Kesehatan

8 Obat Herbal Sakit Mata Minim Efek Samping, Ampuh Atasi Masalah Mata

/

by Shaffi Kareem


Fase pergantian musim dikenal membawa sejumlah penyakit. Tidak heran kalau kita melihat banyak sekali orang yang dengan mudah terserang batuk, flu, hingga gangguan mata.

Nah, kalau sudah begini, apa yang pertama kita cari?

Ya, betul sekali. Jawabannya adalah obat. Dengan mengonsumsi obat, diharapkan tubuh segera membaik sehingga dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Ngomong-ngomong soal obat, ada sebagian orang yang lebih condong untuk mengonsumsi obat herbal, misalnya obat herbal sakit mata. Obat herbal yang satu ini bertujuan untuk meringankan gejala gangguan mata yang menjadi keluhannya.

Bagaimanapun, apa saja sih obat herbal sakit mata?

Tenang, teman mata, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk mengupas secara tuntas apa itu obat herbal sakit mata berikut contoh, efek samping yang ditimbulkan, dan lain sebagainya.

So, tolong banget baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Obat Herbal?

Sepertinya istilah obat herbal sudah berseliweran di telinga kita, ya. Banyak yang mengira kalau obat herbal sama dengan obat tradisional, tetapi sebenarnya keduanya berbeda nih, teman mata.

Definisi obat tradisional dijelaskan secara gamblang di dalam sebuah studi berjudul Traditional Medicine: Past, Present, and Future Research and Development Prospects and Integration in the National Health System of Cameroon.

Dalam studi tersebut, obat tradisional mengacu pada praktek kesehatan, pendekatan, pengetahuan, dnan kepercayaan yang menggabungkan obat yang berbasis tumbuhan, hewan, dan mineral, terapi spiritual, teknik dan latihan manual.

Semua itu diterapkan secara tunggal atau kombinasi untuk mengobati, mendiagnosis, mencegah penyakit, dan menjaga kesehatan.

Meanwhile, obat herbal adalah salah satu bentuk atau jenis obat tradisional yang memanfaatkan tumbuhan dan ekstraknya yang mengandung bahan-bahan aktif untuk mengobati suatu penyakit.

Orang-orang yang memilih obat herbal berpendapat kalau obat jenis ini lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping daripada obat herbal.

Meskipun demikian, untuk memilih antara obat herbal dengan obat kimia adalah sepenuhnya hak setiap orang sebab setiap dari mereka pasti sudah memiliki berbagai pertimbangan sebelumnya.

Obat Herbal Sakit Mata

Sama halnya dengan obat kimia, ada banyak jenis obat herbal yang disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Salah satunya adalah obat herbal sakit mata.

Obat herbal yang satu ini berfungsi untuk meredakan gejala sakit mata yang diderita agar tidak bertambah parah. Adapun beberapa obat herbal sakit mata yang bisa kita gunakan atau konsumsi, di antaranya adalah:

1. Mentimun

Dimanfaatkan sebagai lalapan di Indonesia, mentimun dilansir menjadi salah satu obat sakit mata alami.

Kamu bisa menggunakan mentimun untuk mengatasi  mata panda yang seringkali memberikan kesan tidak segar. Pun, mentimun merupakan obat herbal sakit mata bengkak yang bagus sekali untuk meredakan bengkak atau sembab pada mata.

Selain itu, mentimun menawarkan efek melembabkan dan meredakan mata merah dan kering. Wah, komplit banget ya manfaat mentimun untuk mata kita!

2. Air mawar

Siapa sih yang nggak jatuh cinta setiap kali liat mawar. Bukan hanya wujudnya yang cantik dan baunya yang harum, ternyata mawar merupakan salah satu obat herbal sakit mata, lho.

Mawar yang dibuat menjadi air mawar bisa digunakan untuk meredakan bengkak pada mata dan merilekskan sensasi terbakar pada mata nih, teman mata.

Di samping itu, manfaat air mawar yang lain adalah untuk mencerahkan lingkaran hitam pada mata, menyamarkan tanda penuaan, dan mencegah kerusakan sel di sekitar mata berkat kandungan antioksidan pada kelopak mawar dan air mawar.

Caranya adalah berikan beberapa tetes obat tetes mata yang mengandung air mawar di dalamnya.

3. Daun sirih

Manfaat daun sirih sebagai obat herbal sakit mata tidak kaleng-kaleng, nih.

Dalam sebuah studi berjudul The Effects of Green Betel Leaf (Piper betel) Extract Eye Drops on The Number of Staphylococcus aureus Colonies in Conjunctivitis Wistar Rats Model (Rattus norvegicus) disebutkan kalau daun sirih terbukti bisa mengurangi jumlah bakteri Staphylococcus aureus penyebab konjungtivitis.

Penggunaan daun sirih sebagai obat herbal sakit mata dikatakan ampun sebab didalamnya terkandung senyawa seperti cavalry, saponin, eugenol, tannin, dan flavonoid yang berperan sebagai antibiotik dan antiseptik.

4. Kemangi suci

Melansir dari laman India Times, kemangi suci (holy basil) atau tulsi dianggap mamu memperlambat dan mencegah terjadinya katarak dengan cara menghalangi pembentukan gumpalan protein yang berisiko menghalangi penglihatan.

Bak angin segar, kemangi suci sebagai obat herbal sakit mata katarak diharapkan dapat menekan angka terjadinya katarak. For your information, katarak adalah penyebab kebutaan nomor satu di dunia.

5. Teh hijau

Bukan hanya rasanya yang merilekskan tubuh, green tea atau teh hijau dipercaya akan manfaatnya dalam mengatasi permasalahan mata.

Melansir dari laman Healthline, obat herbal sakit mata yang satu ini dapat membantu memudarkan mata panda, mata bengkak, mata merah, iritasi.

Bahkan, teh hijau digadang-gadang menjadi salah satu obat herbal sakit mata belekan sebab kandungan polifenol di dalamnya berguna untuk mengurangi peradangan dan berperan sebagai antivirus nih, teman mata.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Letakkan kantung teh hijau yang telah diseduh dan dimasukkan kulkas di atas mata tertutup. Biarkan selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

6. Lidah buaya

Di dalam daun lidah buaya, ada gel yang kaya akan vitamin, mineral, enzim, serta asam amino. Biasanya, lidah buaya dimanfaatkan sebagai obat alami untuk luka terbakar akibat matahari dan luka bakar lainnya.

Selain mengatasi luka bakar, manfaat lidah buaya lainnya meliputi memperbaiki kulit yang rusak, meredakan bengkak, dan menghidrasi kulit kering. Oleh sebab itu, aloe vera banyak dijadikan bahan utama pelembab dalam produk skincare.

Bahkan, dalam sebuah studi berjudul Aloe Vera Extract Activity on Human Corneal Cell disebutkan kalau lidah buaya mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan dan mata kering.

7. Kunyit

Sejak zaman dahulu, kunyit yang merupakan keluarga rimpang-rimpangan ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat kita. Manfaat kunyit yang paling terkenal adalah untuk meredakan nyeri haid.

Tidak sampai di situ, ternyata kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan mata sebagai obat herbal sakit mata glaukoma berkat senyawa curcumin di dalam kunyit, lho!Bahkan, manfaat kunyit yang satu ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi berjudul Topical Curcumin Nanpcarries are Neuroprotective in Eye Disease.

8. Madu

Madu memiliki properti seperti anti-inflamasi dan antimikroba yang dikombinasikan dengan kemampuannya untuk menenangkan, membuatnya efektif menjadi salah satu obat herbal sakit mata untuk berbagai kondisi mata.

Adapun beberapa kondisi mata yang bisa diatasi menggunakan madu seperti keratokonjungtivitis, ulkus kornea, blefaritis, mata kering, konjungtivitis, dan kerutan di area mata.

Baca Juga: Bukan Main, Ini 10 Manfaat Bunga Tai Ayam yang Kamu Wajib Tau!

Apa Efek Samping Obat Herbal Sakit Mata?

Ada kalangan masyarakat yang lebih memilih untuk mengonsumsi obat herbal daripada obat kimia. Hal ini disebabkan karena salah satunya adalah kecemasan dan ketakutan untuk mengonsumsi obat tersebut.

Pun, obat herbal sebagai bagian dari obat tradisional merupakan ‘warisan’ yang sudah diturunkan turun temurun oleh leluhur. Jadi, tidak kaget kalau mereka memiliki kecondongan untuk memilih obat herbal.

Seperti halnya obat herbal sakit mata. Obat jenis ini digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan mata mulai dari yang ringan hingga serius seperti katarak dan glaukoma.

Tapi, ada nggak sih efek samping obat herbal sakit mata yang perlu kita waspadai?

Terbuat dari bahan-bahan alami, obat herbal sakit mata tidak memiliki efek samping yang berarti kalau dikonsumsi dengan benar sesuai dengan penyakit yang diderita dan tidak berlebihan.

Sebaliknya, obat herbal sakit mata justru bisa memicu terjadinya mual, muntah, sakit kepala, diare, dan lain sebagainya.

Memilih obat herbal dibandingkan obat kimia memang diperbolehkan, tetapi jangan sampai kamu self-diagnose dan mengonsumsinya secara berlebihan ya, teman mata.

Nah, buat kamu yang belum tahu, ada nih salah satu obat herbal sakit mata yang dapat mengatasi gangguan mata mulai dari mata kering, mata lelah, iritasi, hingga katarak dan glaukoma. Namanya adalah vitamin mata Eyebost!

Vitamin mata yang satu ini terbuat dari 100% bahan alami seperti madu hutan asli, ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavour blueberry.

Dalam satu botol Eyebost terkandung vitamin A, C, E, dan beragam jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid. Tuh kan, lengkap banget kan kandungannya!

Nggak perlu panjang lebar menjelaskan tentang vitamin mata Eyebost, yuk langsung buktikan sendiri manfaatnya!

Mau mata sehat? Minum Eyebost dong!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi