Lifestyle

6 Manfaat Tape Dalam Es Cendol Tape Singapura, Mulai Dari Mengatasi Sembelit Sampai Anemia!

/

by Shaffi Kareem


Di antara banyaknya jenis makanan yang ada di dunia, masing-masing negara memiliki setidaknya satu jenis makanan fermentasi. Di Indonesia, salah satu contohnya adalah tape.

Makanan yang satu ini masih dapat dengan mudah kita temukan, mulai dari pasar tradisional hingga swalayan.

Bagaimanapun, rasanya yang manis dan asam cocok diolah menjadi berbagai menu lezat, salah satunya adalah cendol tape singapura.

Cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa, cendol tape singapura dapat menjadi alternatif bagi kamu yang bosan es campur, es teler, es dawet, dan es-es lainnya.

Calm down, kita akan membahas secara tuntas mengenai tape dan nutrisinya, manfaat tape untuk kesehatan, dan tak lupa resep cendol tape singapura yang dijamin endul!

Tunggu apalagi, yuk langsung aja kita masuk ke pembahasan yang pertama!

Mengenal Tape & Nutrisinya

Sebelum masuk ke cara membuat cendol tape singapura, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai salah satu bahan utamanya yaitu tape.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tape terbuat dari singkong yang telah difermentasi. Memiliki rasa manis dan asam, tape merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki sebutan lain peuyeum.

Pembuatannya cukup mudah yaitu hanya dengan menambahkan ragi pada singkong yang telah direbus. Kemudian, singkong dibungkus dan disimpan selama beberapa hari pada tempat gelap.

Jangan kaget, proses fermentasi pada tape akan menghasilkan aroma alkohol yang cenderung ringan. Kendati demikian, alkohol semacam ini masih aman dikonsumsi dan halal untuk dikonsumsi sebab tidak memabukkan.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui perihal nutrisi yang terkandung di dalam tape padahal dapat dikatakan bahwa tape kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram tape singkong, setidaknya terkandung deretan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori : 169 kcal
  • Karbohidrat : 40 gram
  • Air : 57 gram
  • Serat : 2 gram
  • Protein : 1,4 gram
  • Kalsium : 21 mg
  • Lemak : 0,3 gram
  • Fosfor : 34 mg

Tidak hanya itu, vitamin B12 dan vitamin C turut memperkaya nutrisi pada tape singkong. Proses fermentasi inilah yang kemudian meningkatkan nilai gizi dari tape itu sendiri.

However, penting untuk digaris bawahi bahwa mengonsumsi tape dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko terjadinya permasalahan kesehatan, misalnya sakit perut, keracunan, infeksi virus atau bakteri, dan masih banyak lagi.

Manfaat Tape Untuk Kesehatan

Setelah kita mengulas tentang tape dan nutrisinya, selanjutnya kita masuk pada pembahasan yang kedua yaitu manfaat tape untuk kesehatan.

Seringkali disepelekan, bahan utama dalam cendol tape singapura yang satu ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Mata Tidak Jernih yang Paling Umum Terjadi, Jangan Disepelekan!

Menurut ahli medis, adapun manfaat tape yang dapat kita peroleh, enam di antaranya adalah:

1. Menunjang Kesehatan Pencernaan

Probiotik di dalam tape singkong yang diperoleh melalui proses fermentasi dinilai baik untuk kesehatan pencernaan. Probiotik berfungsi sebagai penyeimbang bakteri baik dan bakteri jahat yang tinggal di dalam sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, probiotik mampu mencegah inflamasi pada usus dan meredakan diare yang mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun parasit lainnya.

Jadi, selain rasanya yang segar, cendol tape singapura baik untuk kesehatan pencernaan kamu, nih.

2. Tubuh Menjadi Hangat

Tahukah kamu bahwa tape dalam es cendol tape singapura dapat menghangatkan tubuh?

Kandungan alkohol ringan yang ditemukan dalam tape singkong akibat proses fermentasi dapat memicu sensasi hangat pada tubuh.

Sebetulnya, sensasi ini kerap kali dirasakan oleh mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol. Meskipun demikian, kandungan alkohol pada tape dinilai aman dan halal dikonsumsi bagi kaum muslim.

3. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Ahli medis mengatakan bahwa daya tahan tubuh yang kuat berasal dari sistem pencernaan yang sehat sebab faktor-faktor pembentuk kekebalan tubuh banyak ditemukan di dalam usus.

Dalam kaitannya dengan tape, mengonsumsi makanan berfermentasi semacam ini dapat meningkatkan probiotik serta memecah makanan yang berhubungan dengan sistem imunitas tubuh yang kuat.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kesulitan buang air besar. Bahkan, penderitanya cenderung jarang buang air besar, paling banyak 3 kali dalam seminggu.

Bukan hanya probiotik, efek ini diperoleh dari nutrisi seperti air dan serat yang terkandung di dalam tape yang akan memadatkan serta melembutkan tekstur feses sehingga feses mudah dikeluarkan.

Buat kamu yang mengeluhkan sembelit, es cendol tape singapura mungkin dapat menjadi alternatif dalam mengatasi sulit buang air besar yang kamu alami.

5. Menyembuhkan Anemia

Siapa sangka, vitamin B12 pada tape singkong dapat membantu mengatasi anemia. Perlu kita ketahui bersama, vitamin B12 membantu proses pembentukan haemoglobin atau sel darah merah pada tubuh.

Oleh karenanya, tape merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita anemia. 

6. Memberikan Energi

Tape singkong disebut dapat memberikan energi. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada tape yang nyaris setara dengan satu porsi nasi, yaitu sekitar 40 gram dari setiap 100 gram tape singkong.

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat merupakan nutrisi yang diolah menjadi glukosa di dalam darah dan selanjutnya diubah menjadi energi. Bagaimanapun, energi inilah yang kemudian digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik.

Cara Membuat Cendol Tape Singapura

Akhirnya sampai juga kita pada pembahasan terakhir. Inilah saatnya kita spill resep cendol tape singapura yang segar dan bergizi untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Tidak perlu jauh-jauh ke Singapura, kamu juga dapat membuat es cendol tape singapura sendiri di rumah, lho.

Tapi, bahan apa aja sih yang diperlukan untuk membuat cendol tape singapura? Ikuti resep di bawah ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 30 gram tepung beras
  • 10 gram tepung hunkwe
  • 10 gram tepung tapioka
  • 150 gram gula merah
  • 200 ml santan
  • 11 lembar daun pandan
  • 1 sdt ekstrak pandan
  • Tape singkong secukupnya
  • 10 sdm kacang merah
  • 2 sdm gula aren
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Es batu

Cara membuat:

  • Sari daun pandan: hancurkan enam lembar daun pandan dengan air dengan blender untuk mendapatkan sari daun pandan, lalu saring.
  • Kuah santan: rebus santan, empat lembar daun pandan, dan garam secukupnya sampai mendidih. Angkat dan diamkan hingga dingin.
  • Sirup gula: masak gula merah, gula aren, dua lembar daun pandan, garam secukupnya, dan air sampai semua larut dan mengental.
  • Cendol: Masukkan tepung beras, tepung hunkwe, tepung tapioka, sari daun pandan, dan ekstrak pandan ke dalam wadah. Setelah tercampur rata, ruang ke dalam panci dan masak hingga adonan cendol mengental.
  • Masukkan adonan cendol ke dalam piping bag dan semprotkan ke dalam wadah yang berisi air es. Setelah padat, tiriskan cendol.
  • Siapkan mangkuk atau gelas, isilah dengan cendol, tape, kacang merah, sirup gula, kuah santan, dan es batu.
  • Cendol tape singapura siap disantap sebagai menu berbuka puasa. Disajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat.

Fiuh, inilah akhir dari artikel kita mengenai cendol tape singapura. Selain rasanya yang nikmat, menu ini sangat mudah dicoba di rumah. Meskipun kamu tidak sempat membuat cendol sendiri, kamu boleh menggunakan cendol siap santap yang terjual bebas di toko bahan makanan.

Bagaimanapun, menu berbuka puasa seringkali membuat kita kalap mata. Semua makanan terlihat menggoda, mulai dari berbagai jenis es seperti es cendol tape singapura hingga kudapan seperti gorengan dan kue basah.

Selain rasanya yang lezat, kamu juga harus memperhatikan nilai gizinya ya, teman mata. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi selama bulan Ramadan agar ibadahmu lancar jaya tanpa hambatan.

Di samping itu, pemenuhan nutrisi juga dapat didukung oleh suplemen atau vitamin, salah satunya vitamin mata Eyebost.

Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang dikonsumsi untuk memelihara kesehatan penglihatan, meredakan gejala iritasi mata, serta mencegah penyakit mata.

Terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu asli, ekstrak bunga marigold, buah bilberry, dan wortel, kamu akan memperoleh kebaikan dari vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, flavonoid, lutein, dan antosianin.

Tidak sampai di situ, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia dan telah mengantongi sertifikat Halal MUI serta izin edar BPOM. Jadi, tunggu apalagi?

Pesan Eyebost sekarang juga untuk memperoleh hampers senilai Rp700.000 untuk setipa pembelian 2 botol Eyebost selama bulan Ramadan!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi