Kesehatan

Ketahui 5+ Khasiat Bunga Marigold

/

by Shaffi Kareem


Apakah kalian pernah mendengar tentang bunga tahi ayam saat kecil? Sebenarnya, bunga ini bukanlah tahi ayam sungguhan, namun sebutan tersebut hanyalah sebuah analogi. Pasalnya, bunga ini memiliki bau tidak sedap yang menyengat.

Sebut saja bunga marigold. Rupanya sangat cantik dengan kelopak bunga bertumpuk-tumpuk berwarna kuning hingga oranye, membuat siapapun terbius saat melihatnya. Tidak hanya itu, meskipun bunga ini memiliki bau yang menyengat, kadang kala tanaman ini dijadikan sebagai hiasan halaman rumah.

Namun, jangan salah. Meskipun bunga ini tidak seharum jenis bunga lainnya, ternyata bunga tahi ayam mengandung komponen yang bermanfaat bagi tubuh lho! Adapun berbagai manfaat bunga marigold untuk kesehatan, salah satunya adalah memelihara kesehatan mata. Yuk kita ulas bersama lebih detail tentang manfaat bunga marigold!

Bunga Marigold

Bunga marigold (Tegetes erecta) merupakan tanaman yang memiliki fungsi estetika dan medis. Tanaman ini memiliki bunga berwarna bermacam-macam warna, namun marigold kuning dan oranye yang paling sering ditemukan. Selain itu, bunga ini memiliki ciri khas yaitu bau yang kurang sedap dan  tajam.

Bunga marigold berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di negara Meksiko. Pada abad ke-16, bunga ini mulai dibudidayakan di banyak negara di dunia khususnya Asia seperti China, Bhutan, India, dan sebagainya. Sehingga, saat ini kita dapat dengan mudah menemukan bunga tahi ayam di sekitar kita.

Di India, bunga marigold banyak digunakan pada acara keagamaaan, seperti pernikahan, kematian, dan berbagai acara yang lain. Oleh karenanya, kita akan dengan mudah menemukan juga jenis bunga ini di Bali untuk dijadikan sebagai bunga sesaji. Umumnya, bunga ini juga digunakan untuk mempercantik halaman rumah.

Fungsi estetika bukan satu-satunya. Bunga tahi ayam juga digunakan untuk kepentingan medis. Dalam sebuah studi berjudul A Brief Study on Marigold (Tagetes Species): A Review disebutkan bahwa bunga tahi ayam telah digunakan selama beratus-ratus tahun lamanya untuk mengobati berbagai penyakit, seperti:

  • Demam
  • Serangan epilepsi
  • Bronchitis
  • Reumatik
  • Heumorrhoid (wasir)
  • Kolik perut
  • Obat perut
  • Skabies
  • Gangguan hati
  • Gangguan mata
  • Memperbaiki kerusakan minor pada kulit

Manfaat Bunga Marigold untuk Kesehatan

Bunga marigold atau yang disebut juga dengan bunga gemitir atau bunga tahi ayam, merupakan salah satu dari sekian banyak bunga yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Dalam sebuah studi berjudul A Brief Study on Marigold (Tagetes Species): A Review disebutkan bahwa bunga marigold mengandung komponen kimia seperti flavonoid (mencegah radikal bebas), karotenoid, triterpenoid (anti-inflamasi), dan thiophenes (antimikroba).

Kandungan tersebut turut mendukung manfaat bunga gemitir khususnya pada tindakan farmakologis yang mana tindakan farmakologis meerupakan sutu pengobatan yang melibatkan obat-obatan atau kandungan kimia tertentu.

Dalam kasus ini, kandungan yang terkandung di dalam bunga gemitir dipertimbangkan menjadi salah satu terapi atau tindakan farmakologi. Adapun manfaat bunga marigold antara lain seperti:

1. Antibakteri

Beberapa studi penelitian telah membuktikan bahwa bunga gemitir mengandung anti bakteri yang dapat menghentikan beberapa aktivitas bakteri di antaranya adalah Bacillus cereus, Escherchia coli, Klebsiella pneumoniae, Streptococcus mutans, Streptococcus pyogenes, dan lain-lain.

Manfaat bunga marigold sebagai anti bakteri dibuktikan dengan adanya flavonoid yang dapat menghentikan aktivitas bakteri Klebsiella pneumoniae penyebab penyakit penumonia atau  infeksi akut yang terjadi pada jaringan paru-paru.

2. Antimikroba

Dalam sebuah studi berjudul 19 Plants Against Antibiotic Susceptible and Resistant Strains of Neisseria Gonorrhoeae disebutkan bahwa telah dilakukan penelitian terhadap 19 jenis tanaman obat terhadap bakteri Neisseria Gonorrhoeae.

Dari penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa Tagetes erecta atau bunga marigold memiliki kekuatan yang paling maksimal dalam menghambat aktivitas bakteri Neisseria Gonorrhoeae penyebab infeksi menular seksual.

3. Antioksidan

Bunga marigold mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga dengan mengonsumsi bung amarigold, maka tubuh kita akan terhindar dari penyakit seperti kanker, hipertensi, penyakit kardiovaskular (penyakit yang menyerang pembuluh darah dan jantung), dan lain sebagainya.

Dalam sebuah studi berjudul In Vitro Antioxidant Activity Studies of the Flowers of Tagetes Erecta L. (Compositae) disebutkan bahwa ekstrak ethanol pada bunga gemitir menunjukkan aktivitas atau sifat antioksidan.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Dalam sebuah studi berjudul Hepatoprotective Activity of Tagetes Erecta Against Carbon Tetrachloride-Induced hepatic Damage in Rats disebutkan bahwa terdapat aktivitas hepatoprotective atau aktivitas yang dapat mencegah kerusakan pada hati.

Berbagai senyawa yang berperan dalam menjaga kesehatan hati antara lain seperti flavonoid (senyawa penangkal radikal bebas) , terpenoid (senyawa yang mengeluarkan aroma) dan steroid (anti peradangan).

5. Pestisida Alami

Dalam sebuah studi berjudul Insecticidal Activity of Flower of Tagetes Erecta Against Tribolium Castaneum (Herbst) disebutkan bahwa bunga gemitir memiliki manfaat untuk dijdikan sebagai pestisida alami.

Bunga marigold dapat digunakan untuk mengusir serangga tribolium castaneum atau hama gudang yang biasanya dapat ditemukan pada tempat penyimpanan serealia. Salah satu senyawa pada bunga gemitir memiliki efek beracun yang dapat mengusir serangga hama gudang.

6. Menyembuhkan Luka

Bunga marigold dapat menyembuhkan luka berkat peran dari flavonoid dan hydroalcoholic extract yang merupakan ektrak yang terkandung di dalam tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka.

Dalam sebuah studi berjudul Combined Wound Healing Activity of Gymnema Sylvestere and Tagetes Erecta Linn disebutkan bahwa ektrak yang dikombinasikan dari duan gumar dan bunga gemitir menunjukkan aktivitas penyembuhan luka pada tikus albino.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Bunga marigold mengandung senyawa lutein  dan zeaxanthin yang merupakan zat pigmen pada tumbuhan. Kedua senyawa ini yang memberikan warna kuning dan oranye pada bunga gemitir.

Dalam sebuah jurnal berjudul Telaah Potensi Lutein dari Bunga Marigold Lokal sebagai Suplemen Kesehatan disebutkan bahwa terkandung senyawa lutein dan zeaxanthin pada bunga gemitir sebanyak 13,88 mg/g.

Jumlah lutein bunga marigold memenuhi asupan lutein harian yang idealnya hanya berkisar 6-20 mg per hari. Kandungan lutein berperan dalam menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap jernih serta terhindar dari penyakit mata seperti katarak, Age-related Macular Degeneration (AMD), dan sebagainya.

Apakah Bunga Marigold Bisa Dimakan?

Di Indonesia, mungkin kita akan mudah menemukan bunga tahi ayam di sekitar kita guna mempercantik halaman. Meskipun memiliki bau yang tajam dan kurang sedap, namun warnanya yang cantik membuat banyak orang senang melihatnya.

Tidak hanya itu, dari jaman dahulu kala, masyarakat Indonesia memanfaatkan daun bunga gemitir atau bunga marigold untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah untuk dijadikan sebagai lalapan. Namun, pertanyaannya adalah apakah bunga marigold bisa dikonsumsi? Jawabannya adalah ya, bunga marigold bisa dikonsumsi.

Banyak dari kita yang tidak tahu tentang cara mengonsumsi bunga gemitir, sebab bunga ini dikenal akan baunya yang agak menusuk hidung. Terlepas dari hal tersebut, bunga marigold aman untuk dikonsumsi. Adapun cara mengonsumsi bunga gemitir antara lain:

  • Teh

    Sebelum dikonsumsi, bunga gemitir yang baru saja dipetik kemudian dikeringkan. Setelah itu, kita dapat menyeduhnya dengan air panas layaknya teh pada umumnya. Pemanis dapat ditambahkan misalnya madu agar lebih sehat.
  • Salad

    Salad merupakan beberapa jenis sayuran yang dicampur kemudian diberi salad dressing atau saus khusus salad. Selain sayuran, kita dapat mencampurkan kelopak bunga marigold di atasnya.
  • Hiasan Kue

    Seringkali kita mendapatkan bunga segar yang dijadikan sebagai dekorasi kue. Selain bunga amwar, kita dapat menggantinya dengan bunga marigold supaya kue menjadi lebih cantik dipandang.

Bunga tahi ayam tidak begitu banyak mendapat perhatian sebab aromanya yang kurang sedap. Meskipun begitu, bunga marigold atau bunga gemitir memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan mata.

Kandungan lutein dalam bunga marigold dikenal sebagai salah satu agen yang berfungsi untuk menjaga penglihatan agar tetap jernih serta mencegah terjadinya berbagai penyakit mata antara lain katarak, AMD, glaukoma, bahkan kanker mata.

Kini, telah hadir vitamin mata Eyebost yang mengandung ekstrak bunga marigold di dalamnya. Selain itu, Eyebost juga mengandung ektrak buah bilberry, blueberry, wortel, serta menggunakan madu sebagai pemanis alami. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi