Kesehatan

Bukan Main, Ini 10 Manfaat Bunga Tai Ayam yang Kamu Wajib Tau!

/

by Shaffi Kareem


Lihat kebunku, penuh dengan bunga. Ada yang putih, dan ada yang merah

Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi?

Siapapun pasti sepakat kalau bunga berparas indah. Baunya yang harum dan warna-warnanya yang cantik pun memikat siapapun yang melihatnya.

Tapi, pernah nggak sih kalian dengar tentang bunga tai ayam?

Bunga yang satu ini memang tidak setenar mawar dan melati, tapi ternyata manfaatnya sangat luar biasa lho, teman mata!

Yup, pembahasan kali ini akan membahas mengenai apa itu bunga tai ayam, manfaat, jenis, dan bagaimana cara mengonsumsinya yang baik dan benar.

Untuk mempersingkat waktu, yuk kita langsung ke pembahasan pertama!

Bunga Tai Ayam Itu Apa?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, kita bahas arti istilah bunga tai ayam dulu, yuk!

Perlu kamu tahu, istilah tahi atau tai berarti kotoran yang mana istilah ‘tahi’ hanya digunakan sebagai analogi saja. Jadi, bisa dikatakan kalau bunga tai ayam artinya bunga yang memiliki bau yang tidak sedap seperti tahi atau kotoran ayam.

Akibat baunya yang menyengat, tidak heran kalau ternyata bunga ini memiliki manfaat terselubung yaitu untuk mengusir serangga, seperti nyamuk, semut, dan kutu daun.

Bunga tai ayam atau marigold dalam istilah Latin disebut dengan Tagetes erecta. Meskipun saat ini sudah banyak ditemukan di Indonesia, bunga marigold berasal dari benua Amerika, lebih tepatnya Amerika Selatan. 

Bunga ini identik dengan warna terang seperti oranye. Selain itu, ada beberapa karakteristik bunga tai ayam, di antaranya seperti:

  • Kelopak bunga berwarna oranye terang
  • Akar tunggang yang memiliki warna putih kekuningan
  • Akar memiliki rambut akar untuk menyerap mineral dan air dari tanah
  • Tinggi batang antara 30-120 cm
  • Batang berwarna putih saat muda dan hijau saat dewasa
  • Daun majemuk runcing dengan tepi bergerigi
  • Daun tunggal menyirip dan mirip dengan daun majemuk

Manfaat Bunga Tai Ayam

Bunga tai ayam banyak memenuhi pekarangan di rumah-rumah. For your information, tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh sehingga tanaman ini sangat cocok tumbuh di Indonesia. Jadi, nggak kaget kalau kamu akan dengan mudah menemukannya di sekitarmu.

Seringkali disepelekan karena baunya, bunga tai ayam ternyata mendatangkan begitu banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita, beberapa di antaranya adalah:

1. Menolak Hama

Hama adalah musuh bagi tanaman. Buat kamu yang punya tanaman seperti tanaman cabai, kamu disarankan untuk menanam bunga tai ayam di sampingnya.

Baunya yang menyengat sangat tidak disukai oleh hama sehingga tanaman kamu akan aman dan bebas gangguan, deh. 

2. Pewarna Alami

Berwarna kuning dan oranye, bunga tai ayam dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Pewarna tersebut kemudian digunakan untuk pewarna makanan dan kosmetik.

Meskipun demikian, proses khusus diberlakukan pada pengelolaan pewarna agar keamanan penggunaan dan higienisnya terjamin.

3. Varian Parfum

Jangan salah, meskipun baunya menyengat dan banyak tidak disukai, bunga tai ayam justru dimanfaatkan untuk menambahkan aroma pada parfum, lho!

Pernyataan tersebut dibuktikan dalam sebuah studi berjudul Ekstraksi Minyak Atsiri dari Tanaman Tahi Kotok (Tagetes erecta L.) sebagai Produk Obat Herbal dengan Metode Distilasi Uap.

4. Menolak Nyamuk

Bukan hanya menolak hama, nyamuk juga langsung kabur hanya dengan mencium bau bunga tai ayam, nih.

Yuk, mulai tanam bunga yang satu ini di pekarangan rumahmu! Bukan hanya mengusir nyamuk, niscaya rumahmu akan nampak lebih indah dengan bunga-bunga yang cantik.

5. Meredakan Inflamasi

Bunga marigold dikenal sebagai anti-inflammatory atau anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan.

Hal ini telah terbukti efektif seperti yang disebutkan pada studi penelitian berjudul Tagetes erecta L. Flowers Extract: Effects on the Innate Inflammatory Response.

6. Mengontrol Gula Darah

Ternyata, mengonsumsi bunga tai ayam secara rutin dengan dosis yang tepat bisa membantu mengontrol gula darah, lho.

Studi berjudul Effect Lutein of Marigold Flower (Tagetes erecta L.) on Decreasing Glucose and Malondialdehyde Levels in Alloxan-induced Blood Mice menyebutkan kandungan antioksidan di dalam bunga tai ayam berpotensi menurunkan kadar gula dalam darah.

7. Mengatasi Permasalahan Kulit

Ternyata, dari dulu bunga tai ayam sudah digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah eksim.

Pernyataan ini diperkuat dengan hasil penelitian berjudul Potential Cosmeceutical Application and Evaluation of Human Skin Irritation of Tagetes erecta L. Flower Extract yang menghasilkan kalau bunga marigold terbukti dapat mengatasi infeksi kulit akibat bakteri.

8. Mengobati Sariawan

Studi berjudul Effects of Tagetes erecta Gel on Experimentally Induced Oral Ulcer Model in Rats menyebutkan kalau kandungan hidro alkohol dalam daun dan gel ekstrak bunga tai ayam berpotensi mengobati sariawan.

Bahkan, manfaat bunga tahi ayam yang satu ini sudah dikenal sebagai pengobatan turun temurun, lho!

9. Mencegah Katarak

Bunga tai ayam mengandung antioksidan berupa lutein. Perlu diketahui, lutein adalah senyawa antioksidan yang memberikan pigmen atau warna pada bunga marigold, sebutan lain bunga tahi ayam.

Nah, antioksidan bertugas menangkal radikal bebas sehingga mata kita terhindar dari risiko gangguan mata akibat sinar biru atau blue light seperti katarak.

Dan Madu Eyebost adalah vitamin mata yang menggunakan bahan bunga tai ayam, dimana sangat ampuh dalam mencegah terjadinya mata katarak.

10. Mencegah Penuaan

Kabar baik buat para wanita yang ingin selalu tampil awet muda, bunga tai ayam ternyata bisa mencegah penuaan, lho!

Dalam sebuah studi berjudul Exploring Tagetes erecta Linn Flower for the Elastase, Hyaluronidase and MMP-1 Inhibitory Activity disebutkan kalau bunga tahi ayam merupakan agen anti keriput seperti yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu.

Jenis Bunga Tai Ayam

Meskipun sekilas mirip, ternyata bunga tai ayam banyak jenisnya nih, teman mata. Didominasi oleh warna oranye dan kuning, nyatanya masing-masing jenisnya memiliki ciri khas yang membedakannya.

Di antara begitu banyak jenisnya, ada 4 jenis bunga marigold yang paling besar, yaitu:

1. French Marigold

Semua jenis marigold spesies Tagetes patula masuk ke dalam jenis bunga marigold yang satu ini, nih. Karakteristik French marigold adalah memiliki bentuk yang lebih kecil dan warnanya kuning dan oranye.

Meskipun namanya ‘french’, bunga yang satu ini berasal dari Guatemala dan Meksiko. Biasanya, French marigold dimanfaatkan sebagai minyak esensial dan pewarna.

2. African Marigold

African marigold memiliki sebutan lain Aztec marigold dan American marigold. Jenis bunga tai ayam yang satu ini berasal dari Meksiko, lebih tepatnya di Veracruz, Michoacan, dan Puebla.

For your information, kata ‘african’ disematkan sebab mereka pertama kali sampai di Eropa bagian selatan dari Afrika Utara. Bagaimanapun, semua tipe african berasal dari spesies Tagetes erecta.

3. Signet Marigold

Signet marigold adalah sebutan umum untuk spesies bunga tai ayam Tagetes tenuifolia. Seperti kebanyakan jenis marigold, bunga ini berasal dari Meksiko, namun kini telah banyak ditemukan juga di Peru, Kolumbia, dan Amerika Tengah.

Umumnya, bunga tai ayam jenis signet ditanam di kebun dan digunakan juga untuk mencegah hama. Perlu diketahui, Signet marigold dihargai secara medis, dan telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi permasalahan perut dan pencernaan.

4. Triploid Marigold

Jenis Triploid marigold merupakan persilangan antara French marigold dan African marigold. Jenis bunga tai ayam triploid memiliki bentuk dan warna yang berbeda, serta cenderung memiliki kemampuan adaptasi terhadap iklim yang berbeda.

Kamu harus tahu nih teman mata, Triploid marigold dapat bekerja dengan baik pada suhu tinggi di musim panas. Mereka juga bertahan lebih baik pada musim hujan daripada jenis bunga marigold lainnya.

Selain itu, bunga tahi ayam jenis triploid tidak menghasilkan biji setelah bunganya memudar. Inilah alasan mengapa mereka disebut dengan Mule marigold atau bunga tai ayam bagal.

Selanjutnya, empat jenis bunga tahi ayam di atas menghasilkan banyak varietas, di antaranya seperti:

  • Crackerjack African marigold
  • Kilimanjaro White African marigold
  • Phyllis African marigold
  • Favorite Blend French marigold
  • Lemon Drop French marigold
  • Gm Blend Signet marigold
  • Mexican Tarragon Signet marigold
  • Inca Yellow Signet marigold
  • Mary Helen African marigold
  • Red Cherry French marigold
  • Inca Primrose African marigold
  • Tiger Eyes French marigold
  • Jedi African Marigold
  • Southern Cone marigold
  • Golden Guardian marigold

Baca Juga Yuk: Ketahui 5+ Khasiat Bunga Marigold

Bagaimana Cara Mengonsumsi Bunga Tai Ayam?

Setelah kita membahas tentang manfaat bunga tai ayam, kita semakin menyadari kalau bunga yang satu ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

Di samping menangkal hama dan serangga, bunga tai ayam memiliki nilai plus dari sisi medis, lebih tepatnya mengatasi sariawan, permasalahan kulit, mengontrol gula darah, mencegah penuaan, serta mencegah katarak.

Tapi, kalian penasaran nggak sih bagaimana cara mengonsumsi bunga tai ayam yang baik, benar, dan tentunya tidak ribet?

Nah, ternyata kita bisa mengonsumsinya sebagai teh bunga marigold, lho!

Adapun tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuat secangkir teh marigold hangat, yaitu:

  • Siapkan air mendidih sebanyak 300 ml.
  • Masukkan air mendidih ke dalam cangkir yang berisi bunga marigold kering.
  • Diamkan selama 5 menit hingga warna air berubah kekuningan.
  • Tambahkan madu sebagai pemanis alami.
  • Aduk dan teh marigold hangat siap dinikmati.

Kalau kamu sulit mendapatkan bunga tai ayam yang telah dikeringkan, kamu bisa juga mengonsumsi bunga tahi ayam melalui vitamin mata Eyebost, lho!

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang terbuat hanya dari bahan-bahan alami mulai dari ekstrak bunga marigold, buah bilberry, wortel, madu hutan asli, dan flavour blueberry.

Dari bahan-bahan tersebut, diperoleh nutrisi yang lengkap dan baik untuk menjaga kesehatan mata, mulai dari antioksidan jenis lutein, flavonoid, polifenol, dan antosianin, serta vitamin A, C, dan E.

Vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi untuk anak-anak di atas 2 tahun, remaja, dewasa, hingga kalangan lanjut usia. Jadi, vitamin mata yang satu ini tepat untuk dijadikan sebagai vitamin mata keluarga.

Jadi, kamu yang ingin menjaga kesehatan dengan baik, kamu disarankan untuk mengonsumsi Eyebost rutin setiap hari sembari diiringi dengan makan makanan bergizi tinggi, olahraga rutin, penuhi asupan cairan, tidur cukup, dan batasi penggunaan gawai.

Ayo, dapatkan vitamin mata Eyebost yang asli hanya di website resminya sekarang juga sebelum kehabisan!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi