Lifestyle

Menggali 4 Manfaat Berkedip Bagi Kesehatan Mata, Sangat Powerful!

/

by Shaffi Kareem


Hanya rasa takjub dan syukur yang dapat terucap ketika kita merenungi ciptaan Tuhan. Tidak perlu jauh-jauh, memiliki tubuh yang sehat dengan anggota tubuh yang lengkap dan setiap bagiannya berfungsi dengan baik adalah suatu anugerah yang tak ternilai harganya.

Sebagai contohnya, kita dikaruniai dua bola mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan. Then, dari sekian banyak fungsinya, pernahkah kalian terpikirkan kenapa mata berkedip? Usut punya usut, berkedip punya manfaat khusus, lho.

Kamu mau tahu apa sih manfaat berkedip itu?

Kali ini, kamu memilih artikel yang tepat!

Kita akan membahas bersama mengenai manfaat berkedip, mulai dari apa itu berkedip, manfaat berkedip bagi mata, dan mengungkap kebenaran apakah berkedip bagus untuk kesehatan mata.

Jadi, jangan sampai kamu lewatkan artikel menarik yang satu ini, ya!

Apa Itu Berkedip?

Manfaat Berkedip

Berkedip menjadi salah satu bagian dari kebiasaan yang setiap hari dilakukan tanpa kita sadari. Namun, belum banyak yang mengetahui lebih jauh mengenai berkedip itu sendiri.

Berkedip itu apa sih?

Pada dasarnya, berkedip adalah refleks alami tubuh, di mana hal ini merupakan proses biologis yang tidak membutuhkan pembelajaran apapun oleh tubuh berkat sistem saraf autonomik. 

Dalam kata lain, tubuh manusia memiliki kemampuan ini sejak dilahirkan bahkan dalam kandungan sekalipun. Akan tetapi, kamu juga dapat berkedip sesuai perintah, lho.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, at least ada tiga jenis kedipan mata yang dilakukan oleh mata, di antaranya yaitu:

  • Kedipan spontan. Ini merupakan jenis kedipan mata yang paling umum. Seperti halnya bernapas dan bersin, kedipan spontan terjadi secara begitu saja tanpa ada effort apapun.
  • Kedipan sukarela. Voluntary blinking atau kedipan sukarela adalah kedipan yang terjadi dengan sengaja. Dalam hitungan ketiga, kamu mengedipkan mata. 1…2…3. Nah, itulah yang dinamakan kedipan sukarela.
  • Kedipan refleks. Kedipan refleks disebut juga dengan corneal reflex. Kedipan ini terjadi ketika ada suatu benda asing yang masuk ke dalam mata. Refleks ini datang setiap kali kamu merasa terancam, misalnya terjebak dalam badai pasir.

Seringkali terjadi sebagai bentuk gerakan refleks tubuh, tahukah kamu berapa banyak kita berkedip dalam satu hari?

Para ahli mengemukakan bahwa orang dewasa berkedip setidaknya 14 hingga 17 kali dalam satu menit dan dapat disimpulkan bahwa ada sekitar 840 hingga 1020 kedipan setiap jam. Kalau kamu tidur selama 8 jam setiap malam, itu berarti kamu berkedip sebanyak 13440 hingga 16320 kali saat kamu terjaga.

Bagaimanapun, angka tersebut hanya sebuah estimasi atau perkiraan saja. Bisa jadi kamu berkedip lebih banyak ataupun lebih sedikit. As long as tidak ada masalah pada jumlah atau kecepatan kedipan, maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Okay? 

Manfaat Berkedip Bagi Mata

Next, kita akan masuk pada pembahasan mengenai manfaat berkedip bagi mata. Yang perlu diingat adalah bahwa tidak mungkin Tuhan menciptakan atau mengatur sesuatu tanpa alasan dan tujuan yang jelas, tak terkecuali berkedip.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa manfaat berkedip bagi mata yang perlu kita ketahui, di antaranya adalah:

1. Membersihkan Mata dari Kotoran

Selalu dalam kondisi terbuka kecuali tidur, mata mudah terkena kotoran, seperti debu, pasir, partikel kecil di udara, maupun sel mati dan air mata yang mengering.

Berkedip akan membantu membersihkan kotoran pada mata.

2. Memberi Nutrisi Bagi Mata

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, mata memerlukan nutrisi untuk memastikan setiap bagiannya berfungsi dengan baik nih, teman mata.

Nah, salah satu manfaat berkedip adalah memberikan nutrisi atau zat tertentu yang menunjang kesehatan mata.

3. Melumasi Permukaan Mata

Manfaat berkedip selanjutnya adalah melumasi permukaan mata yang bertujuan untuk mencegah terjadinya mata kering atau seringkali disebut juga dengan dry eyes.

Kenapa demikian?

Pasalnya, cairan air mata dikeluarkan setiap kali kita berkedip untuk memastikan seluruh permukaan mata terhidrasi dengan baik. For your information, cairan air mata mengandung air, protein, lemak, enzim, metabolit, dan elektrolit.

4. Membawa Oksigen ke Mata

Manfaat berkedip yang satu ini sangat krusial sebab mata memerlukan oksigen yang cukup untuk memperoleh kualitas penglihatan yang baik.

Ketika mata kekurangan oksigen, kamu akan mengalami beberapa gejala, seperti penglihatan buram, mata merah, dan rasa tidak nyaman pada mata.

Jadi, apabila ada yang bertanya, “Benarkah berkedip bagus untuk kesehatan mata?”, maka jawablah dengan tegas, lugas, dan penuh keyakinan, “BENAR!”.

Jawaban tersebut disimpulkan dari manfaat berkedip yang dikemukakan oleh para ahli, mulai dari membersihkan mata dari kotoran, memberikan nutrisi bagi mata, melumasi permukaan mata, dan membawa oksigen ke mata.

Terlebih lagi, manfaat berkedip di atas membantu mencegah infeksi pada mata dan memberikan kesempatan untuk otak beristirahat sejenak dan mengatur fokus kembali dari apa yang sedang kamu lakukan.

Jangan lupa berkedip ya, teman mata!

Baca Juga:Ketahui Jenis Kacamata Baca untuk Orang Tua dan 5 Cara Mengatasi Presbiopi

Penyebab Mata Sering dan Jarang Berkedip

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, rata-rata orang dewasa berkedip sebanyak 14-17 kali dalam satu menit. Angka ini memang tidak dapat dijadikan acuan pasti, namun setidaknya hal tersebut dapat menjadi penolong dalam mendeteksi adanya gangguan mata yang berkaitan dengan kedipan mata.

Lalu, apa penyebab mata sering dan jarang berkedip?

Okay, kita akan mengupasnya satu per satu ya, teman mata. Berikut di bawah ini merupakan deretan penyebabnya, yaitu:

1. Penyebab Mata Sering Berkedip

Penyebab mata berkedip terlalu sering yang paling umum adalah Computer Vision Syndrome (CVS). 

Di era digitalisasi seperti saat ini, paparan layar gawai menjadi penyebabnya. Terlalu lama dan fokus menatap layar gawai membuatmu lebih sedikit berkedip. Imbasnya, otot mata menegang dan membuatmu lebih sering berkedip.

Selain CVS, ada penyebab lain mata sering berkedip, seperti:

  • Alergi
  • Mata kering
  • Cedera pada mata, misalnya abrasi atau goresan pada kornea
  • Infeksi mata
  • Blefaritis atau peradangan kelopak mata
  • Konjungtivitis atau peradangan pada konjungtiva
  • Trichiasis atau tumbuhnya bulu mata ke arah mata
  • Sindrom Tourette
  • Multiple sclerosis
  • Penyakit Wilson
  • Gangguan kejang, terutama pada anak-anak
  • Strabismus atau mata juling
  • Esotropia atau mata terlipat ke dalam
  • Eksotropia atau mata terlipat ke luar
  • Facial tic atau kejang tak terkontrol pada otot wajah termasuk mata
  • Stress dan gangguan kecemasan
  • Masalah penglihatan, seperti rabun dekat dan rabun jauh
  • Kelelahan 

2. Penyebab Mata Jarang Berkedip

Mata terlalu sering berkedip dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu, begitu juga dengan mata yang jarang berkedip.

Mata jarang berkedip menandakan mata atau tubuh mengalami penyakit di bawah ini, meliputi:

  • Penyakit Parkinson
  • Penyakit mata
  • Cedera pada kelopak mata
  • Kelumpuhan pada kelopak mata
  • Efek samping operasi mata

Pada akhirnya, ada banyak informasi yang dapat kita gali tentang manfaat berkedip bagi mata, serta penyebab mata berkedip terlalu sering dan jarang. Tidak hanya itu, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya gangguan mata.

Ketika kita membicarakan mengenai gangguan mata, ada banyak upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya, misalnya memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk mata.

Ahli medis mengungkapkan bahwa ada beberapa nutrisi tertentu yang harus dipenuhi untuk memastikan kesehatan mata, seperti antioksidan polifenol, antosianin, flavonoid, lutein, dan vitamin A, C, E. Nggak perlu pusing, kamu dapat mencukupinya hanya dengan mengonsumsi Eyebost, lho.

Apa itu Eyebost?

Eyebost adalah vitamin mata herbal terbaik yang diformulasikan dari bahan-bahan 100% tanpa pengawet buatan untuk menjaga penglihatan selalu fokus, tajam, jernih, dan bebas dari gangguan mata, serta membantu meringankan iritasi mata.

Vitamin mata Eyebost terbuat dari bahan-bahan unggulan dan berkualitas, mulai dari ekstrak bunga marigold, wortel, buah bilberry, dan madu asli yang memiliki rasa manis dan segar yang disukai oleh anak-anak.

Telah mengantongi sertifikat HALAL MUI dan izin edar dari BPOM, Eyebost aman dikonsumsi setiap hari oleh semua kalangan usia bahkan penderita diabetes sekalipun.

Di mana lagi kamu dapat menemukan vitamin mata herbal yang enak dan aman dengan segudang manfaat kalau bukan Eyebost?

Yuk, penuhi nutrisi untuk mata sehat dengan Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi