Lifestyle

Waspadai, Ini 8 Penyebab Mata Terasa Ngilu Sebelah!

/

by Shaffi Kareem


Kalau kita membicarakan tentang gigi ngilu agaknya sudah menjadi hal yang sangat lazim terjadi. Namun, bagaimana dengan mata ngilu?

Tentunya, hadirnya permasalahan pada mata seperti ini sangat mengganggu kenyamanan dan dapat berimbas pada terganggunya aktivitas sehari-hari, terlebih lagi jika mata terasa ngilu sebelah.

Kondisi seperti ini sama sekali tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab dapat menjadi tanda adanya permasalahan pada mata dan berisiko mengakibatkan hilangnya penglihatan apabila tidak ditangani dengan tepat.

Untuk menghindari risiko tersebut, ada baiknya kita membekali diri dengan sekelumit pengetahuan mengenai penyebab dan pengobatan mata terasa ngilu serta fenomena mata terasa ngilu sebelah.

Yaudah yuk, kita langsung aja masuk ke pembahasan yang pertama!

Kamu Mengalami Mata Terasa Ngilu Sebelah?

Mengalami mata ngilu tentu bukan pengalaman yang menyenangkan bukan, teman mata?

Umumnya, mata ngilu dideskripsikan sebagai rasa nyeri, tajam, dan sedikit berdenyut. Tidak hanya itu, mata ngilu mungkin juga digunakan untuk mendefinisikan ketika mata terasa nyeri, misalnya nyeri mata bagian belakang.

Yuk Baca: Mengenal Apa Itu Polycoria dan 2 Jenisnya, Mata Unik dengan Dua Pupil!

Kondisi ini dapat menyerang salah satu mata maupun keduanya sehingga tidak heran ketika kamu merasakan mata terasa ngilu sebelah.

Perlu kita ketahui bersama, mata ngilu merupakan kondisi yang lebih serius daripada iritasi mata yang biasa kamu rasakan ketika ada benda asing yang masuk ke dalam mata, contohnya bulu mata, debu, pasir, serangga, dan lain sebagainya.

Kamu tidak boleh menyepelekan mata ngilu ketika sakit yang kamu alami berlangsung lama, intens, dan disertai dengan gejala lainnya sebab seringkali mata ngilu menjadi salah satu tanda adanya permasalahan kesehatan.

Berkonsultasilah dengan ahli medis ketika mata ngilu tak kunjung membaik bahkan lebih buruk daripada sebelumnya.

For your information, mata terasa ngilu sebelah atau keduanya dapat terjadi pada semua kalangan usia, terutama bagi kamu yang abai terhadap penggunaan pelindung mata selama melakukan aktivitas berisiko, seperti berolahraga, berkutat dengan cairan kimia, dan lain-lain.

Di samping itu, kamu sangat rentan mengalami mata ngilu apabila kamu memiliki riwayat kesehatan tertentu, misalnya sinusitis dan alergi, serta memakai lensa kontak secara rutin.

Bukan hanya mata bagian belakang, mata terasa ngilu dapat menyerang hampir semua bagian mata, mulai dari kelopak mata, konjungtiva, kornea, sklera, dan orbit mata.

Penyebab Mata Ngilu Sebelah

Pernah nggak sih kalian mengalami mata ngilu?

Mata terasa ngilu sebelah atau keduanya adalah suatu kondisi yang menimbulkan ketidaknyamanan dan seringkali menjadi salah satu pertanda adanya masalah kesehatan tertentu.

Pengobatan harus segera dilakukan sesegera mungkin untuk mencegah mata terasa ngilu sebelah atau keduanya semakin memburuk. Meskipun demikian, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebab mata ngilu sehingga ahli medis dapat merekomendasikan pengobatan yang tepat.

Menurut ahli medis, berikut di bawah ini merupakan penyebab mata terasa ngilu sebelah atau keduanya, di antaranya adalah:

1. Alergi

Alergi merupakan suatu respon alami tubuh yang disebabkan oleh kontak terhadap zat alergen, misalnya debu, makanan, zat kimia, dan lain sebagainya. Respon ini ditandai dengan munculnya beberapa gejala, salah satunya adalah mata ngilu.

Ketika mengalami alergi, kamu mungkin akan merasakan mata terasa ngilu sebelah atau keduanya yang disertai juga dengan mata berair, merah, gatal, bersin-bersin, dan hidung berair.

Umumnya, respon alergi tidak membahayakan dan dapat diatasi dengan pemberian obat tertentu, namun pada beberapa kasus, alergi dapat mengakibatkan gangguan saluran pernapasan dan mengancam nyawa seseorang.

2. Peradangan

Inflamasi atau yang disebut juga dengan peradangan merupakan penyebab mata terasa ngilu sebelah atau keduanya. Penyakit mata yang satu ini melibatkan respon sistem kekebalan tubuh yang memicu terjadinya perubahan warna atau pembengkakan pada mata.

Contoh peradangan yang lazim terjadi adalah blefaritis dan stye atau yang dikenal juga dengan istilah bintitan. Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang seringkali menimbulkan ketidaknyamanan di sekitar mata yang disertai dengan bengkak.

Baca Juga Nih: Mengenal Apa Itu Polycoria dan 2 Jenisnya, Mata Unik dengan Dua Pupil!

Meanwhile, bintitan (stye) adalah penyakit mata yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak yang kemudian berkembang menjadi peradangan akibat infeksi bakteri.

Secara fisik, bintitan berupa benjolan menyerupai jerawat yang menimbulkan mata terasa ngilu sebelah ketika benjolan tersebut ditekan.

3. Peningkatan Tekanan di Dalam Mata

Peningkatan tekanan di dalam mata pada penderita glaukoma seringkali menjadi penyebab mata terasa ngilu sebelah atau keduanya. Hal ini terjadi ketika cairan di dalam bola mata menumpuk dan tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Kendati demikian, rasa ngilu yang disebabkan oleh tekanan di dalam bola mata biasanya disertai juga dengan sakit kepala, lho.

4. Neuropati Optik

Normally, saraf optik pada bagian retina mata bertugas menyalurkan informasi visual ke otak dan mengubahnya menjadi gambar dari objek yang kita lihat. Akan tetapi, neuropati optik menghambat mekanisme ini.

Secara medis, neuropati optik adalah kerusakan yang terjadi pada saraf optik. Pada penderitanya, penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah, cedera, peradangan atau pembengkakan, atau ketidaknormalan akibat penyakit tertentu.

5. Infeksi

Mata merupakan organ yang sangat rentan terkena infeksi, baik itu bakteri, virus, jamur, maupun parasit lainnya. Kebiasaan buruk untuk mata dapat memicu infeksi adalah mengucek mata dengan tangan yang tidak bersih.

Selain itu, kamu juga berisiko mengalami infeksi mata akibat penyebaran bakteri atau virus dari masalah kesehatan lainnya, misalnya sinusitis. Infeksi mata merupakan penyebab mata terasa ngilu sebelah atau keduanya tergantung mata mana yang terdampak.

6. Abrasi Kornea

Abrasi kornea adalah istilah medis yang dipakai ketika kornea pada bagian luar mata tergores oleh benda asing, seperti pasir, batu kecil, kuku, dan lain-lain.

Tidak hanya mata terasa ngilu sebelah atau keduanya, abrasi kornea beris7. iko mengakibatkan infeksi mata serius apabila tidak segera ditangani.

7. Mata Kering

Mata kering terjadi ketika permukaan mata tidak terhidrasi oleh cairan air mata dengan baik. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan pada mata.

Apabila dibandingkan dengan penyebab mata terasa ngilu sebelah atau keduanya yang lain, perkembangan mata kering cenderung lebih lambat dan bertahap. Mengembalikan kelembaban permukaan mata dapat mengurangi ketidaknyamanan pada mata nih, teman mata.

8. Sinusitis 

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan sinus yang mana sinus merupakan ruang kosong di area belakang dahi, hidung, dan pipi yang terisi dengan udara.

Peradangan pada sinus memunculkan beberapa gejala, mulai dari hidung berair, nyeri pada wajah, mata terasa ngilu sebelah atau keduanya, sakit kepala, demam, dan lain sebagainya.

Cara Mengobati Mata Ngilu Sebelah

Siapa sih yang tahan ketika mata terasa ngilu sebelah atau keduanya?

Selain tidak nyaman, kondisi ini dapat mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari kalau dibiarkan begitu saja. Pun, abai terhadap pengobatan dapat berakibat fatal bagi kesehatan mata.

Nah, ahli medis menyarankan untuk segera melakukan pengobatan bahkan ketika penyebab yang melatarbelakangi mata ngilu sebelah kiri atau kanan tidak berbahaya. Adapun beberapa cara mengobati mata ngilu sebelah yang direkomendasikan, di antaranya adalah:

  • Air mata buatan (artificial tears) untuk menghidrasi permukaan mata pada mata kering
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi akibat bakteri
  • Antihistamin untuk meredakan gejala alergi
  • Membersihkan area mata dengan tangan bersih
  • Hindari pemakaian lensa kontak
  • Kompres hangat untuk meredakan peradangan
  • Gunakan pelindung mata, terutama saat di luar ruangan

Nah, itulah kiranya yang dapat kita gali mengenai mata terasa ngilu sebelah atau keduanya. Meskipun terkadang tidak berbahaya, namun mata ngilu yang terasa semakin intens, bertahan lama, dan disertai dengan gejala lainnya mungkin menjadi tanda bahwa pemeriksaan mata harus dilakukan sesegera mungkin.

Sembari melakukan pengobatan, kamu juga dapat mengusahakan kesehatan mata dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk mata. Di samping mengonsumsi makanan sehat, kamu juga dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut dengan vitamin mata, lho.

Vitamin mata Eyebost salah satunya. Eyebost merupakan vitamin mata terbaik yang formulasinya berasal dari bahan-bahan 100% alami tanpa pengawet buatan untuk menjaga kualitas penglihatan selalu sehat, tajam, jernih, dan fokus.

Kamu akan memperoleh kebaikan berupa vitamin A, C, E, serta antioksidan antosianin, lutein, polifenol, dan flavonoid yang berasal dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli.

Eyebost aman dikonsumsi setiap hari oleh semua kalangan usia tanpa menimbulkan efek samping dengan memperhatikan aturan minumnya. Oh iya, Eyebost sudah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta memperoleh sertifikat Halal MUI, nih.

Tunggu apalagi, yuk jaga kesehatan mata dengan minum Eyebost setiap hari!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi