Lifestyle

Cari Tau Pengertian Mudik Lokal dan 5 Tips Persiapan Mudik Lebaran Di Sini!

/

by Shaffi Kareem


Masa-masa pandemi COVID-19 begitu membekas di hati dan memori kita semua. Bukan hanya tentang virus dan kehilangan orang tercinta, namun masa tersebut juga telah merenggut kesempatan kita untuk berkumpul dengan keluarga terutama saat lebaran.

Pembatasan mobilitas telah diatur oleh pemerintah sedemikian rupa guna mencegah penyebaran virus. Mudik lebaran pun terpaksa harus diurungkan. Saat itu, pemerintah hanya mengizinkan untuk melakukan mudik lokal saja.

By the way, tahukah kamu apa pengertian mudik lokal?

Betapa beruntungnya bagi kamu yang mampir ke artikel ini. Mudik lokal akan menjadi topik utama kita kali ini, meliputi pengertian mudik lokal, ketentuan pemerintah mengenai mudik lokal, serta tak lupa tips persiapan mudik lebaran setelah COVID-19.

Nggak perlu basa-basi lagi, kita langsung masuk ke pembahasan pertama terkait pengertian mudik lokal, yuk!

Pengertian Mudik Lokal

pengertian mudik lokal

Bagi para perantau, mudik adalah surga. Setelah sekian lama tinggal di kota asing, tibalah saatnya untuk pulang ke kampung halaman untuk mengobati kerinduan dengan keluarga tercinta.

Umumnya, mudik dilakukan rutin setiap tahun menjelang Idul Fitri. Tidak heran kalau jalanan menjadi lebih penuh dan sesak dari biasanya saat musim mudik berlangsung.

Baca Juga: 7 Tips Mudik Hemat Agar Budget Tidak Membengkak

Bagaimanapun, surga dunia ini berubah menjadi neraka saat pandemi COVID-19 muncul di tengah-tengah kita. Tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia gempar dibuatnya.

Setiap hari diberitakan update jumlah korban jiwa akibat ganasnya virus Corona. Mau tidak mau, pemerintah terpaksa menerapkan pembatasan mobilitas di seluruh daerah. Semua sekolah dan kantor diliburkan dan penerapan sistem daring diberlakukan selama hampir 2 tahun lamanya.

Di samping itu, masa kelam tersebut semakin terasa sesak sebab turut merenggut kesempatan untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga tercinta, khususnya saat hari raya tiba.

Selang setahun berlalu, pemerintah akhirnya mengizinkan untuk melakukan mudik lokal di Indonesia. Berita ini jelas menjadi angin segar, terutama bagi para perantau yang merindukan keluarga di kampung halaman.

Ngomong-ngomong soal mudik lokal, tahukah kamu apa pengertian mudik lokal itu?

Sejak aturan tersebut dikeluarkan yaitu sekitar pertengahan tahun 2021 sampai detik ini, mungkin masih banyak dari kita yang belum mengerti perihal pengertian mudik lokal itu sendiri. Padahal, istilah ini penting untuk diketahui untuk lebih memahami tentang kebijakan pemerintah nih, teman mata.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, pengertian mudik lokal adalah mudik yang diperbolehkan untuk masyarakat yang berada di wilayah aglomerasi.

Perlu kita ketahui bersama, pengertian aglomerasi adalah pemusatan atau pengumpulan dalam kawasan atau lokasi tertentu. Artinya, pemerintah memperbolehkan untuk melakukan mudik antar kabupaten atau kota yang saling terhubung.

Untuk lebih memahami tentang pengertian mudik lokal, kita akan ambil satu contohnya. Bagi masyarakat Jakarta, mereka diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke beberapa kota lainnya, sepeti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Wilayah aglomerasi tersebut dikenal dengan singkatan Jabodetabek.

Kendati demikian, ketentuan tersebut sudah dicabut mengingat aturan mengenai pembatasan mobilitas telah lama tidak diberlakukan lagi, tepatnya pada akhir tahun 2022.

Ketentuan Mudik Lokal

Ilustrasi Mudik pada Artikel Pengertian Mudik Lokal

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai pengertian mudik lokal, selanjutnya kita akan mengulas sedikit mengenai ketentuan mudik lokal yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Bukan dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres), ketentuan mudik lokal tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Dinyatakan dalam aturan tersebut bahwa masyarakat dalam wilayah aglomerasi diizinkan untuk melakukan mudik atau perjalanan selama daerah yang dituju merupakan bagian dari wilayah aglomerasi itu sendiri.

Apabila kita menilik aturan tersebut, setidaknya ada delapan wilayah aglomerasi yang diperbolehkan untuk melakukan mudik lokal, di antaranya meliputi:

  • Medan Raya: Medan, Karo, Deli Serdang, Binjai
  • Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi
  • Bandung Raya: Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi
  • Solo Raya: Kota Solo, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, Sragen
  • Semarang Raya: Semarang, Ungaran, Demak, Kendal, Purwodadi
  • Yogyakarta Raya: Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo
  • Surabaya Raya: Surabaya, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Bangkalan, Sidoarjo
  • Makassar Raya: Makassar, Maros, Takalar, Sungguminasa

Meskipun diizinkan untuk mudik, masyarakat harus menaati peraturan yang berlaku demi mencegah lonjakan penyebaran virus COVID-19, di antaranya seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, serta menjauhi kerumunan.

Di samping itu, adapun kriteria yang harus dipenuhi sebelum melakukan mudik lokal, salah satunya adalah memastikan tubuh dalam kondisi yang sehat dan fit untuk melakukan perjalanan.

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Ilustrasi Persiapan Mudik pada Artikel Pengertian Mudik Lokal

Menengok apa yang terjadi beberapa tahun ke belakang, agaknya kita harus lebih banyak bersyukur akan nikmat sehat yang sangat mahal harganya. Ucapkanlah terima kasih pada diri sendiri karena telah tangguh dan kuat menghadapi masa-masa kelam tersebut.

Bagaimanapun, aturan mudik lokal telah lama dicabut. Meskipun kita telah bebas melakukan mudik saat lebaran, adapun tips persiapan mudik lebaran agar lebaran dan liburan aman dan nyaman sampai ke kampung halaman, di antaranya adalah:

1. Pastikan Kendaraan Berfungsi dengan Baik

Menjelang mudik, kamu mungkin akan menemukan hampir semua bengkel dipenuhi dengan pelanggan. Bagaimana tidak, pengecekan kendaraan sebelum mudik sangat krusial, lho.

Kita harus memastikan bahwa setiap bagian kendaraan dalam kondisi dan fungsi yang baik untuk melakukan perjalanan jauh. Agar lebih yakin, kamu dapat meminta bantuan tenaga profesional seperti teknisi mesin, dan lain-lain.

2. Cek Kondisi Kesehatan Sebelum Mudik

Selain kendaraan, kita juga harus memastikan bahwa tubuh dalam kondisi yang fit dan prima untuk melakukan perjalanan, terutama bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil dan lansia.

Apabila diperlukan, mintalah rekomendasi dari dokter terkait mengenai apa sajakah yang perlu dipersiapkan dan dilakukan sebelum mudik.

3. Siapkan Pakaian dan Obat-Obatan

Selanjutnya, pakaian dan obat-obatan tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Meskipun dalam kondisi prima, kamu perlu menyiapkan obat-obatan untuk sakit kepala, antimual, diare, serta P3K untuk mengantisipasi terjadi sesuatu selama perjalanan.

Berbagai vitamin atau suplemen juga tidak boleh ketinggalan untuk menunjang kesehatan selama perjalanan. Namun, ada baiknya untuk tetap menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing individu.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang menempuh perjalanan jauh pada malam hari, siapkan jaket atau sweater untuk memastikan tubuh selalu hangat. Jangan lupa letakkan pada area yang mudah dijangkau, ya.

4. Cek Rute Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, cek rute perjalanan untuk mengetahui kepadatan arus mudik. Kamu juga disarankan untuk mengecek rute alternatif dan berbagai tempat umum yang sekiranya diperlukan, seperti SPBU, rest area, fasilitas kesehatan, hingga rumah makan.

Tentunya, saat ini perkembangan informasi dan teknologi sudah meningkat pesat sehingga kamu dapat mengeceknya melalui peta online atau yang sering disebut dengan Google Maps.

5. Bawalah Bekal dan Air Mineral

Melakukan perjalanan jauh membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selama perjalanan, kamu pasti membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi asupan nutrisi agar tubuh tetap berada dalam kondisi yang prima.

Alih-alih mencari restoran, alangkah baiknya bawalah bekal makanan dan minuman selama perjalanan. Selain itu, tips persiapan mudik lebaran yang satu ini membantu kamu untuk lebih menghemat budget mudik, lho.

Finally, sampailah kita pada akhir artikel ini. Tidak hanya membahas mengenai pengertian mudik lokal, kita juga turut menggali mengenai ketentuan pemerintah tentang mudik lokal serta tips persiapan mudik lebaran. Harapannya, lima tips di atas dapat membantu kamu dalam mempersiapkan mudik terbaikmu.

Sering disepelekan, kesehatan mata menjadi salah satu faktor esensial dalam kelancaran mudik lebaran nih, teman mata. Melakukan perjalanan jauh memerlukan konsentrasi yang tinggi dan tak jarang hal tersebut mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, misalnya mata kering dan mata lelah.

But don’t worry! Eyebost akan menjadi kawan yang dapat kamu andalkan selama mudik lebaran untuk memastikan mata selalu sehat, fokus, jernih, dan tajam.

Eyebost adalah vitamin mata terbaik yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak bunga marigold, buah bilberry, wortel, dan madu asli. Tidak heran, Eyebost mengandung nutrisi yang apik untuk mata, meliputi antioksidan lutein, polifenol, antosianin, flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Terbuat dari bahan 100% alami tanpa pengawet buatan, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan dan telah mendapatkan izin edar BPOM serta Halal MUI, nih.

Buat kamu yang akan melakukan mudik ke kampung halaman, jangan lupa untuk pesan dan minum Eyebost setiap hari, ya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi