Kesehatan

Ketahui 2 Jenis Mata Bengkak Karena Alergi Yang Sangat Menyiksa dan Cara Mengatasinya

/

by Shaffi Kareem


Kayaknya enak nih kalau weekend pagi pergi ke pantai. Membayangkan berlibur ke pantai, menikmati tiupan angin, deburan ombak, kicauan burung, berjalan di atas pasir, dan tak lupa menikmati hidangan laut di pinggir pantai.

Ikan bakar, udang asam manis, cumi asam manis, dan tiram saus padang. Hayo, siapa yang bacanya sambil telan ludah?

Anyway-any-busway, tidak semua orang cocok dengan hidangan laut, lho. Sebagian orang akan mengalami mata bengkak karena alergi hidangan laut seperti udang, cumi, dan lain-lain. Tubuh mereka tidak bisa menerima zat pada makanan tersebut dengan semestinya.

Tetapi, kalian penasaran nggak sih apa penyebab mata bengkak karena alergi?

Tenang wahai teman mata, ulasan di bawah ini akan menjawab semua rasa penasaran kamu. Jadi, ikuti terus sampai akhir, ya!

Mata Bengkak Karena Alergi

Pada introduction di atas, kita menyebutkan sedikit mengenai alergi hidangan laut dan bagaimana hal tersebut menghasilkan mata bengkak karena alergi.

Pertama, kita akan membahas dulu mengenai apa itu alergi ya, teman mata. Sejatinya, alergi merupakan suatu reaksi abnormal yang diciptakan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh seolah memberikan sinyal pada tubuh bahwa zat asing tersebut harus ‘diperangi’ karena disinyalir merupakan zat berbahaya.

Saat proses ini terjadi, akan muncul berbagai gejala sebagai hasil dari respon yang tubuh berikan, salah satunya adalah mata bengkak karena alergi. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan konjungtivitis alergi.

Seperti yang kita tahu, konjungtivitis adalah suatu kondisi ketika bagian mata konjungtiva (selaput tipis yang menyelimuti permukaan mata) mengalami peradangan. Ada beberapa jenis konjungtivitis, yaitu konjungtivitis akibat virus, bakteri, dan alergi.

Di samping itu, ada deretan faktor risiko konjungtivitis akibat alergi. Maksudnya, beberapa orang mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami mata bengkak karena alergi maupun gejala lainnya.

Data dari Asthma and Allergy Foundation of America menyebutkan kalau alergi musiman mempengaruhi sekitar 8% orang dewasa dan 7% anak-anak di Amerika Serikat. Tentu, mata bengkak pada anak berisiko mengganggu aktivitasnya di sekolah.

Faktor lingkungan pun turut andil di dalamnya. Tinggal di daerah dengan jumlah serbuk bunga lebih banyak, kamu akan lebih rentan ‘terjangkit’ mata bengkak karena alergi.

However, melansir dari laman Healthline, selain mata bengkak karena alergi, ada beberapa gejala lain yang mungkin dialami saat seseorang mengalami alergi, di antaranya seperti:

  • Mata merah, gatal, dan berair
  • Sensasi perih dan panas pada mata
  • Sensasi mata berpasir
  • Mata sensitif terhadap cahaya
  • Kelopak mata bengkak dan pegal

Jenis-Jenis Konjungtivitis Alergi

Mata bengkak karena alergi merupakan gejala konjungtivitis atau inflamasi konjungtiva akibat alergi. Secara umum, konjungtivitis alergi tidak berbahaya tetapi berpotensi menyebabkan hambatan pada aktivitasmu.

Baca Juga Yuk: 8 Cara Meredakan Mata Bengkak Karena Menangis Lebih Cepat

Di samping itu, konjungtivitis alergi terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Konjungtivitis alergi akut

Konjungtivitis alergi akut diartikan sebagai konjungtivitis yang terjadi ketika penderitanya terpapar zat alergen. Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba saat kontak terjadi dan kamu tidak perlu khawatir sebab gejalanya akan hilang dalam kurun waktu 24 jam.

Contoh kasusnya, ketika bunga bermekaran di musim semi, serbuk bunga ikut terbang bersama angin. Bagi penderita alergi serbuk bunga, hal ini akan sangat menyiksa.

Gejala umum alergi serbuk bunga adalah mata bengkak karena alergi, gatal, berair, sensasi perih atau panas pada mata, serta hidung berair.

2. Konjungtivitis alergi kronis

Konjungtivitis alergi kronis didefinisikan sebagai konjungtivitis alergi yang tidak terpengaruh oleh musim dan terjadi terus menerus sepanjang tahun. Nama lain konjungtivitis alergi kronis adalah perennial allergic conjunctivitis.

Kasus ini terbilang lebih jarang dan berpotensi lebih parah daripada konjungtivitis alergi akut. Kondisi ini disebabkan oleh zat alergen yang terpapar secara terus menerus pada penderitanya, misalnya debu, makanan, bulu hewan, dan lain sebagainya.

Penyebab Konjungtivitis Alergi

Kamu mengalami mata bengkak karena alergi akibat konjungtivitis alergi ketika tubuhmu mencoba untuk melawan ancaman yang masuk ke dalam tubuh atau zat alergen.

Reaksi inilah yang kemudian menyebabkan tubuh menghasilkan senyawa histamin. Sebenarnya, fungsi histamin adalah untuk melindungi tubuh dari zat asing yang ‘menyusup’ ke dalam tubuh sehingga memicu memunculkan gejala alergi, seperti:

  • Serbuk bunga
  • Makanan tertentu, seperti hidangan laut, kacang, dan sebagainya
  • Debu rumah tangga
  • Spora jamur
  • Bulu hewan
  • Aroma dari bahan-bahan kimia, misalnya deterjen, parfum, karbol, dan lain-lain
  • Obat-obatan tertentu
  • Obat tetes mata

Bagaimana cara mengatasi konjungtivitis alergi?

Mata bengkak karena alergi akibat konjungtivitis alergi bisa sembuh sendiri, tetapi tidak ada salahnya kita berikhtiar untuk meredakan gejalanya lebih cepat kan, teman mata?

Dalam mengatasi gejala konjungtivitis alergi, biasanya ahli medis akan menyarankan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Jangan mengucek mata. Hindari mengucek mata kalau kamu tidak ingin gejala bertambah parah.
  • Bilas mata dengan air mata buatan atau larutan saline. Membilas mata dengan larutan saline atau air mata buatan membantu membersihkan permukaan mata sehingga mata bengkak karena alergi reda lebih cepat.
  • Kompres dingin. Fungsi kompres dingin untuk mata adalah meredakan peradangan dan rasa tidak nyaman, termasuk mata bengkak karena alergi.
  • Memakai topi dan pelindung mata. Keduanya bisa melindungi mata dari ancaman serbuk bunga penyebab mata bengkak karena alergi.
  • Mandi setelah berkegiatan di luar ruangan. Udara di luar ruangan penuh dengan debu dan serbuk bunga yang bisa bisa memicu mata bengkak karena alergi, jadi alangkah baiknya kalau kita langsung pergi mandi begitu sampai di rumah.
  • Cuci tangan sebelum menyentuh area mata. Ada orang yang mengalami mata bengkak karena alergi akibat bulu hewan. Menyentuh area mata setelah memegang hewan sangat mungkin menyebabkan reaksi alergi muncul.
  • Antihistamin. Obat antihistamin merupakan obat yang digunakan untuk menghentikan aktivitas senyawa histamin, sehingga diharapkan gejala seperti mata bengkak karena alergi bisa membaik.
  • Tetes mata bepotastine. Obat jenis bepotastine adalah obat yang berfungsi untuk meredakan gejala alergi, salah satunya mata bengkak karena alergi. Obat bepotastine harus dengan resep dokter, contohnya Bepreve.
  • Tetes mata dekongestan atau vasoconstrictors. Obat tetes mata dekongestan untuk mata bengkak karena alergi bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah pada konjungtiva, misalnya tetrahydrozoline dan naphazoline.
  • Tetes mata steroid. Obat tetes mata prednisolone biasanya digunakan untuk mengatasi alergi mata dan peradangan sedang yang tidak menular, jadi mata bengkak karena alergi akan membaik. Obat jenis ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter, ya.

Ternyata, mata bengkak karena alergi tidak sesederhana itu ya, teman mata. Mulai dari penyebabnya, gejala lain yang menyertai, serta cara mengatasinya pun bukan main-main.

Dari begitu banyak cara mengatasi mata bengkak karena alergi, kamu mau tahu nggak cara alami meredakan mata bengkak karena alergi? Ya, vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan untuk mengatasi gangguan mata serta memastikan penglihatan tetap jernih, tajam, dan fokus. Meskipun judulnya vitamin mata, bahan-bahan yang digunakan dalam Eyebost dijamin 100% alami tanpa pengawet!

Dalam satu botol Eyebost, kamu sudah mendapatkan kebaikan dari 4 bahan berkhasiat tinggi seperti ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan madu hutan asli yang kaya akan antioksidan lutein, polifenol, flavonoid, antosianin, dan vitamin A, C, E.

Tidak cuma sampai di situ, vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata keluarga yang bisa kamu andalkan untuk memelihara kesehatan mata keluarga, mulai dari anak-anak di atas usia 2 tahun, abege, orang dewasa, hingga kalangan lanjut usia.

Untuk mendapatkan mata yang sehat, kamu hanya perlu minum 2 sendok teh madu Eyebost setiap hari. Eh, madu Eyebost aman diminum setiap hari sebab tidak mengandung bahan pengawet sama sekali.

Kamu tertarik dengan manfaat Eyebost?

Yuk, pesan sekarang juga dan rasakan sendiri manfaatnya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi