Kesehatan

Apa Itu Mata Kabur? Ini Definisi dan 9 Penyebabnya

/

by Shaffi Kareem


Selama pandemi COVID-19, perindustrian film agak redup. Beberapa proses produksi film harus terhenti dan kerugian pun tak terhindarkan. Namun, setelah masa pandemi usai, banyak film dan series baru bermunculan sampai-sampai daftar tontonan membludak.

Bayangkan, di hari libur marathon series sambil rebahan di atas kasur. Satu jam, dua jam, tiga jam tidak terasa. Eh, tapi lagi asik-asiknya nonton series tiba-tiba mata kabur. Aduh, ganggu banget, deh!

Pada dasarnya, orang-orang mengetahui apa itu mata kabur, tetapi kamu tahu nggak sih apa itu mata kabur?

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai sebuah topik yaitu mata kabur. Di sini, kita akan mengupas tuntas apa itu mata kabur, penyebab, cara mengatasi, dan lain-lain.

Jadi, jangan buru-buru tutup halaman ini dan baca sampai habis, ya!

Apa Itu Mata Kabur?

Seperti anggota tubuh yang lain, perlu teman mata ketahui kalau mata juga bisa sakit. Mata kabur salah satunya.

Baca Lainnya: 7 Penyebab Mata Kabur Sebelah, Mulai dari Mata Minus Sampai Stroke!

Sebenarnya, mata kabur hanyalah sebuah gejala suatu penyakit mata. Mata kabur adalah suatu kondisi ketika kamu tidak mampu melihat suatu benda dengan jelas dan tajam. Biasanya, hanya dengan menyipitkan mata, penglihatanmu akan jelas kembali.

Menurut ahli medis, orang-orang seringkali mengeluhkan gejala mata kabur ketika memeriksakan mata mereka. Hal ini menunjukkan kalau hampir semua orang mengalami apa yang dinamakan mata kabur.

Untuk beberapa alasan, mata kabur semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Namun, penglihatan kabur juga bisa datang secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

Nah, tipe mata buram ini yang cenderung lebih berbahaya. Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata agar kamu tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya supaya tidak berlarut-larut.

Penyebab Mata Kabur

Memiliki mata yang sehat adalah impian semua orang. Bisa melihat pemandangan dengan jelas tanpa alat bantu, mengikuti proses pembelajaran dengan baik, dan lain sebagainya. Nikmat yang luar biasa ini seringkali terlalaikan begitu saja.

Ngomong-ngomong soal mata kabur, bukan hanya mata minus nih, tapi ada banyak penyebab yang bisa kita waspadai, di antaranya meliputi:

1. Kelainan refraksi

Bagaimana mata kita bisa melihat suatu benda adalah sebuah proses atau mekanisme yang rumit. Cahaya masuk ke dalam mata, kemudian diteruskan ke dalam, dibiaskan, dan kemudian sinyal dikirim ke otak melalui saraf optik.

Nah, kamu harus tahu nih, ada salah satu penyebab mata buram yang disebabkan oleh kelainan pembiasan cahaya. Seharusnya, cahaya dibiaskan dan jatuh tepat di retina, namun kelainan refraksi menyebabkan cahaya jatuh di depan atau belakang retina.

Bahkan, pada kasus astigmatisme atau mata silinder, cahaya dibiaskan secara tidak beraturan. Kelainan inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami mata kabur.

Contoh kelainan refraksi adalah mata minus (miopi), mata plus (hipermetropi), mata silinder (astigmatisme), dan mata tua (presbiopi).

2. Sindrom mata kering

Mata kering terjadi ketika permukaan mata tidak dapat terlumasi atau terhidrasi dengan baik sehingga permukaan mata cenderung kering. Secara umum, hal tersebut disebabkan oleh dua hal yaitu produksi air mata berkurang dan proses penguapan terlalu cepat.

Terjadinya mata kering merupakan hal yang sangat umum. Semua orang pasti pernah merasakan sindrom mata kering meskipun tidak menyadarinya.

Penyebabnya pun tidak jauh-jauh dari aktivitas kita sehari-hari yaitu terlalu lama menatap layar gadget, asupan air putih kurang, jarang berkedip, dan berada di ruangan atau area dengan kelembaban rendah.

Bagaimanapun, mata kering adalah penyebab mata kabur yang tidak berbahaya. Cukup melakukan perawatan mata kering, maka penglihatanmu akan jernih dan tajam seperti sedia kala.

Seiring bertambahnya usia, manusia mengalami penurunan fisik, begitu juga dengan mata. Penurunan fungsi mata akibat usia disebut dengan Age-related Macular Degeneration atau AMD.

Saat mengalami AMD, berbagai gejala akan muncul, salah satunya adalah mata kabur. Gangguan mata ini mempengaruhi penglihatan sentral sehingga kamu tidak mampu melihat benda-benda yang ada di depanmu.

Kondisi ini membuat penderitanya sulit untuk melakukan beberapa aktivitas yang membutuhkan penglihatan sentral seperti membaca, berkendara, memasak, menjahit, dan lain sebagainya.

Bagaimanapun, AMD merupakan penyebab paling umum hilangnya penglihatan pada kalangan lanjut usia di Amerika Serikat. Tetapi, sebenarnya AMD bisa dicegah sedari dini, lho.

4. Retinopati diabetik

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah atau yang disebut juga dengan hiperglikemia. Diabetes tidak bisa disembuhkan, tetapi kita bisa mencegah berbagai komplikasi dengan menstabilkan gula darah.

Kalau sudah terjadi komplikasi, maka akibatnya tidak main-main. Salah satu komplikasi diabetes pada mata adalah retinopati diabetik.

Gangguan mata ini melemahkan pembuluh darah di retina sehingga menyebabkan penurunan fungsi penglihatan seperti mata kabur. Parahnya, retinopati diabetik bisa menyebabkan kebutaan.

5. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata serius yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata atau intraocular pressure yang diakibatkan oleh cairan di dalam mata.

Penumpukan cairan di dalam mata akan terus menekan mata bagian dalam hingga terjadilah kerusakan saraf optik. Glaukoma sangat mungkin menyebabkan kehilangan penglihatan dan tidak dapat disembuhkan bahkan dengan operasi sekalipun.

6. Katarak

Katarak adalah suatu kondisi ketika terjadi penggumpalan protein atau lemak pada mata. Hal ini menyebabkan lensa mata mata keruh dan mata kabur semakin parah dari waktu ke waktu. Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di dunia.

Mata katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi katarak. Tenang, operasi katarak bisa dicover oleh BPJS, jadi jangan dibiarkan tanpa pengobatan kalau tidak ingin mengalami kebutaan.

7. Neuritis optik

Neuritis optik diartikan sebagai peradangan yang terjadi pada saraf optik. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan penyakit autoimun seperti multiple sclerosis.

Mata kabur disertai nyeri merupakan gejala yang umum pada neuritis optik. Tetapi, jangan khawatir sebab neuritis optik bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu 4-12 minggu, tergantung kondisi masing-masing penderitanya.

8. Gangguan saraf optik keturunan

Beberapa kelainan genetik mengakibatkan kerusakan pada saraf optik. Padahal, saraf optik berfungsi sebagai pengantar sinyal atau pesan ke otak dan menginterpretasikan pesan tersebut dalam bentuk gambar.

Meskipun demikian, kondisi ini tergolong langka apabila dibandingkan dengan penyebab mata kabur lainnya seperti katarak dan kelainan refraksi.

9. Luka pada kornea

Kornea merupakan bagian mata yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Jadi, kalau kornea mata keruh, maka bisa dipastikan kalau penglihatan kita pun menjadi tidak jernih dan jelas.

Selain luka akibat goresan kuku atau benda tajam atau tumpul lainnya, luka pada kornea disebabkan juga oleh kekurangan vitamin A pada tubuh. Kondisi ini banyak terjadi di negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Kamu Mengalami Mata Kabur Tiba-Tiba?

Kebanyakan mata kabur disebabkan oleh faktor yang tidak berbahaya, sehingga munculnya dan perkembangan mata kabur terjadi secara perlahan dan bertahap.

Oleh sebab itu, kalau kamu mengalami mata kabur tiba-tiba, maka hal ini perlu diwaspadai. Umumnya, penyebab mata buram tiba-tiba merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan oleh ahli medis sesegera mungkin. Hal ini bisa saja mengakibatkan hilangnya penglihatan hingga hilangnya nyawa. Di bawah ini merupakan penyebab mata buram tiba-tiba:

  • Stroke atau Transient Ischemic Attack (TIA)
  • Hifema
  • Ablasio retina
  • Cedera mata
  • Migrain
  • Infeksi mata
  • Gegar otak
  • Tekanan darah yang meningkat tajam

Cara Mengatasi Mata Kabur

Beberapa penyebab mata kabur bisa hilang dengan sendirinya, bahkan hanya dengan menyipitkan mata saja. Akan tetapi, ada beberapa cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi mata kabur agar segera membaik dan bisa digunakan untuk beraktivitas kembali.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, beberapa cara mengatasi mata kabur yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah:

1. Kacamata atau softlens

Untuk mengoreksi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, silinder, dan mata tua, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata atau softlens tergantung preferensi kamu.

Sebelumnya, kamu akan diinstruksikan untuk  memeriksakan mata untuk mengetahui kekuatan refraksi. Barulah setelah itu dokter akan meresepkan hasilnya sehingga kamu bisa langsung memesan kacamata di optik terdekat.

2. Operasi

Beberapa penyebab mata kabur hanya bisa diobati dengan menjalani tindak bedah operasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas penglihatan yang jernih, tajam, dan fokus.

Ada dua contoh operasi untuk mengatasi mata kabur, yaitu operasi katarak (membersihkan kornea yang keruh) dan LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) yang dilakukan untuk menyembuhkan mata minus.

3. Obat-obatan

Pemberian obat-obatan sangat mungkin dilakukan untuk mengatasi mata buram. Obat yang diberikan pun tidak bisa dipukul rata, melainkan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Misalnya, pada kasus mata tua atau presbiopi, kamu harus memegang buku menjauhi mata agar tulisan terbaca dengan jelas. Pada saat kamu mengalaminya, dokter akan meresepkan obat tetes mata khusus bernama pilocarpine hydrochloride,

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, obat tetes mata jenis ini sudah disetujui oleh Food and Drugs Association (BPOM Amerika Serikat), lho.

4. Vitamin mata

Buat kamu yang ingin mengatasi mata kabur secara alami, kamu bisa mengonsumsi vitamin mata seperti Eyebost. Hal ini disebabkan karena Eyebost terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan madu hutan asli.

Dalam satu botol Eyebost, terkandung berbagai jenis antioksidan dan vitamin seperti lutein, polifenol, antosianin, flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak di atas usai 2 tahun, remaja, dewasa, lansia, hingga penderita diabetes sekalipun.

Kamu tidak perlu khawatir lagi mata kabur karena menerapkan hidup sehat seperti minum vitamin mata adalah salah satu cara ampuh mengatasi mata buram dari dalam tubuh.

Sudah banyak yang merasakan manfaat Eyebost. Sekarang, giliran kamu, nih.

Yuk, masukan keranjang dan check-out sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi