Kesehatan

8 Cara Mengatasi Mata Berair Karena Digital Eye Strain

/

by Shaffi Kareem


Kamu tahu nggak sih kalau setiap saat kita mengeluarkan air mata?

Eitsss… Jangan dibayangkan cucuran air mata seperti saat kita menangis ya, teman mata. Pada dasarnya, mata kita menghasilkan air mata dan mengeluarkannya setiap kali kita berkedip.

Peran air mata sangat krusial sebab fungsinya untuk melumasi atau menghidrasi mata guna mencegah permukaan mata kering. Namun, produksi air mata berlebih justru bisa mengakibatkan terjadinya mata berair.

Bukan hal baru, mata berair dialami oleh hampir semua dari kita. Nah, maka dari itu, penting sekali untuk mengulik lebih jauh mengenai mata berair agar kita paham betul apa yang harus dilakukan saat kita atau orang terdekat mengalami kejadian ini.

Bagaimanapun, kita juga semakin menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan mata sebab mata adalah anugerah Tuhan yang luar biasa dan tak tergantikan oleh apapun. Dengan menjaga mata, itu berarti kita juga menjaga amanah yang Tuhan berikan.

Sering Mengalami Mata Berair?

Dalam keadaan normal, mata memproduksi kemudian melumasi permukaan mata dengan air mata yang mengandung air, garam, dan minyak yang berfungsi untuk mengurangi penguapan guna mencegah permukaan mata mengering.

Baca Juga: 8 Obat Herbal Sakit Mata Minim Efek Samping, Ampuh Atasi Masalah Mata

Kemudian, air mata akan dibuang melalui lubang kecil bernama puncta yang kemudian dialirkan menuju kantung lakrimal dan saluran air mata (nasolacrimal duct). Perjalanan tersebut akan berakhir di hidung.

Tetapi, kondisi mata berupa mata berair merupakan suatu tanda adanya gangguan pada rangkaian proses tersebut. Hal ini akan membuat mata terus menerus mengeluarkan air mata yang mengakibatkan ketidaknyamanan saat beraktivitas.

Dalam istilah medis, mata berair disebut dengan epiphora. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, yang mana kebanyakan penyebabnya tidak membutuhkan perawatan khusus.

Di samping itu, epiphora bisa menjadi suatu kondisi sementara, tetapi hal ini juga bisa merupakan suatu tanda infeksi serius pada mata atau tersumbatnya saluran air mata.

Alangkah baiknya, konsultasikan apa yang kamu alami dengan dokter spesialis mata agar kamu mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Jangan sampai mata berair menjadi fatal hanya karena terlambat ditangani.

Mata Berair Saat Main Hp

Dilihat dari apa yang kita lakukan sehari-hari, kita bahkan tidak kaget ketika hp masuk ke dalam kategori kebutuhan sekunder. Betapa tidak, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, hp tidak pernah lepas dari pandangan kita sedikitpun.

Di samping memudahkan aktivitas, hp menjadi alat bagi kita untuk menghibur diri tanpa harus berpindah tempat sejengkal pun.

Layaknya uang koin yang memiliki dua sisi, hp juga memiliki dampak negatif yang harus kita waspadai bersama. Salah satunya adalah memicu gangguan mata seperti halnya pada mata berair.

Kasus mata berair saat main hp tidak lagi mengejutkan. Masifnya penggunaan gawai saat ini, akan sangat mungkin kalau kasus mata berair melonjak tajam dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, dampak negatif hp dirasakan oleh semua kalangan usia yang tidak bijak dalam penggunaannya. Kasus anak-anak balita, orangtua atau keluarga memberikan hp untuk membuat mereka ‘anteng’ selama di rumah atau berkegiatan.

Selanjutnya, anak-anak usia sekolah dan remaja banyak mengeksplor hal-hal baru dengan bermain media sosial serta bermain game di hp. Kasus anak sekolah dan remaja yang terkena gangguan mata akibat main hp bukan main banyaknya.

Sebenarnya, mata berair saat main disebabkan oleh kondisi bernama digital eye strain. Nah, digital eye strain adalah gangguan mata yang terjadi ketika kamu menghabiskan berjam-jam tanpa henti di depan layar layar komputer, hp, atau gawai lainnya. 

Gangguan mata ini akan lebih berisiko terjadi ketika kita menggunakan gawai setiap hari, baik saat senggang maupun saat bekerja seperti akuntan, programmer, dan lain sebagainya.

Pahitnya, mata berair bukan satu-satunya gejala digital eye strain. Ada beberapa gejala penyerta lainnya, di antaranya seperti:

  • Penglihatan buram
  • Penglihatan ganda
  • Mata kering
  • Mata gatal
  • Mata lelah
  • Mata merah dan iritasi
  • Sensasi terbakar berpasir dan terbakar pada mata
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada mata
  • Sakit leher, punggung dan pundak

Penyebab Mata Berair Saat Main Hp

Untuk beberapa alasan, membaca teks dari hp atau gawai cenderung lebih sulit untuk dilakukan ‘ketimbang’ membaca teks fisik. Hal inilah yang kemudian memicu gangguan mata akibat gadget dengan mata berair sebagai salah satu gejalanya.

However, gangguan mata bernama digital eye strain dipicu oleh beberapa faktor, seperti:

  • Layar yang silau
  • Cahaya yang kurang bagus
  • Postur tubuh tidak baik saat menggunakan komputer atau gawai jenis lainnya
  • Masalah penglihatan yang tidak terkoreksi
  • Melihat layar terlalu dekat atau jauh
  • Jarang berkedip (pemicu mata kering)

Cara Mengatasi Mata Berair Saat Main Hp

Gangguan mata digital eye strain tidak mungkin terhindarkan terutama di era serba digital seperti sekarang ini. Kalau sudah terlanjur menyerang mata, satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mengobati dengan sebaik mungkin.

Menurut American Optometric Association, digital eye strain bisa diatasi dengan melakukan beberapa upaya, seperti:

1. Menggunakan kacamata

Kacamata atau softlens yang dibuat untuk penggunaan sehari-hari mungkin tidak cukup untuk pekerjaan yang dilakukan dengan komputer, hp, atau gawai lainnya.

Gunakanlah kacamata atau softlens dengan lensa yang telah disesuaikan dengan penggunaan gawai untuk meminimalisir ketidaknyamanan pada mata.

2. Terapi visual

Beberapa orang mengeluhkan gangguan terkait koordinasi mata nih, teman mata. Nah, gangguan seperti ini tidak bisa hanya diatasi dengan menggunakan kacamata atau softlens saja.

Terapi penglihatan atau latihan visual adalah program terstruktur yang dikhususkan untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Terapi ini dilakukan dengan melatih mata dan otak untuk bekerjasama secara efektif.

Latihan semacam ini akan membantu memperbaiki kekurangan pergerakan mata, fokus mata, koordinasi mata, dan memperkuat koneksi antara mata dan otak.

3. Sesuai cahaya dengan baik

Meskipun terdengar sepele, cahaya berkontribusi dalam terjadinya mata berair akibat digital eye strain. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan cahaya sebaik mungkin.

Posisikan layar menghindari silau atau pencahayaan dari jendela atau atas kepala. Oleh sebab itu, kamu bisa memasang gorden pada jendela ruangan dan mengganti bohlam lampu meja dengan bohlam ber-watt rendah.

4. Gunakan layar anti silau

Untuk memaksimalkan kenyamanan mata dalam menatap layar hp dan komputer, kamu disarankan untuk menggunakan filter silau pada layar.

Filter ini berguna untuk mengurangi jumlah cahaya yang terpantul dari sumber cahaya ke layar secara maksimal. Jadi, mata kamu akan lebih nyaman lho, teman mata.

5. Posisikan layar komputer atau hp dengan baik

Sebagian orang lebih nyaman dengan posisi layar komputer yang cenderung agak menunduk ke bawah. Secara optimal, layar harus 15-20 derajat di bawah level mata.

Secara optimal, jarak antara hp ke mata setidaknya 50-70 cm agar mata tidak sakit dan lelah saat bermain hp.

6. Perbaiki posisi duduk

Sakit leher, pundak, dan punggung menjadi salah tiga dari gejala digital eye strain. Oleh karenanya, kita juga harus lebih memperhatikan posisi duduk.

Pilihlah kursi yang empuk, nyaman, dan sesuai dengan tubuh. Ketinggian pun harus disesuaikan sehingga kaki rata dengan lantai membentuk sudut 90 derajat.

Selain itu, setidaknya harus ada lengan kursi yang mensupport tangan agar pergelangan tidak bertumpu pada keyboard saat mengetik.

Pun, sama halnya dengan bermain hp. Jangan biarkan tanganmu bermain hp tanpa penyangga agar lengan tidak lelah dan lama kelamaan pegal.

7. Istirahatkan mata

Mata berair dan buram mungkin akan kamu alami ketika kamu menderita mata lelah akibat bermain hp terlalu lama. Hal ini dapat diatasi dengan cara sederhana, yaitu aplikasikan aturan 20-20-20.

Aturan 20-20-20 artinya setelah kamu menatap layar hp atau komputer, kamu harus mengistirahatkan mata dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Cara ini sudah terkenal akan efektivitasnya dalam membantu mengatasi mata lelah akibat gawai dan mudah dilakukan sebab tidak membutuhkan terlalu banyak effort.

8. Berkedip 

Kalau tiba-tiba kamu mengalami mata berair sebelah kiri, kanan, atau keduanya, bisa jadi kamu mengalami mata kering nih, teman mata.

Mata kering adalah gejala digital eye strain yang ditandai dengan permukaan mata yang  tidak terlumasi dengan baik oleh air mata. Hal ini dipicu oleh banyak hal, salah satunya jarang berkedip saat bermain hp.

Kok bisa?

Kalau sudah fokus bekerja, membaca, scrolling media sosial, menonton video, film, atau bermain game, kita cenderung untuk jarang mengedipkan mata. Padahal, berkedip adalah cara untuk melumasi permukaan mata.

Nah, cobalah untuk sering berkedip saat bermain hp meskipun sedang sibuk sekalipun. Kalau mata kita sehat, pekerjaan pun akan terselesaikan dengan baik, kan?

Itu dia pembahasan kita tentang mata berair akibat digital eye strain. Bahkan, tidak terpikirkan oleh kita kalau hal sesederhana seperti berkedip memegang peranan penting dalam mengatasi mata berair.

Akan tetapi, selain berkedip, ada satu cara tidak biasa yang seringkali terlupakan, yaitu minum vitamin mata seperti Eyebost!

Emang ngaruh?

Wah, perlu dikasih paham, nih. Jadi, vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata berbahan dasar madu hutan ASLI yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Eyebost hanya terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan sehingga kamu tidak perlu ragu dan takut untuk minum Eyebost setiap hari sebab tidak ada efek sampingnya, lho!

Nah, dalam sebotol madu Eyebost sudah terkandung vitamin A, C, E, dan beragam jenis antioksidan mulai dari lutein, flavonoid, antosianin, dan polifenol yang siap menjadi garda terdepan dalam memelihara kesehatan mata.

Lalu, gimana cara membeli Eyebost?

Gampang! Kamu hanya perlu meluncur ke website resmi Eyebost dan kamu bisa langsung membeli Eyebost pada halaman produk. Semudah itu…

Jadi, tunggu apalagi?

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi