Kesehatan

7+ Tutorial Makeup Lebaran Agar Penampilanmu Semakin Paripurna

/

by Shaffi Kareem


Tidak terasa kita telah usai menjalankan puasa wajib Ramadhan selama satu bulan penuh, ya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1444 jatuh pada tanggal 22 April 2023.

Meskipun ada perbedaan pada jatuhnya Hari Raya Idul Fitri, jangan sampai hal ini memecah belah masyarakat kita. Justru perbedaan inilah yang semakin menguatkan persaudaraan di antara kita.

Jadi, sudah sejauh mana nih persiapan lebaranmu? Baju baru? Ketupat dan opor ayam? Atau bahkan sibuk mencari tutorial makeup lebaran?

Wah! Pilihan yang tepat kamu mampir ke sini sebab tema ulasan kali ini adalah tentang serba-serbi tutorial makeup lebaran. Buat kamu para wanita, makeup menjadi salah satu penunjang penampilan saat berlebaran.

Selain baju baru yang menawan, kita pasti juga ingin berpenampilan cantik saat hari raya tiba. Tapi, kamu bingung tutorial makeup seperti apa sih yang cocok dengan wajah dan kepribadianmu? Yuk, simak ulasan lengkap di bawah ini!

Makeup Saat Lebaran, Tampil Mempesona Saat Silaturahmi

Selain baju baru yang cantik nan menawan, satu hal yang tak kalah penting adalah makeup. Buat para wanita, makeup sudah merasuk ke dalam kalbu sehingga tidak bisa dipisahkan dari momen lebaran.

Saat momen lebaran, kita akan melihat aura kecantikan terpancar dari para wanita yang mungkin tidak terlalu sering bersolek. Namun, momen lebaran yang spesial membuat mereka juga ingin tampil spesial dengan mengaplikasikan makeup pada wajah cantiknya.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Mata Agar Momen Lebaranmu Lebih Berwarna

Tapi, kalian tahu gak sih apa saja peralatan makeup yang biasa digunakan oleh para wanita cantik ini untuk memoles wajahnya?

1. Skincare Dasar

Bukan hanya makeup, kamu juga harus mengaplikasikan skincare supaya makeup menempel dengan paripurna. Bahkan, dikatakan kalau “great makeup begins with great skincare”.

Ungkapan tersebut menggambarkan betapa pentingnya skincare perawatan kulit sebelum kamu menimpa kulitmu dengan beragam peralatan makeup.

Pertama, kamu harus membasuh wajahmu dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut dan ramah di kulit. Tutorial makeup lebaran yang satu ini berfungsi untuk membersihkan wajahmu dari kotoran yang mungkin tidak nampak oleh mata.

Kedua, gunakan pelembab untuk menghidrasi kulitmu. Tujuan lain pemberian pelembab adalah agar produk makeup menempel dengan baik di atas kulit wajahmu. Sesuaikan jenis pelembab dengan jenis kulitmu ya, teman mata!

Last but not least, sunscreen is a must! Dampak negatif yang ditimbulkan dari sinar ultraviolet sangat berbahaya untuk kulitmu, sehingga kamu perlu perlindungan ekstra dengan sunscreen nih.

Idealnya, gunakan sunscreen dengan keterangan SPF 50 PA+++ yang artinya kulitmu akan terlindungi setidaknya selama 8 jam atau 500 menit dan digadang-gadang bisa menahan sekitar 98% radiasi sinar UVB.

2. Concealer dan Foundation

Siapa nih di sini yang punya mata panda?

Jangan berkecil hati! Untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, kamu bisa mengaplikasikan concealer secara merata pada kedua mata. Umumnya, shade concealer satu tingkat lebih cerah dari foundation.

Setelah itu, timpa dengan foundation atau yang disebut juga dengan alas bedak. Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulitmu. Tapi, pilihlah foundation sesuai dengan warna atau shade kulitmu, ya!

Kalau shade foundation lebih gelap atau lebih terang, maka kulitmu justru akan nampak kusam.

Di samping itu, cushion patut dijadikan alternatif tutorial makeup lebaran kamu sebab teksturnya lebih cair dan ringan di kulit daripada foundation. Alat makeup yang satu ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari, lho!

3. Pensil Alis

Sebagian orang merasa kurang percaya diri dengan bentuk alis yang tidak simetris dan terisi penuh. Pensil alis adalah koentji!

Pensil alis masuk ke dalam tutorial makeup lebaran yang tidak boleh terlewat nih, teman mata tercinta! Bentuk alis yang sempurna akan mengimbangi polesan makeup di wajahmu, nih.

4. Eyeliner dan Mascara

Untuk para pemula, kamu mungkin bingung apa sih bedanya eyeliner dan mascara?

Jadi gini, eyeliner adalah semacam pensil atau pulpen yang digunakan untuk membentuk garis pada kelopak mata yang berdekatan dengan bulu mata.

Biasanya, orang-orang akan membentuk sebuah garis dengan lengkungan di akhir. Tutorial makeup lebaran ini bertujuan agar membuat mata lebih tajam dan cantik.

Meanwhile, mascara adalah semacam sisir bulu mata yang dilapisi dengan sejenis tinta yang berfungsi untuk membuat bulu mata lebih bervolume, panjang, dan lentik. Agar makin terbentuk, disarankan untuk menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu, ya.

5. Lip Balm dan Lipstick

Lip balm dan lipstrik, apa bedanya sih?

Perlu kamu tahu, keduanya adalah alat yang berbeda dan fungsinya pun jauh berbeda, nih. Lip balm berfungsi untuk melembabkan bibir agar lipstick terbingkai indah di bibirmu. Alangkah baiknya, aplikasikan lip balm saat kamu hendak menggunakan skincare.

Sedangkan lipstick digunakan untuk mempercantik bibirmu, yang hadir dengan puluhan bahkan ratusan warna yang sesuai dengan preferensi dan kepribadianmu. Lip gloss berwarna clear atau bening sangat cocok dimasukkan ke tutorial makeup lebaran untuk menyempurnakan looks lebaran kamu!

6. Blush on, Highlighter, dan Bronzer

Pertama, blush on berfungsi sebagai perona pipi agar tampilan atau makeup mu lebih segar dilihat. Seperti halnya lipstick, blush on tersedia dalam berbagai warna, mulai dari peach atau coral, pink, mauve, red, dan lain-lain.

Kedua, highlighter akan mempercantik wajahmu bak cermin yang berkilau dalam cahaya. Umumnya, highlighter digunakan pada bagian tulang pipi, ujung hidung, pangkal mata bagian dalam, dagu, dan kedua dahi bagian samping kanan-kiri.

Selanjutnya, bronzer memberikan efek kulit tan atau gelap yang sehat apabila terkena sinar matahari. Setelah dipoles dengan bronzer, wajahmu akan nampak lebih warm atau hangat.

7. Eyeshadow

Eyeshadow merupakan riasan wajah, lebih tepatnya kelopak mata, yang berfungsi untuk mempercantik mata. Kamu bisa menyesuaikan warna eyeshadow dengan outfit yang kamu gunakan saat lebaran agar tampilanmu semakin cantik!

Eitsss, jangan lupa untuk mengaplikasikan semacam alas bedak atau primer pada kelopak mata sebelum menggunakan eyeshadow agar lebih tahan lama serta mencegah creasing atau retakan pada makeup kelopak mata.

8. Bedak atau Setting Spray

Tutorial makeup lebaran tidak lengkap tanpa alat setting berupa bedak tabur. Kok gitu?

Bedak atau setting spray digunakan untuk membuat riasanmu lebih tahan lama dan bebas dari luntur akibat keringat dan minyak. Jenis makeup yang satu ini diibaratkan seperti mengunci polesan makeup agar paripurna hingga momen lebaran selesai.

Tutorial Makeup Lebaran Simpel

Selera makeup memang tidak bisa disamaratakan setiap orang, sih. Ada yang lebih suka tampil natural, namun ada juga yang ingin tampil dengan makeup bold atau tajam. Bukan karena apa-apa, hal ini kembali ke preferensi dan disesuaikan juga dengan outfit lebaranmu.

Buat kamu yang ingin menggunakan makeup simpel namun terkesah fresh dan natural, kamu bisa nih ikutin tutorial di bawah ini. Ada beberapa step yang harus kamu ikuti, di antaranya adalah:

  • Gunakan pelembab dan primer. Step ini bertujuan untuk melembabkan dan meratakan tekstur kulitmu, sehingga makeup lebih tahan lama dan terkesan smooth.
  • Concealer. Berikan concealer pada bagian bawah matamu untuk menyamarkan mata panda atau lingkaran hitam.
  • Aplikasikan foundation. Oleskan foundation menggunakan brush dengan sedikit ditekan. Ingat, sesuaikan shade foundation dengan warna kulitmu, ya!
  • Bubuhkan bedak tabur atau padat. Pemberian bedak bertujuan untuk mencegah keringat berlebih agar makeup tahan lama.
  • Gunakan eyeshadow dengan warna natural. Aplikasian eyeshadow dengan warna seperti coklat, merah muda, atau warna yang sesuai dengan baju lebaranmu. Emnambahkan eyeshadow gold akan menambah kesan natural.
  • Lentikkan bulu mata dengan mascara. Selain menambah kelentikan, mascara menambahkan volume bulu mata kamu, lho.
  • Gambar alis dengan pensil alis. Untuk mendapatkan kesan natural, kamu cukup merapikan alis saja denagn pensil alis berwarna hitam atau coklat.
  • Buat pipi lebih tirus dengan bronzer. Tidak perlu khawati untuk kamu yang punya pipi chubby karena bronzer bisa membuat pipimu lebih tirus, nih.
  • Pakailah blush on warna coral atau pink. Setelah seharian memasan hidangan lebaran, kamu perlu makeup yang menampakkan kesan segar dengan menggunakan blush on berwarna pink atau coral.
  • Highlighter. Aplikasikan highlighter untuk membuat wajahmu semakin segar.
  • Pilihlah lipstick berwarna natural. Tutorial makeup lebaran tidak lengkap tanpa lipstick. Kesan simpel bisa kamu peroleh dari warna lipstick merah muda, ombre, atau bisa pilih yang kamu suka deh!

Tutorial Makeup Lebaran Bold

Bukan hanya makeup simpel atau natural, kamu pun bisa bereksperimen dengan makeup bold. Tipe makeup yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang berkepribadian kreatif dan confident.

Sebenarnya, peralatan yang digunakan untuk makeup bold sama dengan tipe makeup yang lain, namun memerlukan sedikit sentuhan yang berbeda guna memunculkan kesan glamour dan elegan. Tidak hanya untuk lebaran, makeup bold juga cocok digunakan pada acara tertentu, lho!

Untuk tutorial makeup lebaran bold susah-susah gampang nih, teman mata. Makeup bold lebih fokus pada beberapa hal, seperti:

  • Mengaplikasikan eyeliner dengan ujung runcing
  • Gunakan lipstick berwarna merah, ungu, atau cokelat tua
  • Riasan eyeshadow dengan tipe smokey eyes ditambah dengan warna emas atau perak
  • Gunakan mascara untuk bulu mata yang lebih bervolume, panjang, dan lentik
  • Tegaskan tulang pipi dan rahang menggunakan contour

Tips Makeup Lebaran Remaja

Nyatanya, makeup digandrungi oleh semua umur, termasuk para remaja. Pada masa ini, mereka sedang senang-senangnya berekpresi dnan bereksperimen, tak terkecuali perihal makeup.

Hal ini merupakan hal yang wajar sebab mereka banyak melihat dari lingkungan dan media sosial. Meskipun demikian, kamu harus memperhatikan jenis makeup untuk remaja. Tidak hanya untuk acara tertentu seperti lebaran saja, makeup ini bisa digunakan pada berbagai acara.

Untuk makeup, para remaja tidak membutuhkan banyak peralatan karena tipe makeup yang diaplikasikan cenderung lebih simpel. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti skincare dasar, BB cream, bedak tabur, blush on dengan warna cerah, dan liptint berawarna pink.

Tapi, kamu harus tahu nih kalau makeup akan sia-sia kalau kesehatan mata kita tidak dijaga. Misalnya, mata iritasi akan membuat penampilan makeup kita tidak maksimal, ditambah lagi dengan risiko masuknya benda-benda kosmetik seperti bedak, eyeshadow, dan lain-lain.

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata, sal;ah satunya dengan minum vitamin Eyebost. Vitamin mata ini sangat direkomendasikan sebab kandungan ekstrak bilberry, wortel, bunga marigold, dan madu asli.

Vitamin mata Eyebost mengandung vitamin A, C, E, senyawa lutein, dan antioksidan yang bisa meredakan gejala iritasi mata, mencegah penyakit mata seperti katarak, dan membantu memelihara kesehatan mata secara keseluruhan.

Yuk, konsumsi Eyebost sekarang juga agar makeup mu semakin cetar membahana! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi