Kesehatan

6 Tips Merawat Mata Agar Momen Lebaranmu Lebih Berwarna

/

by Shaffi Kareem


Sulit untuk diungkapkan sebab antara bahagia dan sedih karena kita sudah ada di penghujung ramadhan. Meskipun hanya 30 hari, nyatanya bulan ramadhan sangat membekas di hati kita semua. Namun, kita juga patut berbahagia karena itu artinya hari kemenangan akan segera tiba.

Segala persiapan telah dilakukan, mulai dari menyusun hidangan lebaran hingga mempersiapkan baju baru yang tak pernah terlewatkan setiap tahunnya. Akan tetapi, satu hal yang sering terlupa adalah kita harus merawat mata juga nih.

Out of the box sekali ya karena tiba-tiba kita membahas tentang merawat mata. Nyatanya, topik ini menjadi sangat penting saat kamu menyadari kalau ternyata kita butuh mata yang sehat untuk bisa menikmati dan menangkap setiap momen spesial dalam memori.

Penasaran kan, sejauh apa sih fungsi merawat mata saat ramadhan dan serba-serbinya? Ikuti terus ulasan ini sampai habis ya, teman mata tercinta!

Pentingnya Nutrisi Untuk Merawat Mata Saat Ramadhan

Ada begitu banyak penjual makanan yang tersebar di sepanjang jalan, khususnya saat menjelang berbuka puasa. Tidak bisa dipungkiri kalau kita sering kalap dibuatnya.

Saat sedang berpuasa memanglah semua makanan yang kita lihat terasa sangat menggiurkan. Tidak jarang kita membeli terlalu banyak makanan tanpa pikir panjang.

Alangkah baiknya apabila perilaku impulsif tersebut dikesampingkan terlebih dahulu dan cobalah untuk lebih memikirkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebab, nutrisi yang baik akan meningkatkan sistem imunitas tubuh kita selama berpuasa.

Selain itu, nutrisi yang baik akan membantu kita merawat mata selama ramadhan. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus mata?

Sebab, hampir semua orang melakukan mudik antar kota, provinsi, bahkan pulau. Selama perjalanan panjang tersebut, kamu harus memastikan kalau matamu dalam kondisi terbaiknya agar mudik menjadi lancar dan nyaman.

Selain itu, kamu yang mudik menggunakan kendaraan roda dua, matamu berisiko mengalami mata iritasi akibat debu polusi kendaraan. Jadi, penting untuk merawat mata dengan memperhatikan asupan nutrisi harianmu, seperti vitamin A, C, E, antioksidan, dan lain sebagainya.

Gangguan Mata Saat Puasa

Lemas, tidak bertenaga, lapar, dan haus sepertinya telah mendefinisikan apa yang kamu rasakan selama berpuasa. Hal tersebut membuatmu menjadi malas untuk beraktivitas sehingga kamu akan lebih banyak menghabiskan waktumu untuk rebahan sambil bermain gadget sepanjang hari.

Kebiasaan seperti ini tidak baik ya, teman mata. Apabila dilakukan terus menerus akan menimbulkan gangguan mata yang membuatmu tidak nyaman.

Bagaimanapun, ada beberapa gangguan mata saat puasa yang perlu kamu ketahui, di antaranya adalah:

1. Mata kering

Di Indonesia, rata-rata waktu berpuasa adalah sekitar 13 jam, dimulai saat terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selama berpuasa, kita dianjurkan untuk menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu, termasuk di dalamnya makan dan minum.

Tidak adanya asupan makanan dan cairan selama berpuasa akan meningkatkan risiko tubuhmu terkena dehidrasi. Tahukah kamu apa itu dehidrasi?

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh lemas akibat kekurangan cairan tubuh, yang mana dehidrasi bisa menyebabkan timbulnya mata kering.

Meskipun bukan kondisi serius, mata kering membuat matamu menjadi tidak nyaman dengan gejala seperti marta merah, iritasi, berair, sensasi masuknya benda asing ke dalam mata, dan lain sebagainya.

Untuk mencegahnya, kamu harus memenuhi asupan cairan saat sahur dan berbuka puasa, ya!

2. Mata lelah

Mata lelah atau eye strain adalah suatu kondisi di mana mata menjadi lelah akibat otot mata yang dipaksa untuk terus bekerja tanpa istirahat.

Saat puasa, tubuh kita terlalu lemas dan lemah untuk melakukan terlalu banyak aktivitas fisik, sehingga kita lebih memilih untuk rebahan saja sembari bermain gadget.

Kalau matamu dibairkan terus menatap gadget dalam waktu yang lama tanpa jeda, otot matamu akan menjadi tegang dan menyebabkan terjadinya mata lelah.

Saat mata lelah, kamu mungkin akan merasakan gejala-gejala, seperti:

  • Mata nyeri
  • Mata gatal dan perih
  • Mata merah
  • Penglihatan kabur atau buram
  • Mata sensitif terhadap cahaya atau fotofobia

3. Retinopati diabetik

Istilah retinopati diabetik merupakan bentuk komplikasi dari penyakit kronis diabetes yang menyerang kesehatan mata penderitanya. Gangguan mata ini diidap oleh sekiranya 3,9 juta populasi di seluruh dunia.

Gangguan mata retinopati diabetik bisa mengancam penglihatan penderita diabetes apabila mereka tidak memperhatikan asupan makanan selama bulan puasa.

Takjil yang identik dengan makanan dan minuman manis harus difilter sebaik mungkin supaya pengonsumsiannya tidak berlebihan, sehingga kadar gula dalam darah tidak melonjak tajam dan menyebabkan retinopati diabetik.

Kamu harus tahu nih kalau retinopati diabetik berisiko menyebabkan robekan dan pendarahan pada retina yang bisa membuatmu kehilangan penglihatan atau kebutaan.

Hiii… serem kan..

Apakah Obat Tetes Mata Aman Digunakan Saat Puasa?

Buat kamu yang terlanjur terkena gangguan mata, misalnya mata kering, obat mata bisa digunakan untuk meringankan gejalanya.

Pertanyaannya adalah, apakah obat tetes mata aman digunakan saat puasa?

Melansir dari laman muslim.or.id, dikatakan obat tetes mata aman digunakan dan tidak membatalkan puasa sebab dalam penggunaannya, obat tetes mata tidak melewati saluran pencernaan sama sekali.

Baca Selengkapnya: Obat Tetes Mata Membatalkan Puasa, Hoax atau Bukan? Ini Kata Para Ulama dan Ahli

Usut punya usut, kekhawatiran akan penggunaan obat tetes mata saat puasa disebabkan karena setelah penggunaannya, beberapa orang merasakan sensasi pahit di tenggorokannya.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir puasa batal karena sekali lagi, obat tetes mata tidak melewati saluran makanan dan minuman.

Cara Merawat Mata Saat Ramadhan

Merawat mata merupakan fokus utama dalam ulasan kita kali ini. Dengan mengulasnya, diharapkan kita semakin aware dengan kesehatan mata, sehingga puasa kita selalu lancar dan bisa mengukir kenangan indah saat momen lebaran bersama keluarga tercinta.

Kamu harus tahu nih kalau untuk merawat mata bukan persoalan yang sulit, kok. adapun tips mudah merawat mata saat ramadhan yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya:

1. Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur dikenal akan kandungan nutrisi berupa vitamin, mineral, zinc, dan nutrisi lain yang penting untuk menunjang kesehatan mata selama berpuasa.

Kamu bisa merawat mata dengan cara memasukkan dan menyusun menu sahur dan berbuka dengan banyak jenis buah dan sayur, misalnya sayur sop, capcay, salad, atau minum jus buah setiap hari dengan buah yang berbeda setiap harinya.

Jus buah tidak kalah menyegarkan dengan minuman kekinian lainnya, kok!

2. Penuhi asupan cairan

Minum air putih cukup merupakan cara merawat mata yang praktis, murah, dan mudah. Dengan memenuhi asupan cairan, kamu bisa mencegah terjadinya gangguan mata kering yang mengancam mata akibat dehidrasi.

Idealnya, kita dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas sehari. Cobalah untuk mengaplikasikan 2-2-2-2 rule yang artinya 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka puasa, 2 gelas air stelah tarawih, dan 2 gelas air sebelum tidur.

3. Lakukan scrub kelopak mata

Lid scrub atau scrub kelopak mata bertujuan untuk memperlancar kelenjar minyak pada kelopak mata, sehingga permukaan mata tidak cepat kering selama berpuasa.

Lakukan lid scrub dengan tahapan, seperti berikut:

  • Siapkan wadah dan isi dengan air hangat
  • Berikan 2-3 tetes shampo bayi ke dalam air tersebut
  • Celupkan cotton bud ke dalam air dan usapkan ke kelopak mata bagian dalam secara berulang

4. Perhatikan jarak pandang saat bermain gadget

Jarak pandang yang terlalu dekat bisa merusak matamu, lho. Kalau dilakukann secara terus menerus, akan sangat mungkin matamu mengalami kelainan refraksi atau yang biasa kita sebut dengan mata minus, plus, dan silinder.

Oleh sebab itu, kamu harus menajaga jarak pandangan selama bermain gadget dan menonton tevisi untuk merawat mata selama bulan ramadhan. jadi, gak ada keluhan penglihatan buram deh!

5. Mengistirahatkan mata dari gadget

Selain mengatur jarak pandang, kamu juga harus memperhatikan waktu penggunaannya ya, teman mata!

Memang tidak bisa dibantah kalau rebahan sambil main gadget sangat nikmat dilakuakn selama puasa. Tapi, kalau dilakukan terus menerus tanpa jeda istirahat, kamu bisa mengalami mata lelah nih.

Karena itu, bijaklah dalam penggunaan gadget dan istirahatkan mata setiap 20 menit seperti yang didasarkan pada aturan 20-20-20 yang artinya “istirahatkan mata selama 20 detik setelah menatap gadget selama 20 menit, dengan memandang benda sejauh 20 kaki”.

6. Konsumsi suplemen mata

Untuk merawat mata, kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen mata. Memang benar kamu bisa mendapatkan nutrisi untuk mata dari makanan yang kamu konsumsi setiap harinya, namun akan sulit bagi kamu untuke memenuhi asupan harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Pentingnya Suplemen Mata untuk Mudik Dan Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Karenanya, konsumsilah suplemen mata seperti Eyebost yang telah diformulasikan secara khusus untuk menjaga matamu tetap sehat, jernih, dan tajam.

Dengan kandungan vitamin A, C, E, antioksidan, serta senyawa lutein dari ekstrak wortel, bilberry, bunga marigold, dan madu asli, kedua matamu akan selalu sehat dan bebas dari berbagai gangguan mata.

Yuk, konsumsilah suplemen mata Eyebost agar mata sehat saat lebaran! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi