Kesehatan

5 Cara Mengatasi Mata Bengkak Digigit Serangga Dengan Mudah dan Murah

/

by Shaffi Kareem


Siapa sih yang nggak suka rebahan. Setelah beraktivitas dari matahari terbit hingga terbenam, memang paling nikmat saat ‘meluruskan’ badan di atas kasur. Apalagi kalau kasur bersih dan wangi. Dijamin sulit beranjak, deh.

Nah, perlu kamu tahu nih teman mata, bisa dibilang kalau kebersihan kasur sangat krusial. Selain terasa nyaman, kasur yang bersih juga menghindari terjadinya mata bengkak digigit serangga.

Kok bisa?

Baca Juga: Jangan Anggap Mata Bengkak Bagian Atas Sepele, Ini 9 Penyebabnya!

Kasur yang kotor dan jarang dibersihkan akan mengundang berbagai jenis serangga, misalnya kutu kasur atau kutu busuk. Membayangkannya saja sudah jijik, kan?

Nah, kali ini kita akan mengulas secara singkat, padat, dan jelas mengenai mata bengkak digigit serangga mulai dari gejala, cara mengatasi, mencegah, dan lain sebagainya.

Yuk, kita ulas satu per satu!

Berapa Lama Mata Bengkak Digigit Serangga Sembuh?

Bukan hanya mengganggu penampilan, mata bengkak digigit serangga tentu menyebabkan kita tidak nyaman dalam beraktivitas sebab rasa gatal, panas, dan kemerahan yang dialami.

Jangan khawatir, umumnya mata bengkak digigit serangga seperti kutu busuk sembuh dalam kurun waktu 2 minggu hingga gejalanya benar-benar hilang.

Kendati demikian, mata bengkak karena sengatan lebah semakin meluas selama 2-3 hari dan bertahan hingga 5-10 hari. Efek ini tidak selalu sama sebab masing-masing tubuh bisa memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Efek mata bengkak digigit serangga tomcat hampir sama dengan lebah. Gejala berupa mata bengkak akan muncul pada hari pertama hingga keenam dan berlangsung selama setidaknya 10 hari.

Berbeda dengan nyamuk, mata bengkak setelah digigit nyamuk cenderung hilang lebih cepat dari yang lain. Biasanya, benjolan atau bengkak pada mata berlangsung selama 1-2 hari saja.

Akan tetapi, kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kalau mata bengkak digigit serangga disertai dengan gejala seperti mual, pusing, muntah, menggigil, demam, dan sesak napas. Kondisi seperti ini bisa mengacu pada infeksi serius, lho.

Cara Mengatasi Mata Bengkak Digigit Serangga

Mata bengkak digigit serangga tidak selalu berbahaya. Pada derajat keparahan ringan, mata bengkak bisa hilang dengan sendirinya asalkan tidak digaruk untuk menghindari terjadinya komplikasi berupa infeksi.

Namun, ada beberapa cara mengatasi mata bengkak digigit serangga yang umumnya dilakukan atau disarankan oleh ahli medis, di antaranya adalah:

1. Antihistamin

Tidak hanya bengkak atau benjol, gigitan serangga juga disertai dengan rasa gatal. Kondisi ini disebabkan karena gigitan tersebut menyebabkan tubuh memproduksi senyawa bernama histamin.

Umumnya, senyawa histamin diproduksi oleh tubuh saat kita mengalami alergi. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi obat antihistamin untuk menekan efek histamin dalam tubuh.

2. Kompres dingin

Kompres dingin merupakan salah satu cara mengatasi mata digigit serangga yang bisa kamu lakukan di rumah. Kompres dingin bertujuan untuk meredakan rasa gatal dan tentunya bengkak pada mata.

Dokter menyarankan untuk melakukan kompres mata selama 1-2 hari pertama. Untuk hasil maksimal, ulangi kompres dingin selama beberapa kali sehari dan lakukan selama 10 menit pada setiap sesi.

3. Kompres hangat

Setelah beberapa hari pertama melakukan kompres dingin, kamu bisa beralih ke kompres hangat pada hari berikutnya. Kompres hangat berfungsi untuk meredakan gejala bengkak pada area gigitan.

Pada mata bengkak digigit serangga, kompres hangat dilakukan selama 15-20 menit menggunakan air hangat dengan suhu 40 derajat. Sebaiknya, lakukan kompres hangat 2-3 kali per hari.

4. Salep mata

Salep mata juga bisa digunakan sebagai obat mata bengkak digigit serangga, misalnya salep yang mengandung hidrokortison. Selain itu, ada salep acyclovir yang digunakan untuk mengatasi bengkak akibat gigitan tomcat.Caranya sangat mudah nih, teman mata. Cukup oleskan salep secukupnya dan ratakan ke area mata yang terdampak. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menggunakannya dengan mencuci tangan dengan air dan sabun.

5. Kompres dengan timun atau kantung teh

Kalau kamu cari, mata bengkak bisa banget diatasi dengan antioksidan nih, teman mata. Antioksidan merupakan kandungan bagus sekali untuk mengatasi peradangan dan melancarkan peredaran darah.

Antioksidan yang terkandung di dalam teh dan timun bagus untuk mengatasi mata bengkak. Kamu bisa kompres mata menggunakan dua bahan tersebut selama beberapa menit. Akan lebih baik kalau kantung teh didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas.

Tips Mencegah Mata Bengkak Digigit Serangga

Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Bagaimanapun, tidak ada satupun orang yang ingin digigit serangga, bukan?

Sebenarnya, mencegah mata bengkak digigit serangga sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh kita, kok. Pun, semua ini dilakukan demi kebaikan diri kita sendiri.

Gigitan serangga pada mata bisa dicegah dengan melakukan beberapa upaya. Di bawah ini merupakan tips-tips mencegah mata bengkak digigit serangga yang bisa kita upayakan, seperti:

  • Selalu menjaga kebersihan rumah
  • Singkirkan sarang lebah atau tawon di lingkungan rumah kepada ahlinya
  • Memakai baju dan celana panjang serta sepatu boots ketika pergi ke area semak-semak, kebun, atau hutan untuk melindungi diri
  • Memakai lotion anti nyamuk
  • Senantiasa melakukan 3 M (menutup, mengubur, menguras) untuk mencegah jentik-jentik nyamuk
  • Melakukan fogging atau pengasapan untuk mematikan nyamuk dan serangga
  • Menggunakan semprot serangga
  • Memasang kelambu atau kasa anti nyamuk
  • Membersihkan kasur dan mengganti sprei kasur, bantal, dan guling satu minggu sekali
  • Mencuci sprei dengan air panas untuk membunuh serangga kutu kasur

Itulah kiranya hal-hal yang kita bahas mengenai mata bengkak digigit serangga kali ini. Hal ini semakin menyadarkan kita kalau sakit mata ternyata bisa datang dari mana saja, termasuk akibat ‘ulah’ makhluk hidup lain seperti halnya serangga.

Nah, untuk mengatasi secara alami, antioksidan sangat bagus nih untuk mengatasi peradangan pada mata bengkak. Selain kompres timun dan kantung teh, kamu juga bisa memenuhi asupan antioksidan dari makanan atau vitamin yang kamu konsumsi, contohnya Eyebost.

Vitamin mata Eyebost merupakan vitamin mata yang sudah dikenal baik akan kandungan antioksidan di dalamnya. Diformulasikan dari bahan-bahan 100% alami seperti ekstrak wortel, bilberry, bunga marigold, dan madu hutan asli, membuat Eyebost berbeda dengan yang lain.

Tidak sampai di situ, antioksidan di dalam vitamin mata Eyebost ada bermacam-macam jenisnya, mulai dari lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid, serta vitamin A, C, dan E. Pun, flavor blueberry yang disukai oleh anak-anak ditambahkan untuk memperkaya rasa.

Ya, bisa dikatakan kalau Eyebost merupakan vitamin mata keluarga yang berada pada garda terdepan untuk memelihara kesehatan mata.

Semua orang di segala usia boleh mengonsumsi Eyebost, entah itu anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, bahkan penderita diabetes.

Sayang sekali kalau kamu melewatkan vitamin mata sebagus ini. Yuk, tunggu apalagi? Pesan dan minum Eyebost sekarang!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon