Lifestyle

4 Resep Mixed Berries, Dijamin Enak dan Anti Ribet!

/

by Shaffi Kareem


Sadar atau tidak, minat masyarakat akan mengonsumsi buah-buahan kian meningkat sejak masa pandemi COVID-19 tahun 2020 silam. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan perubahan yang sangat baik sebab dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dari sekian banyak jenis buah-buahan, mungkin kamu pernah mendengar tentang mixed berries. Kelompok buah beri ini memiliki rasa yang manis dan segar sehingga cocok dijadikan cemilan maupun dieksekusi menjadi menu olahan tertentu. Then, kamu mau tau resep mixed berries yang lezat dan bernutrisi?

Selamat, kamu “mampir” ke lapak yang tepat!

Kali ini, topik yang akan kita bahas adalah resep mixed berries, berikut menyelami apa itu mixed berries, nutrisi, dan manfaatnya untuk kesehatan. Buat kamu yang tertarik, jangan bosan untuk baca artikel ini sampai kalimat terakhir ya, teman mata!

Mixed Berries dan Nutrisinya

resep mixed berries

Tinggal di negara tropis, kita lebih familiar dengan jenis buah-buahan tropis, seperti pepaya, buah naga, manggis, salak, pisang, kelapa, dan masih banyak lagi. Selain itu, buah semacam ini dapat dengan mudah kita temukan di sekeliling kita, bahkan di pasar tradisional sekalipun.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Alpukat dan Resep Avocado Smoothies yang Enak dan Sehat

Namun, bukan hal yang mustahil untuk kita menemukan jenis buah lainnya, let’s say, mixed berries. Banyak yang menyebutkan bahwa kelompok buah yang satu ini merupakan buah yang paling serbaguna di dunia. Kamu dapat memetiknya di alam liar, membelinya di toko sayuran dan buah-buahan, maupun menanamnya sendiri di halaman rumah.

Bagaimanapun, mixed berries terdiri dari berbagai macam buah beri, yaitu strawberry, raspberry, blueberry, bilberry, blackberry, gooseberry, marionberry, goji berry, mulberry, elderberry, salmonberry, dan huckleberry.

Wajar apabila kelompok buah yang satu ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia sebab berries merupakan buah yang berasal dari dataran Amerika dan Eropa. Di Indonesia, umumnya tanaman berries tumbuh di daerah sejuk seperti dataran tinggi.

Menurut USDA Branded Foods, adapun nutrisi setiap 142 gram mixed berries, yaitu:

  • Kalori : 89
  • Lemak : 0 gram
  • Protein : 1 gram
  • Karbo : 24 gram
  • Gula : 20 gram
  • Serat : 3 gram
  • Vit C : 36,1 mg
  • Iron : 0,72 mg
  • Kalsium : 19,88 mg

Manfaat Mixed Berries untuk Kesehatan

resep mixed berries

Sebelum membahas mengenai resep mixed berries, kita akan mengupas terlebih dahulu mengenai manfaat mixed berries untuk kesehatan.

Tidak dapat dipungkiri, kelompok buah yang satu ini dikenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi di mana vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. But surprisingly, ada banyak manfaat mixed berries untuk kesehatan, lho.

Melansir dari laman Healthline, berikut di bawah ini merupakan 10 manfaat mixed berries yang perlu kamu tau, di antaranya adalah:

1. Kaya Akan Antioksidan

Kaya akan antioksidan, berries merupakan kelompok buah yang menjanjikan untuk mencegah efek radikal bebas di dalam tubuh nih, teman mata.

Perlu kamu tau, radikal bebas adalah molekul yang bermanfaat untuk tubuh apabila dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya, radikal bebas yang tinggi meningkatkan risiko kerusakan sel sehingga mengakibatkan stres oksidatif.

Beruntunglah, mixed berries mengandung antioksidan tinggi, sepeti antosianin, resveratrol, dan asam ellagic. Dalam kaitannya dengan menjaga kesehatan sel, senyawa dalam berries dapat menekan risiko tubuh terkena penyakit.

Dalam studi penelitian yang berjudul Cellular Antioxidant Activity of Common Fruits disebutkan bahwa raspberry, blackberry, dan blueberry mempunyai aktivitas antioksidan paling tinggi, setelah buah delima, dari sekian banyak buah-buahan yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan Respon Gula Darah dan Insulin

Mixed berries dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Beberapa studi penelitian menyimpulkan bahwa mixed berries melindungi sel dari kadar gula darah yang tinggi, menurunkan kadar gula darah dan insulin sebagai respon terhadap makanan tinggi karbohidrat, serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Poin penting di sini adalah efek di atas terlihat pada orang yang sehat maupun orang dengan kondisi tertentu seperti resisten terhadap insulin.

Studi penelitian yang berjudul Berries Reduce Postprandial Insulin Responses to Wheat and Rye Breads in Healthy Women menunjukkan bahwa wanita sehat yang mengonsumsi 150 gram strawberry atau mixed berries yang telah dihancurkan bersamaan dengan roti, mengarah pada penurunan kadar insulin sebanyak 24-26%, apabila dibandingkan dengan hanya mengonsumsi roti.

3. Tinggi Serat

Buah beri dikenal baik mengandung serat, terutama serat larut yang berperan dalam memperlambat pergerakan makanan melewati saluran pencernaan yang berimbas pada penurunan rasa lapar dan membuatmu kenyang lebih lama.

Terlebih lagi, serat membantu menurunkan jumlah kalori yang terserap ke dalam tubuh dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Studi penelitian berjudul Dietary Fiber Decreases the Metabolizable Energy Content and Nutrient Digestibility of Mixed Diets Fed to Humans disebutkan bahwa menggandakan asupan serat dapat membantu tubuh untuk menyerap 130 kalori lebih sedikit per hari.

4. Menyediakan Banyak Nutrien

Di samping rendah kalori, mixed berries kaya akan nutrisi, meliputi vitamin dan mineral serta beberapa jenis antioksidan. Luar biasa, bukan?

Kelompok buah yang satu ini dikenal baik mengandung vitamin C yang tinggi, terutama strawberry. Dalam 150 gram strawberry mengandung 150% dari keseluruhan jumlah asupan harian vitamin C.

5. Melawan Peradangan

Mixed berries memiliki properti anti peradangan yang sangat kuat. Perlu kita ketahui bersama, peradangan adalah sebuah tanda bahwa tubuh sedang melawan cedera maupun infeksi.

Bagaimanapun, infeksi yang parah kerap kali disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti tingkat stress berlebih, mengonsumsi makanan tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik.

Munculnya penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung merupakan hasil dari peradangan kronis dalam tubuh. Oleh karenanya, tubuh kita memerlukan antioksidan untuk menekannya.

Sebuah studi yang berjudul Strawberry Anthocyanin and Its Association with Postprandial Inflammation and Insulin melakukan penelitian pada orang dengan berat badan berlebih yang minum minuman strawberry bersamaan dengan makanan tinggi lemak dan karbohidrat.

Kesimpulannya, terdapat hasil yang signifikan pada penurunan tanda peradangan tertentu apabila dibandingkan dengan kelompok yang tidak minum minuman strawberry.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

resep mixed berries

Resep mixed berries patut dicoba oleh kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebab mengonsumsi atau meminum olahan mixed berries membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah nih, teman mata.

What’s more, mixed berries membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari kerusakan dan oksidasi yang dipercaya menjadi faktor risiko utama pada penyakit jantung.

7. Merawat Kulit

Buat kamu yang mendambakan kulit sehat, merupakan pilihan yang tepat untuk mengeksekusi resep mixed berries. Kok bisa?

Mixed berries membantu mencegah kerutan pada kulit berkat peran dari antioksidan membantu mengontrol radikal bebas pemicu utama kerusakan kulit yang mengakibatkan penuaan.

Asam ellagic merupakan jenis antioksidan yang bertanggung jawab pada manfaat berries yang berkaitan dengan kesehatan kulit. 

Studi penelitian berjudul Dietary Compound Ellagic Acid Alleviates Skin Wrinkle and Inflammation Induced by UV-B Irradiation menunjukkan bahwa pemberian asam ellagic pada kulit tikus tanpa rambut yang terpapar sinar ultraviolet selama 8 minggu membantu melindungi kolagen dari kerusakan serta meringankan peradangan.

8. Mencegah Kanker

Mengonsumsi mixed berries secara rutin dinilai dapat melindungi tubuh dari kanker berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya, meliputi resveratrol, antosianin, dan asam ellagic.

Dalam beberapa studi penelitian disebutkan bahwa secara spesifik mengonsumsi berries dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, mulut, usus besar, dan esofagus.

Di samping itu, studi penelitian berjudul Antioxidant and Antiproliferative Activities of Strawberries menyimpulkan bahwa semua jenis strawberry memiliki efek perlindungan yang kuat terhadap sel kanker hati, terlepas dari tinggi rendahnya antioksidan yang terkandung di dalamnya.

9. Cocok untuk Segala Jenis Diet

Hingga kini, ada banyak jenis diet yang dijalankan oleh orang-orang di seluruh dunia. Adapun ketentuan yang harus diperhatikan selama program diet berlangsung, misalnya makanan.

Berbahagialah, mixed berries merupakan buah yang cocok untuk segala jenis diet!

Rendahnya kalori pada buah beri membuatnya sangat ideal untuk dijadikan sebagai makanan, pencuci mulut, maupun snack untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Kendati demikian, resep mixed berries mungkin tidak cocok untuk kamu yang membutuhkan serat dalam jumlah sedikit akibat gangguan pencernaan dan bagi kamu yang alergi buah beri (terutama strawberry).

10. Mendukung Kesehatan Arteri

Selain menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mixed berries membawa manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk di dalamnya meningkatkan fungsi arteri.

Kenapa demikian?

Jadi, ada sel bernama sel endotel yang berada di sepanjang pembuluh darah. Fungsi sel endotel adalah mencegah terjadinya penggumpalan darah, mengontrol tekanan darah, dan menjalankan fungsi penting lainnya.

Sayangnya, semua fungsi sel endotel tidak dapat berjalan dengan baik ketika ada kerusakan sel endotel akibat peradangan yang parah. Kondisi ini dinamakan disfungsi endotel yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Dalam beberapa studi penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi mixed berries terbukti dapat meningkatkan fungsi sel endotel pada orang yang sehat, perokok, maupun orang dengan sindrom metabolisme.

Resep Mixed Berries

resep mixed berries

Memiliki rasa yang manis dan asam, mixed berries dapat dikonsumsi sebagai cemilan maupun diolah menjadi makanan tertentu.

Tips membuat mixed berries ala Eyebost yang satu ini patut kamu pertimbangkan untuk dijadikan menu berbuka nih, teman mata.

Yuk ikuti resep mixed berries ala eyebost.

Nggak perlu bingung, berikut di bawah ini merupakan resep mixed berries yang dijamin enak dan anti ribet!

1. Resep Mixed Berries: Smoothies Mixed Berries

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang ambon buah atau cavendish (dibekukan)
  • ½ cup strawberry (dibekukan)
  • ½ cup blackberry (dibekukan)
  • 150 ml susu
  • 2 sdm madu
  • 50 gram yogurt plain

Cara membuat:

  • Siapkan semua bahan-bahan dan masukkan ke dalam blender.
  • Blend semua bahan sampai halus. Susu boleh ditambahkan sesuai dengan konsistensi yang diinginkan.
  • Tuang mixed berries smoothies ke dalam gelas. Beri hiasan daun mint dan potongan buah beri segar dan smoothies siap dinikmati.

2. Resep Mixed Berries: Parfait Mixed Berries

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang (dipotong menyerupai koin)
  • ½ cup strawberry (dipotong)
  • ½ cup raspberry
  • ½ cup blueberry
  • ½ cup granola
  • 1 cup yogurt Greek
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  • Siapkan gelas, masukkan yogurt, pisang, dan strawberry secara berurutan.
  • Lanjutkan dengan lapisan yogurt, granola, dan mixed berries (strawberry, blueberry, raspberry)
  • Tuang madu pada bagian paling atas sesuai selera.
  • Parfait mixed berries siap dinikmati.

3. Resep Mixed Berries: Selai Mixed Berries

Bahan-bahan:

  • 300 gram raspberry
  • 100 gram blueberry
  • 100 gram blackberry
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 sdm air lemon
  • 1 sdt parutan kulit lemon
  • 100 ml air

Cara membuat:

  • Masukkan mixed berries dan air ke dalam blender. Campurkan sampai setengah kasar.
  • Tuangkan campuran berries dan air ke atas sauce pan dan masukkan gula pasir, air lemon, dan parutan kulit lemon. Masak hingga teksturnya mengental dan angkat.
  • Setelah dingin, masukkan selai ke dalam toples kedap udara dan selai siap dinikmati sebagai olesan roti, topping es krim, waffle, dan lain-lain.

4. Resep Mixed Berries: Es Krim Mixed Berries

Bahan-bahan:

  • 200 ml double cream atau yogurt plain
  • 200 gram mixed berries (dibekukan)
  • 50 gram mixed berries (dipotong kecil-kecil)
  • 2 sdm gula atau madu

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan menggunakan blender sampai halus.
  • Tuangkan ke dalam wadah dan taburkan potongan mixed berries. Campurkan dan masukkan ke dalam freezer sampai beku.
  • Es krim mixed berries siap dinikmati.

Nah, itulah empat resep mixed berries yang mudah sekali dibuat di rumah. Selain enak, resep mixed berries tersebut kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari jantung, kulit, sampai mata.

Selain dari mixed berries, antioksidan berupa antosianin dapat kamu peroleh dari vitamin mata Eyebost. Eh, apa itu vitamin mata Eyebost?

Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang terbuat dari bahan-bahan 100% alami, mulai dari madu asli, ekstrak buah bilberry, wortel, dan bunga marigold. Tidak heran kalau dalam satu botol Eyebost mengandung antioksidan tinggi seperti antosianin, lutein, flavonoid, dan polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Bukan vitamin mata biasa, Eyebost membantu menjaga penglihatan tetap jernih, tajam, fokus, dan sehat bebas gangguan penglihatan. Selain itu, vitamin mata ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia.

Jadi, buat kamu yang mendambakan mata sehat, yuk minum Eyebost sekarang juga!

Sssttt, kamu berkesempatan mendapatkan hampers senilai Rp700.000 untuk pembelian selama bulan Ramadan, lho. Jangan lupa check-out, ya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi