Kesehatan

Mengalami Mata Kedutan Pertanda Baik atau Buruk? Ini 3 Mitos Mata Kedutan yang Paling Populer

/

by Shaffi Kareem


Dalam masyarakat kita, masih banyak mitos yang dipercaya secara turun temurun dari leluhur. Hal ini kerap kali menimbulkan pro dan kontra di era serba canggih seperti saat ini. Salah satunya adalah tentang mata kedutan.

Siapa nih di sini yang pernah mengalami mata kedutan?

Ciye, kalau kata orang sih katanya ada yang kangen, nih. Kendati demikian, apakah mitos tersebut terbukti benar adanya?

Tenang, artikel kali ini akan membahas tentang mata kedutan, mulai dari penyebab, mitos dan fakta seputar mata kedutan, dan bagaimana cara mengatasi mata kedutan itu sendiri. Karena laman ini fokus pada dunia kesehatan, kita akan mengupasnya dari sisi medis ya, teman mata.

Mengalami Mata Kedutan dan Penyebabnya

Kedutan kelopak mata sering terjadi dan mungkin disebabkan oleh berbagai hal, seperti mata lelah, iritasi mata atau kurang tidur. Kedutan yang parah atau terus menerus mungkin merupakan tanda adanya masalah kesehatan tertentu yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kontraksi kelopak mata dan kedutan merupakan kejang otot kelopak mata yang berulang dan tidak disengaja.

Biasanya, kedutan kelopak mata terjadi dalam periode tak terduga berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa jam. Kedutan kronis dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Kebanyakan kasus kedutan tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya, dan dapat hilang tanpa pengobatan medis.

Dalam kasus yang jarang terjadi, mengalami mata kedutan mungkin merupakan tanda peringatan awal dari gangguan gerakan kronis, khususnya apabila gerakan wajah lain atau gerakan tak terkendali menyertai kejang tersebut.

Melansir dari laman Healthline, ada banyak penyebab mata kedutan yang mungkin terjadi, di antaranya adalah:

  • Kelelahan
  • Kurang tidur
  • Konsumsi kafein berlebihan
  • Stress atau kecemasan
  • Olahraga
  • Konsumsi alkohol
  • Paparan iritan, seperti polusi udara, cahaya yang terlalu terang, dan angin
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Merokok
  • Obat-obatan, misalnya clozapine, topiramate, dan flunarizine
  • Mata kering
  • Multiple sclerosis
  • Uveitis
  • Blefaritis
  • Konjungtivitis
  • Migrain

Baca Juga: 4 Jenis Operasi Laser Untuk Atasi Mata Rabun Tanpa Kacamata

Mitos Mata Kedutan

Hidup dalam kelompok sosial berarti kita harus siap dengan segala bentuk informasi yang tersebar dari mulut ke mulut. Let’s say, mitos.

Ada banyak mitos yang tersebar di masyarakat dan hingga kini masih menimbulkan kesimpangsiuran informasi. Akibatnya, tidak jarang hal tersebut menimbulkan pro dan kontra, terutama ketika isu tersebut bersinggungan dengan dunia medis.

Hal tersebut terjadi juga ketika kita mengalami mata kedutan. Sudah menjadi barang pasti, akan ada celetukan yang sama sekali tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berikut di bawah ini adalah mitos dan fakta mata kedutan yang berseliweran di masyarakat, di antaranya meliputi:

1. Bertemu dengan Sanak Saudara

Ketika mengalami mata kedutan, beberapa orang menyebutkan bahwa hal tersebut menandakan bahwa akan kita akan dipertemukan dengan sanak saudara yang telah lama berpisah.

Namun, ini sepenuhnya adalah mitos ya, teman mata. Pernyataan tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan melibatkan kepercayaan tertentu.

2. Mendapatkan Keberuntungan

Satu lagi contoh mitos mata kedutan yang tidak didasari dengan fakta. Pernyataan bahwa mengalami mata kedutan merupakan tanda akan mendapatkan keberuntungan merupakan mitos mata kedutan yang berasal dari habitat asal panda, China.

Kendati demikian, sebagian yang lain mempercayai bahwa mengalami mata kedutan khususnya sebelah kiri merupakan suatu tanda bahwa kita akan segera menangis.

3. Kematian Keluarga

Masih dalam topik kesialan, mitos mata kedutan dari Hawai terkesan lebih menakutkan. Mereka mengatakan bahwa mengalami mata kedutan terus menerus merupakan tanda akan ada kematian dalam keluarga.

Ih ngeri banget gaes…

Namun, beberapa di antaranya mengatakan bahwa mata kedutan sebelah kiri menandakan akan ada hadirnya orang asing.

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Setelah kita membahas tentang apa itu mata kedutan, penyebab, dan mitos ketika mengalami mata kedutan, selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi mata kedutan.

Sebenarnya, pengobatan mata kedutan tergantung pada penyebabnya. Bahkan, terkadang mengalami mata kedutan tidak berarti kita harus menerima pengobatan sebab penyebabnya terbilang normal dan tidak berbahaya sama sekali.

Ahli medis mungkin akan memberikan obat-obatan tertentu untuk mengatasi beberapa penyebab mata kedutan, seperti halnya pemberian suntikan onabotulinumtoxinA atau yang dikenal dengan sebutan BOTOX.

Beberapa kasus mata kedutan dengan penyebab tertentu mungkin membutuhkan pendekatan dengan pengobatan lain, misalnya pemakaian kacamata atau lensa kontak untuk mengoreksi penglihatan, atau bahkan operasi tertentu.

Pada sub-bab pertama, kita dapat melihat deretan penyebab mata kedutan yang begitu beragam. Untungnya, ahli medis memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni untuk menentukan perawatan seperti apakah yang dibutuhkan.

Sebelumnya, mereka akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai kondisi yang kita alami, di antaranya seputar penyebab dan pengobatan apakah yang efektif untuk mengatasinya. Tentu, mereka akan memastikan pengobatan tersebut aman dilakukan sebab kondisi setiap pasien berbeda antara satu dengan yang lain.

Bagaimanapun, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan di rumah ketika mengalami mata kedutan nih, teman mata. Melansir dari laman Cleveland Clinic, pengobatan mandiri mata kedutan, di antaranya seperti:

  • Tidur cukup 7-8 jam sehari
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Kelola stress dengan baik
  • Batasi konsumsi kafein
  • Hentikan pemakaian produk dengan kandungan nikotin

Bagaimanapun, mengalami mata kedutan bukan suatu hal yang harus ditakuti selama tidak menimbulkan nyeri dan hilang dengan sendirinya. Namun, bukan berarti kita mengabaikan kesehatan mata, ya.

Memelihara kesehatan mata sangat penting dalam kehidupan kita, bahkan kalau memungkinkan, jadikan hal tersebut sebagai salah satu prioritas dalam hidup.

Peran mata dalam hidup kita tak terbantahkan. Selain memudahkan aktivitas, mata sehat merupakan salah satu indikasi baiknya kualitas hidup seseorang, mengingat mata sehat mencerminkan tubuh yang sehat.

Oleh karenanya, ada upaya-upaya yang harus dilakukan demi mewujudkan tujuan tersebut, salah satunya adalah minum vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan secara khusus dan apik untuk memelihara kesehatan mata, termasuk di dalamnya kualitas penglihatan, memastikannya terhindar dari gangguan mata, serta mengatasi iritasi mata yang kamu alami.

Eyebost terbuat dari bahan-bahan unggulan dan berkualitas tinggi seperti madu asli, ekstrak buah bilberry, bunga marigold, dan wortel. Karenanya, kamu akan memperoleh nutrisi penting untuk mata, mulai dari vitamin A, C, E, serta antioksidan polifenol, flavonoid, antosianin, dan lutein.

Dilihat dari keamanannya, Eyebost tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak berusia 2 tahun hingga kalangan lanjut usia. Terlebih lagi, Eyebost telah mengantongi izin edar BPOM dan Halal MUI, lho.

Buat kamu yang ingin melindungi kesehatan mata, Eyebost sangat tepat dijadikan sebagai vitamin mata harian demi penglihatan dan masa depan yang cerah.

Tunggu apalagi, yuk segera pesan Eyebost di website resminya untuk memperoleh penawaran menarik dan sesi konsultasi gratis dengan customer service kami!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi