Kesehatan

Apa Warna Mata Langka Di Dunia? Yuk, Simak Jawabannya Di Sini!

/

by Shaffi Kareem


Wah, lagi hype banget nih film Barbie. Barbara Millicent Roberts, nama asli Babie, adalah karakter fiksi berwujud sosok perempuan cantik berambut pirang, bertubuh tinggi dan berkulit putih. Siapapun pasti terbius dengan kecantikannya.

Di samping itu, Barbie juga memiliki mata berwarna abu-abu yang sangat mempesona. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau abu-abu dilansir menjadi masuk ke dalam salah satu warna mata langka?

Buat kamu yang ingin tahu kebenarannya, baca artikel ini sampai akhir, ya!                      

Mengenal Ragam Warna Mata

Kalau kamu perhatikan, warna mata setiap manusia berbeda-beda. Mungkin kamu akan menemukan mata orang Barat didominasi oleh biru, hijau, atau abu-abu.

Alih-alih warna terang, mayoritas orang Indonesia dikaruniai oleh warna mata gelap seperti coklat tua bahkan hitam. Tapi, sebenarnya apa sih penyebab warna pada mata?

Nah, perlu diketahui kalau warna mata dihasilkan oleh zat melanin yang merupakan suatu zat pemberi warna pada rambut, kulit, dan mata. Hal inilah yang menyebabkan mata kita memiliki warna, lebih tepatnya pada bagian mata bernama iris.

Dalam hubungannya dengan warna mata, semakin banyak melanin yang diproduksi, maka semakin gelap warna mata kita. Perihal jumlah melanin yang diproduksi, hal ini tergantung pada beberapa faktor seperti genetik dan banyaknya paparan sinar matahari.

Perlu kamu tahu, melanin berfungsi untuk menyerap sinar UV yang berbahaya dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat matahari seperti ROS atau Reactive Oxygen Species.

Fun fact, iris adalah bagian mata yang unik. Seperti halnya sidik jari, setiap orang di dunia dikaruniai iris dengan pola dan warna yang berbeda-beda.

Di samping memberikan warna yang cantik pada mata, iris membantu mengontrol pupil agar kita bisa melihat dengan lebih jelas. Iris akan berubah-ubah tergantung lebarnya pupil mata tanpa kamu kontrol. Mekanisme ini disebut dengan refleks cahaya pupil.

Warna Mata Langka Dan Umum

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, iris adalah bagian berwarna pada mata. Warna mata yang satu ini dipengaruhi oleh jumlah zat melanin yang dihasilkan oleh tubuh.

Di antara banyaknya warna mata, ada warna mata langka yang dimiliki oleh segelintir orang atau beberapa persen dari seluruh populasi manusia di dunia.Melansir dari laman Very well Health, ada beberapa warna mata di dunia mulai dari warna mata umum hingga warna mata langka, di antaranya seperti:

1. Coklat

Warna mata coklat adalah warna mata yang paling umum di muka bumi. Meskipun bukan warna mata langka, kamu harus tahu kalau warna mata coklat dahulu dimiliki oleh orang purba Afrika dari ratusan ribu tahun yang lalu.

Kendati demikian, warna mata coklat dominan dimiliki oleh orang Afrika dan Asia saat ini. Di dunia, setidaknya 55% – 79% populasi di seluruh dunia memiliki warna mata coklat dengan variasi coklat yang berbeda-beda.

Kalau kamu menemukan orang yang memiliki iris mata hitam, maka kamu sebenarnya ‘dikelabui’. Tidak ada seorang pun yang dikaruniai iris mata hitam, melainkan sebenarnya iris mata tersebut berwarna coklat gelap hingga menyerupai warna pupil.

Hasil studi bernama Newborn Eye Screening Test menemukan kalau 63% bayi dilahirkan dengan mata coklat, dan hanya 21 % yang dilahirkan dengan mata biru.

Sementara itu, 6% diantaranya memiliki warna mata hijau, hazel, dan 10% sisanya tidak dapat ditentukan saat baru dilahirkan.

2. Biru

Sekitar 10.000 tahun yang lalu, ada orang di Eropa yang lahir dengan mutasi genetik dengan mata biru. Hal tersebut mengakibatkan mata biru menjadi suatu kondisi permanen saat ini.

Bahkan, ada ahli yang menyimpulkan kalau orang-orang yang bermata biru kemungkinan memiliki hubungan dengan sesama mata biru dan merupakan keturunan jauh dari manusia purba tersebut, lho.

Di Amerika, sekitar 27% populasi bermata biru dan menjadikannya warna mata langka keempat di dunia.

For your information, warna mata langka biru dikaitkan dengan latar belakang Skandinavia, Irlandia, Inggris, dan Eropa Timur.

Di Inggris Raya dan Irlandia, lebih dari separuh penduduknya bermata biru. Sementara itu, di Finlandia dan Swedia, setiap 4 dari 5 penduduknya bermata biru, atau setidaknya berjumlah 80% – 90%.

3. Hazel

Hazel merupakan sebuah kombinasi dari warna hijau dan coklat. Hazel menjadi warna mata langka ketiga dengan persentase di dunia sebesar 10%.

Pada iris mata, warna ini akan nampak seperti warna perunggu di tepi iris, garis-garis kecil berwarna hijau, coklat, dan emas hingga mendekati pupil.

Uniknya, kamu mungkin akan menyadari kalau orang yang memiliki warna mata langka hazel dapat berubah dari waktu ke waktu. Kok bisa?

Kondisi ini disebabkan karena pigmen hazel memiliki kemampuan unik untuk memantulkan cahaya yang unik sehingga memberikan persepsi warna iris yang berubah.

4. Hijau

Hijau menempati posisi sebagai warna mata langka kedua di dunia. Bahkan, dikatakan kalau kamu beruntung kalau memiliki warna mata yang satu ini.

Untuk persentasenya sendiri, hanya 2% orang di dunia yang bermata hijau. Tapi, kenapa hijau menjadi warna mata langka di Indonesia dan dunia?

Sebenarnya, setiap mata berwarna coklat, bahkan pada mata hijau sekalipun. Akan tetapi, pantulan cahaya dari melanin memberikan kesan ilusi optik yang kemudian meungkinkan kita melihat mata biru, hijau, dan lain-lain.

Pun, warna mata diturunkan oleh kedua orang tua yang terkadang bercampur dengan genetik secara acak. Warna mata hijau memiliki tingkat melanin yang tidak biasa, lebih sedikit dari warna coklat tetapi lebih banyak dari biru sehingga menjadikannya unik dan langka.

5. Abu-abu dan lainnya

Abu-abu adalah warna mata yang paling langka. Akan tetapi, abu-abu tidak sendiri nih, teman mata, melainkan ada beberapa warna unik lainnya yang masuk ke dalam kategori warna mata langka di dunia.

Beberapa orang mengelompokkan warna mata abu-abu dengan biru. Bukan tanpa alasan, pengelompokkan ini disebabkan karena jumlah melanin yang serupa. Tetapi pada kenyataannya, jumlah mata abu-abu lebih langka daripada biru.

Bahkan, kalau kita lihat lebih dekat, kita dapat melihat garis-garis, emas, coklat, dan kuning pada mata abu-abu.

Terlebih lagi pada kondisi bernama heterochromia. Orang dengan kondisi ini dikaruniai oleh dua mata dengan warna yang berbeda. Umumya, heterochromia disebabkan oleh mutasi genetik dan tidak berbahaya.

Pada kondisi albinisme atau seringkali disebut dengan albino, mereka akan memiliki warna mata, kulit, dan rambut yang cenderung cerah karena jumlah melanin sangat rendah. Biasanya, orang dengan albinisme memiliki warna mata biru.

Di samping itu, warna mata merah muda menjadi warna mata yang paling unik dunia. Hal ini diakibatkan karena tubuh tidak memproduksi melanin sama sekali sehingga memungkinkan pembuluh darah sangat terlihat.

Apa Yang Menentukan Warna Mata?

Banyak dari kita bertanya-tanya kenapa warna mata kita berbeda dengan orang-orang bule seperti Amerika, Eropa, dan lain-lain. Sebenarnya, perbedaan warna mata disebabkan oleh produksi melanin oleh tubuh.

Semakin banyak kadar melanin yang diproduksi, maka kulit, rambut, dan iris mata akan semakin gelap seperti halnya yang terjadi pada orang Asia Tenggara seperti Indonesia hingga Afrika.

Sebaliknya, semakin sedikit kadar melanin yang diproduksi tubuh, maka kulit, rambuh, dan warna mata akan semakin cerah. Itu sebabnya orang-orang Barat memiliki kulit putih, rambut blonde atau pirang, dan mata biru, hijau, hingga abu-abu.

Melansir dari laman Very Well Health, orang yang tinggal di negara-negara yang jauh dari garis ekuator cenderung memiliki warna kulit, rambut, dan mata yang cerah. Hal ini yang mendasari kenapa orang yang dikaruniai warna mata langka tidak ditemukan di Indonesia.

However, warna mata langka dan umum dipengaruhi juga oleh faktor genetik seperti yang disebutkan dalam studi berjudul True Color: A Literature Review on the Spatial Distribution of the Eye and Hair Pigmentation.

Para ahli menjelaskan kalau faktor keturunan mempengaruhi warna mata ketika ada gen yang dominan dan resesif.

Misalnya,  warna mata coklat dapat diturunkan ke anak meskipun hanya salah satu orang tua yang  bermata coklat karena warna mata gelap dianggap sebagai gen dominan.

Sebaliknya, warna mata biru hanya bisa diharapkan ada anak dengan kedua orang tua bermata biru. Hal ini disebabkan karena warna terang seperti biru merupakan gen resesif.

Apakah Warna Mata Langka Berbahaya?

Pada dasarnya, warna mata langka tidak berbahaya. Akan tetapi, ada beberapa studi yang menunjukkan tentang keterkaitan warna mata dengan kesehatan yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Studi pada tahun 2014 menghasilkan sebuah kesimpulan kalau wanita bermata terang memiliki kemampuan menahan rasa sakit lebih baik dibandingkan dengan wanita bermata gelap.
  • Studi pada tahun 2015 menunjukkan kalau orang bermata gelap memiliki risiko gangguan pendengaran (bukan akibat usia) yang lebih rendah daripada orang bermata terang.
  • Studi tahun 2011 menyimpulkan kalau ada hubungan antara warna mata biru dengan diabetes tipe-1 (diabetes akibat keturunan).

Namun, ada pun studi lainnya yang menunjukkan kalau warna mata terang berisiko lebih tinggi terkena degenerasi makula yang mengakibatkan terganggunya penglihatan pusat dan melanoma okular.

Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memperkuat hasil studi tersebut. Meskipun kita tidak memiliki warna mata langka dan terang, hal ini tidak melepaskan kewajiban kita untuk menjaga kesehatan mata nih, teman mata.

Meskipun kita memiliki warna mata gelap, kita juga perlu melakukan beberapa usaha untuk menjaga agar mata tetap sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, penuhi asupan cairan, istirahatkan mata dari gawai, olahraga rutin, istirahat cukup, dan minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost beda dari vitamin mata lainnya. Dengan bahan dasar madu hutan asli, Eyebost dikombinasikan juga dengan ekstrak buah bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry yang dijamin 100% bahan-bahan alami tanpa pengawet buatan.

Kandungan antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, serta vitamin A, C, E, mendukung manfaatnya dalam menjaga penglihatan tetap jernih, tajam, fokus, dan mencegah berbagai gangguan penglihatan seperti degenerasi makula.

Selain itu, vitamin mata Eyebost digadang-gadang menjadi satu-satunya vitamin mata keluarga yang aman dikonsumsi setiap hari oleh balita usia di atas 2 tahun, remaja, dewasa, hingga kalangan usia lanjut.

Jadi, apalagi nih yang bikin kamu ragu minum Eyebost?

Daripada buang-buang waktu, yuk mending langsung check-out aja di website resmi Eyebost dan bersiaplah untuk merasakan manfaatnya!

Ingat mata, ingat Eyebost! 


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi