Kesehatan

Kupas Tuntas Game Online: Manfaat, Dampak, Dan Menjaga Kesehatan Mata

/

by Shaffi Kareem


Semakin majunya teknologi dan informasi, semakin tinggi juga penggunaan gawai dan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Selain memudahkan berbagai aktivitas, internet menyediakan hiburan yang tak terhitung jumlahnya, misalnya game online.

Dulu, permainan hanya sebatas permainan tradisional seperti petak umpet, gobak sodor, lompat tali, dan lain sebagainya.

Namun, sedikit demi sedikit, game online telah menggeser ‘budaya’ tersebut tanpa kita sadari.

Seringkali dianggap merugikan, banyak dari kita yang belum memahami dengan baik apa itu game online, berikut manfaat, dampak, dan cara menjaga kesehatan mata saat bermain game online.

Nggak perlu repot-repot mencari informasi kesana kemari, semua itu akan kita rangkum dalam artikel di bawah ini.

Game Online Itu Apa Sih?

Istilah game online sudah berseliweran di telinga kita. Tapi, kamu tahu nggak sih apa itu game online?

Baca Yuk: 5 Dampak Kecanduan Game Online, Pesan untuk Para Gamers Sejati

Game elektronik atau game online adalah game yang dimainkan dengan mengandalkan jaringan komputer, khususnya internet.

Sama halnya dengan permainan tradisional, game jenis ini membawa kita pada suatu permainan yang dimainkan oleh banyak orang dalam satu waktu. Yang membedakaan online gaming dengan permainan tradisional adalah posisi setiap pemainnya.

Online gaming melibatkan banyak orang dengan lokasi yang berbeda, misalnya pemain A berada di Jakarta, pemain B di Bandung, pemain C di Surabaya, dan pemain D di Makassar.

Bahkan, dalam lingkup yang lebih luas, game online bisa dimainkan oleh banyak orang yang berasal dari negara-negara berbeda, entah itu Amerika, Australia, Indonesia, Jepang, dan lain sebagainya.

For your information, ada lebih dari 270 juta orang Amerika yang bermain game video. Jumlah ini sangat mungkin semakin melonjak seiring dengan intensitas menatap layar gawai.

Nyatanya, rata-rata paparan layar gawai mencapai 8.41 jam per hari yang mana 4.41 jam per hari digunakan untuk bermain game online dengan persentase penggunaan ponsel lebih besar daripada komputer.

Data tersebut menunjukkan kalau lebih dari satu per tiga hari dihabiskan untuk menatap layar. Sebenarnya hal ini sudah menjadi rahasia umum sebab ada begitu banyak orang di sekelilingmu, bahkan kamu sendiri pun melakukannya.

Manfaat Bermain Game Online

Sering dianggap sebelah mata, game online ternyata membawa banyak manfaat bagi penggunanya, bahkan manfaatnya telah dibuktikan melalui berbagai studi penelitian lho, teman mata.

Dengan mengetahui manfaatnya, wawasan kita semakin terbuka dan belajar untuk memahami suatu hal dari perspektif lain. Isu ini menjadi pengingat juga untuk para orangtua untuk mengarahkan anak-anaknya agar game online membawa manfaat dalam kehidupan mereka.

Adapun beberapa manfaat game online yang penting untuk kita tahu, seperti:

1. Kesehatan otak meningkat

Berkat game online, ada sebuah area di otak yang mengalami perluasan. Area ini berkaitan dengan penyusunan memori. Dalam kata lain, online gaming membantu menigkatkan fungsi memori pada otak.

Di samping itu, game online meningkatkan skill perencanaan secara strategis dan motorik halus. Bisa disimpulkan kalau game jenis ini membuat kesehatan otak menigkat.

2. Kemampuan untuk mengingat meningkat

Sebenarnya, kemampuan untuk mengingat berhubungan juga dengan kesehatan otak yang meningkat seperti yang disebutkan dalam poin pertama.

Bukan tanpa dasar, manfaat game online yang satu ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh penelitis asal Amerika, tepatnya dari California.

3. Sarana belajar membaca bagi anak disleksia

Disleksia adalah suatu kondisi yang dikategorikan ke dalam kesulitan belajar sebab penderitanya cenderung sulit untuk menulis, membaca, serta mengeja.

Kalau dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, penderita disleksia akan tertinggal jauh dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, sebuah studi oleh Current Biology menjawab kekhawatiran ini.

Game terbukti dapat membantu mereka untuk lebih fokus dalam belajar membaca dengan lebih cepat. Kamu bisa mengajak mereka untuk bermain game dengan rutin, namun tetap dalam pengawasan, ya!

5. Gejala trauma membaik

Manfaat game online yang lain adalah dapat membantu penderita trauma dalam meredakan gejalanya nih, teman mata.

Jenis trauma yang telah diteliti adalah trauma akan kecelakaan, ya. Hasil ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan di Oxford Hospital yang melibatkan pasien dengan trauma kecelakaan untuk rutin bermain game.

Voila! Hasil menujukkan kalau hampir 62% trauma akan kecelakaan berhasil untuk dilupakan. Pun, gejala stress bisa diredakan dengan melakukan terapi game.

6. Penghilang stress

Manfaat game online yang satu ini sudah menjadi rahasia umum, nih. Game dikenal sebagai salah satu cara bagi sebagian orang untuk menghilangkan stress.

Bagaimana bisa?

Badan dan pikiran akan lebih rileks dengan bermain game sehingga otak tidak lagi tegang, bahkan akan lebih berdampak kalau game yang dimainkan adalah game favorit.

7. Kemampuan problem solving meningkat

Skill atau kemampuan problem solving sangat dibutuhkan oleh setiap manusia semasa hidupnya. Kemampuan ini membantu kita dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam hidup.

Ternyata, kemampuan semacam ini bisa terasah dengan bermain game, lho. Dengan bermain game, kamu diharuskan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga kamu bisa memenangkan permainan tersebut.

8. Mengalihkan nyeri dan cemas

Saat melakukan misi di dalam game, kamu perlu memfokuskan dan mencurahkan perhatianmu ke dalam permainan.

Meskipun tidak bisa menghilangkan sepenuhnya, kamu bisa mengalihkannya sejenak rasa cemas atau nyeri yang diderita dengan bermain game nih, teman mata.

9. Peningkatan kemampuan kognitif

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk menilai maupun mempertimbangkan sesuatu. Jadi, cakupan kemampuan kognitif lebih luas daripada hanya sekedar menyerap informasi.

Kabar baiknya, bermain game online menujukkan hasil yang positif dalam peningkatan kemampuan kognitif seseorang.

10. Mampu untuk multi-tasking

Multi-tasking diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu sekaligus. Kemampuan semacam ini identik dengan wanita ketimbang pria.

Meskipun demikian, studi penelitian yang diterbitkan dalam Nature Reviews Neuroscience menyebutkan kalau bermain game meningkatkan multi-tasking dalam diri pemainnya sebab kita ‘dituntut’ untuk melakukan beberapa misi dalam satu waktu di dalam permainan.

Dampak Bermain Game Online

Layaknya koin yang memiliki dua sisi, game online pun memiliki manfaat dan dampak yang membayangi setiap penggunanya.

Setelah sebelumnya kita mengupas beberapa manfaatnya, tidak terelakkan kalau online gaming seperti game online web memiliki dampak yang kurang baik yang mana kebanyakan kasusnya adalah seputar gangguan mata.

Menurut American Optometric Association, beberapa gangguan kesehatan akibat game online adalah seperti:

1. Mata lelah

Mata lelah merupakan gangguan mata yang terjadi karena mata ‘dipaksa’ untuk fokus dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Aktivitas bersebut mengakibatkan otot mata menjadi tegang dan terjadilah mata lelah atau eye strain.

Angka terjadinya mata lelah akibat online gaming menyentuh angka 46%. Gangguan mata ini menempati posisi pertama, lho.

2. Sakit kepala

Sebanyak 36% gamers mengeluhkan sakit kepala setelah bermain game online tanpa henti. Sakit kepala akibat bermain game disebut dengan motion sickness. Gangguan ini terjadi ketika adanya perbedaan persepsi antara mata dan telinga ke otak.

Mata memberikan sinyal ke otak kalau tubuh ada dalam posisi bergerak saat bermain game. Meanwhile, telinga mengirim sinyal ke otak kalau tubuh berada dalam posisi diam. Perbedaan persepsi tersebut yang kemudian membuat kamu merasa sakit kepala hingga mual.

3. Mata kering

Mata kering akibat bermain game online terjadi karena berkonsentrasi dalam waktu yang lama menurunkan intensitas mata untuk berkedip.

Padahal, perlu kamu tahu kalau berkedip adalah suatu mekanisme tubuh untuk menghidrasi permukaan mata. Pasalnya, setiap kali berkedip, mata akan mengeluarkan cairan mata yang berguna untuk mencegah terjadinya mata kering.

Jumlah terjadinya mata kering di kalangan para gamers pun lumayan tinggi yakni menyentuh angka 35%.

4. Penglihatan buram

Penglihatan buram adalah salah satu gejala mata lelah yang banyak dialami oleh pengguna game online. Untuk kasus mata buram, sebanyak 31% gamers mengeluhkan gejala ini.

Selain itu, mata buram menandakan kalau kamu kurang berkedip dan mengistirahatkan mata dari paparan layar gawai. Gejala ini akan membaik setelah kamu memberikan waktu bagi mata untuk beristirahat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Bermain Game Online

Kesehatan mata sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Dalam hidup seseorang, mata yang sehat berkaitan langsung dengan kualitas hidup yang mana ketika mata sehat menandakan berkualitasnya hidup seseorang. Pun, berlaku sebaliknya.

Untuk itu, menjaga kesehatan mata saat bermain game online perlu diperhatikan dengan seksama agar manfaat yang kita dapatkan tidak njomplang dengan dampak yang mengancam kesehatan tubuh dan mata.

Nih, ada beberapa tips menjaga kesehatan mata saat bermain game online, khususnya buat kamu para gamers, yang di antaranya adalah:

  • Berlakukan aturan 20-20-20 (setelah menatap layar gawai selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan menatap benda sejauh 20 kaki)
  • Pastikan untuk rutin berkedip
  • Stay hydrated
  • Jangan bermain game satu jam sebelum waktu tidur
  • Jarak antara mata dengan layar gawai setidaknya sejauh 13-20 inchi
  • Pastikan cahaya ruangan dan cahaya layar sama
  • Rutin melakukan pemeriksaan mata rutin
  • Bersihkan wajah dan bulu mata setiap hari

Tidak hanya dari luar, kamu juga harus menjaga kesehatan mata dari dalam tubuh, nih. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga asupan nutrisi, seperti mengonsumsi vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost merupakan vitamin mata berbahan dasar madu hutan asli yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami seperti ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan flavour blueberry.

Nutrisi-nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, C, E, serta jenis antioksidan seperti antosianin, polifenol, lutein, dan flavonoid, semua terkandung di dalam sebotol vitamin mata Eyebost.

Madu Eyebost, sebutan lain vitamin mata yang satu ini, sangat direkomendasikan untuk masuk ke dalam asupan harianmu guna menjaga mata tetap jernih, fokus, tajam, dan bebas gangguan mata termasuk gangguan mata akibat game online.

Mendambakan mata sehat selama bermain game? Di Eyebost-in aja!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi