Kesehatan

6 Gangguan Mata Akibat Bulu Mata Palsu yang Mengancam Kesehatan Mata

/

by Shaffi Kareem


Buat kamu para penggiat makeup, kamu pasti gak asing lagi dengan bulu mata palsu. Ya, bulu mata palsu adalah salah satu penunjang penampilan yang wajib banget kamu pakai supaya tampilanmu semakin cetar membahana.

Sebenarnya, bulu mata palsu sangat lumrah digunakan, terlebih lagi saat kamu menghadiri suatu acara khusus seperti lebaran, pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Kendati demikian, ada beberapa hal yang kamu wajib tahu tentang bulu mata palsu nih, terutama buat kamu para pemula.

Pada ulasan kita kali ini, kita akan mencoba mengupas lebih dalam dan detail mengenai bulu mata palsu, termasuk rekomendasi bulu mata palsu hingga efek samping penggunaan bulu mata palsu bagi kesehatan mata.

Untuk tahu selengkapnya, ikuti terus ulasan ini sampai akhir ya, teman mata ku!

Bulu Mata Palsu

Tampil cantik adalah harapan semua wanita. Semua usaha dilakukan agar penampilan semakin menarik dan memesona, mulai dari memilih outfit yang disukai hingga memoles wajah dengan makeup yang memukau.

Ngomong-ngomong soal makeup, ada satu hal nih yang tidak boleh terlewatkan, yaitu bulu mata palsu. Meskipun lebih sering digunakan pada acara-acara tertentu, tapi ada sebagian orang yang menggunakannya sebagai makeup sehari-hari.

Nyatanya, bulu mata yang panjang, lentik, dan bervolume sangat menunjang penampilan kita. Selain mascara, fake eyelashes merupakan alternatif lain yang cenderung lebih praktis dan efisien membuat bulu mata cantik dalam hitungan detik.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan lem khusus pada bulumata palsu dan kemudian rekatkan pada bulu matamu. Pun sama halnya dengan melepaskannya, kamu cukup menarik bulu mata palsu secara perlahan.

Bagaimanapun, bulu mata palsu terbuat dari beberapa jenis bahan baku, yang di antaranya seperti:

  • Rambut manusia
  • Bulu hewan
  • Benang sutra
  • Serat plastik
  • Akrilik

Apakah bulu mata palsu aman digunakan?

Buat kamu yang bertanya-tanya apakah bulu mata palsu aman, jawabannya adalah aman. Tapi… asalkan pemasangan dan pemakainnya tepat, ya!

As long as digunakan sesuai instruksi dan tidak dipakai secara berlebihan, tidak akan menimbulkan masalah pada mata, kok. Sebaliknya, penggunaan yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan mata tertentu.

Melansir dari laman WebMd, adapun beberapa poin yang kamu harus tahu sebelum dan saat menggunakan fake eyelashes, di antaranya seperti:

1. Jagalah kebersihan

Mata adalah salah satu organ tubuh yang rentan terhadap infeksi bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya.

Kalau kamu tidak memperhatikan betul-betul mengenai kebersihan bulu mata palsu dan peralatan yang digunakan, hal ini bisa menjadi jalan masuknya bakteri, virus, dan sejenisnya.

Selanjutnya, kondisi ini bisa menjadi cikal bakal terjadinya infeksi mata yang sangat menyakitkan.

2. Jangan berbagi bulu mata palsu!

Salah satu poin yang harus kamu hindari adalah jangan berbagai bulu mata palsu dengan orang lain, bahkan orang terdekatmu sekalipun.

Bukan apa-apa, berbagi bulu mata palsu bisa berakibat fatal jika bulu mata tersebut penuh dengan kuman dari orang lain. Kondisi kesehatan setiap orang tidaklah sama, sehingga kamu perlu memperhatiakn poin yang satu ini, ya!

Terlebih lagi, jangan mau untuk menggunakan fake eyelashes bekas apabila seseorang menawari kamu untuk mencoba sampel bulu mata, misalnya di sebuah toko kecantikan.

3. Perhatikan kandungan pada produk

Kamu yang paling memahami tubuhmu, termasuk pada hal-hal yang memicu terjadinya alergi. Perlu kamu tahu, bukan hanya makanan saja yang bisa menyebabkan alergi, tubuhmu juga bisa merespon alergi dari berbagai jenis zat atau senyawa.

Salah satunya adalah zat yang ada pada lem bulu mata palsu. Oleh sebab itu, perhatikan label produk untuk mengetahui kandungan apa saja yang digunakan. Poin ini penting untuk mencegah terjadinya iritasi mata.

Misalnya, kandungan formaldehyde pada lem bulu mata bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Apabila teriritasi, akan muncul beberapa gejala seperti gatal, mata merah, perih, hingga membengkak.

Gangguan Mata Akibat Bulu Mata Palsu

Sebenarnya, tidak ada masalah yang berarti dalma pemakaian bulu mata palsu selama kamu menggunakannya dengan tepat. Akan tetapi, gangguan mata seringkali tak terhindarkan saat kamu memakainya.

Bagaimanapun, kamu perlu mengetahui apa saja gangguan mata akibat fake eyelashes sehingga pada nantinya kamu bisa mengalami pencegahan dan paham bagaimana cara mengatasinya. Gangguan-gangguan mata tersebut di antaranya adalah:

1. Alergi lem bulu mata

Lem bulu mata digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu apda bulu mata asli. Bagi sebagian orang, lem tersebut sama sekali tidak menimbulkan masalah yang berarti, akan tetapi, sebagian yang lain mungkin tidak cocok dengan kandungan di dalamnya dan menyebabkan reaksi alergi muncul.

Kandungan formaldehyde merupakan salah satunya. Kandungan tersebut bisa memicu terjadinya alergi yang ditandai dengan mata perih, merah, gatal, dan lain-lain.

2. Infeksi mata

Infeksi mata bermula dari iritasi mata yang muncul akibat bulu mata palsu atau penyebab lainnya. Kemudian, iritasi yang tidak segera ditangani akan menyebabkan bakteri, virus, dan parasit masuk dan menginfeksi mata.

Apabila sudah terinfeksi, kamu harus segera mendapatkan penanganan medis dan mungkin dokter akan meresepkan obat antibiotik dan sejenisnya untuk menghentikan aktivitas dan perkembangan parasit tersebut.

Oleh sebab itu, selalu perhatikan kebersihan tangan dan peralatan yang kamu gunakan, ya!

3. Kerusakan bulu mata asli

Proses pelepasan bulu mata palsu yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan bulu mata aslimu lho, teman mata.

Kalau kamu tidak hati-hati saat melepasnya, akan sangat mungkin kalau bulu mata asli ikut terlepas bersamaan dengan fake eyelashes. Lebih parahnya lagi, folikel bulu mata asli bisa ikut tercabut dan berisiko menyebabkan kegagalan tumbuh pada bulu mata asli.

4. Luka pada mata

Dikenal sangat rentan, kita harus berhati-hati saat meletakkan suatu benda di sekitar mata, seperti halnya pada bulu mata palsu.

Luka atau cedera mata sangat mungkin terjadi akibat lem yang masuk ke dalam mata dan melukai permukaan mata seperti kornea. Hal tersebut berisiko menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan. Ih ngerinya…

5. Mata kering

Bulu mata palsu dipilih oleh sebagian orang karena bentuknya yang lebat dan panjang. Alasan ini masuk akal sebab bentuknya membuat tampilanmu lebih on-point. Meskipun demikian, fake eyelashes yang panjang berefek pada mata kering.

Hal tersebut dikarenakan bulu mata yang panjang bak kipas angin yang menyapu permukaan mata. Fenomena ini mengakibatkan permukaan mata cenderung lebih cepat mengering dan sindrom mata kering tak terhindarkan lagi.

6. Bintitan

Stye atau bintitan adalah jenis gangguan mata yang diakibatkan oleh bakteri yang menyumbat kelenjang minyak di sekitar bulu mata. Tersumbatnya kelenjang minyak menyebabkan sebuah benjolan mirip jerawat muncul.

Baca Juga: Menguak 3+ Faktor Risiko Oklusi Vena Retina, Salah Satunya Hipertensi!

Biasanya, benjolan pada bintitan terasa nyeri, panas, keras, kemerahan, serta kelopak mata membengkak. Sebetulnya, gangguan mata yang satu ini akan hilang dengan sendirinya begitu infeksi membaik.

Tips Memakai dan Melepas Bulu Mata Palsu

Buat para senior yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam hal pemakaianfake eyelashes, agaknya tidak butuh lagi tips memakai dan melepasnya, ya. Tapi, hal ini sangat penting buat kamu yang baru akan memulai memakainya, nih.

Ada beberapa tips memakai dan melepas fake eyelashes agar kamu tampil cantik dengan bulu mata palsu saat lebaran dan berbagai acara spesial lainnya, di antaranya seperti:

  • Jangan banyak bergerak. Agar bulu mata palsu terpasang sempurna dan tidak melukai matamu, kamu harus memasangnya dalam posisi tenang dan diam. Tidak direkomendasikan untuk memakainya di dalam mobil.
  • Cari tempat yang tenang. Tidak disarankan untuk kamu mengaplikasikan bulu mata palsu saat kamu berada di tempat ramai. Hal ini berisiko melukai kornea mata akibat gesekan alat ke matamu.
  • Washing hands. Tak henti-hentinya mengingatkan soal kebersihan sebab ribuan balteri mengancam kesehatan mata setiap saat. Pastiklan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh area mata ya, teman mata.
  • Gunakan air hangat atau penghapus bulu mata khusus. Dari sekian banyak jenis bulu mata palsu, kamu mungkin akan menemukan fake eyelashes yang sulit dilepaskan. Untuk memudahkannya, gunakan air hangat, cairan pelepas khusus, pembersih makeup mata, atau minyak kelapa untuk melepaskan perekat.

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu perihal rekomendasi bulu mata palsu yang akan membuat penampilanmu semakin memukau. Dilansir dari laman Popbela, ada beberapa merk bulu mata palsu yang direkomendasikan nih, seperti:

  • Artisan Professional
  • Blink Charm
  • AiGlow Lashes
  • Lavie Lash
  • Abstract Eye Expert
  • Meisa Bulu Mata
  • Joelly Beauty

Sejatinya, bulu mata palsu akan sia-sia kalau kesehatan matamu tidak terjaga. Misalnya, gangguan mata seperti bintitan, mata kering, mata iritasi, dan lain sebagainya, akan membuat penampilanmu kurang menarik.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan minum vitamin mata Eyebost.

Apa itu Eyebost?

Eyebost adalah vitamin mata berbahan dasar madu yang kaya akan kandungan antioksidan dan anti-inflammatory. Lebih dari itu, Eyebost mengandung ekstrak wortel, bilberry, dan bunga marigold yang mengandung vitamin A, C, E, dan senyawa lutein.

Kalau dikonsumsi setiap hari, Eyebost akan membantu menjaga kesehatan mata agar gangguan mata tidak ‘mampir’ dan mata selalu fokus, jernih, dan tajam. Ibaratnya nih, bulu mata palsu memperindah matamu dari luar, sedangkan Eyebost menyokong dari dalam.

Yuk, minum Eyebost sekarang juga dan rasakan manfaat dahsyatnya! Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi