Lifestyle

6 Nutrisi Penting untuk Mata Demi Fungsi Penglihatan yang Optimal dan Maksimal

/

by Shaffi Kareem


Sejak usia 6 bulan, bayi mulai diperbolehkan untuk dikenalkan pada makanan, atau yang dikenal dengan sebutan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Selain tekstur, bahan makanan juga  harus dipastikan kaya akan nutrisi demi tumbuh kembangnya.

To be honest, nutrisi dibutuhkan oleh tubuh sejak bayi lahir hingga tutup usia guna memastikan tubuh sehat dan terbebas dari segala penyakit, tak terkecuali mata. Nutrisi penting untuk mata wajib dipenuhi bagi kamu yang mendambakan mata sehat nih, teman mata.

Mumpung nutrisi penting untuk mata disebut-sebut, kita akan membahas isu ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya memelihara kesehatan mata.

Tidak hanya itu, kita juga akan mengulas secara tuntas mulai dari pentingnya nutrisi untuk mata, makanan yang baik untuk mata, serta rekomendasi nutrisi penting untuk mata.

Intinya, rugi banget deh kalau kamu melewatkan artikel yang satu ini!

Pentingnya Nutrisi untuk Mata

Mata merupakan organ utama yang berperan sebagai tempat masuknya informasi visual. Sejak bayi baru lahir, mata terus mengalami perkembangan hingga anak menyentuh usia 5 tahun.

Pada usia sekolah, fungsi mata harus optimal sehingga penyerapan informasi saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pun maksimal. Sebaliknya, terjadinya gangguan penglihatan yang terlambat atau tidak dikoreksi akan menghambat proses belajar anak. Akibatnya, penurunan prestasi akademik pun sangat mungkin terjadi.

Kendati demikian, mata yang sehat bukan diperoleh tanpa usaha dan keringat. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah memastikan nutrisi penting untuk mata terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh makanan untuk mata yang mudah diperoleh dan direkomendasikan pula oleh ahli medis, di antaranya adalah:

  • Telur. Sumber protein hewani yang satu ini mengandung lutein, zeaxanthin, zinc, dan vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk mata. Mengonsumsi telur secara rutin akan menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, serta menjaga retina dan kornea mata.
  • Ikan. Ikan diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang dapat memaksimalkan fungsi penglihatan, mencegah mata kering, serta mendukung kesehatan retina mata. Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan laut, seperti tongkol, salmon, dan tuna.
  • Sayuran hijau. Lutein, zeaxanthin, vitamin C dan E yang terkandung dalam sayuran hijau melindungi sel mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Contoh sayuran hijau yang mudah ditemukan adalah brokoli, bayam, dan sawi.
  • Ubi jalar. Siapa sangka, ubi jalar yang berwarna kuning atau oranye kaya akan beta karoten yang dikenal baik untuk mata. Nutrisi penting untuk mata yang satu ini membantu memaksimalkan kemampuan melihat dalam ruangan atau lingkungan yang redup.
  • Strawberry dan jeruk. Kaya akan vitamin C, strawberry dan jeruk menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula, serta membantu meningkatkan imunitas tubuh.
  • Kacang almond. Sebagai sumber vitamin E, kacang almond cocok dijadikan sebagai camilan sehat yang akan mencegah mata terkena Age-related Macular Degeneration dan katarak. Adapun jenis kacang-kacangan lain yang baik untuk mata, seperti kacang tanah, hazelnut, dan biji bunga matahari (kuaci).

Rekomendasi Nutrisi Penting untuk Mata

Memenuhi nutrisi penting untuk mata adalah sebuah keharusan apabila kamu ingin memiliki fungsi penglihatan yang optimal dan maksimal. Jika tidak, ada beberapa risiko kekurangan nutrisi untuk mata yang mengancam kesehatan mata itu sendiri, seperti mata kering, katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan retinopati diabetik.

Melansir dari laman Healthline, ada beberapa nutrisi penting untuk mata yang harus kamu penuhi demi mata yang lebih sehat, di antaranya adalah:

1. Vitamin A

Menurut WHO, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan di dunia.  Pada dasarnya, vitamin A penting untuk menjaga sel yang penginderaan cahaya mata yang bernama fotoreseptor.

Dalam studi penelitian yang berjudul The Eye Sign of Vitamin A Deficiency disebutkan bahwa kekurangan vitamin A dapat berimbas pada terjadinya gangguan penglihatan seperti mata kering, rabun senja, atau bahkan kondisi yang lebih serius, tergantung seberapa parah kekurangan yang dialami.

Vitamin A dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari hewan, seperti kuning telur, hati, dan produk olahan susu. Selain itu, karotenoid provitamin A dapat ditemukan pada buah dan sayuran, misalnya bayam, wortel, dan kale.

2. Vitamin C

Kaya akan antioksidan, vitamin C merupakan nutrisi penting untuk mata yang dapat menurunkan risiko penyakit mata katarak penyebab kebutaan nomor satu di dunia.

Di samping itu, vitamin C baik dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit. Adapun beberapa contoh sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti buah sitrus, strawberry, jambu biji, paprika, brokoli, dan kale.

3. Vitamin E

Vitamin E masuk ke dalam kelompok antioksidan larut minyak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya. Sebuah penelitian yang berjudul The Role of Omega-3 Long-Chain Polyunsaturated Fatty Acids in Health and Disease of the Retina menyebutkan bahwa asupan vitamin E yang cukup membantu mengoptimalkan kesehatan mata.

Moreover, berbagai studi penelitian lain berhasil membuktikan bahwa vitamin E menurunkan risiko seseorang mengalami katarak akibat pertambahan usia.

Vitamin E dapat kamu temukan pada biji bunga matahari, kacang almond, dan minyak yang berasal dari sayuran, misalnya minyak flaxseed.

4. Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan karotenoid berwarna kuning yang disebut juga sebagai pigmen makula. Keduanya ditemukan pada bagian mata bernama makula yang merupakan bagian pusat retina.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Makanan Favorit Popeye Terbukti Menyehatkan!

Studi penelitian yang berjudul Possible Biologic Mechanisms for a Protective Role of Xanthophylls menyebutkan bahwa lutein dan zeaxanthin berperan sebagai sunblock alami yang melindungi mata dari bahaya sinar biru.

Telah dibuktikan dalam berbagai eksperimen ilmiah bahwa memenuhi nutrisi penting untuk mata semacam ini dapat membantu menurunkan risiko Age-related Macular Degeneration (AMD) nih, teman mata.

Adapun beberapa contoh makanan yang tinggi lutein dan zeaxanthin, meliputi bayam, kale, swiss chard, pistachio, parsley, dan kacang hijau.

5. Asam Lemak Omega 3

DHA merupakan bagian dari asam lemak omega 3 yang penting untuk memelihara kesehatan mata. Nutrisi penting untuk mata ini ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada retina.

Tak hanya itu, DHA sangat dibutuhkan dalam perkembangan mata dan otak bayi. Bahkan, gangguan penglihatan pada anak berpotensi disebabkan oleh kekurangan DHA.

Adapun manfaat DHA dan asam lemak omega 3 secara umum untuk mata, yaitu meringankan gejala mata kering dengan meningkatkan produksi cairan air mata dan menurunkan risiko retinopati diabetik.

For your information, sumber DHA dan EPA terbaik adalah ikan yang berminyak. Ingatlah selalu apa yang dikatakan oleh Ibu Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan: “Ayo makan ikan!

6. Asam Gamma-Linolenat

Asam Gamma-Linolenat adalah salah satu jenis asam lemak omega 6 yang banyak ditemukan pada minyak evening primrose dan starflower. Tidak seperti jenis lainnya, nutrisi penting untuk mata yang satu ini memiliki properti antiinflamasi, lho.

Studi penelitian yang berjudul Oral Omega-6 Essential Fatty Acid Treatment in Contact Lens Associated Dry Eye menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pemberian minyak evening primrose membantu meringankan gejala mata kering akibat pemakaian lensa kontak.

In conclusion, nutrisi penting untuk mata harus diusahakan untuk dikonsumsi setiap hari, terlebih bagi bayi, balita, atau anak-anak yang penglihatannya masih terus mengalami perkembangan.

Kendati demikian, terkadang ada kekhawatiran tersendiri mengenai apakah makanan yang dikonsumsi setiap hari sudah memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata dan organ tubuh lainnya.

Jangan panik, ada rekomendasi suplemen mata terbaik Eyebost yang dapat menyudahi kekhawatiran kalian. Vitamin mata Eyebost mengandung nutrisi terbaik untuk mata yang membantu memastikan penglihatan selalu sehat, jernih, tajam, dan fokus.

Terbuat dari ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli, Eyebost mengandung lutein, polifenol, antosianin, flavonoid, serta vitamin A, C, dan E. Semuanya 100% alami tanpa pengawet buatan, nih.

Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak berusia di atas 2 tahun hingga lanjut usia. Terlebih, Eyebost telah mengantongi sertifikat Halal MUI dan izin edar dari BPOM.

Yuk, penuhi asupan nutrisi penting untuk mata dengan minum Eyebost setiap hari!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi