Lifestyle

7 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan dan Resep Susu Kurma Almond yang Manis dan Gurih

/

by Shaffi Kareem


Siapa nih di sini yang suka minum susu?

Minuman yang satu ini memang dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kalsium merupakan komponen nutrisi utama yang paling unggul dalam susu.

Dewasa ini, jenis susu sudah semakin bervariatif. Kamu dapat dengan mudah menemukan susu dengan berbagai bahan dan rasa, mulai dari susu sapi, susu almond, susu oat, susu pisang, hingga susu kurma.

Pernahkah kamu mencoba susu kurma?

Belum banyak dikenal oleh masyarakat, nyatanya susu kurma membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Rasanya yang enak juga menjadi daya tarik tersendiri di kalangan peminatnya.

Jadi, buat kamu yang penasaran apa sih susu kurma itu, yuk ikuti terus artikel ini sampai akhir!

Jangan kemana-mana ya, teman mata!

Mengenal Kurma Dan Nutrisinya

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah buah yang berasal dari pohon kurma yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Bagaimanapun, pohon kurma banyak ditemukan di negara Timur Tengah.

Umumnya, kurma dijual dalam bentuk kurma kering. Kendati demikian, ada jenis kurma basah atau kurma muda yang sudah dapat dinikmati dan memiliki rasa yang manis serta tekstur yang renyah, yaitu ruthtob.

For your information, ada banyak jenis kurma yang dijual di pasaran yang mana masing-masing jenis kurma memiliki karakteristik tersendiri, contohnya kurma Medjool, Sukkari, Ajwa, Amber, Barhi, Tunisia, Deglet Noor, Piarom, Rabbi, Sayer, Halawo, Dayri, Khudri, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, kurma sangat lazim dikonsumsi saat bulan Ramadan sebagai menu berbuka puasa. Rasanya yang manis dan nutrisinya yang kaya sangat berguna untuk menambah energi selama berpuasa.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture, adapun nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 gram kurma Medjool, seperti:

  • Kalori : 277
  • Karbohidrat : 75 gram
  • Protein : 2 gram
  • Serat : 7 gram
  • Magnesium : 13% dari asupan harian
  • Potassium : 15% dari asupan harian
  • Mangan : 13% dari asupan harian
  • Tembaga : 40% dari asupan harian
  • Zat besi : 5% dari asupan harian
  • Vitamin B6 : 15% dari asupan harian

Di samping itu, berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Total Phenolic Content in Ripe Date Fruits (Phoenix dactylifera L.): A Systematic Review and Meta-Analysis, ditemukan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kurma.

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Apa yang pertama kalian pikirkan ketika mendengar susu kurma?

Sebetulnya, susu kurma bukanlah hal yang baru di Indonesia. Beberapa produsen susu telah membuat variasi susu yang satu ini sejak beberapa tahun yang lalu dan berhasil mengundang banyak peminat.

Mengkombinasikan susu dengan buah kurma, susu kurma merupakan salah satu sajian berbuka puasa yang patut kamu coba. Terlebih lagi, ada begitu banyak manfaat susu kurma yang dapat kamu peroleh, lho.

Berikut di bawah ini merupakan manfaat susu kurma untuk kesehatan, di antaranya yaitu:

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Tidak kaleng-kaleng, susu kurma bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah nih, teman mata. Kok bisa?

Susu kurma mengandung kalium yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah. Oleh karenanya, tekanan darah akan lebih stabil dan sekaligus menurunkan risiko gangguan kesehatan akibat tekanan darah, misalnya hipertensi.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menempati urutan pertama penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bagaimanapun, penyakit yang satu ini umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Kabar baik, susu kurma dapat menjadi poin penting dalam perubahan pola hidup demi jantung yang lebih sehat, nih.

Nutrisi berupa kalium atau yang seringkali disebut juga dengan potassium memiliki efek menstabilkan denyut jantung. Bahkan, ahli medis mengatakan bahwa kematian akibat aritmia seringkali disebabkan oleh kekurangan potassium.

3. Mencegah Konstipasi

Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan istilah sembelit merupakan suatu kondisi ketika feses sulit untuk dikeluarkan. Fenomena ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kekuragan serat.

Studi penelitian yang berjudul Whole Fruits and Fruit Fiber Emerging Health Effects menyebutkan bahwa kurma mengandung serat yang mendukung Buang Air Besar secara teratur dengan berkontribusi dalam pembentukan feses.

Nah, buat kamu yang ingin mencegah sembelit, kamu disarankan untuk meminum susu kurma, nih. Bye-bye sembelit!

Baca Juga: 4 Resep Mixed Berries, Dijamin Enak dan Anti Ribet!

4. Kaya Akan Antioksidan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kurma merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Dalam ilmu kesehatan, antioksidan berperan dalam melawan berbagai penyakit sehingga dapat disimpulkan bahwa kurma membantu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit.

Generally, ada tiga jenis antioksidan utama yang terkandung di dalam kurma, yaitu:

  • Flavonoid. Flavonoid bermanfaat untuk mengurangi peradangan atau inflamasi yang terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai jenis penyakit, seperti Alzheimer, diabetes, dan kanker.
  • Karotenoid. Karotenoid dikenal akan manfaatnya dalam menurunkan risiko penyakit mata serta menjaga kesehatan jantung.
  • Asam fenolat. Asam fenolat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker berkat properti antiinflamasi yang terkandung di dalam kurma.

5. Meningkatkan Produksi ASI

Untuk para ibu yang membutuhkan ASI Booster alami, susu kurma merupakan salah satu minuman yang patut kamu coba untuk meningkatkan produksi ASI, nih.

Bukan tanpa alasan, klaim ini telah diteliti dalam studi penelitian yang berjudul The Effects of Date Fruit Consumption on Breast Milk Quantity and Nutritional Status of Infants yang dirilis pada tahun 2021.

Maka dari itu, susu kurma sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin selama masa menyusui.

6. Meningkatkan Mood

Selain coklat, susu kurma juga dapat membantu kamu meningkatkan mood, lho.

Kandungan tryptophan merupakan asam amino yang terkandung di dalam kurma merangsang produksi hormon serotonin atau hormon bahagia yang akan memberikan rasa tenang dan terhindar dari stress.

Selain susu kurma, kurma juga dapat dinikmati sebagai cemilan serta dikombinasikan dengan potongan keju, selai kacang, dan masih banyak lagi.

7. Menunjang Kesehatan Tulang

Kurma mengandung berbagai jenis mineral, mulai dari magnesium, fosfor, dan kalsium. Semua mineral tersebut berperan dalam menunjang kesehatan tulang.

Studi penelitian yang berjudul The Effects of Calcium, Magnesium, Phosphorus, Fluoride, and Lead on Bone Tissue menyebutkan bahwa mineral tersebut memiliki potensi yang baik dalam mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang, misalnya osteoporosis.

Cara Membuat Susu Kurma

Saat ini, susu kurma dapat dengan mudah ditemukan di minimarket dalam bentuk kalengan. Meskipun begitu, sebenarnya membuat susu kurma sendiri sangat mudah nih, teman mata.

Selain lebih ekonomis, bahan-bahan yang digunakan pun dijamin segar, tanpa pengawet sedikitpun, dan kamu boleh menambahkan bahan-bahan yang kamu suka, misalnya kacang almond.

Nah, di bawah ini merupakan resep susu kurma almond yang rasanya manis, gurih, creamy, dan cocok dinikmati untuk berbuka puasa nanti.

Bahan-bahan:

  • 400 ml susu UHT
  • 5 butir kurma tanpa biji
  • 2 sdm almond
  • Es batu secukupnya (optional)

Cara membuat:

  • Masukkan susu, kurma, dan kacang almond ke dalam blender. Campurkan semuanya sampai kurma dan almond hancur.
  • Saring untuk memisahkan ampas. Pindahkan ke dalam botol atau wadah tertutup.
  • Tuang ke dalam gelas dan tambahkan es batu secukupnya. Susu kurma almond siap dinikmati untuk berbuka puasa.

Finally, sampailah kita di penghujung artikel. Gimana nih, membahas mengenai susu kurma nggak bikin kalian ngiler kan, teman mata?

Topik ini juga menyadarkan kita bahwa kurma membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh meskipun bentuknya kecil. Kalau kamu kurang suka mengonsumsi kurma secara langsung, susu kurma boleh menjadi alternatif kamu untuk memperoleh manfaat kurma, nih.

Oh iya, dalam pembahasan mengenai manfaat susu kurma untuk kesehatan, ditemukan karotenoid dalam kurma yang berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Selain susu kurma, ada vitamin mata Eyebost yang siap memenuhi kebutuhan karotenoid kamu. 

Eyebost merupakan vitamin mata terbaik yang membantu memelihara penglihatan tetap tajam, jernih, dan fokus, serta bebas dari gangguan mata berkat ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli yang terkandung di dalamnya.

Tidak heran kalau Eyebost mengandung nutrisi yang kompleks, mulai dari antioksidan lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Eyebost dijamin aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak usia 2 tahun sampai usia lanjut, bahkan penderita diabetes sekalipun. Jadi, buat kamu yang ingin menjaga kesehatan mata selama Ramadan, jangan lupa minum Eyebost, ya!

Kabar baik, ada promo menarik selama pembelian bulan Ramadan yaitu kesempatan untuk mendapatkan hampers senilai Rp700.000. Tunggu apalagi, pesan Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi