Kesehatan

5 Penyebab Mata Berdarah: Benarkah Akibat Bermain HP?

/

by Shaffi Kareem


Waktu masih anak-anak, bermain petak umpet dan permainan tradisional lainnya kita lakukan hampir setiap hari. Tidak jarang kalau kita sering terjatuh dan terluka pada tangan, kaki, atau wajah.

Mungkin kita akan menangis sesaat melihat luka berdarah, but it will not stop us. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa bukan hanya bagian luar tubuh saja yang bisa terluka dan berdarah?

Kamu harus tahu nih kalau ada sebuah kondisi ketika mata berdarah sehingga membuat mata menjadi berwarna kemerahan.

Apa itu mata berdarah dan bagaimana cara mengatasinya? Kedua hal tersebut akan kita bahas pada kesempatan kali ini, beserta pembahasan tentang bahaya mata bedarah. Tanpa basa-basi lagi, kita langsung ulas bersama, yuk!

Apa Itu Mata Berdarah?

Kalau lutut atau siku tangan yang berdarah mungkin hal yang wajar, ya. Tapi, apa jadinya bila mata berdarah? Perlu kamu ketahui bahwa mata berdarah bukan berarti darah mengucur dari dalam mata seperti air mata pada umumnya.

Mata berdarah adalah suatu kondisi di mana ada bercak kemerahan pada mata yang biasanya terdapat di bagian tubuh mata atau sklera.

Kondisi ini diartikan juga sebagai pendarahan atau rusaknya pembuluh darah yang melibatkan lapisan jaringan pada permukaan luar mata.

Baca Juga: Mata Kanan Kedutan? Yuk Ketahui Faktanya!

Umumnya, penderitanya tidak menyadari bahwa mereka mengalami mata berdarah karena kondisi ini tidak menimbulkan nyeri mata dan gejala lainya.

Penderitanya akan menyadari saat bercermin atau ketika ada seseorang yang memberitahukannya.

Jenis Gangguan Mata Berdarah

Mata berdarah berbeda dengan mata merah pada umumnya. Mata merah biasanya diakibatkan oleh mata iritasi seperti mata kering atau mata lelah yang biasanya menimbulkan mata merah dan akan membaik dengan sendirinya.

Sementara itu, mata berdarah termasuk ke dalam kondisi yang harus segera mendapatkan perawatan sesegera mungkin guna mencegah kondisi tersebut menjadi lebih parah.

Sebelum melakukan tindakan, kita juga harus tahu penyebab mata berdarah terlebih dahulu, antara lain seperti:

1. Perdarahan Subkonjungtiva

Pada mata bagian depan, ada sebuah bagian mata bernama konjungtiba yang melnyelimuti bagian mata berwarna putih (sklera). Konjungtiva memiliki pembuluh darah yang tidak namapak dengan mata telanjang karena ukurannya yang amat kecil.

Bagaimanapun, subconjunctival hemorrhage atau perdarahan subkonjungtiva adalah kebocoran atau kerusakan pembuluh darah di bawah konjungtiva. Perdarahan ini menyebabkan darah terjebak di pembuluh darah atau di antara konjungtiva dan sklera.

Dengan adanya perdarahan ini, pembuluh darah pada kojungtiva akan lebih nampak. Akan tetapi, kondisi ini tidak menimbulkan nyeri dan tidak pula mempengaruhi penglihatan. umumnya, keadaan akan membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu.

2. Hifema

Apabila kamu perhatikan dengan seksama, ada suatu bagian mata menyerupai kubah transparan yang terletak di antara kornea dan iris. Bagian ini menjadi tempat berkumpulya darah yang mengalami kebocoran pada penyakit hifema.

Adapun beberapa penyebab hifema yang menyebabkan pembuluh darah bocor dan nampak seperti mata berdarah, anatra lain seperti trauma, penyakit mata (tumor iris, leukimia, hemofilia, dan lain-lain), atau penggunaan obat-obatan.

Apabila tidak segera ditangani, hifema dapat mempengaruhi penglihatan dan penglihatannya berisiko mengalami kehilangan penglihatan permanen.

3. Perdarahan pada mata bagian dalam

Mata berdarah juga bisa terjadi pada mata bagian dalam yang tidak nampak pada permukaan mata. Tetapi, biasanya mata berdarah di dalam juga menyebabkan mata kemerahan meskipun kerusakan pembuluh darah terjadi di dalam bola mata.

Ada beberapa jenis perdarahan di dalam mata, misalnya:

  • Perdarahan vitreous, terjadi pada cairan di dalam mata
  • Perdarahan subretina, di area di bawah retina
  • Perdarahan submakula, perdarahan terjadi di bawah makula (bagian retina)

Penyebab Mata Berdarah

Setelah kita mengetahui bersama perihal jenis-jenis gangguan mata penyebab mata berdarah, kita juga harus tahu apa saja penyebab mata berdarah. Pembahasan ini akan berguna bagi kita dalam proses pencegahan, serta membantu dokter dalam proses penanganan.

Untuk itu, ada beberapa faktor penyebab yang memungkinkan kamu terkena mata berdarah nih, di antaranya adalah:

1. Mengucek Mata Terlalu Keras

Beberapa gangguan mata seperti mata kering dan mata lelah akibat gadget biasanya akan menyebabkan mata terasa gatal. Buat kamu yang tidak tahan dengan rasa gatal, mengucek mata adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

Tapi, mengucek mata juga bisa menyebabkan mata sakit, lho! Kuatnya gesekan saat mengucek mata akan merusak konjungtiva atau lapisan bening di permukaan mata dan kemungkinan pembuluh darah mata pecah. Kondisi ini memicu terjadinya mata berdarah.

2. Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab mata berdarah pada jenis gangguan mata perdarahan subkonjungtiva. Tingginya tekanan darah bisa membuat pembuluh darah pecah sehingga darah tersebar ke area mata.

Kondisi ini memang tidak langsung menimbulkan hilangnya penglihatan, tetapi apabila kamu mengalaminya, segera minta bantuan ke dokter, ya. Kamu tidak perlu khawatir, perdarahan konjungtiva akibat hipertensi bisa disembuhkan kok!

3. Terlalu Kuat Saat Batuk atau Bersin

Ada sebagian orang yang bilang bahwa bersin yang kuat lebih melegakan tubuh. Tapi, jangan telan mentah-mentah ucapan tersebut, ya!

Menahan bersin sama halnya dengan menahan sebuah bom untuk meledak. Tekanan yang seharusnya dikeluarkan seperti bersin, akan tependam dan justru merusak bagian dalam tubuh. Risiko menahan bersin adalah pecahnya pembuluh kapiler di hidung, gendang telinga, dan mata.

4. Kelainan Pada Pembekuan Darah

Salah satu kelainan pembekuan darah adalah hemofilia. Kelainan ini terjadi akibat kekurangan asupan protein yang sejatinya berperan dalam proses pembekuan darah.

Kondisi ini yang kemudian memicu perdarahan mata, bahkan memungkinkan perdarahan tak kunjung membaik dalam kurun waktu lebih dari 2 minggu. Tidak boleh disepelekan, mata berdarah yang dialami oleh penderita hemofilia harus ditangani dengan cepat.

5. Trauma Mata

Trauma atau cedera pada mata yang diakibatkan oleh benda tajam atau tumpul bisa menyebabkan mata berdarah, misalnya kamu jatuh tersungkur dengan wajah menghadap ke tanah.

Kejadian tersebut memungkinkan matamu membentur tanah atau batu sehingga terjadilah cedera yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan mata nampak bercak kemerahan seperti darah yang tertahan di dalam.

Mata Berdarah Akibat Main HP, Benarkah?

Selama ini, ada informasi yang berkembang luas di masyarakat perihal mata berdarah karena main hp. Tapi, apakah informasi ini akurat apabila dibedah dari segi medis?

Faktanya, mata berdarah sama sekali tidak ada kaitannya dengan interaksi gadget atau hp sama sekali. Kecuali, hp tidak sengaja terlempar ke arah mata dan menimbulkan trauma, maka ada kemungkinan terjadinya pecahnya pembuluh darah dan menyebabkan mata berdarah.

Kesimpulannya, mata berdarah akibat main hp tidak benar ya, bestie. Kamu bisa membantu untuk meluruskan informasi ini ke tetangga, kerabat dan teman-teman terdekatmu supaya berita ini tidak simpang siur di masyarakat.

Mata Berdarah Apakah Berbahaya?

Selain menyeramkan, mata berdarah merupakan kondisi serius yang harus segera mendapatkan perawatan oleh ahli medis.

Meskipun terkadang tidak menimbulkan nyeri, bukan berarti bahwa kondisi ini dapat dibiarkan begitu saja.

Mata berdarah yang tidak ditangani dapat mengganggu penglihatan dan lama kelamaan berisiko menimbulkan kebutaan permanen.

Oleh karenanya, konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Tapi, kamu juga harus menyeimbangkan tindakan medis dengan menerapkan pola hidup sehat ya, bestie, karena akan sia-sia kalau pola hidup kita pun masih berantakan.

Tindakan medis mungkin akan menyembuhkan penyakit yang kita alami, namun tidak ada jaminan kalau kita tidak akan terkena penyakit yang sama untuk kedua kalinya.

Maka dari itu, pola hidup yang sehat harus diterapkan. Ada beberapa cara mencegahnya, salah satunya adalah mengonsumsi vitamin mata Eyebost. Vitamin mata ini diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Kandungan ekstrak wortel, bilberry, bunga marigold, dan madu asli, turut memperkaya nutrisi untuk mata seperti vitamin A, C, antioksidan, dan senyawa lutein. Sudah ada studi yang membuktikan kalau kandungan di atas sangat dibutuhkan oleh mata.

Tak hanya nilai gizinya, rasanya pun sangat lezat. Madu asli yang memiliki cita rasa manis dikombinasikan dengan flavour blueberry yang segar, membuat Eyebost digemari oleh segala usia bahkan anak-anak sekalipun.

Jadi, tunggu apalagi, bestie? Yuk, minum Eyebost secara rutin setiap hari untuk mata sehat dambaan semua orang. Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi