Lifestyle

Seberapa Penting Cek Ketajaman Mata? Ketahui 4 Manfaatnya!

/

by Shaffi Kareem


Pernah nggak sih kamu tiba-tiba dibilang sombong karena nggak menyapa teman di jalan?

Padahal, bukan maksud memusuhi ya, teman mata, melainkan memang penglihatan kita yang kurang baik. Nah, buat kamu yang pernah bahkan sering mengalami ini, ada baiknya kamu cek ketajaman mata, deh.

Tes semacam ini tidak menyakitkan sama sekali, lho. Dokter spesialis mata atau fasilitator kesehatan hanya akan mengecek ketajaman mata dengan melakukan prosedur tertentu. Pun, cek ketajaman mata tidak perlu dilakukan terlalu sering.

Tapi, pernahkah kamu melakukan cek ketajaman mata?

Kalau belum, yuk, kita akan ulas terlebih dahulu supaya kamu memiliki gambaran tes mata seperti apakah yang akan kamu jalani dan apa sih manfaat yang bisa kamu peroleh!

Cek Ketajaman Mata

Kesadaran masyarakat kian meningkat akhir-akhir ini. Pola hidup sehat mulai diterapkan guna memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Namun, terkadang kita lupa bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hanya sebatas makanan dan olahraga saja, lho.

Melakukan pemeriksaan tubuh atau medical check-up (MCU) secara rutin merupakan kunci utama yang sering terlupakan. MCU bertujuan untuk memantau kesehatan tubuh sekaligus mengidentifikasi apabila ada gejala penyakit tertentu agar dapat segera ditangani.

Cek gula darah, tekanan darah, atau kolesterol mungkin lebih familiar di telinga kita. Tetapi, ada satu jenis pemeriksaan yang tidak kalah penting yaitu cek ketajaman mata.

Visual acuity test atau cek ketajaman mata adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui seberapa baik penglihatanmu. Prosedur ini sering disebut juga dengan tes visus mata.

Seperti yang kita tahu, mata adalah organ yang sangat esensial bagi kehidupan manusia. Bahkan, ahli medis menyebutkan bahwa mata yang sehat adalah salah satu tanda baiknya kualitas hidup seseorang.

Ngomong-ngomong soal cek ketajaman mata, para penderita kelainan refraksi seperti miopi, hipermetropi, presbiopi, maupun astigmatisme mungkin pernah melalui tes semacam ini.

Sejalan dengan tujuannya, tes ketajaman mata menjadi ‘jembatan’ bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Biasanya, ahli medis akan memberikan resep kacamata atau lensa kontak untuk mengoreksi penglihatan.

Baca Juga: Astigmatisme Silinder: Pengertian, Penyebab, Gejala, Jenis, dan 3 Cara Mengatasinya

Manfaat Cek Ketajaman Mata

Hampir semua ahli  medis, khususnya dokter spesialis mata menyarankan untuk melakukan pemeriksaan mata rutin sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit mata berbahaya seperti glaukoma, katarak, bahkan kelainan refraksi dengan derajat keparahan tinggi.

Cek ketajaman mata merupakan salah satu dari sekian rangkaian pemeriksaan mata yang ada. 

Bukan tanpa alasan, manfaat cek ketajaman mata membawa dampak yang begitu besar bagi hidup kita, di antaranya seperti:

1. Membantu anak-anak berhasil dalam kegiatan bersekolah

Perlu kita ketahui bersama bahwa sekitar 80% dari apa yang dipelajari oleh anak-anak di dalam dan di luar kelas memerlukan penglihatan yang baik.

Agaknya para orang tua harus lebih tegas sebab pemakaian gadget seperti komputer, laptop, smartphone, bahkan televisi sebab paparan layar gadget dalam jangka waktu lama mengakibatkan gangguan penglihatan, misalnya mata lelah.

Kalau berlangsung lama tanpa pengawasan yang tepat, dikhawatirkan hal ini akan membawa dampak buruk bagi anak seperti halnya terganggunya kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Oleh sebab itu, cek ketajaman mata akan membantu memastikan anak dapat melihat dengan jelas dan nyaman guna menunjang kegiatannya di sekolah.

2. Mencegah perkembangan miopi

Miopi adalah jenis kelainan refraksi yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam melihat benda jarak jauh. Penderita miopi menggunakan lensa minus untuk mengoreksi penglihatan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jumlah anak-anak yang menderita miopi meningkat tajam. Kebanyakan, mereka memperolehnya pada usia yang sangat muda.

Sayangnya, anak-anak yang mengalami miopi pada usia yang sangat muda cenderung memburuk dan mengalami perkembangan sepanjang hidupnya.

Kondisi ini akan sangat berisiko bagi penglihatannya di kemudian hari dengan menimbulkan penyakit mata serius seperti katarak, ablasio retina (lepasnya retina dari lapisan dasarnya), dan glaukoma.

Dengan melakukan cek ketajaman mata, risiko anak terkena miopi menurun. Dan ketika terdeteksi dini, ahli medis akan melakukan prosedur yang dapat mengatasi dan memperlambat miopi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

3. Mencegah glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan di dalam mata (intraocular pressure) yang mengakibatkan gangguan pada saraf mata.

Umumnya, glaukoma tidak menunjukkan gejala apapun pada tahap awal. Tidak jarang glaukoma baru terdeteksi ketika sudah parah. Ibaratnya, glaukoma seperti gunung es yang tersembunyi di bawah laut.

Pencegahan glaukoma sangat penting sebab penyakit mata sejenis ini dapat mengakibatkan kebutaan kalau terlambat ditangani nih, teman mata. Salah satu pencegahannya adalah dengan melakukan cek ketajaman mata secara berkala.

4. Mendeteksi berbagai permasalahan kesehatan serius

Banyak orang yang baru mengetahui penyakit serius yang mereka alami setelah melakukan pemeriksaan mata, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, bahkan kanker sekalipun.

Oleh sebab itu, pemeriksaan mata seperti cek ketajaman mata terbilang efektif untuk memantau kondisi kesehatan kita. Misalnya, ketika ahli medis mendiagnosa retinopati diabetik, mungkin kamu tidak menyadari bahwa sebenarnya kamu mengalami diabetes.

Alat Cek Ketajaman Mata

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat kamu memutuskan untuk melakukan cek ketajaman mata sebab prosedur tersebut tidak menyakitkan sama sekali sehingga aman dilakukan oleh anak-anak sekalipun.

Secara umum, dokter spesialis mata atau fasilitator kesehatan yang bertugas akan memberikan instruksi mengenai apa yang harus kita lakukan selama proses pemeriksaan berlangsung.

Adapun alat cek ketajaman mata yang biasanya digunakan, yaitu:

  • Bagan Snellen. Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan alat yang satu ini. Bagan Snellen berbentuk persegi panjang berlatar belakang putih dengan tulisan berwarna hitam. Tulisan dalam bagan Snellen terdiri dari huruf, angka, maupun simbol-simbol.
  • Occluder. Alat ini digunakan untuk menutup salah satu mata selama proses cek ketajaman mata berlangsung.
  • Pinhole occluder. Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan occluder pada umumnya, namun disertai dengan lubang kecil berjumlah satu atau lebih.
  • Penlight. Bisa dikatakan penlight adalah senter yang berbentuk menyerupai pulpen.
  • Trial frame. Alat cek ketajaman mata yang satu ini berbentuk seperti bingkai kacamata tanpa lensa alias bolong pada bagian tengahnya. Nantinya, berbagai jenis lensa dengan kekuatan refraksi yang berbeda akan disisipkan guna mengetahui kekuatan refraksi mata.
  • Lensa
  • Penggaris

Seberapa Penting Cek Ketajaman Mata?

Kalau ada pertanyaan “Seberapa penting cek ketajaman mata?”, maka jawabannya adalah se-penting itu. Hehehe, canda

Bukan hanya sandang, pangan, dan papan, pemeriksaan tajam penglihatan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kendati demikian, banyak dari kita yang belum menyadari akan pentingnya pemeriksaan mata.

Bagi generasi yang sudah melek ilmu, sudah sepatutnya kita memberikan influence yang baik untuk sekitar, at least keluarga, kerabat, sahabat, maupun tetangga.

Harapannya, upaya ini dapat membantu mensukseskan program WHO dan pemerintah dalam menekan angka terjadinya gangguan penglihatan. Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan mata setiap 1-2 tahun sekali, ya!

Selain melakukan pemeriksaan mata, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat ya, teman mata. Kamu bisa memulai dari diri kamu sendiri, seperti makan makanan yang bergizi, olahraga, minum air putih 8 gelas sehari, tidur cukup, dan minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata berbahan dasar madu asli yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti ekstrak wortel, bunga marigold, dan buah bilberry.

Dengan minum Eyebost setiap hari, kamu akan memperoleh penglihatan yang tajam, jernih, fokus, dan sehat bebas dari gangguan mata. Selain itu, bahan-bahannya 100% alami tanpa pengawet buatan sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping sama sekali.

Kamu ingin melihat dunia dengan lebih jelas?

Yuk, pesan dan minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi