Kesehatan

Kenapa Mata Bengkak Setelah Minum Obat? Ketahui Penyebab dan 3 Cara Mengatasinya!

/

by Shaffi Kareem


Punya tubuh yang fit akan sangat mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari. Bayangkan saja kalau kita sakit. Bukan hanya badan yang terasa nggak enak, tetapi pekerjaan juga akan tersendat.

Bukan makanan, obat menjadi satu-satunya hal yang kita cari saat tubuh jatuh sakit. Kandungan yang terdapat di dalam obat akan masuk ke dalam tubuh dan tubuh akan membantu tubuh fit kembali.

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau kamu bisa saja mengalami mata bengkak setelah minum obat?

Bukannya minum obat agar tubuh menjadi lebih baik dan prima, justru kamu mengalami penyakit mata. Bagaimanapun, gangguan seperti ini tidak boleh disepelekan, lho.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai serba serbi mata bengkak setelah minum obat, pastikan kamu membaca artikel ini sampai kata terakhir, ya!

Ingat mata, ingat Eyebost!

Mata Bengkak Setelah Minum Obat

Ketika kamu mendengar kata ‘obat’, apa yang pertama kali terlintas dalam benakmu?

Obat adalah bahan atau kombinasi dari bahan-bahan yang digunakan untuk menghilangkan, mengurangi, mencegah, menyembuhkan, atau menetapkan diagnosa suatu penyakit pada manusia ataupun hewan.

Baca Juga: 10 Penyebab Mata Bengkak Bagian Bawah, Makanan Gurih Salah Satunya

Saat kita sakit, hal pertama yang kita cari adalah obat. Nyatanya, obat menjadi penolong yang sangat berharga agar tubuh kita prima kembali untuk beraktivitas. Namun, alih-alih penyakit ‘minggat’, justru muncul mata bengkak setelah minum obat.

Meskipun terdengar aneh, mata bengkak setelah minum obat benar adanya lho, teman mata. Bengkak pada mata merupakan bentuk dari reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu. Hasilnya, tubuh kita menunjukkan gejala lain seperti ruam, demam, dan kesulitan bernapas.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa jenis obat yang cenderung menyebabkan reaksi lebih besar daripada obat lainnya, di antaranya adalah:

  • Aspirin
  • Antibiotik, seperti penicillin dan sulfa antibiotik seperti sulfamethoxazole-trimethoprim
  • Anticonvulsant, seperti carbamazepine dan lamotrigine
  • Obat nonsteroidal anti-inflammatory, misalnya ibuprofen
  • Obat yang digunakan pada terapi antibodi monoklonal, seperti trastuzumab dan ibritumomab tiuxetan
  • Obat kemoterapi, seperti paclitaxel, docetaxel, dan procarbazine
  • Obat untuk penyakit autoimun (rheumatoid arthritis)

Penyebab Mata Bengkak Setelah Minum Obat

Generally, sistem kekebalan tubuh didesain untuk melawan benda asing yang menginfeksi tubuh seperti virus, bakteri, parasit, dan zat berbahaya lainnya.

Reaksi alergi, penyebab mata bengkak karena alergi, terjadi ketika sistem imun salah mengira kalau obat yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu penyebab infeksi layaknya bakteri dan virus.

Saat proses ini berlangsung, sistem imun tubuh membentuk antibodi berupa protein khusus untuk menyerang obat yang masuk ke dalam tubuh. Peradangan tak terhindarkan. Hal inilah yang menyebabkan gejala alergi muncul, salah satunya adalah mata bengkak setelah minum obat.

Alergi obat mungkin tidak langsung terjadi ketika pertama kali kamu mengonsumsi obat tertentu. Ada kemungkinan reaksi alergi muncul sampai kamu mengonsumsinya beberapa kali.

Bagaimanapun, alergi obat bisa terjadi pada siapapun. Kendati demikian, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami mata bengkak setelah minum obat atau alergi obat, seperti:

  • Kamu atau anggota keluargamu pernah mengalami alergi obat
  • Memiliki jenis alergi lain seperti alergi makanan atau serbuk bunga
  • Paparan obat yang tinggi (dosis yang tinggi, penggunaan  terus menerus atau dalam jangka waktu yang lama)
  • Penyakit tertentu yang berhubungan dengan reaksi obat alergi seperti virus Epstein-Barr atau infeksi HIV

Apa Dampak Alergi Obat?

Reaksi alergi tidak selalu muncul setelah kamu mengonsumsi obat tertentu nih, teman mata. Reaksi alergi sangat mungkin terjadi dalam beberapa hari hingga minggu setelah kamu terpapar obat tertentu.

Pun, reaksi alergi terhadap obat mungkin akan bertahan selama beberapa waktu setelah kamu berhenti mengonsumsi obat tersebut. Adapun beberapa kondisi kesehatan yang diakibatkan oleh alergi obat, penyebab mata bengkak setelah minum obat, di antaranya adalah:

1. Penyakit serum

Penyakit serum hampir sama dengan reaksi alergi. Bedanya, biasanya penyakit serum muncul setelah dilakukan penyuntikan, misalnya serum anti difteri atau serum anti tetanus.

For your information, serum yang disuntikkan berasal dari kuda sehingga tubuh kita merasa asing terhadap protein yang terkandung di dalamnya. Penyakit serum menyebabkan demam, nyeri sendi, pembengkakan, mual, dan ruam kemerahan.

2. Anemia akibat obat

Mungkin kita tidak asing dengan dengan jenis obat penambah darah yang ditujukkan untuk penderita anemia. Namun dalam kasus ini, obat justru menyebabkan anemia. Lho, kok bisa?

Obat bisa menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin, padahal hemoglobin sangat berjasa dalam hidup kita yaitu untuk membawa oksigen dan nutrisi melalui darah.

Terjadinya anemia akibat obat mengakibatkan kamu mengalami kelelahan, detak jantung tak beraturan, napas pendek, dan gejala lainnya.

3. Drug Rash with Eosinophilia and Systemic Symptoms

Drug Rash with Eosinophilia and Systemic Symptoms adalah reaksi obat yang parah dan merugikan yang ditandai oleh ruam kulit yang lebar, jumlah sel darah putih tinggi, pembengkakan secara umum, pembengkakan kelenjar getah bening dan infeksi hepatitis yang sudah lama tidak aktif.

Beberapa obat yang berkaitan dengan DRESS adalah antibiotik, anticonvulsant, antiretroviral, dan allopurinol.

4. Nefritis

Nefritis diartikan sebagai peradangan atau inflamasi pada ginjal. Nefritis menurunkan fungsi ginjal dalam proses penyaringan darah dan pembuangan limbah dari dalam tubuh. Kabar buruknya, kalangan lansia berisiko mengalami kerusakan ginjal permanen akibat reaksi alergi parah.

Tiga jenis obat penyebab nefritis adalah antibiotik, obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan inhibitor pompa proton yang berguna untuk mengatasi asam lambung berlebihan.

Apakah Mata Bengkak Setelah Minum Obat Berbahaya?

Terjadinya alergi obat tidak selalu berbahaya, sehingga bisa disimpulkan kalau mata bengkak setelah minum obat tidak berbahaya pula. Bagaimanapun, reaksi alergi berupa anafilaksis bisa mengancam jiwa.

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang muncul secara tiba-tiba, mengancam nyawa, dan merupakan reaksi seluruh tubuh terhadap obat dan pemicu alergi lainnya. Reaksi anafilaksis bisa terjadi beberapa menit setelah kamu mengonsumsi obat.

Pada beberapa kasus, reaksi anafilaksis terjadi dalam kurun waktu 12 jam setelah obat masuk ke dalam tubuh. Adapun beberapa gejala anafilaksis yang perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Detak jantung tak beraturan
  • Kesulitan bernapas
  • Tidak sadarkan diri
  • Pembengkakan

Perlu kamu tahu, anafilaksis bisa fatal ketika tidak ditangani dengan baik. Kalau kamu mengalami gejala di atas setelah minum obat, beritahukan orang di sekitarmu atau pergi lah ke ruang gawat darurat atau fasilitas kesehatan terdekat.

Cara Mengatasi Mata Bengkak Setelah Minum Obat

Perihal bagaimana kita mengatasi alergi obat tergantung pada tingkat keparahannya. Kalau hanya mata bengkak setelah minum obat, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, seperti:

1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang umum digunakan untuk meredakan reaksi alergi, termasuk di dalamnya mata bengkak setelah minum obat.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghentikan produksi histamin yang tidak hanya menyebabkan mata bengkak saja, tetapi juga gatal, mata berair, iritasi, ruam, dan lain sebagainya.

Antihistamin tersedia dalam beberapa bentuk mulai tablet atau pil, krim, tetes mata, dan spray hidung. Kabar baiknya, antihistamin bisa dibeli tanpa resep dokter di apotik terdekat. 

2. Kompres hangat

Kompres hangat sangat tepat dilakukan untuk mengatasi mata bengkak setelah minum obat. Kompres hangat membantu memperlancar aliran darah di sekitar mata sehingga mata bengkak akan berangsur membaik.

Cara kompres hangat sangat mudah. Siapkan kain lembut yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat, kemudian peras dan letakkan di atas mata tertutup selama 15-20 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan kompres hangat minimal 2 kali sehari, ya.

3. Berhenti mengonsumsi obat tersebut

Satu-satunya cara ampuh agar mata bengkak setelah minum obat adalah berhenti mengonsumsi obat pemicu alergi. Meskipun tidak serta merta langsung hilang, tetapi cara ini mencegah mata bengkak yang teman mata alami menjadi semakin parah.

Di samping itu, berkonsultasi dengan dokter perlu dipertimbangkan untuk berdiskusi apakah obat tersebut bisa diganti dengan obat lain yang memiliki fungsi yang sama atau tidak.

Jadi, itu yang bisa kita bahas mengenai mata bengkak setelah minum obat. Penyebab, gejala, dampak, faktor risiko, cara mengatasi, dan apakah kondisi ini berbahaya sudah dipaparkan dengan sangat jelas di atas.

Setelah membahas tentang alergi obat, lantas tidak menjadikan obat sebagai suatu hal yang harus dihindari ya, teman mata. Sesuaikanlah dengan kondisi tubuhmu sebab reaksi terhadap obat antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda.

Walaupun kamu memilih untuk mengonsumsi obat herbal, itu pun tidak menjadi masalah. Kamu yang paling memahami kondisi tubuhmu.

Contohnya, memelihara kesehatan mata. Agar penglihatan tetap jernih, tajam, fokus, dan bebas dari gangguan mata, kamu berhak menentukan apakah ingin memenuhinya dari asupan makanan sehari-hari atau minum vitamin mata.

Minum vitamin mata seperti Eyebost pun tidak masalah. For your information, vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata berbahan dasar madu yang dikombinasikan dengan 3 bahan berkhasiat tinggi lainnya seperti ekstrak wortel, buah bilberry, dan bunga marigold.

Vitamin mata atau yang disebut juga dengan madu herbal Eyebost membawa kebaikan untuk kesehatan mata sebab mengandung antioksidan tinggi (lutein, polifenol, flavonoid, dan antosianin) serta vitamin A, C, dan E.

Terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan, vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari balita di atas 2 tahun, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia.

Cukup dengan 2 sendok vitamin mata Eyebost setiap hari, mata kamu dijamin sehat, jernih, tajam, dan fokus sepanjang waktu. Sudah banyak yang merasakan manfaat Eyebost, kini giliran kamu nih, teman mata.

Yuk, pesan sekarang di website resmi Eyebost untuk promo menarik!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi