Kesehatan

Ini 4 Obat Mata yang Bagus Untuk Mata Merah, Dijamin Manjur!

/

by Shaffi Kareem


Mata yang sehat adalah nikmat yang seringkali kita lupakan. Setiap bagiannya berfungsi dengan baik sehingga kita bisa memiliki penglihatan yang jernih, tajam, fokus, dan sehat bebas gangguan mata.

Selama kita hidup, gangguan mata tak terhindarkan, mulai dari gangguan mata ringan, sedang, hingga berat. Alih-alih mengobatinya dengan obat mata sembarangan, kita perlu tahu obat mata yang bagus sehingga gangguan mata cepat ‘minggat’.

Akan tetapi, obat mata yang bagus itu seperti apa sih?

Nah, kali ini kita akan mengupas topik perihal obat mata yang bagus untuk mata merah agar mata tetap nyaman setiap hari. Tolong jangan lewatkan setiap katanya, ya, teman mata!

Sudah Tahu Penyebab Mata Merah?

Kita tidak asing lagi dengan istilah mata merah saking banyaknya kasus mata merah yang terjadi di sekeliling kita. Bahkan, kita sendiri pun pasti pernah mengalaminya.

Sebenarnya, mata merah adalah sebuah gejala gangguan mata yang dipicu oleh beberapa hal. Tetapi, mata merah disebabkan oleh apa saja sih?

Baca Juga: Kebenaran Tentang Obat Mata Minus, Benarkah Ada?

Melansir dari laman Cleveland Clinic, ada beberapa penyebab mata merah, di antaranya adalah:

1. Penggunaan softlens

Softlens merupakan sebuah alat menyerupai kornea mata berwarna bening atau transparan. Softlens berfungsi untuk memperbaiki kelainan refraksi yang dialami seperti mata minus, atau memainkan peran estetika saja.

Bagaimanapun, beberapa kasus mengatakan kalau penggunaan softlens berkaitan dengan terjadinya mata merah. Hal ini dikarenakan mata merah akibat softlens disebabkan oleh mata kering, infeksi, dan lain sebagainya.

2. Terlalu banyak main gadget

Terlalu lama bermain gadget atau gawai membuat mata menjadi merah karena mata lelah yang memicu mata kering.

Hal ini disebabkan karena otot mata dipaksa untuk terus menerus berkonsentrasi pada layar gawai. Meskipun hal ini bukan masalah mata serius, tetapi tidak boleh disepelekan ya, teman mata.

Kalau memang pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk menggunakan komputer atau hp, maka usahakan untuk membatasi kegiatan di luar itu dengan kegiatan yang tidak melibatkan paparan gawai.

Bagaimanapun, obat mata yang bagus untuk mata merah akibat gadget adalah dengan meminimalisir penggunaan gawai yaitu maksimal 2 jam dalam sehari, ya. 

3. Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh terhadap zat-zat yang sebenarnya tidak berbahaya. Biasanya, tubuh akan memberikan beberapa respon terhadap alergi, salah satunya adalah  mata merah atau  berair.

Kondisi ini terjadi karena tubuh mengeluarkan histamin. Nah, obat mata yang bagus untuk mata merah karena alergi adalah antihistamin.

4. Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak atau infeksi bakteri Staphylococcus dan ditandai dengan mata merah, iritasi, gatal, kelopak mata bengkak, serpihan kulit yang mengelupas di sekitar mata.

Kondisi ini tidak menular, akan tetapi harus segera ditangani dengan baik. Karena disebabkan oleh bakteri, obat yang  bagus untuk mata merah akibat blefaritis adalah antibiotik.

5. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau yang disebut juga dengan belekan adalah peradangan yang terjadi pada bagian mata konjungtiva (selaput tipis pada permukaan mata).

Konjungtivitis disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, virus, dan bakteri. Kalau untuk konjungtivitis akibat virus, obat mata yang bagus untuk mengatasinya adalah dengan memberikan obat anti virus. Belekan akibat virus itu menular ya, teman mata.

6. Mata kering

Mata kering adalah gangguan mata yang sangat umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya produksi air mata yang berkurang ataupun peningkatan penguapan air mata.

Biasanya, mata kering dapat sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa perawatan khusus sekalipun. Akan tetapi, bukan berarti mata kering boleh disepelekan karena dapat berisiko berkembang menjadi abrasi kornea hingga ulkus kornea.

7. Cedera mata

Cedera mata terjadi ketika mata mengalami benturan akibat benda tumpul maupun tajam. Biasanya, hal ini terjadi secara tidak sengaja ketika berolahraga, kecelakaan, maupun masuknya benda asing ke dalam mata.

Gejala cedera mata yang paling terlihat adalah mata merah dan iritasi. Obat tetes mata adalah obat mata yang bagus untuk mata iritasi akibat cedera. Kendati demikian, obat tetes mata ini harus diresepkan langsung oleh dokter, ya.

8. Glaukoma

Glaukoma adalah suatu kondisi ketika ada peningkatan tekanan di dalam mata yang menekan dan merusak saraf optik mata.

Glaukoma merupakan gangguan mata serius yang dapat menyebabkan kebutaan kalau tidak segera ditangani. Tidak seperti katarak, glaukoma tidak dapat disembuhkan meski dengan operasi sekalipun.

Obat Mata Merah Itu Apa?

Setiap anggota tubuh kita tak luput dari risiko terkena penyakit, tak terkecuali mata.

Bagaimanapun, mata adalah organ tubuh terbuka yang setiap hari terpapar oleh debu, polusi, virus, bakteri, dan sebagainya. Tidak heran kalau hampir semua orang pernah merasakan sakit mata.

Belum lagi kalau terjadinya gangguan mata dipicu oleh penyakit lainnya sebagai bentuk komplikasi seperti halnya pada retinopati diabetik.

Maka dari itu, dalam mengobati penyakit mata pun kita tidak bisa asal pilih obat mata yang bagus. Pemilihan obat tidak bisa lepas dari faktor penyebabnya.

Pun, kita akan menemukan ada begitu banyak jenis obat mata yang dibedakan dari bentuknya. Ada obat mata berupa tetes mata, tablet, kapsul, sirup, bahkan obat mata yang disuntikkan langsung ke dalam mata.

Tapi, lagi-lagi, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter spesialis mata terlebih dahulu sebelum menggunakan obat mata sebab obat mata yang bagus sekalipun, kalau penggunaannya tidak tepat maka tidak akan menyembuhkan penyakit mata yang kita derita.

Obat Mata yang Bagus Untuk Mata Merah

Mata merah merupakan salah satu jenis sakit mata yang paling umum terjadi. Perubahan warna merah ini sangat nampak sebab bagian mata bernama sklera berubah warna dari putih menjadi merah.

Terjadinya mata merah pun biasanya disertai juga dengan gejala lainnya. Kondisi seperti bisa mengganggu aktivitasmu sehari-hari sehingga beberapa kasus perlu dilakukan pengobatan seperti pemberian obat mata.

Generally, ada beberapa jenis obat mata yang biasanya disarankan oleh ahli medis, di antaranya meliputi:

1. Antihistamin

Alergi adalah salah satu penyebab mata merah yang umum terjadi. Alergi disebabkan oleh paparan zat pemicu alergi atau yang disebut dengan alergen, seperti debu, makanan, zat tertentu, serbuk bunga, bulu binatang, dan lain-lain.

Mata merah adalah sebagai bentuk respon yang dikeluarkan oleh tubuh saat terpapar alergen. Obat mata berupa antihistamin merupakan obat mata yang bagus untuk mengatasi alergi.

2. Air mata buatan

Mata kita mengeluarkan air mata setiap kali berkedip. Air mata tersebut berfungsi untuk melumasi permukaan mata agar selalu lembab untuk mencegah mata kering yang ditandai dengan mata merah.Oleh karenanya, air mata buatan banyak digunakan untuk meredakan gejala mata merah akibat mata kering. Tetapi, kamu tidak disarankan untuk menggunakannya jangka panjang ya, teman mata.

3. Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat mata yang bagus untuk mengobati infeksi akibat bakteri. Obat jenis ini berfungsi untuk menekan aktivitas bakteri.

Meskipun begitu, penggunaan obat antibiotik tidak boleh sembarangan. Dengan kata lain, penggunaan obat ini harus diawasi langsung oleh dokter, bahkan kamu tidak bisa mendapatkan antibiotik kecuali dengan resep dokter saja.

Adapun beberapa obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri, seperti:

  • Ciprofloxacin
  • Gentamicin
  • Besifloxacin
  • Azithromycin
  • Erythromicin 

4. Dekongestan

Dekongestan adalah obat mata yang diberikan untuk mengatasi pelebaran pembuluh darah mata. Diharapkan, pembuluh darah bisa sedikit mengecil sehingga mata merah berkurang.

Di samping itu, penggunaan obat jenis ini bisa dibarengi dengan antihistamin guan mengurangi mata merah akibat alergi. Seperti halnya antibiotik, penggunaan dekongestan juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata.

Well, obat mata yang bagus untuk mata merah ternyata harus kita sesuaikan juga dengan penyebabnya, ya. Tetapi, ada juga nih satu lagi obat mata yang bagus untuk mengatasi mata merah serta memelihara kesehatan mata kita, yaitu vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost merupakan vitamin mata berbahan dasar madu hutan asli yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan flavour blueberry.

Dalam satu botol Eyebost terkandung berbagai jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, serta vitamin A, C, E yang berfungsi untuk menjaga penglihatan tetap jernih, tajam, dan fokus. Selain itu, mata akan terbebas dari gangguan mata, lho!

Hanya terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan, vitamin mata Eyebost sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari anak di atas usia 2 tahun hingga lansia. Eyebost pun memiliki rasa manis dan segar yang anak-anak pasti suka.

Ribuan orang sudah membuktikan manfaat Eyebost, giliran kamu kapan, nih?

Ingat mata, ingat Eyebost! 


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi