Lifestyle

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Mudik Agar Mata Sehat dan Selamat Sampai Tujuan

/

by Shaffi Kareem


Tidak hanya budget, mudik membutuhkan kondisi tubuh yang prima dan fit agar perjalanan aman dan nyaman hingga tujuan, terutama bagi kamu yang menaiki moda transportasi roda dua dan roda empat.

Perlu kita ketahui bersama bahwa gangguan mata mengancam kesehatan mata. Inilah alasan mengapa menjaga kesehatan mata saat mudik menjadi isu yang tak boleh diabaikan begitu saja.

Sayangnya, belum banyak dari kita yang memahami dengan baik mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata saat mudik. Dengan membahas isu ini, diharapkan kita dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan mata, khususnya saat mudik berlangsung.

Tidak hanya itu, artikel ini juga akan menggali lebih jauh mengenai tips menjaga kesehatan mata saat mudik, lho. Jadi, simak terus sampai akhir ya, teman mata!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Mudik

Hari Raya Idul Fitri merupakan perayaan yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahun. Kehangatannya dapat mulai dirasakan sejak awal bulan Ramadan hingga puncak euforianya pada momen lebaran itu sendiri.

Baca Juga: Cari Tau Pengertian Mudik Lokal dan 5 Tips Persiapan Mudik Lebaran Di Sini!

Selain THR (Tunjangan Hari Raya), mudik lebaran adalah tradisi yang tak dapat dipisahkan dari momen tersebut. Para perantau memanfaatkannya untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Umumnya, mudik lebaran dapat dilakukan dengan menaiki berbagai jenis moda transportasi, baik itu jalur darat, udara, maupun air. Kendati demikian, transportasi jalur darat seperti mobil dan motor masih menjadi pilihan bagi mayoritas masyarakat.

Pemilihan moda transportasi darat seperti mobil dan motor dinilai lebih efektif, terutama dari segi kenyamanan bagi keluarga. Kendati demikian, kendaraan semacam ini meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan mata seperti mata lelah dan mata iritasi.

Kenapa demikian?

Pada kasus pemotor, mata menjadi organ tubuh yang berkontak langsung dengan polusi udara. Dalam studi penelitian yang berjudul The Adverse Effects of Air Pollution on the Eye: A Review disebutkan bahwa paparan polusi dapat memicu munculnya berbagai jenis gangguan penglihatan, seperti:

  • Konjungtivitis
  • Mata kering
  • Masalah irigasi permukaan mata
  • Peradangan kronis
  • Stres oksidatif
  • Uveitis
  • Katarak
  • Glaukoma
  • Degenerasi makula
  • Retinopati diabetik
  • Penipisan lapisan retina

Meanwhile, menggunakan mobil juga tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan mata selama mudik lebaran, terlebih lagi ketika jarak yang ditempuh terbilang jauh atau perjalanan memakan waktu yang lama akibat macet.

Menyetir mobil mengharuskan kita untuk fokus dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat sehingga otot mata lama kelamaan akan menegang. Hal tersebut merupakan penyebab gangguan mata lelah muncul nih, teman mata.

Bagi penderitanya, mata lelah ditandai dengan gejala-gejala seperti mata buram, kering, merah, pusing, dan disertai dengan nyeri leher, pundak, dan punggung.

Sebenarnya, kondisi ini sangat sering terjadi terutama ketika kamu banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai. Kendati demikian, akan terasa sangat tidak nyaman ketika kamu harus mengalaminya saat mudik lebaran berlangsung.

Therefore, inilah mengapa menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran penting. Siapa yang ingin menghabiskan momen lebaran bersama keluarga dengan gangguan mata, bukan?

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Mudik Lebaran

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran. Nyatanya, kesehatan mata tidak boleh diremehkan nih, teman mata.

Agar mata terhindar dari gangguan mata, berikut di bawah ini merupakan tips menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran yang dapat kita ikuti, di antaranya meliputi:

1. Hindari Mengucek Mata

Berkendara dalam waktu yang lama dan terpapar polusi udara tidak jarang menimbulkan ketidaknyamanan pada mata. Kalau sudah seperti ini, mengucek mata menjadi salah satu gerak refleks untuk meringankan kondisi tersebut.

Siapa sangka, mengucek mata justru memperburuk gangguan mata yang kamu alami, nih. Terlebih lagi, tangan yang tidak higienis dapat menjadi gerbang masuknya beraneka ragam bakteri, virus, jamur, dan jenis parasit lainnya.

2. Istirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata merupakan salah satu tips menjaga kesehatan mata saat mudik yang terbilang ampuh untuk mencegah mata lelah akibat menyetir terlalu lama.

Para ahli medis menyarankan untuk mengistirahatkan mata dengan menerapkan aturan 20-20-20, yaitu dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

3. Gunakan Tetes Mata Rutin

Sindrom mata kering sangat umum dialami oleh para pemudik. Ada beberapa faktor penyebabnya, di antaranya adalah berkurangnya intensitas berkedip, paparan AC, dan polusi udara.

Untungnya, gangguan mata semacam ini dapat dicegah dan diatasi dengan meneteskan air mata buatan atau artificial tears. Dilihat dari fungsinya, air mata buatan akan membantu menghidrasi permukaan mata dengan baik sehingga mata kering pun dapat dihindari.

4. Cegah Dehidrasi

Memastikan terpenuhinya asupan cairan merupakan tips menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran yang perlu kamu perhatikan, terlebih lagi ketika kamu melakukan perjalanan jauh saat puasa.

Apa alasannya?

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Sayangnya, hal tersebut berkaitan dengan penurunan produksi cairan air mata yang berfungsi untuk melumasi permukaan mata nih, teman mata.

Ahli medis menyatakan bahwa memenuhi asupan cairan dapat mencegah terjadinya mata kering. Idealnya, tubuh kita memerlukan sekitar 2 Liter cairan atau setara dengan  gelas setiap hari.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Bukan hanya debu dan polusi udara saja, sinar matahari atau lebih tepatnya sinar ultraviolet (UV) mengancam kesehatan mata. Sinar semacam ini menyebabkan stress oksidatif pada mata sehingga radikal bebas pemicu kerusakan sel aktif di dalam mata.

Karenanya, pastikan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada mata dengan menggunakan pelindung mata, seperti kacamata dengan lensa anti-UV. Cara ini terbukti dapat meminimalisir masuknya paparan sinar ultraviolet ke dalam mata.

6. Tidur Cukup

Tidur yang tidak berkualitas berkaitan dengan terjadinya mata kering. Hal ini dibuktikan dalam studi penelitian yang berjudul The Relationship Between Dry Eye and Sleep Quality.

Penelitian tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa 1 dari 2 orang dengan gejala mata kering seringkali atau secara terus menerus memiliki kualitas tidur yang buruk.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidur cukup setidaknya 7-8 jam sehari sebelum melakukan perjalanan. Tips menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran yang satu ini pun membantu tubuh kamu lebih fit dan prima selama perjalanan, lho.

7. Cek Mata ke Dokter Mata

Untuk memastikan mata dalam kondisi yang baik untuk perjalanan jauh, kamu perlu melakukan pemeriksaan mata ke dokter spesialis mata, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat kesehatan tertentu yang berkaitan dengan mata, misalnya mata minus, plus, maupun silinder.

Apabila ditemukan masalah pada mata, dokter spesialis mata dapat memberikan perawatan guna mengatasi permasalahan tersebut. Tips menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran semacam ini tidak boleh dilewatkan ya, teman mata.

8. Minum Vitamin Mata

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menjaga kesehatan mata saat mudik dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin mata seperti Eyebost. Vitamin ini diformulasikan khusus untuk membantu menjaga kualitas penglihatan agar tetap jernih, tajam, fokus, bahkan meringankan gangguan mata yang kamu alami.

Manfaat Eyebost diperoleh dari bahan-bahan Eyebost seperti madu asli, ekstrak buah bilberry, bunga marigold, dan wortel yang kaya akan antioksidan lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, serta vitamin A, C, dan E.

Hebatnya lagi, Eyebost terbuat dari 100% bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping meski dikonsumsi setiap hari. Rasanya pun manis dan segar khas buah bilberry yang sangat disukai oleh anak-anak.

So, untuk menjaga kesehatan mata saat mudik lebaran, jangan lupa minum 2 sendok Eyebost setiap hari, ya.

Yuk, pesan Eyebost asli hanya di website resminya!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi