Kesehatan

Kanker Mata Dapat Menyerang Balita, Benarkah?

/

by Shaffi Kareem


Cancer is such a nightmare. Begitulah kiranya yang dirasakan oleh seseorang saat pertama kali didiagnosis kanker. Penyakit ganas yang satu ini berisiko merenggut nyawa penderitanya, sehingga menjadikannya momok yang sangat menakutkan.

Di dunia ini, terdapat banyak sekali jenis kanker yang menjangkit tubuh seseorang. Namun, pernahkah kalian mendengar tentang kanker mata?

Kanker mata adalah kanker yang menyerang suatu bagian pada mata, baik mata bagian dalam maupun bagian luar.

Sayangnya, kanker mata dapat menyebar ke berbgai organ tubuh apabila terlambat terdeteksi dan tak segera ditangani.

Selain itu, ditemukan juga kanker mata pada balita. Ingin tahu lebih banyak perihal kanker mata? Simak penjelasan berikut ya!

Kanker Mata Itu Apa?

Pada dasarnya kanker merupakan salah satu jenis tumor. Apa itu tumor? Jadi, tumor adalah tumbuhnya jaringan baru secara abnormal.

Menurut sifatnya, terdapat dua jenis tumor yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Nah, tumor ganas ini yang biasa dikenal sebagai kanker.

Dalam sebuah studi berjudul Onkologi Mata disebutkan bahwa kanker mata adalah tumor ganas atau jaringan baru yang tumbuh dengan tidak wajar pada bagian mata.

Apabila pertumbuhan tumor ganas ini dibiarkan tanpa adanya penanganan lebih lanjut, maka akan menyebar ke berbagai organ tubuh yang lain.

Selain itu, angka terjadinya kanker mata juga tergolong besar. Dilansir dari laman National Health Service, di Inggris, setidaknya kasus kanker mata atau ocular cancer bertambah sebanyak 850 kasus per tahun.

Tingginya jumlah ini, rasanya penting bagi kita untuk membekali diri dengan pengetahuan tentang kanker mata.

Bagaimanapun, kanker mata tidak hanya berisiko bagi orang dewasa saja, namun kanker mata juga dapat menyerang anak-anak.

Salah satu jenis kanker yang biasa menyerang anak-anak adalah retinoblastoma atau tumor ganas yang menyerang bagian retina mata.

Jenis Jenis Kanker Mata

Kanker adalah tumor ganas yang tumbuh pada bagian tubuh. Hal ini sangat berbahaya mengingat aktivitas sel kanker yang tak terkendali akan membuat jaringan ini semakin besar dan menimbulkan tekanan pada saraf dan tulang. Oleh karenanya, kanker biasanya disertai dengan rasa nyeri.

Salah satu jenis kanker adalah kanker mata. Kanker jenis ini merupakan kanker yang berkembang pada bagian mata.

Maka dari itu, terdapat beberapa jenis kanker mata yang digolongkan berdasarkan letak tumbuhnya sel kanker di mata, di antaranya adalah:

Ketahui juga yuk, 3+ Penyebab Terjadinya Low Vision, Penting!

1. Melanoma

Melanoma seringkali disebut sebagai “black tumor” sebab jaringan baru yang tumbuh berwarna hitam.

Kanker jenis ini meruakan salah satu jenis kanker mata yang tergolong paling berbahaya. Meskipun demikian, melanoma dapat disembuhkan apabila cepat terdeteksi dan ditangani dengan baik.

Biasanya, melanoma muncul pada kulit tubuh, namun ternyata melanoma juga dapat terjadi pada mata yang disebut juga dengan melanoma mata yang mayoritas muncul di bagian tengah mata atau uvea. Berdasarkan letaknya, adapun beberapa jenis melanoma mata yaitu:

  • Melanoma iris. Iris adalah bagian mata yang memberikan warna pada mata seperti coklat, abu-abu, biru, dan lain sebagainya. Melanoma juga dapat muncul pada bagian iris mata yang ditandai dengan munculnya titik hitam yang tumbuh secara perlahan.
  • Melanoma badan siliar. Untuk melihat beda dengan jarak jauh dan dekat, mata kita memiliki otot yang akan menyesuaikan berdasarkan jarak objek yang kita lihat. Posisi badan siliar berada di belakang iris. Pada bagian mata ini dapat tumbuh tumor ganas jenis melanoma.
  • Melanoma koroid. Melanoma paling banyak terjadi pada bagian mata koroid. Namun, apakah itu koroid? So, koroid adalah suatu bagian mata yang berada di belakang mata dan bertugas menjaga retina dengan baik dan menutrisi bagian depan mata dengan darah.
  • Melanoma konjungtiva. Ada sebuah lapisan membran atau selaput tipis yang melindungi mata bagian luar yang disebut dengan konjungtiva. Pada bagian ini, melanoma dapat tumbuh dan sel kanker melanoma cenderung agresif, namun kasus ini relatif jarang terjadi.

2. Lymphoma Mata

Lymphoma adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih atau lymphpcyte (sistem imun). Selain leher dan ketiak, kanker jenis ini juga dapat menyerag mata serta jaringan-jaringan di sekitarnya.

Adapun jenis kanker lymphoma mata yang tumbuh di retina mata yaitu Primary Intraocular Lymphoma (PIOL) dan Vitreoretinal Lymphoma (VRL).

Kedua jenis lymphoma tersebut tumbuh di retina yang mana retina merupakan bagian mata yang sensitif terhadap cahaya, dan vitreous jeli yang merupakan cairan menyerupai jeli yang mengisi ruang di dalam mata. Sayangnya, dari keseluruhan kasus, lymphoma mata menyerang kedua mata.

3. Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan kanker yang menyerang bagian retina mata. Kanker jenis ini dapat diobati sepenuhnya apabila sel kanker belum menyebar ke seluruh bagian mata.

Dilansir dari laman Depatemen Pelayanan Kesehatan, retinoblastoma adalah jenis kanker yang paling sering menyerang anak-anak dan 90% di anataranya terdeteksi di bawah usia 4 tahun.

Bagaimanapun, sel kanker pada retinoblastoma dapat menyebar ke berbagai organ tubuh yang lain seperti tulang belakang dan otak.

Apabila hal ini terjadi, pengobatan akan semakin sulit untuk dilakukan. Untuk mendeteksinya, ada beberapa gejala retinoblastoma yang harus kita ketahui antara lains seperti:

  • Pupil berwarna putih atau leukocoria
  • Mata juling
  • Mata merah
  • Sensasi nyeri pada mata
  • Iris mata berubah warna
  • Salah satu atau kedua mata bengkak
  • Terganggunya penglihatan

4. Karsinoma Sel Skuamosa

Squamous cell carcinoma  atau karsinoma sel skuamosa adalah salah satu jenis kanker yang menyerang mata.

Kanker jenis ini memiliki wujud seperti benjolan yang disertai juga dengan penebalan kulit, bersisik, dan mudah mengeluarkan darah.

Selain muncul di konjungtiva, kanker ini juga dapat timbul di kelopak mata dan dapat menyerang siapapun.

Dalam sebuah studi berjudul Squamous Cell Carcinoma of the Conjunctiva disebutkan bahwa ada beberapa faktor risiko karsinoma sel skuamosa antara lain seperti:

  • Sering terpapar sinar ultraviolet saat beraktivitas di luar ruangan
  • Menderita HIV/AIDS
  • Virus papiloma manusia
  • Alergi konjungtiva

Cara Mencegah Kanker Mata

Generally, kanker mata muncul karena adanya kelainan genetik pada seseorang seperti yang terjadi pada retinoblastoma.

Kendati demikian, kanker mata juga dapat disebabkan oleh hal lain yang dapat memicu munculnya jaringan baru pada mata.

Apabila kanker mata sudah terjadi atau muncul gejala kanker pada mata, maka sebaiknya pergilan ke dokter guna mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat, seperti kemoterapi, terapi laser, krioterapi, radioterapi, dan tindak bedah operasi.

Di samping itu, kanker mata juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak terkontrol. Maka dari itu, kita perlu menerapkan pola hidup sehat guna mnecegah terjadinya kanker.

Terdapat beberapa cara mencegah kanker mata yang dapat kita lakukan, seperti:

  • Memakai kacamata hitam atau sunglasses

Gunakan kacamata hitam saat berkativitas di luar ruangan sangat direkomendasikan untuk menghindari paparan sinar ultraviolet yang mengancam kesehatan mata.

  • Menggunakan suncreen

Suncreen harus menjadi salah satu rangkaian wajib yang harus selalu kita gunakan sebelum beraktivitas, baik di luar maupun di dalam ruangan. Setidaknya gunakan suncreen SPF 50 guna menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

  • Mengonsumsi makanan yag baik untuk mencegah kanker

Adapun beberapa jenis makanan yang dapat mencegah kanker antara lain seperti tomat, wortel, bawang putih, kembang kol, brokoli, kubis, blueberry, jeruk, biji rami atau flaxseed, kunyit, teh, ikan, dan sebagainya. Masukkan bahan makanan tersebut ke dalam menu harian.

  • Mengonsumsi vitamin mata

Vitamin mata adalah suplemen tambahan yang diracik khusus untuk memelihara kesehatan mata. Vitamin mata Eyebost adalah salah satunya.

Eyebost merupakan madu herbal yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, bunga marigold, bilberry, dan blueberry yang mengandung lutein dan antioksidan tinggi. Kandungan tersebut dapat mencegah kanker mata.

Bukan hanya kanker, ada banyak penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan dan pada tingkat keparah tinggi, dapat menyebabkan kematian.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan, cairan, ativitas fisik, serta waktu untuk berisitirahat.

Selain itu, penting bagi kita untuk mengistirahatkna mata dari gawai di era masifnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini.

Selalu terapkan aturan 20-20-20 dimana aturan 20-20-20 adalah dimana saat kita menggunakan gawai selama 20 menit, maka istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda sejauh 20 kaki. Sayangi mata selalu ya!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi