Kesehatan

Bingung Mata Bengkak Obatnya Apa? Kupas Tuntas 6 Obat Mata Bengkak Minim Trauma

/

by Shaffi Kareem


For your information, mata sehat adalah salah satu parameter kualitas hidup seseorang. Bahkan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki program untuk memastikan mata sehat di semua kalangan usia demi meningkatnya kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Bukan tanpa alasan, angka kejadian gangguan mata sudah sangat meningkat, contohnya saja mata bengkak.

Menimbulkan rasa tidak nyaman, mata bengkak disarankan untuk segera diobati. Namun, tahukah kamu mata bengkak obatnya apa sih?

Buat kamu yang sedang mengalami mata bengkak dan ‘mampir’ kesini, dijamin nggak akan menyesal sebab kamu akan menemukan semua obat mata bengkak terpampang nyata di sini.

Daripada buang-buang waktu, kita langsung masuk ke pembahasannya saja, yuk!

Mata Bengkak Adalah…

Mata Bengkak Obatnya Apa?

Mata bengkak biasanya dianggap sebagai gejala gangguan mata yang mengakibatkan mata nampak lebih besar daripada mata normal.

Mata bengkak lebih sering muncul di kelopak mata dengan gejala lain yang menyertainya, seperti kemerahan, keluarnya kotoran mata, mata perih, merah, gatal, berair, maupun nyeri ketika menggerakkan mata.

Beberapa penyebab mata bengkak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Biasanya, gangguan mata yang bisa sembuh sendiri merupakan gangguan mata dengan derajat keparahan ringan.

Bagaimanapun, tidak ada satu orang pun yang luput dari risiko mengalami bengkak pada mata. Maka, tidak heran kalau kamu menemukan ada bayi, anak-anak, hingga orang lanjut usia yang mengalami mata bengkak.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mencegahnya sebelum mata bengkak menyerang. Meskipun sudah terjadi pun, kita harus gercep nih untuk mengatasinya supaya gangguan mata tersebut tidak kian parah.

Pembahasan mengenai mata bengkak obatnya apa akan dibahas lebih lanjut pada sub-bab selanjutnya, ya.

Baca Nih: 5 Cara Mengatasi Mata Bengkak Digigit Serangga Dengan Mudah dan Murah

Mata Bengkak Obatnya Apa?

Mata Bengkak Obatnya Apa?

Nikmat sehat memang mahal ya, teman mata. Nikmat ini seringkali terlupakan dan mendadak teringat ketika tubuh kita jatuh sakit. Misalnya saja sakit mata.

Ketika sehat, kita bisa melihat dengan nyaman dan penglihatan pun jernih, tajam, dan fokus. Setiap bagian mata sehat dalam artian secara fisik maupun fungsinya. Kita pun bisa beraktivitas dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun.

Coba bayangkan saja kalau mata kita mengalami sakit mata seperti mata bengkak. Kamu akan merasakan sejumlah gejala yang sangat menyiksa, bahkan untuk sekedar membuka mata pun terasa nyeri dan perih.

Nah, kalau sudah seperti ini, obat mata sangat diperlukan entah itu obat alami maupun obat medis. Tetapi, kamu tahu nggak sih mata bengkak obatnya apa?

Di bawah ini merupakan beberapa obat mata bengkak yang bisa kamu lakukan atau gunakan untuk meredakan gejalanya. Check this out!

1. Membersihkan kelopak mata

Salah satu penyebab mata bengkak adalah blefaritis. Sakit mata blefaritis merupakan peradangan kelopak mata yang ditandai dengan mata bengkak, keluarnya kotoran mata, serta pengelupasan kulit kelopak mata. Kulit ini akan nampak seperti ketombe di kepala.

So, kalau disebabkan oleh blefaritis, mata bengkak obatnya apa dong?

Ada cara alami mengatasi mata bengkak akibat konjungtivitis yaitu rutin membersihkan kelopak mata, terutama kelopak mata bagian atas.

Kamu juga bisa membersihkan kelopak mata dengan air yang dicampur dengan sampo bayi. Alasan penggunaan sampo bayi adalah agar area kelopak mata semakin bersih, namun tidak membuat mata perih.

Hal ini dikarenakan sampo bayi mengandung bahan-bahan gentle yang sangat lembut di kulit dan tidak perih di mata.

2. Air mata buatan

Sadar tidak sadar, ada banyak hal di sekitar kita yang memicu timbulnya gangguan mata, salah satunya adalah polusi udara.

Buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan atau berjibaku dengan kemacetan di jalan raya dengan mengendarai kendaraan roda dua kesayangan, maka tidak kaget lagi kalau kamu mengalami mata bengkak, merah, kering, dan perih.

Lantas, mata bengkak obatnya apa menjadi pertanyaan kita bersama. Tenang, jenis mata bengkak akibat mata kering bisa diobati dengan air mata buatan.

Artificial tears atau air mata buatan adalah sejenis obat mata yang memiliki fungsi yang sama dengan air mata. Air mata buatan terjual bebas di pasaran dan bisa kamu beli tanpa resep dokter, nih.

Meskipun begitu, kamu harus ingat kalau air mata buatan tidak boleh dipakai jangka panjang agar tidak memicu gangguan mata lainnya. Jadi, pakai secukupnya saja, ya!

3. Obat tetes mata

Obat tetes merupakan jawaban untuk kamu yang mempertanyakan mata bengkak obatnya apa. Ya, obat tetes mata bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata bengkak akibat infeksi berbagai mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit.

Obat mata yang diberikan oleh dokter biasanya mengandung bahan-bahan yang lebih aktif daripada obat mata yang terjual di pasaran atau air mata buatan.

Untuk mengatasi mata bengkak akibat infeksi bakteri, dokter akan memberikan obat tetes mata antibiotik dan obat tetes mata anti virus untuk infeksi akibat virus.

Perlu kamu tahu, obat mata antibiotik hanya bisa diperoleh dengan resep dokter untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri di mana bakteri kebal terhadap antibiotik.

Kalau resistensi bakteri terjadi, bakteri akan terus berkembang biak dan menggerogoti tubuh kita hingga lemah dan kematian sangat mungkin terjadi.

4. Kompres hangat

Kalau ada yang bertanya mata bengkak obatnya apa, kamu bisa nih menyarankan untuk mengompres mata dengan air hangat.

Kompres hangat untuk mata bengkak bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, merilekskan otot, dan mengurangi nyeri akibat mata bengkak.

Kompres hangat menjadi cara alami yang pasti kita semua bisa lakukan mandiri di rumah. Caranya, cukup siapkan kain lembut yang telah dicelupkan ke air hangat, lalu peras dan letakkan di atas mata bengkak layaknya kompres.

Lakukan kompres hangat selama 15-30 menit dan ulangi beberapa kali hingga mata bengkak mereda.

5. Minyak ikan

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan mampu mengobati mata bengkak. Jadi, kalau ada yang bertanya perihal mata bengkak obatnya apa, kamu bisa menyarankan untuk mengonsumsi minyak ikan nih, teman mata.

Fungsi asam lemak omega-3 pada minyak ikan untuk mata bengkak adalah untuk meredakan bengkak dan nyeri yang dirasakan. Tidak hanya itu lho, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, otak, tulang, dan lain-lain.

Selain minyak ikan, kamu bisa menemukan asam lemak omega-3 pada makanan seperti ikan salmon, sarden, makarel, tiram, kacang kenari, chia seed, dan sebagainya.

6. Operasi

Pertanyaan perihal mata bengkak obatnya apa mungkin hanya bisa dijawab melalui tindakan operasi. Tindakan seperti ini terpaksa dilakukan untuk mengatasi mata bengkak, seperti halnya pada kalazion.

Gangguan mata kalazion didefinisikan sebagai benjolan akibat sumbatan pada kelenjar meibom (kelenjar yang memproduksi minyak). Operasi dilakukan ketika kalazion terjadi secara berulang.

Cara Mencegah Mata Bengkak

Mata Bengkak Obatnya Apa?

Kebanyakan penyebab mata bengkak tidak berbahaya. Akan tetapi, ketimbang mencari tahu mata bengkak obatnya apa, alangkah baiknya kalau kita mencari cara mencegah mata bengkak agar mata kita selalu sehat secara fungsi maupun fisiknya.

Sebenarnya, ada banyak cara sederhana namun sangat berarti untuk mencegah mata bengkak yang beberapa di antaranya meliputi:

  • Pakai pelindung mata seperti kacamata hitam saat di luar ruangan
  • Istirahatkan mata dari gawai dengan melakukan aturan 20-20-20
  • Penuhi asupan cairan yaitu 8 gelas sehari
  • Tidur cukup, idealnya 7-8 jam sehari
  • Jaga kebersihan softlens atau lensa kontak
  • Minum vitamin mata

Dari 6 cara mencegah mata bengkak, poin terakhir mengarah pada vitamin mata. Saat mendengar tentang vitamin mata, mungkin tidak banyak yang familiar tentang vitamin jenis ini.

Actually, vitamin mata adalah vitamin yang bertujuan untuk memelihara kesehatan mata secara umum. Kemudian, secara khusus vitamin mata menawarkan manfaatnya dalam menjaga penglihatan tetap jernih, tajam, fokus, dan bebas dari sakit mata.

Salah satu vitamin mata yang direkomendasikan adalah Eyebost. Vitamin mata Eyebost berbeda dengan vitamin mata lainnya, lho. Wah, sampai sini kian menarik ya, teman mata.

Vitamin mata Eyebost terbuat dari 100% bahan alami seperti ekstrak buah bilberry, wortel, dan bunga marigold dengan madu hutan asli sebagai bahan dasarnya. Inilah alasan mengapa vitamin mata Eyebost disebut juga dengan madu Eyebost.

Berkat bahan-bahan alami di atas, madu Eyebost mengandung nutrisi yang luar biasa mulai dari vitamin A, C, E, hingga beragam jenis antioksidan, misalnya lutein, flavonoid, antosianin, dan polifenol.

Tidak hanya sampai di situ, flavour blueberry ditambahkan guna memperkaya rasa madu Eyebost yang disukai oleh anak-anak. Oh iya, madu Eyebost aman dikonsumsi mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia.

Oleh sebab itu, madu Eyebost cocok dijadikan sebagai vitamin mata keluarga Indonesia. Diharapkan, mata yang sehat bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Sudah ribuan orang membuktikan khasiat madu Eyebost, lho. Kalau kamu masih ragu, yuk buktikan dan rasakan manfaatnya sendiri!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi