Kesehatan

Mengulas Manfaat Blewah untuk Mata

/

by Shaffi Kareem


Tidak terasa ya, empat bulan lagi sudah masuk bulan Ramadhan. Bulan dimana kita berpuasa selama satu bulan penuh, dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya vibes bulan Ramadhan lah yang sangat rdirindukan.

Sahur dan berbuka bersama keluarga, berbondong-bondong melaksanakan salat tarawih di masjid, dan satu hal yang tak kalah berkesan adalah aktivitas mencari takjil. Penjaja makanan tumpah ruah di jalanan, mulai dari bubur candil, kue basah, es kuwut, hingga es blewah.

Ngomong-ngomong tentang es blewah, buah yang memiliki nama latin Cucumis Melo Var. Cantalupensis L ini, masih termasuk dalam keluarga melon, timun, dan labu. Di samping itu, ternyata salah satu manfaat blewah adalah dapat menjaga kesehatan mata. Penasaran kan apa saja kah kandungan dan manfaat blewah untuk mata? Yuk kita ulas bersama!

Kandungan Blewah

Blewah memiliki karakteristik yaitu berbentuk bulat seperti labu atau agak lonjong seperti timun suri, warna kulitnya jingga terang disertai dengan bercak berwarna hijau, dan memiliki daging buah yang lembut serta memiliki biji dan serat di dalamnya seperti labu dan melon.

Blewah biasanya dikonsumsi dengan nembahkan es batu dan sirup. Rasanya yang menyegarkan membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai takjil guna melepaskan dahaga. Bahkan, kini salah satu perusahaan FMCG telah mengeluarkan minuman serbuk dengan perisa blewah.

Di samping rasanya yang menyegarkan, ternyata daging blewah memiliki sederet kandungan yang tak kalah mengesankan. Dalam sebuah studi berjudul Substitusi Buah Pepaya Terhadap Sifat Fitokimia dan Organoleptik Selai Blewah disebutkan bahwa blewah mengandung beberapa komponen gizi antara lain

1. Serat

Serat atau fiber berperan sebagai prebiotik yang merubah fungsi bakteria dan mikroba lain yang berada di dalam penernaan menjadi agen yang bertugas untuk menyembuhkan inflamasi, fungsi imun, dan kesehatan usus sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sumber serat antara lain seperti kale, oatmeal, kacang polong, almond, chia seed, lentil, beras coklat, serta buah-buahan seperti apel, pir, dan blewah. Dalam 100 gram blewah, terdapat serat sebanyak 0,9 gram.

2. Vitamin C

Sumber vitamin C banyak ditemukan dalam keluarga citrus seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan lime. Selain itu, vitamin C dapat ditemukan juga di dalam blewah dimana terkandung 36,7 mg vitamin C di dalam setiap 100 gram blewah.

Vitamin C identik dengan khasiatnya untuk meningkatkan imun tubuh.  Namun, adapun khasiat vitamin C yang lain adalah sebagai penangkal radikal bebas sehingga manfaat blewah adalah dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan lain-lain.

Manfaat Blewah

3. Kalium

Kalium adalah sebuah mineral yang memiliki nama lain yaitu potassium. Fungsi kalium adalah untuk menstabilkan detak jantung, membantu membawa nutrisi ke sel, serta menurunkan risiko tekanan darah tinggi sebagai akibat dari makanan tinggi sodium.

Makanan yang mengandung kalium adalah bayam, wortel, kentang, anggur, blackberry, jeruk, dan tentunya blewah. Dalam 100 gram blewah, terdapat kandungan kalium yang tinggi yaitu sebesar 267 mg. Maka dari itu, manfaat blewah dapat kita rasakan apabila mengonsumsinya secara rutin.

4. Provitamin A

Provitamin A merupakan hasil dari perubahan betakaroten. Peran provitamin A adalah sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas serta perannya sebagai anti-aging yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, kandungan ini baik untuk kesehatan mata.

Kita dapat mudah menemukan makanan yang mengandung betakaroten dalam brokoli, wortel, ubi jalar, labu, tomat, susu, telur, hati sapi, mangga, serta blewah. Per 100 gram blewah terdapat setidaknya 2,029 µg betakaroten atau provitamin A.

5. Antioksidan

Setiap hari, tubuh kita terpaparan beberapa radikal bebas yang bersumber dari sinar matahari, asap rokok dan kendaraan, serta berbagai sumber lainnya. Radikal bebas akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti menimbulkan penyakit kanker, jantung, dan sebagainya.

Di sinilah peran antioksidan yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Adapun berbagai macam antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata agar tetap jernih dan menurunkan risiko terjadinya katarak.

Lutein dan zeaxanthin terkandung di dalam berbagai macam sayur dan buah-buahan, salah satunya adalah blewah. Buah blewah mengandung lutein dan zeaxanthin sehingga manfaat blewah yang bisa kita dapatkan adalah mencegah berbagai macam gangguan mata.

Manfaat Blewah Untuk Mata

Tidak heran kalau blewah dijadikan sebagai primadona di antara berbagai macam hidangan berbuka puasa. Rasanya sangat segar sebab daging blewah mengandung hampir 90% air, sehingga salah satu manfaat blewah yang bisa kita dapatkan adalah untuk mencegah dehidrasi.

Selain rasanya yang menyegarkan, blewah juga mengandung berbagai komponen gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah kandungan provotamin A yang berasal dari betakaroten serta lutein dan zeaxanthin yang membuktikan akan manfaat blewah untuk mata.

Dalam sebuah studi berjudul Ulasan Pustaka: Potensi Lutein dan Zeaxanthin Sebagai Pencegah Katarak disebutkan bahwa lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan kuat yang dapat mencegah menurunka risiko pembentukan katarak pada mata.

Adapun kandungan provitamin A yang berasal dari betakaroten, di mana betakaroten adalah zat pigmen yang memberikan warna kuning pada daging blewah. Manfaat blewah yang dapat kita rasakan dari betakaroten adalah menjaga penglihatan pada mata agar tetap jernih.

Oleh karenanya, kita dapat merasakan berbagai manfaat blewah untuk mata dengan mengonsumsi blewah. Buah yang kerap kali disepelekan sebab tidak se-famous keluarganya yang lain seperti melon, ternyata memiliki khasiat yang membuat siapapun kagum.

Cara Membuat Es Blewah

Berbagai macam es selalu menjadi incaran setiap orang untuk dijadikan sebagai salah satu menu berbuka puasa. Katakanlah es blewah. Buah yang memiliki bentuk mirip labu ini kerap kali diolah sebagai es yang dapat melepaskan dahaga setelah hampir 12 jam berpuasa.

Pada umumnya, es blewah cenderung mirip dengan es kuwut, ditambah dengan berbagai macam topping yang kian menambah kesegarannya. Salah satu olahan es blewah yang dapat menjadi inspirasi berbuka puasa adalah Es Blewah Nnata De Coco. Yuk kita belajar cara membuatnya!

Bahan-bahan:

  • 200 gram blewah
  • 1 gelas nata de coco
  • 1 sdm biji selasih
  • 200 ml sirup cocopandan
  • 100 ml air matang
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  • Kerok daging blewah dengan menggunakan alat pengerok buah panjang.
  • Siapkan gelas, lalu masukkan sirup, es batu, nata de coco, blewah, dan biji selasih.
  • Tuang air matang hingga semua bahan tersebut tenggelam.
  • Aduk hingga sirup tercampur dengan air, dan es blewah nata de coco siap disajikan.

Selain berkhasiat untuk mata, manfaat blewah yang lain adalah menjaga kesehatan kulit, menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, dan cocok dikonsumsi saat diet karena blewah merupakan buah yang mengandung rendah kalori.

Namun, kita disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi dari bahan makanan yang lain seperti sayuran, daging, ayam, ikan, telur, susu, serta kacang-kacangan. Gizi yang seimbang dikombinasikan dengan olahraga secara teratur menjadikan tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Pengonsumsian suplemen juga diperbolehkan untuk membantu memenuhi komponen gizi yang masuk ke dalam tubuh, seperti Eyebost. Diperkaya dengan ekstrak wortel, blueberry, billberry, bunga marigold, serta madu asli, Eyebost turut berperan sebagai agen dalam menjaga kesehatan mata. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi