Kesehatan

7 Penyebab Mata Kabur Sebelah, Mulai dari Mata Minus Sampai Stroke!

/

by Shaffi Kareem


Bukannya sok sibuk, menjadi manusia yang produktif membuat kita lebih bugar dan bahagia dalam menjalani hari, sehingga waktu tidur akan menjadi sebuah kenikmatan yang tak ternilai harganya.

Untuk menjadi produktif, kita juga harus memastikan kalau tubuh kita pun ada dalam kondisi yang prima, misalnya mata sehat. Terjadinya mata kabur sebelah jelas menjadi hambatan tersendiri untuk kita beraktivitas.

Alih-alih membiarkannya dan melanjutkan aktivitas seperti semula, kita juga harus mengulik lebih jauh penyebab mata kabur sebelah itu apa sehingga kita bisa menentukan pengobatan apa nih yang tepat untuk mengatasinya.

Kebetulan, mata kabur sebelah adalah topik utama yang akan kita coba bahas kali ini. Barangkali kamu mengalaminya, semoga pembahasan ini bisa membantu kamu, ya!

Mata Kabur Sebelah

Yang dimaksud dengan mata kabur sebelah adalah ketika salah satu mata kita memiliki penglihatan yang tidak jelas dan tajam. Pada kasus ini, mata yang lain memiliki penglihatan normal dan tidak bermasalah apapun.

Basically, mata buram sebelah bukanlah tanda dari kondisi yang mengancam nyawa. Bagaimanapun, perubahan penglihatan tiba-tiba terkadang berarti bahwa seseorang membutuhkan perawatan darurat dengan segera.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui gejala atau tanda kondisi tersebut dapat membantu kita memutuskan kapan harus meminta pertolongan kepada ahli medis.

Siapapun yang mengalami mata kabur sebelah yang disertai dengan gejala penyerta seperti di bawah ini harus segera meminta pertolongan medis:

  • Sakit kepala tiba-tiba yang teramat sangat
  • Sakit kepala setelah kepala terbentur
  • Sulit untuk tetap sadar
  • Kehilangan kesadaran
  • Mati rasa pada satu sisi wajah
  • Berbicara cadel (tidak pernah cadel sebelumnya)

Mata Kabur Sebelah Gejala Apa?

Mata kabur sebelah atau mata kabur pada salah satu mata cenderung berbahaya namun tidak boleh disepelekan. Penyebabnya sangat bermacam-macam, mulai dari masalah kesehatan ringan hingga berat.

Melansir dari laman Medical News Today, penyebab mata kabur sebelah yang seringkali ‘mampir’ ke mata, di antaranya adalah:

1. Kelainan refraksi

Kelainan refraksi merupakan kelainan dalam proses pembiasan cahaya di dalam mata. Cahaya seharusnya jatuh tepat di retina, namun kelainan refraksi menyebabkan cahaya jatuh di depan atau belakang retina, maupun tidak beraturan tempatnya.

Kelainan refraksi mengakibatkan penderitanya mengalami mata kabur. Contoh kelainan refraksi yang sering kita dengar adalah miopi (mata minus), hipermetropi (mata plus), astigmatisme (mata silinder), dan presbiopi (mata tua)

Selain mata kabur, kelainan refraksi ditandai juga dengan penglihatan ganda, ada lingkaran terang yang mengelilingi sumber cahaya, mata lelah dan sakit kepala.

Kondisi ini memungkinkan kamu mengalami salah satu mata kabur sebelah, sedangkan mata lainnya normal.

2. Infeksi mata

Infeksi bakteri, virus, dan jamur bisa menyebabkan infeksi mata yang berisiko menyebabkan mata kabur sebelah atau keduanya.

Konjungtivitis atau mata belekan adalah jenis infeksi mata yang paling umum terjadi. Jenis lainnya seperti selulitis bisa berbahaya kalau penderitanya tidak segera melakukan perawatan medis.

Alangkah baiknya, saat kamu mengalami gejala infeksi mata, segeralah minta pertolongan medis. Pengobatan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Bagaimanapun, beberapa gejala infeksi mata yang kamu harus tahu, yaitu:

  • Mata merah
  • Gatal
  • Terasa nyeri
  • Mata bengkak
  • Keluar kotoran mata di sekitar mata
  • Penglihatan buram

3. Migrain

Migrain adalah suatu kondisi yang mengakibatkan sakit kepala sedang hingga berat. Bahkan, beberapa orang mengalami aura, yang mana gangguan sensorik terjadi pada saat sebelum atau selama sakit kepala berlangsung.

Menurut American Migraine Foundation, gejala-gejala aura akan berlangsung selama 20-60 menit. Sebagian yang lain mungkin akan mengalami silent migraine dimana mereka mengalami migrain dengan aura, namun tidak disertai dengan nyeri.

Baca Yuk: Ketahui 2 Jenis Mata Bengkak Karena Alergi Yang Sangat Menyiksa dan Cara Mengatasinya

Berikut merupakan gejala aura yang patut kamu waspadai, seperti:

  • Mata buram sebelah
  • Kehilangan penglihatan jangka pendek
  • Melihat bentuk garis zig-zag
  • Sulit berbicara
  • Lemah
  • Kesemutan 

4. Katarak

Katarak adalah penyebab kebutaan nomor 1 di dunia yang juga merupakan penyebab mata kabur sebelah. Tapi, perlu kamu tahu bahwa sebenarnya katarak bisa dicegah perkembangannya agar tidak menyebabkan kebutaan.

Gangguan mata katarak merupakan suatu kondisi ketika protein atau lemak di dalam mata menggumpal hingga menyebabkan kornea mata keruh. Katarak bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Bukan hanya mata kabur sebelah, katarak juga ditandai dengan sulit melihat di malam hari, sulit membaca, penglihatan ganda, nampak lingkaran terang ketika melihat sumber cahaya, serta warna dalam penglihatan berkurang

Age-related Macular Degeneration atau AMD mempengaruhi bagian mata bernama makula yang merupakan bagian mata yang memungkinkan orang-orang untuk melihat benda dengan detail.

Masalah penglihatan pada AMD mungkin diawali dengan mata kabur sebelah hingga kemudian mempengaruhi mata yang lain. Selain itu, ada dua jenis AMD, yaitu AMD tipe basah dan kering.

AMD basah terjadi ketika pembuluh darah di belakang retina dan di bawah makula mengalami perdarahan dan kebocoran pada mata. Meanwhile, AMD kering terjadi ketika makula menjadi semakin tipis dan jenis AMD yang paling sering terjadi.

6. Diabetes

Bagi orang yang hidup dengan penyakit diabetes, mata kabur merupakan tanda penyakit mata diabetes. Kondisi ini dipicu oleh tingginya kadar gula dalam darah sehingga menyebabkan kerusakan  pada pembuluh darah di dalam  mata, seperti:

Bisa dikatakan kalau tidak ada tanda awal penyakit mata diabetes, tetapi setidaknya seseorang akan mengalami gejala-gejala seperti:

  • Mata kabur sebelah atau keduanya
  • Penglihatan berubah-ubah setiap hari
  • Kehilangan warna pada penglihatan
  • Garis gelap atau floaters
  • Kilatan cahaya

7. Stroke

Terkadang, mata kabur sebelah merupakan gejala stroke. Pada dasarnya, stroke terjadi ketika ada sesuatu yang menghentikan aliran darah ke otak. Hal ini bisa diakibatkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Sebuah akronim dibentuk untuk memudahkan kita mengingat gejala stroke, yaitu FAST, yang berarti:

  • Fast stropping (hilangnya kemampuan otot wajah)
  • Arm weakness (tangan lemah)
  • Speech difficulty (kesulitan berbicara)
  • Time to call 911 (hubungi panggilan darurat)

Cara Mengatasi Mata Kabur Sebelah

Mengatasi mata kabur sebelah menang tidak boleh ditunda-tunda, apalagi kalau diikuti dengan gejala seperti mati rasa pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, dan lain sebagainya. But, kita juga tidak boleh gegabah dalam mengatasinya. 

Cara mengatasi mata kabur sebelah kiri atau kanan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa cara yang biasanya ahli medis dokter lakukan di antaranya adalah:

1. Kacamata atau softlens

Kacamata dan softlens merupakan dua alat yang digunakan untuk mengoreksi kelainan refraksi, entah itu mata minus, plus, silinder, maupun mata tua.

Bagi kebanyakan orang, kacamata akan terasa lebih nyaman daripada softlens. Penggunaan softlens biasanya hanya digunakan oleh orang-orang tertentu dan pada acara-acara tertentu saja.

Untuk ukuran lensanya, kamu harus melakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu agar lensa atau softlens bisa disesuaikan dengan kekuatan refraksi kamu.

2. Antibiotik

Umumnya, infeksi mata penyebab mata kabur sebelah diobati dengan pemberian antibiotik untuk mematikan atau menghentikan aktivitas bakteri di dalam tubuh.

Tetapi perlu diingat bahwa antibiotik adalah obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter agar terukur dosisnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah resistensi bakteri.

Di samping itu, antibiotik hadir dalam beberapa bentuk, seperti pil, salep atau ointment, atau obat tetes mata.

3. Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri bisa kamu konsumsi ketika kamu mengalami mata kabur sebelah akibat migrain seperti aspirin, ibuprofen, dan lain sebagainya. Pun, obat jenis ini bisa bebas kamu beli di apotik tanpa resep dokter.

Namun, untuk kasus migrain berulang, kamu mungkin membutuhkan resep obat khusus seperti triptan untuk mengatasi kondisi tersebut.

4. Operasi

Mata bengkak akibat katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi katarak. Operasi katarak dilakukan dengan cara mengganti kornea yang keruh dengan kornea buatan untuk mengembalikan penglihatan.

Buat kamu yang mengalami katarak dan khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan, kamu jangan ragu untuk melakukan operasi katarak sebab operasi ini bisa dicover melalui BPJS, nih.

5. Terapi laser

AMD adalah gangguan mata yang ditandai dengan penurunan fungsi penglihatan sentral sebab mengenai bagian mata makula. Kondisi ini harus segera diatasi untuk mencegahnya berkembang lebih parah dan menyebabkan kebutaan.

Dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan terapi laser untuk mengatasinya. Di samping itu, obat anti-vascular endothelial growth factor (anti-VEGF) bisa diberikan sebagai opsi lain untuk memperlambat pertumbuhan pembuluh darah di dalam mata.

6. Minum vitamin mata

Vitamin mata untuk mengatasi mata kabur sebelah merupakan solusi yang tidak banyak diketahui. Padahal, kandungan di dalam vitamin mata sangat baik untuk memelihara kesehatan mata agar senantiasa jernih, tajam, dan fokus.

Contohnya, Eyebost. Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan secara khusus untuk menjaga kualitas penglihatan dan memastikan mata terhindar dari penyakit mata.

Kandungan di dalam Eyebost tidak kaleng-kaleng. Madu hutan asli menempati posisi sebagai bahan utama, diikuti dengan ekstrak bunga marigold, buah bilberry, dan wortel, dikombinasikan menjadi satu di dalam botol vitamin mata Eyebost.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mata kabur sebelah bisa disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan vitamin A. Nah, cocok sekali! Eyebost mengandung vitamin A, C, E, dan jenis antioksidan lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Bagaimanapun, vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak usia 2 tahun, remaja, dewasa, lansia, hingga penderita diabetes sekalipun sebab hanya mengandung 100% bahan alami tanpa pengawet buatan.

Hanya dengan mengonsumsi Eyebost, mata dijamin sehat dan dalam kondisi prima setiap saat. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Yuk, segera pesan vitamin mata Eyebost sebelum kehabisan!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi