Kesehatan

Mata Kering Kronis: Apakah Bisa Disembuhkan?

/

by Shaffi Kareem


Mata Kering Kronis adalah salah satu jenis gangguan mata. The eye is the jewel of the body adalah sebuah kutipan oleh Henry David Thoreau yang artinya mata merupakan sebuah permata bagi tubuh.

Maksud dari kutipan tersebut adalah bahwa mata merupakan suatu hal yang sangat berharga layaknya sebuah permata.

Bagaimana tidak? Mata memiliki kemampuan yang luar biasa antara lain adalah menangkap setidaknya 10 juta warna, memperkirakan jarak, serta kemampuan yang tak kalah menakjubkan adalah mata dapat memfokuskan cahaya yang masuk dan mengirimkannya ke otak.

Kemampuan inilah yang kemudian memberikan kita kemampuan untuk melihat benda-benda di sekitar kita dengan titik jauh tak terhingga. Yang mana, hal itu berarti bahwa kita dapat melihat benda dengan jelas dengan jarak sejauh apapun.

Sayangnya, seiring dengan perkembangan teknologi dan informatika yang semakin maju, semakin banyak pula kasus pada gangguan fungsi pengelihatan. Salah satunya adalah mata kering yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

Umumnya, mata kering adalah suatu gangguan yang wajar terjadi. Contohnya adalah saat terbangun dari tidur, mata akan terasa kering.

Mata yang seharusnya dilumasi dengan cairan mata saat berkedip, akan terasa kering saat tidur karena mata tidak berkedip berja-jam lamanya.

Biasanya mata akan kembali normal hanya dengan mengedipkan mata beberapa kali. Akan tetapi, apabila mata kering berlangsung lama dan tidak kunjung membaik, perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis mata karena ada kemungkinan terjadinya mata kering kronis.

Mata Kering Kronis

mata kering kronis

Mata kering kronis atau yang biasa disebut dengan chronic dry eye adalah suatu gangguan mata kering yang terjadi pada mata dengan derajat yang cukup berat atau parah.

Mata kering kronis merupakan gangguan mata kering yang dengan tingkat keparahan yang tinggi.

Mata kering pada umumnya dapat dsiembuhkan dengan treatment mandiri ataupun berkonsultasi dengan fokter.

Akan tetapi, mata kering yang terus menerus dibiarkan akan bertambah parah dan mengakibatkan mata kering kronis.

Gangguan mata ini akan berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. Mata kering kronis yang semakin parah akan menimbulkan infeksi pada mata yang kemudian akan meningkatkan risiko kebutaan.

Gejala Mata Kering Kronis

mata kering

Kemajuan teknologi dan infromatika turut berkontribusi dalam kenaikan kasus mata kering. Penggunaan gadget salah satunya.

Frekuensi menatap gadget rata-rata > 2 jam. Terlebih lagi, intensitas berkedip yang berkurang, menimbulkan terjadinya mata kering.

Tidak jarang, orang-orang yang bekerja di depan laptop bahkan anak-anak yang menatap layar ponsel terlalu lama akan mengeluhkan rasa tidak nyaman pada mata. Inilah yang dimaksud gangguan mata kering atau yang dapat disebut dengan dry eye.

Akan tetapi, mata kering juga memiliki tingkat keparahan. Apabila mata kering tidak segera diobati atau diperiksa lebih lanjut oleh dokter spesialis mata, maka hal tersebut akan menimbulkan menimbulkan mata kering kronis atau chronic dry eye dengan gejala sebagai berikut

  • Mata terasa kering
  • Mata merah disertai dengan gatal
  • Sakit yang berlebihan pada mata seperti terdapat benda asing atau pasir
  • Sensasi panas pada mata
  • Cairan mata yang berlebih
  • Penglihatan samar-samar atau blur
  • Sulit untuk menggunakan softlens
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Terdapat mukus atau kotoran mata di dalam dan di sekitar mata

Penyebab Mata Kering Kronis

mata kering

Mata kering dapat menyerang siapapun di segala usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki potensi yang sama terkena gangguan mata kering yang menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi mata kering kronis. Gangguan mata yang satu ini merupakan gangguan mata kering dengan tingkat keparahan yang tinggi dan lebih menyakitkan daripada gangguan mata kering pada umumnya. Adapun penyebab-penyebabnya antara lain sebagai berikut

1. Penurunan produksi cairan mata

Setiap kali mata berkedip, cairan mata akan melumasi mata. cairan inilah yang kemudian memudahkan kita untuk membuka dan menutup mata. ajaibnya, cairan ini juga berfungsi untuk menghalau berbagai bakteri dan debu yang mengancam mata setiap waktu.

Apabila penurunan produksi cairan mata menurun, maka mata akan kesulitan untuk melakukan fungsinya dengan baik. Hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata seperti mata kering, gatal, panas, merah, dan sebagainya.

Bagaimana pun, mata kering yang dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan mata kering kronis dimana mata akan merasakan sakit yang luar biasa. Apabila tidak ditangani lebih lanjut, maka akan mengakibatkan kondisi mata yang lebih parah.

2. Penguapan cairan mata yang berlebihan

Selain air, cairan mata juga mengandung kandungan minyak atau yang disebut dengan oil film. Salah satu fungsi minyak ini adalah untuk mencegah cairan mata menguap terlalu cepat. Namun, beberapa kasus mata kering diakibatkan oleh oil film yang terhalang keluar.

Saat minyak terhalang, otomatis cairan mata akan lebih cepat menguap karena selalu terpapar udara. Ada beberapa hal yang mempengaruhinya, misalnya posterios blepharitis, alergi pada mata, serta terpapar angin dan udara yang kering.

3. Jarang berkedip

Mata yang jarang berkedip berpotensi untuk terkena sindrom mata kering kronis. Hal itu disebabkan karena cairan mata yang seharusnya melumasi mata setiap kali mata berkedip, tidak dapat dikeluarkan karena frekuensi berkedip yang kurang.

Adapun aktivitas-aktivitas yang memungkinkan terjadinya mata kering di antaranya adalah berkonsentrasi saat belajar, menyetir pada perjalanan jauh, dan melakukan pekerjaan di depan laptop seperti akuntan, desainer grafis, dan sebagainya.

Pengobatan Mata Kering Kronis

cara mengatasi mata kering

Apakah mata kering kronis bisa disembuhkan? Jawabannya adalah bisa. Mata kering kronis memang sudah pada derajat yang parah, tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa gangguan mata yang satu ini mustahil untuk disembuhkan.

Dalam pengobatannya, dapat dilakukan berbagai cara mulai dari perawatan pribadi maupun dengan bantuan dokter spesialis mata tergantung penyebab terjadinya mata kering kronis tersebut. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan mata kering kronis adalah

1. Artificial tears atau air mata buatan

Ada dua jenis air mata buatan yang dapat digunakan, yaitu artifial tears with preservatives dan artificial tears with no-preservatives. Keduanya memiliki cara kerja yang sama yaitu untuk melumasi mata setiap kali mata terasa kering.

Artificial tears with no-presetvative adalah air mata buatan yang tidak mengandung bahan pengawet. Sehingga, dalam penggunaannya, penderita mata kering dapat menggunakannya hingga empat kali dalam sehari.

Disarankan untuk menggunakan air mata buatan tanpa bahan pengawet apabila air mata buatan dengan bahan pengawet (articial tears with preservatives) menimbulkan alergi atau iritasi pada mata.

2. Salep mata

Selain air mata buatan, salep mata atau ointment juga dapat digunakan untuk mengobati mata kering kronis. Cara pengobatan yang satu ini direkomendasikan untuk penggunaan di malam hari pada saat tidur.

Salep ini akan membantu melumasi mata selama kita tidur dan mengatasi rasa tidak nyaman pada mata pada saat bangun tidur di pagi hari. untuk dosis penggunaannya, disesuaikan dengan resep yang telah diberikan dokter mata Anda.

3. Restasis

Restasis adalah obat tetes mata yang telah disetujui oleh United State Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati mata kering kronis. Obat ini mengandung cyclosporine opthalmic emulsion 0.05% yang harus diresepkan oleh dokter.

Cara kerja restasis adalah dengan meningkatkan kemampuan mata untuk memprodusi air mata secara alami. Penggunaan restasis direkomendasikan untuk penderita yang tidak kunjung membaik setelah melakukan pengobatan dengan menggunakan air mata buatan.

4. Lacrisert

Pada kasus mata kering kronis ataupun sedang, penggunaan lacrisert dapat menjadi salah satu pertimbangan. Pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukan sisipan pada mata yang mengandung hydroxypropyl cellulose.

Lacrisert disisipkan ke dalam mata bagian bawah dan dapat membantu mengatasi gejala mata kering kronis dalam kurun waktu 24 jam saja. Pengobatan ini pun dinilai aman karena memiliki cara kerja yang sama dengan air mata buatan atau artificial tears.

5. Operasi plastik

Pada beberapa kasus, mata kering kronis dapat diakibatkan oleh masalah pada bagian anatomi tubuh, contohnya adalah mata yang tidak dapat berkedip dengan sempurna. Pada mata normal, kelopak mata bagian atas dan bawah bersentuhan saat berkedip.

Akan tetapi, pada mata yang tidak mampu untuk berkedip dengan sempurna, kelopak mata bagian atas tidak dapat menyentuh kelopak bagian bawah. Pada beberapa kasus, fenomena menimbulkan mata kering karena cairan mata tidak mampu melumasi mata dengan baik.

Maka dari itu, operasi plastik dapat dilakukan untuk memperbaiki kelopak mata supaya kedua kelopak dapat bersentuhan saat mata berkedip dan diharapkan bahwa mata kering kronis dapat segera membaik.

6. Menyumbat puncta atau saluran air mata

Salah satu cara untuk mengatasi mata kering kronis adalah dengan memasukan sebuah sumbatan, yang terbuat dari silikon atau kolagen, ke puncta atau saluran air mata. Pada dasarnya, saluran mata berfungsi untuk mengairkan air mata ke hidung dan tenggorokan.

Dengan memasukan sebuah sumbatan, air mata diharapkan akan tetap berada di permukaan mata yang akan terus melumasi mata serta menghindari terjadinya mata kering. Bagaimana pun, sumbatan ini dapat bersifat sementara dan permanen.

Untuk penderita mata kering biasa, penggunaan sumbatan mungkin dapat bersifat sementara. Akan tetapi, penderita mata kering dengan derajat keparahan tinggi atau mata kering kronis lebih baik mempertimbangkan untuk menggunakan sumbatan permanen.

Sederhananya, mata kering kronis merupakan gangguan mata kering yang dibiarkan terlalu lama tanpa ada tindakan pengobatan. Kemudian, peradangan atau ketidaknyamanan pada mata akan makin parah dan mengganggu sehingga disebut dengan mata kering kronis.

Satu hal yang harus diingat adalah sadari dan pahami betul kondisi mata Anda. Apabila mata terindikasi mata kering, segera lakukan pengobatan atau konsultasikan ke dokter supaya tidak makin parah dan menyebabkan mata kering kronis. Tetapi, mata kering kronis sebenarnya dapat dicegah.

Bagaimana cara mencegah mata kering kronis? Ada beberapa cara yang dapat di lakukan, yaitu dengan menghindari penggunaan hair dryer, angin, debu, asap rokok, tempat atau ruangan dengan tingkat kelembaban yang rendah, dan mengistirahatkan mata dari layar komputer atau gawai.

Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata seperti buah dan sayuran. Selain itu, suplemen seperti Eyebost juga baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan mata. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi