Kesehatan

13 Penyebab Mata Buram dan Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

/

by Shaffi Kareem


Mata yang sehat adalah mata yang setiap bagiannya berfungsi dengan baik. Semua yang kita lihat kemudian diinterpretasikan menjadi gambar yang jernih, tajam, dan fokus.

Keadaan sebaliknya terjadi ketika kita mengalami mata buram. Bahkan, hal ini akan fatal kalau dialami oleh anak-anak usia sekolah, terlebih lagi kalau tidak segera diatasi. Bisa-bisa mata buram mengakibatkan kebutaan.

Disebabkan oleh beberapa faktor, ada sebagian orang yang lebih memilih cara mengobati mata buram secara alami sebelum beralih ke tindakan medis oleh dokter spesialis mata.

Namun, apa saja sih cara mengobati mata buram secara alami? Lantas, apakah cara ini efektif untuk mengatasi mata buram?

Untuk mengupas lebih jauh perihal cara mengobati mata buram secara alami, yuk simak pembahasan ini hingga akhir!

Kondisi Mata Buram

Mata buram atau blurry vision adalah suatu kondisi ketika ada masalah pada bagaimana kamu melihat sesuatu. Kamu kehilangan kemampuan untuk melihat benda dengan jelas, jernih, tajam, dan fokus.

Pada keadaan tertentu, mata buram akan membaik dengan sendirinya setelah kita menyipitkan mata. Akan tetapi, ada juga mata buram yang semakin parah seiring berjalannya waktu atau bahkan datang secara tiba-tiba. Nah, kondisi seperti inilah yang harus kamu waspadai.

Bagaimanapun, mata buram adalah gejala yang paling umum keterkaitannya dengan penglihatan yang masyarakat keluhkan kepada ahli medis.

Dalam proses diagnosa, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan riwayat kesehatan, gejala penyerta, peristiwa yang dialami sebelumnya, hingga apakah ada pengobatan yang sedang dijalani.

Selain itu, dokter akan melakukan tes mata dan tes fisik yang mendukung proses diagnosa serta membantu dokter untuk mempertimbangkan pengobatan seperti apakah yang diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Meskipun sering dianggap sepele, mata buram bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. For your information, mata yang sehat merupakan penentu kualitas hidup kita dan begitu pula sebaliknya.

Baca Juga Nih: 4 Faktor Risiko Mata Kering dan Obat Mata Kering Paling Ampuh!

Penyebab Mata Buram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mata buram bisa bersifat sementara dan ada juga yang berkelanjutan. Nah, yang berkelanjutan inilah yang harus kita perhatikan karena bisa jadi mata buram disebabkan oleh penyakit atau gangguan tertentu.Teman mata, ada beberapa penyebab mata buram yang perlu kita tahu, di antaranya seperti:

1. Kelainan refraksi

Kelainan refraksi merupakan suatu gangguan penglihatan yang terjadi ketika bayangan cahaya yang dibiaskan di dalam mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan di depan atau di belakang retina.

Kegagalan tersebut yang kemudian menyebabkan kamu mengalami mata buram. Bagaimanapun, ada beberapa jenis kelainan refraksi yang sering kita dengar, contohnya mata minus, mata plus, mata silinder, dan mata tua (presbiopi).

Umumnya, kelainan refraksi diatasi dengan menggunakan kacamata atau lensa yang telah dibuat berdasarkan resep tertentu.

Jangan salah kaprah, kacamata tidak mengobati kelainan refraksi melainkan hanya membantu kita untuk melihat dengan baik.

2. Sindrom mata kering

Sindrom mata kering atau yang biasa disebut hanya dengan mata kering saja merupakan gangguan mata yang sangat umum terjadi.

Sindrom mata kering adalah kondisi ketika permukaan mata tidak terhidrasi dengan baik karena beberapa alasan, misalnya penguapan air mata yang terlalu cepat dan mata tidak mampu memproduksi air mata yang cukup.

Dapat menyerang siapapun, mata kering lebih berisiko dialami oleh orang-orang yang terpapar gawai setiap waktu, melakukan banyak aktivitas di ruangan ber-AC, dan lain sebagainya.

Kamu tidak usah khawatir, kita bisa melakukan cara mengobati mata buram secara alami agar kondisinya tidak kian memburuk.

Mata akan mengalami penurunan fungsi seiring dengan bertambahnya usia. Maka, tidak heran kalau para orang tua mengeluhkan penglihatan buram padahal sebelumnya tidak mengidap gangguan mata apapun.

Age-related Macular Degeneration atau AMD adalah gangguan mata yang menyerang penglihatan pusat. Namun, hal ini wajar ya, teman mata.

Akan tetapi, kondisi ini harus tetap diatasi dengan baik agar tidak mengganggu berbagai aktivitas seperti memasak, berkendara, membaca, dan aktivitas lain yang melibatkan penglihatan pusat.

4. Retinopati diabetik

Diabetes adalah penyakit kronis yang berisiko mengakibatkan komplikasi ketika kadar gula dalam darah tidak terkontrol. Salah satu komplikasi diabetes adalah retinopati diabetik yang menyerang mata penderitanya.

Retinopati diabetik adalah gangguan mata yang melemahkan pembuluh darah di retina sehingga kemampuan penglihatan pun akan menurun, bahkan kebutaan sangat mungkin terjadi.

Pada tahap awal, penderitanya akan mengalami mata buram yang kemudian akan semakin memburuk kalau tidak segera diatasi.

5. Glaukoma

Sering tertukar dengan katarak, glaukoma adalah penyakit mata serius yang dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma muncul akibat adanya peningkatan tekanan di dalam mata (intraokuler) yang kemudian menekan saraf optik mata.

Akibatnya, saraf optik mata akan rusak akibat tekanan tersebut dan perlahan penderitanya mengalami mata buram hingga pada akhirnya penglihatannya hilang seluruhnya.

Nahasnya, glaukoma tidak bisa disembuhkan bahkan dengan operasi mata sekalipun.

6. Katarak

Penyebab mata buram lainnya adalah katarak. Penyakit mata katarak adalah another serious eye disease yang disebabkan oleh penggumpalan protein atau lemak pada permukaan mata.

Secara fisik, gumpalan tersebut terlihat dengan mata telanjang berupa gumpalan berwarna putih. Katarak hanya bisa disembuhkan dengan melakukan operasi katarak.

7. Optic neuritis

Optik neuritis mengacu pada inflamasi atau peradangan berupa pembengkakan dan iritasi pada saraf optik. Kondisi ini cukup serius, mengingat saraf optik memegang peran utama dalam penyaluran sinyal dari retina ke otak.

Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari terjadi secara tiba-tiba maupun disebabkan oleh kondisi tertentu seperti halnya multiple sclerosis.

Umumnya, optic neuritis hanya menyerang satu mata saja, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada kedua mata sekaligus. 

8. Abrasi kornea

Luka pada kornea atau abrasi kornea mengakibatkan seseorang mengalami mata buram nih, teman mata.

Jadi, kornea adalah bagian mata berbentuk kubah transparan yang berfungsi untuk memfokuskan penglihatan. Ketika terjadi goresan atau luka pada mata, maka kubah ini akan mendapatkan bekas yang menyebabkan penglihatan menjadi buram.

Bayangkan saja saat ada benda asing masuk ke dalam mata dan bertengger permukaan mata. Selain rasa tidak nyaman, kita akan mudah menyadari sebab seperti ada yang mengganggu penglihatan kita (mata menjadi buram).

9. Kelainan genetik

Kelainan genetik pada menyerang saraf optik, misalnya koloboma saraf optik adalah penyebab mata buram yang diturunkan dalam keluarga (orang tua ke anak-anaknya).

Koloboma saraf optik menyebabkan saraf optik tidak berkembang seperti seharusnya sehingga mengakibatkan berbagai permasalahan penglihatan muncul.

10. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian mata bernama konjungtiva. For your information, konjungtiva adalah selaput atau membran tipis dan bening yang menyelimuti sklera (bagian mata berwarna putih).

Penyebab mata buram yang satu ini terdiri dari beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan penyebabnya, seperti konjungtivitis bakteri, virus, jamur, dan alergi.

Bagaimanapun, cara mengobati mata buram secara alami bisa diaplikasikan untuk gangguan mata yang satu ini, lho!

11. Alergi

Ketika kita mengalami alergi, tubuh kita melepaskan senyawa bernama histamin yang kemudian memicu munculnya beberapa respon alergi seperti mata iritasi dan gatal, pemicu mata buram.

Selain itu, kamu juga mungkin akan mengalami bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat saat alergi menyerang.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu risau sebab cara mengobati mata buram secara alami cukup ampun menangani mata buram akibat alergi.

12. Mata lelah

Akibat bermain atau bekerja terlalu lama di depan gawai, kamu berisiko mengalami mata lelah sebab otot mata ‘dipaksa’ untuk menatap layar secara terus menerus tanpa rehat.

Kemudian, muncul mata buram sebagai gejala mata lelah. Beruntungnya, cara mengobati mata buram secara alami dapat meredakan gejala mata buram akibat mata lelah, lho.

13. Musim dingin

Suhu dingin yang teramat sangat dapat memicu penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan kamu mengalami mata buram.

Di samping itu, udara dingin cenderung lebih kering daripada udara hangat, dan mata kering juga dapat mengakibatkan mata buram.

Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

Cara Mengobati Mata Buram Secara Alami

Mengulas perihal mata buram bukan hanya sekedar mencari tahu apa faktor yang kemungkinan menjadi penyebabnya, namun kita juga perlu tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ada begitu banyak metode atau cara dapat mengatasinya, tetapi kali ini kita akan lebih fokus pada cara mengobati mata buram secara alami.

Metode ini bisa menjadi cara mengobati mata buram karena hp secara alami yang disebabkan oleh adanya gangguan mata kering atau mata lelah.

Berikut beberapa cara menghilangkan mata buram secara alami, yaitu:

  • Istirahatkan mata. Lakukan aturan 20-20-20 yang artinya istirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar gawai dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik. Mudah, kan?
  • Lumasi permukaan mata. Mata kering mengakibatkan mata buram, sehingga pastikan untuk mengaplikasikan cara mengobati mata buram secara alami yang satu ini, ya.
  • Meningkatkan kualitas udara. Udara kering mengakibatkan mata kamu menjadi kering. Jadi, kamu bisa lakukan cara mengobati mata buram secara alami hanya dengan menghindari tiupan angin yang langsung tertuju pada wajah, terutama saat malam hari.
  • Berhenti merokok. Cara mengobati mata buram secara alami kali ini bisa dilakukan dengan berhenti merokok. Selain mencegah mata kering dan penyakit mata lainnya, berhenti merokok membuat paru-paru lebih sehat.
  • Hindari alergen. Salah satu penyebab mata buram adalah alergi. Penyebabnya bisa bermacam-macam tergantung setiap kondisi seseorang. Bagaimanapun, cara mengobati mata buram secara alami akibat alergi adalah dengan menghindari alergen.
  • Mengonsumsi asam lemak omega-3. Mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega seperti ikan berlemak, algae, walnut, dan flax seed merupakan cara mengobati mata buram secara alami dan mudah.
  • Melindungi mata. Selain melindungi mata dari sinar biru, sunglasses merupakan cara mengobati mata buram secara alami akibat udara dingin yang kering penyebab mata buram. 
  • Minum vitamin mata. Vitamin mata mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata, salah satunya adalah meringankan gejala mata buram.

Salah satu vitamin mata yang bisa kamu andalkan adalah vitamin mata Eyebost. Vitamin mata yang satu ini hanya terbuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet buatan sehingga bisa juga masuk dalam cara mengobati mata buram secara alami.

Mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, flavor blueberry, dan madu hutan asli, membuat Eyebost menjadi vitamin mata dengan nutrisi yang lengkap.

Dalam satu botol vitamin mata Eyebost mengandung antioksidan seperti lutein, flavonoid, polifenol, antosianin, dan vitamin A, C, E. Semua kandungan tersebut bermanfaat dalam memelihara mata tetap sehat, jernih, tajam, fokus, dan mencegah gangguan mata.

Bagaimanapun, madu Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari balita berusia di atas 3 tahun hingga orang lanjut usia sekalipun. Rasanya yang manis dan segar membuat siapapun jatuh cinta pada sendok pertama.

Kamu ingin membuktikan sendiri manfaat Eyebost untuk kesehatan mata?

Yuk, pesan Eyebost yang asli di website resminya sekareng juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi