Lifestyle

4 Jenis Operasi Laser Untuk Atasi Mata Rabun Tanpa Kacamata

/

by Shaffi Kareem


Pernahkah kalian mendengar tentang istilah mata rabun?

Di Indonesia, istilah mata rabun adalah istilah yang hampir diketahui oleh semua orang, mulai dari kalangan atas hingga bawah. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan tentang suatu kondisi ketika penglihatan mengalami penurunan fungsi sehingga mempengaruhi kualitas penglihatan itu sendiri.

Nah, mata rabun tidak boleh diremehkan nih, teman mata. Perawatan harus segera dilakukan untuk mengembalikan kualitas penglihatan serta mencegahnya dari kerusakan yang lebih parah. Oleh sebab itu, atasi mata rabun menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai topik utama dalam artikel kali ini.

In this session, pembahasan kita akan dimulai dengan mengenal apa itu mata rabun, atasi mata rabun, serta tips penting merawat mata rabun. Pembahasan kali ini dijamin ndaging banget, deh!

Okay, let’s have a seat and… happy reading!

Apa Itu Mata Rabun?

Dalam dunia medis, mata rabun disebut juga dengan kelainan refraksi. Saking banyaknya kasus kelainan refraksi, ahli medis mengatakan bahwa kelainan refraksi adalah kondisi paling umum yang mengakibatkan penglihatan buram.

Pada kondisi normal, setiap bagian mata memainkan perannya masing-masing dan tetap berkoordinasi untuk menghasilkan kualitas penglihatan yang baik.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Iritasi Mata Akibat Lensa Kontak dan 5 Risiko Pemakaian Lensa Kontak

Proses ini dimulai dari masuknya cahaya ke dalam mata melalui kornea, kemudian cahaya akan difokuskan melalui lensa ke retina. Pada bagian mata retina, cahaya akan diubah menjadi sinyal yang kemudian dikirimkan ke otak untuk menghasilkan gambar yang kita lihat.

Ada beberapa jenis mata rabun atau kelainan refraksi, yaitu rabun jauh, rabun dekat, presbiopi, dan astigmatisme. Apapun jenis kelainan refraksinya, penderitanya akan mengeluhkan penglihatan buram. Berikut di bawah ini penjelasan singkat tentang jenis-jenis kelainan refraksi:

  • Rabun jauh. Rabun jauh disebut juga dengan mata minus atau miopi. Mata rabun yang satu ini membuat penderitanya tidak mampu melihat benda jarak jauh. Atasi mata rabun jauh dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan kacamata minus.
  • Rabun dekat. Rabun dekat atau hipermetropi adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat benda jarak dekat. Atasi mata rabun dekat dilakukan dengan memakai kacamata plus.
  • Astigmatisme. Astigmatisme disebut juga dengan mata silinder, di mana benda-benda dalam jarak berapapun terlihat buram. Biasanya, penderitanya melihat benda lurus menjadi miring.
  • Presbiopi. Mata tua atau yang dikenal dengan istilah presbiopi umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Seperti halnya rabun dekat, kondisi ini mengakibatkan penderitanya tidak mampu melihat benda jarak dekat.

Perlu menjadi catatan bahwa kelainan refraksi terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Banyak kasus kelainan refraksi atau mata rabun yang terdeteksi sejak masa kanak-kanak. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kamu mengalaminya saat memasuki usia tertentu.

Ketika kamu merasakan perubahan pada kualitas penglihatanmu, pergilah untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata. Bahkan, ketika kamu telah menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk mengoreksi penglihatanmu, pemeriksaan mata wajib dilakukan secara berkala.

Atasi Mata Rabun Tanpa Kacamata, Mungkinkah?

Setelah sebelumnya kita membahas tentang mata rabun secara singkat, selanjutnya kita akan beralih ke pembahasan mengenai atasi mata rabun itu sendiri.

Perlu diketahui, atasi mata rabun tidak boleh asal-asalan. Pengobatannya harus disesuaikan dengan jenis mata rabun yang dialami dan kebutuhan setiap penderitanya.

Nah, beberapa dari kita mungkin pernah mendengar tentang klaim “atasi mata rabun tanpa kacamata”. Namun, apakah klaim itu valid dan dapat dipertanggungjawabkan dari segi medis?

Jadi, jawabannya adalah BISA. Akan tetapi, akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai ini ya, teman mata.

Atasi mata rabun tanpa kacamata sangat mungkin terjadi berkat kemajuan dunia medis yang diiringi dengan teknologi yang canggih. Operasi laser merupakan satu-satunya cara atasi mata rabun tanpa kacamata yang ada saat ini.

Secara umum, mata rabun diatasi dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak untuk mengoreksi kelainan refraksi yang ada. Hasilnya, kualitas penglihatan pun meningkat dan penderitanya dapat beraktivitas tanpa hambatan.

Nah, ada metode bernama operasi laser yang memungkinkan kesembuhan pada penderita mata rabun. Adapun beberapa operasi laser yang ada hingga saat ini, di antaranya adalah:

1. LASIK

LASIK, singkatan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusis, adalah jenis operasi laser yang dijalankan untuk atasi mata rabun atau kelainan refraksi.

Tujuan LASIK adalah untuk mengubah bentuk kornea mata untuk meningkatkan bagaimana sinar cahaya difokuskan pada retina mata. LASIK dapat menyembuhkan rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme.

Masih menjadi pengobatan mata rabun yang paling populer, operasi LASIK belum bisa dicover oleh BPJS nih, teman mata. Kamu pun harus merogoh kantong lumayan dalam untuk satu kali operasi, yaitu sekitar 25 juta rupiah.

2. LASEK

LASEK (Laser-Assisted Epithelial Keratomileusis) adalah prosedur yang dilakukan untuk mengoreksi kelainan refraksi dengan memanfaatkan sinar laser untuk mengubah bentuk kornea.

For your information, LASEK dan LASEK merupakan dua operasi laser yang berbeda, ya. Pada LASEK, sayatan hanya dibuat pada bagian luar kornea saja atau disebut dengan epitel.

Untuk kamu yang tidak masuk ke dalam kandidat untuk operasi LASIK, ahli medis mungkin merekomendasikan untuk memilih LASEK. Alasannya, LASIK melibatkan pemotongan sayatan yang lebih dalam pada kornea mata.

3. PRK

PRK atau Photorefractive Keratectomy adalah jenis operasi laser yang memanfaatkan sinar laser untuk mengatasi gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh kelainan refraksi.

Saat kamu mengalami kelainan refraksi, itu berarti cahaya yang masuk ke dalam mata tidak dibiaskan atau dibengkokkan dengan benar.

Seperti halnya LASIK, laser pada PRK akan membantu mengubah bentuk kornea sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata dapat difokuskan di retina. Hasilnya, terjadilah peningkatan kualitas penglihatan tanpa perlu memerlukan bantuan kacamata atau lensa kontak.

4. SMILE

Small Incision Lenticule Extraction atau yang disingkat menjadi SMILE adalah jenis operasi laser yang terbaru. Seperti jenis operasi laser yang lain, SMILE merupakan cara efektif atasi mata rabun jauh, rabun dekat, dan silinder atau astigmatisme.

Perbedaan SMILE dengan LASIK terletak pada ukuran sayatan. Pada LASIK, sayatan dibuat berukuran 22 mm dan bentuknya melingkar. Sementara itu, sayatan pada SMILE dibuat sangat minim, yaitu sekitar 2-4 mm saja.

Tips Penting Merawat Mata Rabun

Atasi mata rabun dengan memakai kacamata atau lensa kontak bukan akhir dari segalanya. Perawatan mata rabun perlu dilakukan untuk mencegahnya bertambah parah.

Buat kamu yang mengalami mata rabun, ada baiknya kamu mengikuti tips penting merawat mata rabun di bawah ini yang di antaranya seperti:

  • Batasi penggunaan gawai
  • Atur jarak pandang saat bermain gawai yaitu minimal 30 cm
  • Pakai kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan resep
  • Lindungi mata menggunakan kacamata anti radiasi, terutama saat berada di luar ruangan
  • Hindari merokok dan asap rokok
  • Gunakan pencahayaan yang cukup saat bermain gawai
  • Makan makanan yang mengandung nutrisi penting untuk mata

In the end, kita harus merawat mata sebaik mungkin untuk mencegah mata rabun bertambah parah atau kembali lagi bagi kamu yang sudah pernah menjalani operasi laser mata.

Selain cara di atas, kamu juga harus memastikan nutrisi untuk mata dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mata. Adapun nutrisi penting untuk mata, yaitu lutein, zeaxanthin, antosianin, vitamin A, C, dan E.

Nggak usah bingung, kamu juga bisa memenuhi nutrisi tersebut dari suplemen atau vitamin mata seperti Eyebost, lho.

Eyebost adalah vitamin mata yang terbuat dari 100% bahan alami berkualitas tinggi, seperti madu asli, ekstrak wortel, bunga marigold, dan buah bilberry yang mengandung vitamin A, C, E, serta antioksidan antosianin, polifenol, flavonoid, dan lutein. 

Dengan minum Eyebost setiap hari, penglihatan menjadi jernih, fokus, tajam, dan sehat bebas dari gangguan mata, salah satunya kelainan refraksi atau mata rabun. Meskipun tidak dapat atasi mata rabun, Eyebost dapat membantu kamu merawat mata agar tetap sehat, nih.

Yuk, langsung order Eyebost di website resminya untuk mendapatkan promo menarik!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi