Kesehatan

7 Cara Mengatasi Mata Lelah, Hampir Semuanya Effortless!

/

by Shaffi Kareem


Zaman sekarang, aktivitas berbasis teknologi diterapkan dalam setiap lingkup kehidupan. Nyatanya, pemanfaatan teknologi membuat semuanya tampak lebih mudah. Tetapi, penggunaan gawai sebagai media teknologi membawa persoalan baru nih, teman mata.

Mata lelah menjadi salah satu highlight pada dampak negatif teknologi. Hal ini bermula dari kurangnya kesadaran akan kesehatan mata di era digital seperti saat ini. Oleh karenanya, cara mengatasi mata lelah menjadi isu yang menarik untuk dikulik.

Sebelum mencapai ke pembahasan cara mengatasi mata lelah, kita akan membahas mengenai apa itu mata lelah, penyebab, gejala, dan gong-nya adalah bagaimana sih cara mengatasi mata lelah karena komputer dan jenis-jenis gawai yang lain.

Tanpa panjang lebar lagi, kita mulai saja pembahasan ini, yuk!

Apa Itu Mata Lelah?

Tidak semua orang awam mengerti dan paham apa istilah mata lelah, padahal gangguan mata yang satu ini sering sekali menyerang mata tanpa kita sadari, lho.

Baca Juga Yuk: 13 Penyebab Mata Buram dan Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

Mata lelah atau eye strain didefinisikan sebagai kondisi ketika otot mata terus menerus bekerja tanpa henti tanpa istirahat. Hal ini mengakibatkan otot kencang dan lelah sehingga kemudian muncul istilah mata lelah.

Umumnya, mata lelah banyak diderita oleh orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer, laptop, hp, dan jenis gawai lainnya. Bagaimana tidak?

Berjam-jam mata kita dipaksa untuk menatap layar hp atau komputer tanpa istirahat. Kita ambil contoh menonton drama korea atau TV series. Satu episode memakan waktu kurang lebih satu jam, dan tidak mungkin hanya berhenti di satu episode saja.

Rasa ketagihan muncul untuk terus menonton hingga habis. Tidak heran kalau kamu akan mengalami mata lelah selama atau setelah menonton.

Tapi, kamu nggak perlu terlalu khawatir sebab mata lelah merupakan gangguan mata yang umum terjadi dan umumnya tidak memerlukan perawatan medis.

Alih-alih perawatan medis oleh dokter spesialis mata, kamu bisa mencari tahu cara mengatasi mata lelah secara alami. Selain murah, cara-cara tersebut cenderung mudah dilakukan sendiri di rumah.

Ketahui Gejala Mata Lelah

Meskipun sering sekali menyerang mata, banyak dari kita yang tidak tahu apa saja gejala mata lelah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita tidak menyadari kalau sebenarnya mata kita mengalami mata lelah.

Gejala-gejala mata lelah pun bisa membaik dengan sendirinya selama beberapa hari. Kendati demikian, gejala tersebut juga bisa semakin parah ketika kamu begadang karena harus bekerja atau sekedar scrolling media sosial menggunakan gawai.

Bagaimanapun, penting buat kamu untuk tahu apa saja gejala mata lelah di antaranya meliputii:

  • Mata merah dan iritasi
  • Mata kering
  • Mata berair berlebihan
  • Nyeri atau perih pada mata
  • Penglihatan buram
  • Kesulitan untuk memfokuskan pandangan
  • Mata sensitif terhadap cahaya atau fotofobia
  • Nyeri leher, pundak, dan punggung
  • Sakit kepala hingga mual

Cara Mengatasi Mata Lelah

Para ahli mengungkapkan kalau mata lelah merupakan gangguan mata yang sebenarnya tidak membutuhkan perawatan medis. Basically, mata lelah akan membaik tanpa perawatan khusus dalam beberapa hari saja.

Kendati demikian, kita juga bisa melakukan beberapa upaya atau cara mengatasi mata lelah agar proses pemulihan lebih cepat dan meminimalisir risiko mata lelah menjadi lebih parah.

Melansir dari laman Mayo Clinic, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara:

1. Lakukan aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 sudah dikenal memiliki efek yang luar biasa untuk mengatasi mata lelah. Cara ini diprakarsai oleh seorang dokter spesialis mata bernama dr. Jeffrey Anshel.

Memiliki makna, aturan 20-20-20 artinya lihatlah benda sejauh 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Cara mengatasi mata lelah karena hp secara alami yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang tidak bisa lepas dari hp.

2. Sesuaikan cahaya

Ketika kamu melihat TV, hp, komputer, dan perangkat digital lainnya, akan lebih nyaman bagi mata kita kalau ruangan memiliki cahaya yang terang.

Kalau kamu sedang membaca tulisan cetak, cobalah untuk memposisikan sumber cahaya di belakang kita dan arahkan ke kertas. Tetapi, kalau kamu menggunakan lampu belajar, alangkah baiknya temaptkan lampu di depan kita dengan cahaya yang teduh.

3. Batasi penggunaan gawai

Buat kamu yang kecanduan gawai, khususnya remaja dan anak-anak, mulai saat ini batasi screen time sebagai cara mengatasi mata lelah dan pusing akibat gawai.

Para ahli menyebutkan kalau di luar pekerjaan, orang dewasa seharusnya menggunakan gawai kurang dari dua jam sehari, teman mata.

Hayo, kamu sudah berapa jam main hp hari ini?

4. Perbaiki kualitas udara di dalam ruangan

Udara kering di dalam ruangan seperti akibat penggunaan AC harus diperbaiki dengan menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara sebab udara kering memperparah mata kering, salah satu gejala mata lelah.

Selain itu, pertimbangkanlah untuk berhenti merokok karena ternyata merokok merupakan salah satu pemicu mata kering, lho!

5. Gunakan kacamata yang tepat

Cara Mengatasi Mata Lelah

Kalau kamu membutuhkan kacamata untuk bekerja di depan komputer atau aktivitas yang melibatkan paparan layar gawai, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan kacamata yang didesain khusus untuk aktivitas semacam itu.

Bertanya kepada dokter spesialis mata perihal jenis lensa yang tepat mungkin akan membantu kamu.

6. Gunakan air mata buatan

Air mata buatan adalah cairan yang diteteskan ke permukaan mata sebagai salah satu cara mengatasi mata lelah. Seperti namanya, air mata buatan dibuat khusus menyerupai air mata yang diproduksi oleh mata kita.

Tetapi, perlu diingat kalau air mata buatan tidak boleh digunakan jangka panjang karena justru dapat memperparah gejala mata lelah. Bahkan, sangat memungkinkan gangguan mata lainnya akan muncul.

7. Minum vitamin mata

Vitamin mata diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan mata dan memelihara kesehatan mata secara umum.

Di dalam vitamin mata, terkandung berbagai nutrisi yang penting untuk mata. Mengonsumsinya adalah cara mengatasi mata lelah dari dalam tubuh.

Akan tetapi, usahakan untuk memilih vitamin mata yang terbuat dari bahan-bahan alami supaya aman dikonsumsi tanpa efek samping, ya.

Nggak perlu pusing, ada salah satu vitamin mata yang bahan-bahannya 100% alami tanpa pengawet buatan nih, teman mata. Namanya, vitamin mata Eyebost!

Vitamin mata yang satu ini berbahan dasar madu hutan asli yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavour blueberry.

Berbagai nutrisi yang baik untuk mata terkandung di dalam sebotol Eyebost, mulai dari antioksidan seperti lutein, antosianin, polifenol, flavonoid, dan vitamin A, C, E yang memegang peranan yang luar biasa agar mata tetap sehat.

Di samping itu, vitamin mata Eyebost merupakan salah satu cara mengatasi mata lelah yang akan membantu kamu meredakan gejala-gejala mata lelah, baik itu anak-anak, rejama, orang dewasa, hingga kalangan lanjut usia.

Lalu, apakah Eyebost bisa dikonsumsi jangka panjang?

Jawabannya adalah bisa, ya, teman mata.

Karena terbuat hanya dari bahan-bahan alami saja, madu Eyebost aman dikonsumsi setiap hari alias jangka panjang. Gangguan mata ‘minggat’, mata selalu sehat!

Yuk, minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi