Kesehatan

Mata Buram Setelah Operasi Katarak? Yuk, Intip 5 Penyebabnya!

/

by Shaffi Kareem


Punya mata sehat siapa sih yang nggak mau?

Bisa melihat dengan tajam, fokus, jernih, dan bebas gangguan akan berdampak langsung pada kelancaran aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, munculnya gangguan penglihatan berisiko menyebabkan berbagai aktivitas tersendat, salah satunya adalah katarak.

Katarak adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan keruhnya lensa mata. Operasi merupakan satu-satunya pengobatan yang bisa dilakukan. Akan tetapi, beberapa pasien mengeluhkan mata buram setelah operasi katarak dilakukan.

Pertanyaannya adalah apakah kondisi ini normal dan tidak berbahaya?

Eitssss, kalau teman mata penasaran sama jawabannya, simak ulasan di bawah ini hingga akhir, ya!

Penyakit Mata Katarak Adalah…

Nggak heran kalau kamu sudah sering mendengar istilah katarak karena kasus terjadinya katarak pun terbilang tinggi. Bahkan, penyakit katarak merupakan salah satu perhatian organisasi kesehatan dunia (WHO) sebab kondisi ini berpotensi menyebabkan kebutaan.

Menurut data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia, setidaknya ada sekitar 1,3 juta orang yang mengalami kebutaan atau kehilangan penglihatan akibat katarak. Padahal, sebenarnya kondisi ini bisa dicegah, lho.

Mungkin di luaran sana beredar pengobatan yang mengatasnamakan penyembuhan katarak, akan tetapi jangan menelan mentah-mentah, teman mata sekalian. Sebenarnya, pengobatan tersebut hanya mencegah perkembangan katarak saja.

Satu-satunya pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya adalah operasi katarak. Prosedur ini dilakukan dengan cara membuat irisan atau sayatan kecil pada area di sebelah kornea untuk mengangkat lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan.

Prosedur ini hanya berlangsung selama 15-60 menit. Meskipun demikian, kamu harus tetap menjalani pengobatan rawat jalan untuk memantau perkembangan pasca operasi sebab pada beberapa kasus, terjadi komplikasi berupa mata buram setelah operasi katarak.

Penyebab Mata Buram Setelah Operasi Katarak

Sudah jadi rahasia umum kalau mata buram merupakan hal yang wajar terjadi setelah operasi katarak dilakukan.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Presbikusis untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Penderitanya

Akan tetapi, kamu harus berhati-hati kalau kondisi ini berlangsung hingga berhari-hari lamanya tanpa perkembangan yang signifikan. Kamu harus tahu nih apa saja sih penyebab mata buram setelah operasi katarak.

Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa penyebabnya, di antaranya adalah:

1. Peradangan

Operasi katarak merupakan prosedur penggantian lensa yang rusak dengan lensa buatan melalui pembuatan sayatan kecil di area dekat kornea. Inflamasi atau peradangan muncul sebagai bentuk respon tubuh akan prosedur tersebut.

Kamu nggak perlu khawatir, teman mata. Peradangan akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan proses penyembuhan alami pada mata.

Mungkin kamu akan mengalami rasa tidak nyaman pada mata, tetapi tenang saja sebab dokter akan meresepkan obat yang akan mempercepat proses penyembuhan pasca operasi.

Segera hubungi dan konsultasikan dengan dokter mu kalau mata buram setelah operasi katarak bertambah parah dari waktu ke waktu.

2. Mata Kering

Mata kering adalah masalah yang paling umum terjadi setelah operasi katarak dilakukan. Tapi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa memicu terjadinya mata buram setelah operasi katarak.

Dalam sebuah studi berjudul Incidence and Pattern of Dry Eye After Cataract Surgery disebutkan kalau mata kering setelah operasi dipicu oleh beberapa hal, seperti:

  • Penggunaan jangka panjang tetes mata steroid antibiotik sebelum atau sesudah operasi katarak
  • Terjadi gangguan pada lapisan air mata selama operasi berlangsung
  • Produksi pelumas dan air mata berkurang karena sayatan operasi

3. Posterior Capsular Opacification

Posterior capsular opacification (PCO) dikenal juga sebagai katarak sekunder. Perlu kamu tahu, katarak sekunder adalah suatu kondisi ketika masih ada partikel pada lensa mata yang tidak ikut diangkat saat operasi katarak dilakukan.

Ketahui Nih: Inilah 7+ Jenis Katarak, Penyebab Kebutaan Nomor Satu di Dunia

Maka, tidak heran kalau kamu akan mengalami mata buram setelah operasi katarak dan akan membuatmu sangat tidak nyaman dalam beraktivitas.

Namun, terjadinya PCO ini lumayan sering lho, teman mata, yaitu setidaknya sebanyak 20% dari jumlah keseluruhan pasien mengalami katarak sekunder.

Kamu tidak perlu risau sebab kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan prosedur bernama YAG laser capsulotomy yang terbilang cepat dan tanpa sakit, bahkan hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja.

4. Ablasio Retina

Mata buram setelah operasi katarak kemungkinan disebabkan oleh ablasio retina. Retinal detachment atau yang disebut juga dengan ablasio retina adalah suatu kondisi ketika retina mata terlepas dari lapisan dasarnya.

Komplikasi operasi katarak yang satu ini memang relatif langka, bahkan sebuah studi penelitian pada tahun 2018 menyebutkan kalau kasus ini hanya terjadi pada 0,7% dari keseluruhan orang yang menjalani operasi katarak.

Umumnya, komplikasi berupa retina lepas lebih berisiko pada orang yang memiliki gangguan penglihatan lainnya. However, kondisi ini terbilang serius sehingga pengobatan harus segera dilakukan untuk mencegah kebutaan permanen.

5. Cystoid Macular Edema

Ada kemungkinan lain penyebab mata buram setelah operasi katarak yaitu cystoid macular edema. Gangguan penglihatan yang satu ini merupakan kondisi ketika bagian sentral retina bernama makula mengalami pembengkakan sehingga berdampak pada mata buram.

Angka terjadinya CME lebih banyak kalau dibandingkan dengan ablasio retina yaitu sekitar 2% dari pasien operasi katarak mengalaminya. Biasanya, kondisi ini akan nampak pada minggu ke 6-8 setelah operasi, lho.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena kondisi ini bisa diatasi dengan obat tetes mata NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory).

Apakah Mata Buram Setelah Operasi Katarak Normal?

Dari tadi kita membahas tentang penyebab mata buram setelah operasi, tetapi kondisi ini normal nggak sih?

Jadi, kalau kamu, keluarga, teman, atau sanak saudaramu mengalami mata buram setelah operasi sebenarnya adalah hal yang normal dan wajar, kok.

Hal ini disebabkan karena mata kamu pasti juga membutuhkan waktu untuk sembuh dengan sendirinya dan beradaptasi dengan lensa buatan yang telah dipasang.

Seyuyurnya, kondisi setiap orang tidak bisa disamaratakan ya teman mata. Satu orang mungkin langsung jernih penglihatannya, tapi yang lainnya mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu hingga penglihatannya pulih seutuhnya.

Tapi satu hal yang perlu diingat yaitu kalau mata buram setelah operasi katarak berlanjut hingga beberapa minggu setelah operasi dilakukan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mata guna mendapatkan perawatan lebih lanjut, ya.

Pemulihan Setelah Operasi Katarak

Mata buram setelah operasi katarak memang hal yang normal, tapi kamu juga harus tetap memastikan kalau penglihatanmu kian membaik dari waktu ke waktu dan warna-warna benda di sekelilingmu terlihat cerah.

Mungkin hal ini akan memakan waktu sekitar beberapa minggu, akan tetapi kamu juga bisa lho melakukan beberapa hal untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi katarak. Beberapa di antaranya adalah:

  • Gunakan pelindung mata pada malam hari setidaknya satu minggu setelah operasi
  • Gunakan obat tetes mata atau pengobatan khusus yang diresepkan dokter
  • Hindari aktivitas berat dua minggu pasca operasi
  • Jangan bungkukkan pinggang selama seminggu setelah operasi
  • Hindari berenang untuk 4-6 minggu setelah operasi
  • Jangan kucek atau tekan mata kamu
  • Hindari zat-zat yang berpotensi mengiritasi mata, seperti sabun, makeup, dan debu

Pastikan kamu selalu melakukan kontrol secara berkala agar dokter spesialis mata bisa memantau kondisi matamu selama beberapa minggu pasca operasi. Selain itu, penerapan pola hidup sehat berkontribusi besar selama proses pemulihan, lho.

Alangkah baiknya kamu banyak mengonsumsi makanan bergizi, melakukan olahraga ringan, mengonsumsi air putih untuk mencegah mata kering setelah operasi, dan tak lupa minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost berbahan dasar madu asli yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti ekstrak bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry yang kaya akan antioksidan, lutein, dan berbagai vitamin seperti A, C, dan E.

Seringkali disebut dengan madu Eyebost, vitamin mata yang satu ini sangat aman dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes bahkan anak-anak di atas usia 2 tahun sekalipun.

Bukan hanya pemulihan pasca operasi katarak, madu Eyebost bermanfaat untuk mencegah katarak berkembang lebih jauh, menjaga penglihatan tetap fokus, tajam dan jernih, serta memelihara kesehatan mata setiap hari.

Yuk, pesan di website resmi Eyebost sekarang juga! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi