Lifestyle

4 Tips Membuat Parcel Sembako Lebaran di Rumah, Dijamin Anti Ribet!

/

by Shaffi Kareem


Bulan Ramadan disebut juga dengan bulan yang mulia. Semua amalan dan kebaikan dilipatgandakan pahalanya sehingga kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah selama bulan baik ini.

Selain amalan untuk diri sendiri seperti shalat dan puasa, alangkah baiknya kita juga melakukan amalan yang membawa manfaat bagi orang lain seperti halnya berbagi parcel sembako.

Belum banyak yang membahas mengenai parcel sembako sehingga inilah kesempatan kita untuk mengulas sedikit mengenai apa itu parcel, parcel sembako lebaran, serta tips membuat parcel sembako di rumah.

Buat kamu yang berencana berbagi parcel sejenis ini dalam waktu dekat, jangan lewatkan pembahasan yang satu ini ya, teman mata!

Apa Itu Parcel? Parcel Adalah…

Ketika mendengar istilah parcel, apa yang pertama kali kamu pikirkan?

Dalam Longman Dictionary, “parcel” adalah benda yang dibungkus kertas atau amplop khusus sehingga dapat dikirim melalui pos. Sinonim untuk parcel adalah paket.

Yup, di Indonesia, istilah parcel dikenal sebagai sebuah kotak atau kardus yang berisi berbagai jenis makanan untuk diberikan atau dikirimkan kepada orang lain. Biasanya, kita akan lebih sering mendengar istilah ini selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran.

Baca Juga: 7 Persiapan Lebaran untuk Menyambut Hari Kemenangan yang Lebih Semarak

Bagaimanapun, parcel berbeda dengan hampers. Istilah hampers diartikan sebagai sekumpulan barang yang diatur sedemikian rapinya di dalam keranjang atau wadah yang cantik.

Umumnya, hampers dibagikan saat ada perayaan tertentu, seperti lebaran, natal, Chinese New Year, dan lain sebagainya. Sebagian orang sulit membedakan antara hampers dan parcel, namun keduanya cenderung berbeda nih, teman mata.

Adapun perbedaan yang mencolok di antara keduanya, seperti:

  • Isi. Di saat parcel biasanya berupa makanan, isi hampers terbilang lebih variatif, mulai dari alat makan, alat shalat, kosmetik, bunga, minuman, vitamin atau suplemen, dan masih banyak lagi. Sementara itu, isi parcel cenderung lebih sederhana, misalnya parcel sembako.
  • Tampilan. Hampers dibungkus dalam kemasan yang cantik dan umumnya diberi hiasan atau dekorasi menyesuaikan perayaan yang sedang berlangsung. Berbeda dengan parcel yang dibungkus dalam kotak dan minim dekorasi.
  • Tujuan. Tujuan pemberian hampers adalah sebagai hadiah untuk merayakan momen tertentu sehingga dekorasinya pun sangat diperhatikan. Bagaimanapun, parcel diberikan dengan tujuan sebatas mengirimkan bahan makanan saja.

Parcel Sembako Lebaran

Kebutuhan selama bulan Ramadan agaknya lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Harganya pun kian melonjak seiring dengan peningkatan permintaan dari para konsumen.

Maka sebab itu, pemberian parcel sembako lebaran dirasa akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan hampers yang berisi barang-barang tertentu saja, seperti kosmetik, perawatan tubuh, bunga, dan lain-lain.

Namun, tahukah kalian bahan makanan seperti apa sajakah yang biasanya dimasukkan dalam parcel sembako lebaran?

Berikut di bawah ini merupakan contoh isi parcel sembako lebaran yang dibedakan menjadi tiga jenis, meliputi:

1. Bahan Makanan Pokok

Seperti namanya, bahan makanan pokok merupakan makanan yang dikonsumsi setiap hari dan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Ibaratnya, kita tidak dapat hidup tanpa makanan semacam ini.

Adapun contoh isi bahan makanan pokok dalam parcel sembako lebaran yaitu beras, gula pasir, garam, minyak goreng, tepung terigu, teh, dan kopi.

2. Bahan Makanan Pelengkap

Meskipun bukan bahan makanan pokok, bahan makanan pelengkap memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Sebenarnya, bahan makanan semacam ini tidak dikonsumsi setiap hari, namun tidak ada salahnya kamu menambahkannya dalam isian parcel sembako lebaran.

Contoh bahan makanan pelengkap yang umumnya dimasukkan dalam setiap paket parcel sembako lebaran di antaranya adalah saus sambal atau tomat, kecap, sarden kaleng, sirup, mie instan, kacang-kacangan, susu kental manis, dan aneka biskuit maupun wafer.

3. Bahan Non-Makanan

Berbeda dari kedua jenis isian parcel sembako lebaran di atas, bahan non-makanan meliputi berbagai kebutuhan di luar makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan rumah, tubuh, maupun lainnya.

Beberapa contoh rekomendasi bahan non-makanan dalam parcel sembako lebaran adalah detergen, sabun cuci piring, karbol atau cairan pembersih lantai, handuk, dan lain sebagainya.

Tips Membuat Parcel Sembako di Rumah

Parcel sembako lebaran banyak dijual oleh beberapa pihak sebab tak dapat dipungkiri bahwa permintaannya sangat tinggi, terhitung sejak awal Ramadan hingga menjelang lebaran.

Di luaran sana, satu paket parcel semacam ini dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah. Belum lagi jika kamu harus memesan berpuluh-puluh paket. Jutaan rupiah dihabiskan hanya untuk budget parcel sembako lebaran saja.

Akan tetapi, kamu dapat menghematnya dengan membuat parcel sembako lebaran unik di rumah, lho. Selain menekan pengeluaran, kamu juga dapat menyesuaikan isinya sesuai dengan yang kamu mau.

Nah, berikut di bawah ini merupakan tips membuat parcel sembako lebaran di rumah yang mudah dan no ribet-ribet club, di antaranya adalah:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memasukkan isi parcel sembako lebaran sederhana, tips pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.

Umumnya, parcel dibungkus dalam sebuah kardus baru, terutama apabila isi parcel banyak dan berukuran jumbo. Selain kardus, kamu mungkin juga akan membutuhkan gunting, pita, dan selotip nih, teman mata.

2. Menyusun Isi Parcel

Dalam memasukkan isian parcel sembako lebaran, kamu tidak boleh asal-asalan, ya. Semua isian harus disusun dengan rapi dan pertimbangkan juga untuk menempatkan barang-barang yang keras atau berat pada bagian bawah.

Misalnya, beras atau minyak goreng sebaiknya ditempatkan pada bagian paling dasar. Setelahnya, kamu dapat menempatkan biskuit, sirup, dan lain-lain.

3. Merekatkan Isi Parcel

Apabila isi parcel tidak penuh, kamu disarankan untuk menambahkan perekat secukupnya agar bahan-bahan makanan tersebut tidak terguncang saat dibawa atau dikirimkan.

Inilah juga mengapa menyusun isi parcel sembako lebaran penting untuk dilakukan demi keamanan dan kerapihan benda-benda di dalamnya.

4. Menambahkan Pita

Setelah semua isi parcel dimasukkan ke dalam kotak atau kardus, tutuplah dengan menggunakan isolasi besar atau yang dikenal dengan sebutan lakban. Agar tidak mengganggu tampilan parcel, sebaiknya gunakan lakban berwarna bening atau coklat, ya.

Untuk menambah estetika parcel sembako lebaran, kamu dapat memberikan aksesoris atau dekorasi secukupnya, seperti halnya pita pada bagian atas kotak. Parcel sembako lebaran dijamin semakin cantik, deh!

Tidak hanya mempersiapkan parcel sembako lebaran, kesehatan tubuh juga harus dipersiapkan sebanyak mungkin untuk menyambut lebaran, tak terkecuali mata.

For your information, mata berperan penting dalam kelancaran ibadah selama bulan Ramadan, lho. Dengan mata yang sehat, kamu dapat beribadah dengan maksimal, seperti membaca Al Quran, mendatangi pengajian, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan mata selama puasa susah-susah-gampang, nih. Beberapa upaya perlu dilakukan untuk memastikan penglihatan selalu sehat, fokus, tajam, dan jernih. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata berbahan dasar madu asli yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti ekstrak bunga marigold, wortel, dan buah bilberry. Tidak heran, dalam setiap botol Eyebost terkandung nutrisi penting untuk mata meliputi vitamin A, C, E, serta antioksidan flavonoid, lutein, antosianin, dan polifenol.

Di samping itu, kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi vitamin mata Eyebost setiap hari sebab vitamin ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga tidak menimbulkan efek samping setelah mengonsumsinya.

Inilah alasan mengapa Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak berusia di atas 2 tahun, remaja, dewasa, lanjut usia, bahkan penderita diabetes sekalipun.

Yuk, maksimalkan ibadah selama dan setelah bulan Ramadan dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi