Lifestyle

8 Pantangan Makanan untuk Mata Buram, Patuhi Untuk Mencegahnya Semakin Parah!

/

by Shaffi Kareem


Istilah pantangan makanan seringkali kita dengar usai sesi konsultasi dengan ahli medis. Tidak dapat dipungkiri, makan memang menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko suatu penyakit bertambah parah. Sama halnya dengan mata buram.

Mata buram tidak ujug-ujug datang tanpa penyebab. Selain mengatasinya, sudah menjadi tugas kita untuk mencegah penyakit pemicu mata buram kian parah. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui pantangan makanan untuk mata buram nih, teman mata.

Maka dari itu, kali ini kita akan mengambil topik utama yaitu pantangan makanan untuk mata buram dalam rangka membantu program pemerintah dalam menekan angka gangguan penglihatan yang semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya itu, kita juga akan mengupas apa itu mata buram, penyebabnya, serta makanan terbaik untuk mata buram. Jadi, jangan kemana-mana, ya!

Apa Yang Menyebabkan Mata Buram?

pantangan makanan untuk mata buram

Kalau kita membicarakan tentang mata buram, sepertinya semua orang pernah mengalaminya, ya. Namun, sebenarnya mata buram itu apa sih?

Secara istilah, mata buram dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana penglihatan tidak jelas dan tajam. Dalam bahasa Inggris, mereka menyebutnya dengan blurred vision.

Terkadang, mata buram terjadi secara tiba-tiba dan dapat membaik dengan sendirinya dalam hitungan detik, menit, atau jam tanpa pengobatan khusus. Kondisi seperti ini seringkali dipicu oleh kelelahan.

Kendati demikian, beberapa kasus mata buram kian memburuk seiring berjalannya waktu dan berisiko mengakibatkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.

Sebelum ini terjadi, ada baiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mata tentang ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

Tidak hanya itu, upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan membekali diri dengan pengetahuan mengenai mata buram itu sendiri, terutama penyebabnya. Melansir dari laman Cleveland Clinic, adapun beberapa penyebab mata buram yang perlu kita tau, meliputi:

  • Kelainan refraksi. Kelainan refraksi adalah suatu kondisi ketika cahaya gagal difokuskan ke retina sehingga mengakibatkan penglihatan menjadi buram. Ada empat jenis kelainan refraksi, yaitu mata minus, mata plus, mata silinder, dan mata tua.
  • Age-related Macular Degeneration (AMD). AMD merupakan penurunan kualitas penglihatan yang disebabkan oleh pertambahan usia. Penyebab mata buram yang satu ini banyak dialami oleh orang-orang berusia di atas 50 tahun.
  • Katarak. Katarak adalah penyebab mata buram yang diawali oleh penggumpalan lemak pada lensa mata. Akibatnya, lensa mata menjadi keruh dan penderitanya kesulitan untuk melihat objek dengan jelas.
  • Glaukoma. Glaukoma adalah penyebab mata buram akibat kerusakan saraf optik yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata. Glaukoma berpotensi menyebabkan kebutaan permanen apabila dibiarkan tanpa perawatan.
  • Retinopati diabetik. Salah satu bentuk komplikasi diabetes pada mata, retinopati diabetik adalah kondisi di mana pembuluh darah pada retina melemah sehingga menyebabkan penurunan kualitas penglihatan.
  • Neuritis optik. Neuritis optik diartikan sebagai iritasi dan peradangan berupa pembengkakan pada saraf optik. Meskipun dapat muncul dengan sendirinya, neuritis optik dapat terbentuk akibat permasalahan kesehatan, misalnya multiple sclerosis.
  • Gangguan saraf optik genetik. Pada beberapa kasus, kerusakan saraf optik muncul akibat penyakit keturunan. Kendatipun, kasus ini tidak sebanyak kelainan refraksi dan katarak.
  • Abrasi kornea. Abrasi kornea atau goresan pada kornea muncul akibat beberapa kondisi, mulai dari goresan partikel kecil pada permukaan mata sampai kekurangan asupan vitamin A.

Baca Juga: 6 Manfaat Tape Dalam Es Cendol Tape Singapura, Mulai Dari Mengatasi Sembelit Sampai Anemia!

Pantangan Makanan Untuk Mata Buram

pantangan makanan untuk mata buram

Ketika mengalami permasalahan kesehatan, biasanya ahli medis akan menyebutkan deretan pantangan makanan yang harus dipatuhi selama proses pemulihan. Begitupun juga dengan mata buram.

Berikut di bawah ini deretan pantangan makanan untuk mata buram yang harus diperhatikan guna mencegah gangguan mata bertambah parah, di antaranya adalah:

1. Daging Olahan

Pantangan makanan untuk mata buram yang pertama adalah daging olahan. 

Daging olahan seperti bacon, hot dog, dan daging deli dikenal sebagai makanan tinggi garam. Kalau dikonsumsi terlalu banyak dan sering, sangat mungkin hal tersebut memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Perlu kamu ketahui, hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berisiko mempengaruhi beberapa gangguan mata, contohnya koroidopati, neuropati, dan retinopati hipertensi.

2. Pasta dan Roti

Merupakan dua jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, pasta dan roti adalah masuk ke dalam deretan pantangan makanan untuk mata buram.

Pasta dan roti mengandung karbohidrat sederhana yang berkaitan dengan peningkatan risiko Age-related Macular Degeneration atau gangguan penglihatan yang disebabkan oleh bertambahnya usia seseorang.

3. Kafein

Seringkali dinikmati saat pagi hari, minuman berkafein seperti kopi dan teh berpotensi menyebabkan tekanan di dalam mata meningkat.

Dalam sebuah studi penelitian disebutkan bahwa kafein adalah minuman yang setidaknya pernah dikonsumsi oleh penderita hipertensi okular atau glaukoma.

Parahnya, tekanan di dalam mata yang tidak segera diatasi sangat mungkin menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan penglihatan.

4. Makanan Siap Saji

Selain tidak sehat untuk kesehatan secara keseluruhan, makanan siap saji adalah pantangan makanan untuk mata buram nih, teman mata.

Seperti halnya daging olahan, makanan siap saji mengandung garam yang terbilang tinggi, bahkan setara dengan 75% dari keseluruhan jumlah asupan garam harian yang direkomendasikan.

Maka dari itu, selektiflah dalam memilih makanan. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mengandung garam rendah. Sebagai gantinya, tambahkan rempah dan bumbu untuk memperkaya cita rasa.

5. Gorengan

Enak di lidah, ternyata gorengan adalah pantangan makanan untuk mata buram selanjutnya, lho.

Pasalnya, lemak trans atau lemak jenuh pada gorengan dapat dengan mudah memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah pemicu penyakit serius seperti diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. 

Selain itu, efek radikal bebas yang dihasilkan oleh lemak trans berpotensi merusak bahkan membunuh sel yang sehat. Imbasnya, penyakit mata seperti retinopati diabetes dan AMD muncul dan berkembang di dalam mata.

6. Kerang dan Ikan

Honestly, ikan adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata berkat kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana kerang dan ikan masuk ke dalam deretan pantangan makanan untuk mata buram?

Sejatinya, ada beberapa jenis ikan yang kurang baik untuk dikonsumsi sebab mengandung merkuri dalam jumlah yang tidak sedikit. Contoh lainnya adalah kerang.

7. Minuman Beralkohol

Biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh, ada baiknya kamu menghindari minuman beralkohol selama mata pemulihan mata buram.

Terlalu banyak minum minuman beralkohol juga tidak baik untuk kesehatan mata, salah satu alasannya adalah dapat menyebabkan katarak dini yang ditandai dengan keruhnya lensa mata. 

8. Minuman Manis

Minuman manis kemasan mengandung gula yang tinggi yaitu setidaknya 7-10 sendok teh. Minuman semacam ini kemungkinan besar menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah.

Parahnya, tingginya kadar gula dalam darah yang tidak segera diatasi menjadi pemicu penyakit mata seperti jantung, diabetes tipe 2, AMD, dan retinopati diabetik.

Makanan Untuk Mata Buram, Ini Rekomendasinya!

Ilustrasi Makanan Untuk Mata Buram dalam Artikel Pantangan Makanan Untuk Mata Buram

Setelah membahas mengenai pantangan makanan untuk mata buram, tidak afdol rasanya kalau kita tidak turut membahas mengenai makanan apa saja sih yang baik untuk mata buram.

Hampir semua kandungan nutrisinya berperan dalam menunjang kesehatan mata, khususnya mengatasi mata buram, such as vitamin A, C, E, serta antioksidan bernama lutein, zeaxanthin, dan antosianin.

Jangan khawatir, deretan makanan di bawah ini merupakan makanan untuk mata buram terbaik yang dapat kamu andalkan nutrisinya, meliputi:

  • Wortel
  • Jeruk
  • Sayuran berdaun hijau
  • Ubi jalar
  • Ikan
  • Daging ayam dan sapi
  • Yogurt
  • Telur 
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan 

In conclusion, pantangan makanan untuk mata buram membantu mempercepat proses pemulihan dari gangguan mata buram yang kita alami.

Apabila dijalankan dengan konsisten, sangat mungkin hal tersebut justru semakin meningkatkan fungsi penglihatan kita secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, kita juga dapat memenuhi nutrisi dari vitamin untuk mata buram seperti Eyebost nih, teman mata.

Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang diformulasikan secara khusus untuk memelihara fungsi penglihatan tetap jernih, fokus, dan tajam, serta bebas dari segala bentuk penyakit mata.

Jangan khawatir, Eyebost hanya terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan yang membuatnya aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia tanpa efek samping sedikitpun.

Perlu kamu ketahui, Eyebost terbuat dari ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan madu asli yang mengandung lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Semua kalangan usia boleh mengonsumsi Eyebost sesuai dengan dosis yang disarankan, yaitu 2 sendok per hari. Oh iya, Eyebost sudah mengantongi izin edar BPOM dan Halal MUI, nih.

Jadi, buat kamu yang ingin memelihara kesehatan mata, yuk minum Eyebost mulai hari ini!

Ssttt, ada promo menarik setiap pembelian 2 botol Eyebost selama bulan Ramadan yaitu kamu berkesempatan untuk memperoleh hampers senilai Rp700.000!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi