakit berbahaya seperti stroke.

Untuk stroke, rasanya kita tidak perlu lagi bertanya mengenai mata kabur obatnya apa sebab kondisi semacam ini hanya bisa ditangani oleh ahli medis.

Akan tetapi, pertanyaan mata kabur obatnya apa cocok dilontarkan untuk mengatasi penyebab mata kabur yang dipicu oleh kondisi kesehatan tidak berbahaya. Adapun cara mengatasi mata kabur secara alami minim risiko, di antaranya meliputi:

1. Istirahatkan mata

Mata kabur masuk ke dalam deretan gejala mata lelah. Jadi, kalau dalam kaitannya dengan mata lelah, mata kabur obatnya apa?

Maka, jawabannya adalah mengistirahatkan mata. Kamu bisa mulai aplikasikan aturan 20-20-20 di mana setiap 20 menit menatap layar gadget, kamu disarankan untuk melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan alat apapun dalam melakukannya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan filter sinar biru agar mata terasa nyaman selama menggunakan gadget

2. Lumasi permukaan mata dengan baik

Mata kering menjadi penyebab mata kabur selanjutnya. Mengatasi mata kabur akibat mata kering tidaklah sulit kok, teman mata. Jadi, mata kabur obatnya apa dong?

Hal yang paling penting ketika mengatasi mata kering adalah memastikan permukaan mata terhidrasi dengan baik. Kamu bisa menggunakan air mata buatan untuk mengatasi mata kabur.

Air mata buatan dijual bebas di apotik dan bisa kamu beli tanpa resep dokter. Tetapi, ingat ya kalau penggunaan air mata buatan jangka panjang tidak disarankan sebab dapat mengakibatkan iritasi mata.

3. Kompres hangat

Kompres hangat merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan kalau ada yang bertanya perihal mata kabur obatnya apa.

Baca Juga: Apa Itu Mata Kabur? Ini Definisi dan 9 Penyebabnya

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan kain lembut yang telah dibasahi menggunakan air hangat, kemudian tempelkan di atas mata tertutup selama 5-10 menit.

Kompres hangat untuk mata kabur bertujuan untuk memancing produksi air mata dan minyak alami yang berfungsi untuk menghidrasi permukaan mata. Diharapkan, kompres hangat bisa mengembalikan penglihatan kembali normal.

4. Stay hydrated

Lagi-lagi, pertanyaan mata kabur obatnya apa dalam kaitannya dengan mata kering bisa dijawab dengan cara memenuhi asupan cairan harian.

Idealnya, orang dewasa minum air putih setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 Liter sehari. Di samping itu, tidak disarankan untuk minum alkohol dan kafein sebab keduanya justru bisa menyebabkan dehidrasi dengan mudah.

5. Makanan kaya akan omega-3

Omega-3 berfungsi untuk menaikkan jumlah air mata yang berguna untuk melembabkan permukaan mata. Kamu bisa memenuhinya dari jenis makanan tertentu seperti ikan salmon, sarden, makarel, teri, kacang kedelai, tiram, dan kacang kenari.

Jadi, pertanyaan mata kabur obatnya apa tidak melulu tentang obat secara medis, tetapi juga bisa berupa makanan yang kita makan sehari-hari. Selain mudah didapatkan, whole food seperti ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, lho.

6. Vitamin A

Mata kabur adalah salah satu akibat kekurangan atau defisiensi vitamin A. Dalam kasus ini, vitamin A menjadi jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan mata kabur obatnya apa.

Selain bisa dipenuhi dari makanan asli, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin mata Eyebost sebab salah satu kandungannya adalah wortel yang kaya akan vitamin A.

Tidak hanya itu, vitamin mata Eyebost mengandung lutein eye complex yang diperoleh dari ekstrak bunga marigold dan dikombinasikan juga dengan ekstrak buah bilberry, wortel, madu hutan asli, dan flavor blueberry.

Dalam satu botol Eyebost mengandung antioksidan lutein, antosianin, flavonoid, polifenol, serta vitamin A, C, dan E. Bukan hanya mata kabur, penyakit mata lainnya seperti katarak juga ogah mampir.

Siapa yang bisa minum Eyebost?

Tenang, semua kalangan usia boleh dan aman meminum vitamin mata Eyebost sebab Eyebost terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan. Diminum setiap hari pun tidak masalah ya, teman mata.

Jadi, kira-kira mau pesan Eyebost kapan nih?

Sekarang aja yuk, mumpung ada banyak promo menarik di website resminya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi