Lifestyle

7 Alasan Kenapa Mata Tidak Jernih yang Paling Umum Terjadi, Jangan Disepelekan!

/

by Shaffi Kareem


Bulan Ramadan sudah memasuki minggu kedua nih, teman mata. Tersisa 2 minggu lagi, tentunya kita harus lebih getol dalam menjalani ibadah untuk meraih kemenangan di bulan yang suci ini.

Bagaimanapun, kelancaran ibadah dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah memastikan mata senantiasa optimal.

Gangguan mata seperti mata tidak jernih berpotensi menghambat ibadah kita. Akan tetapi, tahukah kamu kenapa mata tidak jernih?

Cocok bingits!

Artikel kali ini akan membahas apa itu mata sehat serta menguak kebenaran kenapa mata tidak jernih berikut cara mengatasinya. Buat kamu yang mengalami atau ingin mencegah mata tidak jernih, jangan sampai skip artikel ini, ya!

Mata Sehat Itu Seperti Apa?

Banyak yang tidak menyadari bahwa mata yang sehat memegang peranan penting dalam kelancaran ibadah kita selama bulan Ramadan. Sebetulnya, di luar bulan Ramadan pun mata yang sehat sangat penting untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa terjadinya gangguan mata sangat lazim terjadi. Setiap orang setidaknya pernah mengalaminya sekali seumur hidup.

Menurut WHO, setidaknya 1 milyar orang di seluruh dunia mengalami gangguan penglihatan jarak dekat maupun jauh yang sebenarnya dapat dicegah. Keterlambatan dalam pendeteksian berisiko mengakibatkan penglihatan berkurang bahkan hilang sepenuhnya.

Umumnya, gangguan penglihatan dapat menyerang semua kalangan usia, mulai dari bayi baru lahir hingga usia lanjut. Kendati demikian, gangguan semacam ini mayoritas terjadi pada orang-orang berusia di atas 50 tahun.

Efeknya pun tidak main-main. Gangguan penglihatan yang menyerang anak-anak besar kemungkinan mempengaruhi prestasi akademik maupun non akademik.

Sementara itu, gangguan penglihatan pada orang dewasa berisiko mempengaruhi kualitas hidup akibat penurunan produktivitas. Pun, tingkat depresi yang tinggi sangat mungkin terjadi.

Ngomong-ngomong soal gangguan mata, tidak afdol kalau kita tidak membahas juga tentang mata sehat. Padahal, hal ini dapat dijadikan acuan mengenai kondisi mata, baik secara fisik maupun fungsinya.

Adapun di bawah ini merupakan ciri-ciri mata sehat, yaitu:

  • Mata jernih. Mata jernih yang dimaksud di sini adalah mata dapat melihat objek dengan jelas. Mata dikatakan sehat apabila kamu dapat melihat objek dengan jelas dalam jarak 6 meter atau sekitar 20 kaki.
  • Mata terhidrasi dengan baik. Permukaan mata wajib terlumasi atau terhidrasi dengan baik oleh cairan air mata untuk mencegah terjadinya mata kering.
  • Sklera berwarna putih. Sklera mata adalah bagian mata berwarna putih. Apabila sklera berwarna putih, maka ini salah satu indikasi atau ciri-ciri mata sehat. Sebaliknya, sklera terancam berubah warna seperti kemerahan ketika mengalami gangguan mata seperti mata kering, iritasi, alergi, dan masih banyak lagi.
  • Mata tidak terasa nyeri. Nyeri pada mata merupakan salah satu ciri mata tidak sehat, terlebih lagi apabila disertai dengan gejala lainnya, seperti merah, berair, bengkak, dan perih.

Kenapa Mata Tidak Jernih?

Ilustrasi Kenapa Mata Tidak Jernih

Setelah kita mengetahui ciri-ciri mata sehat, selanjutnya kita akan membahas mengenai alasan kenapa mata tidak jernih.

Nyatanya, setiap orang mendambakan mata sehat, jernih, tajam, dan fokus. Kendati demikian, gangguan penglihatan seringkali menjadi hambatan tersendiri bagi penderitanya, mulai dari kelancaran aktivitas, prestasi akademik, bahkan ibadah selama bulan Ramadan.

Agar tidak berlarut-larut, penting bagi kita untuk mengetahui alasan kenapa mata tidak jernih agar pengobatan pun dapat segera dilakukan. Harapannya, ancaman berupa berkurangnya hingga hilangnya penglihatan dapat dicegah.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, berikut di bawah ini merupakan alasan kenapa mata tidak jernih yang perlu kita tau, di antaranya adalah:

Baca Juga: 5 Resep Jus Buah Untuk Mata Yang Segar Dan Menyehatkan, Wajib Kamu Coba!

1. Kelainan Refraksi

Tahukah kalian apa itu kelainan refraksi?

Kelainan refraksi adalah suatu kondisi ketika cahaya yang masuk ke dalam mata gagal difokuskan ke retina sehingga menghasilkan penglihatan yang buram atau tidak jernih.

Setidaknya, ada empat jenis kelainan refraksi, yaitu rabun jauh (miopi), rabun dekat (rabun dekat), silinder (astigmatisme), dan mata tua (presbiopi).

Sebetulnya, alasan kenapa mata tidak jernih yang satu ini sangat umum terjadi dan dapat dialami oleh semua kalangan usia, bahkan anak usia sekolah sekalipun.

Jadi, ada baiknya pemeriksaan mata rutin dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan gangguan penglihatan memburuk, ya.

2. Mata Kering

Agaknya, setiap orang di dunia pernah merasakan apa itu mata kering. Bagaimanapun, mata kering merupakan alasan kenapa mata tidak jernih yang paling umum terjadi.

Secara istilah, mata kering adalah suatu kondisi ketika permukaan mata tidak terhidrasi dengan baik sehingga memunculkan gejala seperti mata merah, berair, gatal, sensasi masuknya benda asing pada mata, perih, dan panas.

Pada kondisi normal, cairan air mata bertugas melumasi atau menghidrasi permukaan mata. Akan tetapi, kondisi tertentu seperti menurunnya produksi air mata atau cepatnya penguapan air mata mengakibatkan permukaan mata terasa kering.

Jadi, kalau mata terasa buram atau tidak jernih, jangan keburu panik ya, teman mata. Barangkali, kamu hanya perlu pay more attention untuk memastikan cairan air mata melumasi permukaan mata secara merata.

3. Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah gangguan penglihatan yang disebabkan karena melemahnya pembuluh darah di retina. Apabila tidak segera ditangani, gangguan tersebut sangat mungkin berpengaruh pada berkurangnya bahkan hilangnya penglihatan.

Retinopati diabetik merupakan alasan kenapa mata tidak jernih pada penderita diabetes sebab gangguan penglihatan yang satu ini disebut sebagai komplikasi penyakit kronis diabetes.

4. Degenerasi Makula Akibat Usia

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bertambahnya usia berpengaruh terhadap penurunan fungsi organ tubuh, tak terkecuali mata. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan degenerasi makula akibat usia atau Age-related Macular Degeneration (AMD).

Menurut ahli medis, AMD mempengaruhi penglihatan sentral yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan terhadap benda-benda yang berada di hadapan kita.

Oleh sebab itu, penderitanya mungkin akan mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa jenis aktivitas tertentu, contohnya berkendara, membaca, memasak, menulis, dan lain sebagainya.

5. Katarak

Katarak adalah alasan kenapa mata tidak jernih selanjutnya. Bagaimana bisa?

For your information, katarak adalah fenomena kaburnya penglihatan akibat penggumpalan protein atau lemak pada lensa mata. Gumpalan ini nampak seperti efek awan pada penglihatan penderitanya.

Dicatut sebagai penyebab kebutaan nomor satu di dunia, katarak banyak dialami oleh kalangan usia lanjut.

Bagaimanapun, risiko kebutaan dapat dicegah dengan menjalani prosedur operasi katarak yang melibatkan proses penggantian lensa buram dengan lensa buatan atau artifisial guna mengembalikan kejernihan penglihatan.

6. Glaukoma

Glaukoma diartikan sebagai rusaknya saraf optik akibat peningkatan tekanan di dalam mata (intraokular). Padahal, saraf optik berperan sebagai penghantar transmisi sinyal yang berisi informasi visual dari retina ke otak.

Dapat dikatakan bahwa inilah proses bagaimana mata kita dapat melihat suatu objek dengan jernih. Karenanya, dapat disimpulkan bahwa glaukoma merupakan alasan kenapa mata tidak jernih.

7. Goresan Kornea

Pernahkah kalian merasakan kelilipan?

Perlu kita ketahui bersama, kelilipan merupakan suatu fenomena ketika ada benda asing yang masuk ke dalam mata sehingga menimbulkan sensasi tidak nyaman pada mata, khususnya permukaan mata.

Sejujurnya, kelilipan bukanlah kondisi serius yang perlu kita khawatirkan. Akan tetapi, ketidak hati-hatian berisiko menyebabkan kelilipan mengarah pada gangguan mata serius, misalnya goresan pada kornea atau yang memiliki nama lain abrasi kornea.

Bukan hanya ketidaknyamanan, abrasi kornea menjadi salah satu dari sekian alasan yang paling umum kenapa mata tidak jernih. What’s more, efek goresan kornea jangka panjang adalah ulkus kornea.

Cara Mengatasi Mata Tidak Jernih

Cara mengatasi mata tidak jernih adalah bab selanjutnya yang penting untuk dibahas setelah kita mengetahui alasan kenapa mata tidak jernih. Harapannya, hal ini dapat membantu kita mengembalikan fungsi penglihatan agar senantiasa jernih sekaligus fokus dan tajam.

Dari sekian banyak prosedur, ada tiga cara mengatasi mata tidak jernih yang umumnya disarankan oleh ahli medis, di antaranya yaitu:

  • Lensa koreksi. Tidak lain dan tidak bukan, lensa koreksi adalah lensa yang diberikan untuk mengatasi gangguan mata berupa kelainan refraksi. Lensa koreksi yang dimaksud di sini dapat berupa kacamata maupun lensa kontak atau softlens. 
  • Obat-obatan. Ahli medis berhak menyarankan penggunaan obat-obatan tertentu untuk mengatasi gangguan mata penyebab mata tidak jernih. Misalnya, pemberian air mata buatan atau artificial tears untuk mengatasi mata kering.
  • Operasi. Untuk kasus tertentu, operasi mungkin menjadi salah satu opsi yang harus dilakukan guna mengembalikan fungsi penglihatan bagi penderita penyakit mata tertentu, seperti katarak.

Bukan hanya itu, kamu juga dapat membuat mata jernih secara alami dengan Eyebost nih, teman mata. Tahukah kamu apa itu Eyebost?

Eyebost adalah vitamin mata herbal yang terbuat dari bahan-bahan 100% alami, seperti madu asli, ekstrak wortel, buah bilberry, dan bunga marigold, yang mengandung antioksidan antosianin, lutein, flavonoid, polifenol, serta vitamin A, C, dan E.

Bukan hanya menyudahi mata tidak jernih, mengonsumsi Eyebost secara rutin membantu meningkatkan kualitas penglihatan serta mencegah terjadinya berbagai macam gangguan penglihatan.

Sudah banyak testimoni mengesankan setelah mengonsumsi Eyebost, dan kini giliran kamu untuk membuktikannya.

Yuk, pesan dan minum Eyebost setiap hari untuk mata yang sehat setiap waktu!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi