Kesehatan

Pentingnya Suplemen Mata untuk Mudik Dan Waktu Terbaik Mengonsumsinya

/

by Shaffi Kareem


Tidak terasa sebentar lagi lebaran ya, teman mata ku tercinta. Jadi, tahun ini kalian mudik gak nih?

Actually, gak ada yang salah tentang mudik atau gak mudik. Tapi, buat kamu yang mudik, pasti akan ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari baju-baju, alat sholat, alat mandi, sandal, bahkan bekal makanan selama mudik.

Seringkali terlupa, kesiapan fisik jadi persoalan ke sekian yang dipersiapkan. Padahal, hal ini sangat mempengaruhi kelancaran perjalananmu, termasuk di dalamnya adalah kesehatan mata. Mengapa demikian?

Sepanjang perjalanan, kamu harus berjibaku dengan jalanan yang panas, berdebu, dan penuh polusi. Mata iritasi menjadi salah satu gangguan mata yang tak terelakkan. Bagaimanapun, kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi suplemen mata, nih.

Tapi, memang sepenting itu kah suplemen mata? Yuk, kita bahas selengkapnya mengenai suplemen mata, termasuk hubungannya dalam persiapan mudikmu!

Suplemen Itu Apa Sih?

Suplemen seringkali disebut juga dengan vitamin. Sebenarnya, bukan hanya vitamin saja, melainkan mineral, botanical, hingga biosimilar juga terkandung di dalamnya.

Generally, suplemen diformulasikan untuk memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Dikhawatirkan, nutrisi tidak terpenuhi apabila kita hanya mengandalkan dari asupan makanan yang kita makan sehari-hari.

Ada dua pendapat dari para ahli perihal manfaat suplemen untuk tubuh melansir dari laman Harvard Medical School. Pra ahli menyatakan kalau bukti manfaat suplemen untuk tubuh masih sangat terbatas dan harus diteliti lebih jauh.

Sebaliknya, sebagian ahli yang lain menyatakan kalau suplemen asam folat dan vitamim B kompleks telah terbukti bisa menurunkan risiko terjadinya stroke.

Pada penelitain lain yang dipublikasi pada tahun 2012 oleh peneliti Harvard disebutkan kalau pria yang telah mengonsumsi vitamin dalam kurun waktu 11 tahun berisiko lebih rendah mengidap penyakit kanker sebanyak 8% dan katarak sebanyak 9%.

Bagi orang-orang yang menderita suatu penyakit tertentu, suplemen mungkin akan sangat diperlukan. Misalnya, pada penderita osteoporosis, mereka membutuhkan lebih banyak asupan kalsium dan vitamin D untuk menguatkan fungsi tulang.

Jenis Jenis Vitamin Yang Menyehatkan Mata

Dalam ulasan kali ini, kita akan lebih fokus kepada suplemen mata. Tapi sebelumnya, kita harus tahu nih sebenarnya apa saja sih jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata?

Saat kecil, kamu pasti pernah mendengar cerita tentang kelinci bermata indah yang gemar makan wortel. Nah, cerita ini membawa kita pada satu kesimpulan yaitu makanlah wortel agar mata menjadi jernih, bening dan indah.

Cerita tersebut memang ada benarnya sebab wortel mengandung vitamin A yang mendukung fungsi mata dengan baik. Akan tetapi, vitamin A bukan satu-satunya nutrisi yang menyehatkan mata, lho. Adapun beberapa vitamin untuk mata, meliputi:

1. Vitamin A

Sudah tidak asing lagi di telinga kita kalau vitamin A memegang peran utama dalam menjaga mata tetap sehat. Vitamin yang satu ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya seperti:

  • Mencegah rabun senja
  • Menjaga kelembaban permukaan mata
  • Mencegah terjadinya gangguan mata
  • Memperlambat kerusakan pada saraf mata, seperti komplikasi akibat diabetes

2. Vitamin C

Vitamin C masuk ke dalam golongan antioksidan yang berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas penyebab beragam gangguan mata.

Tidak hanya itu, vitamin C memaksimalkan penyerapan mineral dan nutrisi lainnya sehingga vitamin ini sangat perlu dikonsumsi sehari-hari. Kamu bisa menyesuaikannya dengan menu harian, misalnya rutin minum jus jeruk setiap hari, atau dengan suplemen.

3. Vitamin E

Secara umum, fungsi vitamin E adalah untuk menjaga tubuh dari inflamasi atau peradangan, termasuk di dalamnya peradangan yang terjadi pada mata.

Bahkan, dikatakan kalau vitamin E yang dikombinasikan dengan senyawa lutein sangat baik untuk mencegah katarak. Adapun beberapa contoh makanan sumber vitamin E, contohnya alpukat, bayam, paprika merah, almond, kuaci atau biji bunga matahari, dan lain-lain.

4. Lutein

Tidak semua orang tahu tentang senyawa ‘ajaib’ yang satu ini. Mengapa dikatakan ajaib?

Sebab, lutein digadang-gadang menjadi nutrisi yang sangat baik untuk memelihara fungsi mata dan mencegah gangguan mata.

Degenerasi makula adalah salah satunya. Gangguan mata tersebut merupakan suatu kondisi di mana terjadi penurunan fungsi penglihatan yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut.

Selain dari sumber lutein berupan makanan seperti sayuran berdaun hijau, kuning telur, dan buah sitrus, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen mata sebab senyawa ini digunakan pada kebanyakan produk suplemen mata.

5. Zeaxanthin

Sama halnya dengan lutrein, zeaxanthin memiliki manfaat yang tidak kalah menjanjikan.

Zeaxanthin merupakan senyawa yang banyak didistribusikan ke bagian mata makula halus sehingga jaringan pada mata dan lensa mata terlindungi.

Beberapa manfaat zeaxanthin yang lain adalah:

  • Menjaga kepekaan mata terhadap cahaya
  • Menjaga penglihatan selalu tajam
  • Menurunkan risiko terjadinya gangguan mata

6. Zinc

Perihal manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata, zinc membantu melindungi mata dari risiko degenerasi makula serta menjaga retina tetap dalam fungsi terbaiknya.

Kandungan zinc bisa kamu temukan pada beberapa jenis makanan seperti ikan, daging kambing atau sapi, kacang-kacangan, dan sebagainya. Kalau dirasa harga daging sapi mahal, kamu bisa menggantinya dengan ikan yang lebih ramah di kantong namun nutrisinya tidak kalah luar biasa.

Suplemen Mata

Sebagian orang meyakini kalau mengonsumsi suplemen sangat menunjang kesehatan tubuh. Jadi, jangan heran kalau kamu menemui orang yang mengonsumi lebih dari satu jenis suplemen setiap harinya.

Salah satu dari sekian banyak jenis suplemen adalah suplemen mata. Suplemen jenis ini diracik secara khusus untuk menjaga fungsi organ mata dengan baik, mulai dari memastikan penglihatan senantiasa fokus, tajam, dan jernih.

Kamu harus tahu juga nih, ada salah satu suplemen mata bernama Eyebost. Suplemen mata yang satu ini beda dari suplemen mata yang lain sebab teksturnya kental dan rasanya manis segar sebab madu asli menjadi bahan utama di dalamnya.

Madu asli telah teruji secara klinis mengandung antioksidan yang memiliki peran utama dalam menangkal radikal bebas. For your information, radikal bebas membawa dampak negatif yang membahayakan tubuh kita.

Dalam keterkaitannya dengan mata, radikal bebas merupakan salah satu dari sekian penyebab terjadinya penyakit mata katarak yang mana katarak adalah penyebab kebutaan nomor satu di dunia.

Tidak hanya itu, suplemen mata Eyebost bermanfaat juga untuk mengatasi berbagai permasalahan mata ringan mulai dari mata lelah, mata kering, iritasi mata akibat debu polusi, dan lain-lain.

Di samping itu, kandungan lain di dalam Eyebost seperti senyawa lutein serta vitamin A, C, dan E turut berkontribusi dalam merealisasikan mata sehat dambaan kita semua.

Jadi, mengonsumsi suplemen mata seperti Eyebost patut kamu pertimbangkan agar mata kamu selalu sehat dan bersinar nih, teman mata!

Pentingnya Suplemen Mata untuk Mudik

Kalau kamu perhatikan, jalanan saat ini sudah mulai dipenuhi oleh banyak kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Meski melelahkan, mereka dengan sepenuh hati melakukannya demi bertemu dan menghabiskan momen lebaran dengan orang-orang terkasih.

Tapi, kamu harus tahu nih kalau ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah kesehatan mata.

Baca Juga: Waspadai Kengerian Oklusi Arteri Retina Dan 7 Penyebabnya!

Buat kamu yang mengendarai kendaraan roda dua, matamu sangat berisiko terkena debu dan polusi di sepanjang jalan. Pun, bagi yang mengendarai roda empat, kamu perlu mata yang tajam agar fokus selama berkendara.

Terlebih lagi, kalau kamu mengikuti perkembangan berita secara aktual, kamu akan mendapati kalau kecelakaan saat musim mudik sangat sering terjadi, mulai dari kecelakaan ringan hingga berat.

Oleh sebab itu, suplemen mata sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari dalam mempersiapkan mudik yang nyaman bebas gangguan, sebab suplemen mata mengandung 1001 nutrisi yang akan melindungi matamu selama mudik.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Suplemen Mata Saat Mudik?

Disclaimer, minum suplemen termasuk suplemen mata bukan satu-satunya cara memenuhi nutrisi sehari-hari ya, teman mata. Jangan sampai, kamu banyak makan junk food dan hanya mengandalkan nutrisi dari suplemen saja.

Sejatinya, suplemen hanyalah faktor pendukung saja, sehingga kamu harus turut memperhatikan menu makanan yang sehat dan bergizi.

Ngomong-ngomong soal suplemen, kita sudah mengatahui bersama nih perihal pentingnya mengonsumsi suplemen mata saat mudik. Tapi, kapan sih waktu terbaik mengonsumsinya?

Sebab efeknya yang tidak bisa instan, kamu harus mengonsumsi suplemen mata setidaknya selama bulan puasa agar matamu sehat saat mudik, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Para ahli menjelaskan kalau waktu terbaik mengonsumsi suplemen didasarkan pada jenis vitamin atau nutrisi yang terkandung di dalamnya. Misalnya, vitamin C sebaiknya dikonsumsi saat sahur karena vitamin jenis ini mudah larut dalam air.

Semnetara itu, vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K sebaiknya diminum saat berbuka puasa. Lemak dari makanan yang kita konsumsi akan memaksimalkan pelarutan dan penyerapan nutrisi, kemudian sisanya akan disimpan di dalam organ hati.

Kesimpulannya, suplemen mata sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum, saat, atau bahkan setelah mudik. Selain melancarkan perjalanan, kesehatan mata akan selalu terjaga dan turut meningkatkan kualitas hidup.

Ada ratusan bahkan ribuan produk suplemen mata di pasaran. Akan tetapi, kamu harus pandai memilih suplemen yang aman dikonsumsi, mulai dari bahan, efek samping, dan apakah kandungan di dalamnya menimbulkan ketergantungan atau tidak.

Oleh karenanya, pilihlah vitamin mata eyebost agar mata fokus dan tajam saat mudik sehingga perjalananmu lancar tanpa hambatan yang berarti. Yuk, minum Eyebost sekarang juga!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi