Kesehatan

Mata Bengkak Sebelah Bikin Tidak Nyaman? Kenali 8 Penyebabnya!

/

by Shaffi Kareem


Pernah nggak sih kamu mendengar ungkapan ”buku adalah jendela dunia”?

Nyatanya, kebenaran ungkapan tersebut sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Akan tetapi, kamu juga harus tahu kalau mata kita juga ikut andil di dalamnya lho, teman mata!

Bagaimana tidak? Mata adalah tempat masuknya segala informasi visual yang nantinya diproses dan disimpan sebagai memori di dalam otak kita. Jadi, kebayang kan kalau mata kita mengalami gangguan, salah satunya mata bengkak sebelah.

Meskipun hanya terjadi pada salah satu mata saja, tidak dapat dipungkiri kalau kita akan merasa tidak nyaman. Terlebih lagi, mata adalah organ yang selalu kita gunakan setiap saat.

Kebetulan banget nih kalau kali ini kita akan mengambil topik mengenai mata bengkak sebelah berikut penyebab dan cara mengatasinya. Pertama, kita mulai dengan pembahasan secara umum dulu, ya!

Mengalami Mata Bengkak Sebelah

Panik. Satu kata yang cukup untuk menggambarkan bagaimana kita saat mendapati salah satu mata membengkak.

Sesuai dengan namanya, istilah mata bengkak sebelah digunakan untuk mendefinisikan pembengkakan pada salah satu mata nih, teman mata.

Umumnya, pembengkakan adalah suatu tanda adanya peradangan atau inflamasi. Gejala-gejala penyertanya lah yang akan membedakan antara satu kondisi dengan kondisi lainnya.

Misalnya, pembengkakan mata yang disertai dengan belek atau kotoran mata akan berbeda dengan mata bengkak yang hanya disertai dengan mata merah dan iritasi. Belum lagi kalau ternyata kondisi tersebut disertai dengan penglihatan buram, dan sebagainya.

Moreover, perhatikan juga apakah mata bengkak sebelah hilang dengan sendirinya atau bertahan cukup lama. Kalau ternyata tidak kunjung membaik, segeralah konsultasikan dengan dokter spesialis mata guna mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pun, mata bengkak sebelah merupakan gangguan mata yang dapat menyerang siapapun dan tidak  memandang usia, jenis kelamin, suku, ataupun ras.

Kita tidak perlu khawatir berlebihan, akan tetapi kita juga tidak boleh membiarkannya begitu saja agar tidak berdampak fatal bagi kesehatan mata.

Penyebab Mata Bengkak Sebelah

Bukan hal sepele, mata bengkak sebelah mendatangkan dampak yang kurang baik untuk kita, nih. Mulai dari mengganggu aktivitas sehari-hari, menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata, hingga membuat rasa percaya diri anjlok.

Baca Yuk: Mengalami Masalah Mata Bengkak? Inilah 17 Penyebabnya, Ketahui!

Tetapi, untuk mengobatinya pun kita harus tahu apa sih penyebab mata bengkak sebelah. Adapun beberapa penyebab bengkak mata sebelah yang bisa kita gali bersama, di antaranya adalah:

1. Mengucek mata

Siapa sih yang nggak pernah mengucek mata? Nyatanya, mengucek mata adalah bagian dari respon alami tubuh yang terjadi saat mata kita terasa gatal atau tidak nyaman.

Akan tetapi, perlu diketahui kalau mengucek mata terlalu sering dan keras akan menyebabkan mata bengkak sebelah khususnya pada area kelopak mata. Bahkan, tidak jarang hal tersebut memicu iritasi mata.

Hal ini akan jauh lebih parah kalau kita menyentuh mata dengan tangan kotor. Berbagai jenis kotoran dan mikroorganisme berisiko menginfeksi mata.

2. Gigitan serangga

Tidak seperti mengucek mata, gigitan serangga tidak bisa kita hindari. For your information, ludah yang dikeluarkan serangga saat menggigit menyebabkan bekas gigitan tersebut membengkak.

Maka dari itu, kalau kamu terkena gigitan nyamuk atau semut pada area mata, hal tersebut sangat memungkinkan terjadinya mata bengkak sebelah.

3.Cedera

Cedera yang diakibatkan karena benturan benda tumpul seperti halnya saat kecelakaan berisiko menyebabkan bengkak yang seringkali disertai juga dengan memar.

Kalau benturan tersebut terjadi pada salah satu mata, maka besar kemungkinan mata bengkak sebelah terjadi.

Generally, bengkak dan memar muncul akibat kerusakan jaringan ikat dan otot yang disebabkan oleh benturan namun tidak menimbulkan luka terbuka.

Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga minggu, akan tetapi tetap awasi perkembangannya. Pertolongan medis mungkin dibutuhkan kalau bengkak tak kunjung hilang.

4. Bintitan

Saking banyaknya kasus bintitan, istilah ini menjadi begitu familiar di telinga kita ya, teman mata.

Bintitan adalah suatu kondisi di mana ada benjolan menyerupai jerawat yang ‘bertengger’ di kelopak mata. Benjolan ini terasa nyeri saat ditekan.

Penyebab mata bengkak sebelah yang satu ini adalah adanya penyumbatan kelenjar minyak yang berukuran sangat kecil di sekitar mata. Sayangnya, penyumbatan ini berujung pada infeksi nih, teman mata.

5. Dacryocystitis

Istilah medis dacryocystitis diartikan sebagai peradangan atau inflamasi pada kelenjar air mata akibat saluran air mata yang tersumbat.

Siapun bisa terkena peradangan jenis ini, entah itu bayi baru lahir ataupun orang dewasa sekalipun. Bagaimanapun, antibiotik biasanya diberikan agar infeksi tidak semakin parah.

6. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan yang menyerang kulit. Jenis dermatitis kontak alergi merupakan salah satu penyebab mata bengkak sebelah.

Dermatitis kontak alergi bermula ketika penderitanya bersentuhan dengan zat yang memicu reaksi alergi atau yang seringkali disebut dengan alergen, misalnya makanan, obat-obatan, dan lain-lain.

Selain bengkak pada mata, dermatitis kontak alergi disertai juga dengan gejala seperti kulit kering, perih, gatal, melepuh, ruam, tampak gelap, hingga sensitif terhadap cahaya matahari.

7.   Infeksi sinus ethmoid

Secara umum, sinus memiliki gejala berupa bengkak di sekitar wajah dan mata. Kondisi ini dapat berkembang menjadi sinus kronis, salah satunya ketika infeksi terjadi.

Kemudian, sinus ethmoid diartikan sebagai infeksi sinus yang terjadi pada area dekat mata. Bukan hanya mata bengkak sebelah, kondisi ini ditandai dengan wajah bengkak, pilek lebih dari 10 hari, lendir hidung tebal, sakit kepala, tenggorokan, batuk, bau mulut, demam, dan lain-lain.

8. Selulitis periorbital

Tidak boleh disepelekan, selulitis periorbita masuk ke dalam kondisi serius lho, teman mata!

Selulitis periorbital (periorbital cellulitis) adalah infeksi yang menyerang jaringan lunak dan lemak pada rongga bola mata atau eye socket.

Mata bengkak sebelah merupakan salah satu gejala yang akan muncul saat infeksi ini terjadi. Lebih parahnya lagi, kondisi ini akan membuat salah satu mata cenderung lebih menonjol daripada mata yang lain.

Mata Bengkak Sebelah Saat Bangun Tidur, Kenapa?

Kamu mengalami mata bengkak sebelah saat bangun tidur? Eitsss jangan panik dulu!

Inhale… Exhale…

Mata bengkak sebelah pasti ada penyebabnya, kok. Nah, tugas kita adalah mencari tahu apa sih penyebab bengkak pada salah satu mata.

Terbilang mendadak, umumnya, mata bengkak sebelah saat bangun tidur disebabkan oleh hal-hal yang tidak berbahaya. Gigitan serangga adalah salah satunya.

Serangga berupa tungau biasanya bersarang di kasur yang tidak rutin dibersihkan. Mereka sangat menyukai habitat di mana ada banyak kotoran di sana.

Jadi, ketika kamu jarang membersihkan kasur, jangan heran kalau kamu akan mendapati salah satu mata membengkak saat bangun tidur. Besar kemungkinan bengkak tersebut disebabkan oleh gigitan tungau.

Ihh… menjijikan sekali, ya!

Cara Mengatasi Mata Bengkak Sebelah

Mata adalah organ yang sangat penting dalam kehidupan kita. Bukan hanya membantu melakukan berbagai aktivitas, tetapi kesehatan mata berkaitan langsung dengan kualitas hidup manusia.

Oleh karenanya, terjadinya mata bengkak sebelah harus segera diatasi sebelum bertambah fatal, mulai dari gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Berikut merupakan beberapa cara mengatasi mata bengkak sebelah yang bisa kita lakukan sendiri di rumah ataupun meminta pertolongan medis kepada ahlinya, seperti:

  • Kompres dingin. Cara sederhana ini terbukti bisa menjadi salah satu cara mudah untuk meredakan mata bengkak akibat mengucek mata berlebihan dan benturan benda tumpul.
  • Kompres hangat. Kompres hangat diberikan kalau kamu mengalami mata bengkak sebelah akibat gigitan serangga dan bibtitan.
  • Antibiotik. Untuk penyebab mata bengkak sebelah berupa dacryocystitis dan selulitis periorbita, kamu perlu memberikan obat antibiotik baik dari mulut, infus, tetes mata, maupun salep. Tetapi, obat jenis ini harus diresepkan langsung oleh dokter, ya.
  • Antihistamin. Obat antihistamin merupakan obat yang diberikan untuk meredakan respon alergi seperti halnya mata bengkak sebelah.
  • Dekongestan. Obat dekongestan diberikan untuk mengeringkan sinus sehingga diharapkan, mata bengkak sebelah akan turut membaik.

Wah, ternyata pembahasan mata bengkak sebelah bisa sangat kompleks, ya. Diharapkan kalau pembahasan ini tidak hanya habis dibaca, tetapi juga diresapi sehingga kita menyadari betul kalau ternyata kesehatan mata tidak ada duanya.

Sebelum terjadi hal-hal seperti di atas, ada baiknya kita mencegahnya sebisa mungkin dengan menjaga kesehatan mata. Dari begitu banyak cara, salah satunya adalah mengonsumsi vitamin mata.

Seringkali terabaikan, vitamin mata sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata dari dalam berkat nutrisinya yang sangat luar biasa. Begitu pula yang terjadi ketika kita rutin mengonsumsi vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost mencakup kebutuhan nutrisi untuk mata mulai dari vitamin A, C, E, dan berbagai jenis antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, serta flavonoid.

Soal kandungannya, juara umum!

Vitamin mata Eyebost memang beda dari vitamin mata yang lain. Berbahan dasar madu hutan asli, Eyebost dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan-bahan alami lainnya seperti ekstrak buah bilberry, wortel, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Rasanya pun manis dan segar sehingga akan sangat tepat kalau madu Eyebost dikonsumsi sehari-sehari sebagai vitamin mata keluarga di rumah oleh anak-anak di atas 2 tahun, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia sekalipun.

Yuk, meluncur ke website resmi Eyebost dan pesan sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi