Lifestyle

Pentingnya Melindungi Kesehatan Mata dan 8 Cara Merawat Mata Tetap Sehat

/

by Shaffi Kareem


Sejak pandemi COVID-19, prevalensi mata minus pada anak usia sekolah telah meningkat tiga kali lipat. Hal tersebut dikarenakan sistem pembelajaran daring yang mengharuskan mereka untuk menatap layar gawai hampir setiap hari.

Isu ini semakin menyadarkan kita akan pentingnya melindungi kesehatan mata, tidak hanya bagi anak-anak melainkan juga orang dewasa hingga lansia untuk mencegah pertambahan jumlah penderita mata minus atau kelainan refraksi lainnya.

Oleh karenanya, penting bagi kita juga untuk mengetahui tentang mata sehat itu sendiri serta bagaimana cara menjaga mata tetap sehat demi kualitas hidup yang lebih baik.

Penasaran, kan?

Yuk, langsung aja kita masuk ke pembahasan kita yang pertama!

Apa Itu Mata Sehat?

Mungkin kita sudah sering mendengar tentang tubuh sehat, di mana tubuh dalam keadaan sehat, bugar, dan bebas dari penyakit. Akan tetapi, pernahkah kalian mendengar tentang mata sehat?

Nah, sebelum masuk ke pembahasan mengenai melindungi kesehatan mata, kita akan mengulas secara singkat terlebih dahulu tentang apa itu mata sehat.

Perlu kita ketahui bersama, mata adalah organ yang kompleks di mana terdiri dari banyak bagian yang masing-masing harus bekerja sama untuk menghasilkan penglihatan yang jernih, fokus, dan tajam, mulai dari kornea, iris, pupil, lensa, retina, saraf optik, hingga saluran air mata.

Tidak hanya itu, mata sehat juga terhindar dari penyakit mata, seperti kelainan refraksi, katarak, glaukoma, diabetik retinopati, Age-related Macular Degeneration, ambliopia, sindrom mata kering, ablasio retina, dan infeksi atau peradangan pada mata.

Untuk memiliki mata yang sehat, semua itu tidak dapat diperoleh secara instan. Kita harus melakukan berbagai upaya untuk melindungi kesehatan mata bahkan sejak dini.

Sebenarnya, mata sehat bukan hanya sebatas meningkatkan kualitas penglihatan, namun juga turut meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Ingatlah bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya.

Pentingnya Melindungi Kesehatan Mata

Mata merupakan karunia yang tak ternilai harganya. Bayangkan saja, Tuhan memberikan mata secara cuma-cuma sehingga kita dapat menikmati segala keindahan yang dibentangkan di seluruh alam semesta.

Inilah mengapa melindungi kesehatan mata dianggap sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap anugerah atau karunia yang diberikan oleh Tuhan.

Baca Juga: Mengalami Mata Kedutan Pertanda Baik atau Buruk? Ini 3 Mitos Mata Kedutan yang Paling Populer

Tidak hanya itu, mata sangat memudahkan semua aktivitas kita, mulai dari berjalan, berlari, meraih sesuatu, membaca, menulis, berkendara, memasak, dan masih banyak lagi. Melihat peran mata dalam kehidupan kita, rupanya inilah alasan pentingnya melindungi kesehatan mata.

Pada kenyataannya, seringkali kita abai terhadap kesehatan mata. Ada banyak kebiasaan buruk yang pada akhirnya memicu terjadinya gangguan mata, seperti mengucek mata, melihat layar gawai terlalu dekat, tidak memakai pelindung mata, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, memelihara kesehatan mata sangat penting di era digitalisasi seperti sekarang ini di mana gawai membuat semuanya semakin mudah. Tidak heran, gawai digemari oleh semua kalangan usia, tak terkecuali anak-anak usia sekolah.

Ngomong-ngomong anak usia sekolah, banyak di antara mereka yang mulai terkena gangguan penglihatan, misalnya mata minus. Hal ini akan membawa dampak yang kurang baik bagi tumbuh kembang serta prestasinya di sekolah.

Sebagai orang tua, tentu sudah menjadi tugas kita untuk memastikan anak memiliki mata sehat sebab kualitas hidupnya pun dipertaruhkan. Karenanya, upaya melindungi kesehatan mata harus dilakukan dengan serius sejak dini.

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat

Melindungi kesehatan mata bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebetulnya, melindungi mata berarti kita turut menjaga kesehatan seluruh tubuh nih, teman mata.

Menurut ahli medis, ada beberapa cara menjaga mata tetap sehat yang dapat teman mata lakukan di rumah. Pun, kebiasaan agar mata tetap sehat di bawah ini murah meriah.

1. Makan Makanan Sehat

Sudah pasti, untuk melindungi kesehatan mata, kita memerlukan makanan yang bergizi demi asupan nutrisi yang baik untuk mata, seperti antioksidan lutein, antosianin, vitamin A, C, dan E.

Adapun contoh makanan yang baik untuk mata, yaitu telur, ubi jalar, wortel, buah sitrus, ikan, alpukat, kacang-kacangan, buah beri, mangga, dan masih banyak lagi.

2. Berhenti Merokok

Salah satu melindungi kesehatan mata yang masih banyak diabaikan adalah merokok. Perlu kita ketahui bersama, merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik mata.

Ketahuilah juga bahwa merokok memicu terjadinya mata kering yang menimbulkan ketidaknyamanan pada mata. Meskipun masuk ke dalam golongan gangguan mata ringan, namun munculnya mata kering dapat menghambat aktivitasmu, lho.

3. Memakai Kacamata di Luar Rumah

Bukan gaya-gayaan, memakai kacamata di luar rumah merupakan suatu upaya untuk melindungi kesehatan mata. Kenapa demikian?

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang memancarkan sinar biru atau blue light, di mana sinar biru sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Apabila terpapar terus menerus, sinar biru berisiko merusak sel pada retina.

Padahal, sel pada retina bertugas untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata dan mengirimkan sinyal tersebut ke otak sehingga terciptalah gambar yang kita lihat. Kalau sel retina tersebut rusak, maka penglihatan pun akan memburuk.

Pemakaian kacamata anti radiasi akan membantu memfilter sinar radiasi yang masuk ke dalam mata sehingga kerusakan sel pun dapat dihindari.

4. Memakai Pelindung Mata

Memakai pelindung mata wajib dilakukan ketika kamu melakukan aktivitas yang berisiko, seperti melakukan water sport, mengelas, maupun berkutat dengan cairan kimia.

Cara melindungi kesehatan mata yang satu ini mencegah terjadinya iritasi mata maupun benturan yang mengakibatkan cedera pada mata.

5. Istirahatkan Mata dari Gawai

Hampir 24 jam kita terpapar oleh segala jenis gawai, terutama smartphone. Bagaimana tidak, telepon genggam pintar yang satu ini membawa banyak manfaat dalam hidup kita, seperti mencari informasi dan memperoleh hiburan.

Akan tetapi, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dari gawai dengan menerapkan jurus 20-20-20 yang artinya istirahat mata setiap 20 menit sekali dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik. Cara ini direkomendasikan oleh ahli medis untuk mencegah mata lelah akibat gawai.

6. Periksa Mata Secara Berkala

Melakukan pemeriksaan mata merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan setiap orang, mulai dari bayi baru lahir hingga lanjut usia.

Pemeriksaan mata secara berkala merupakan bentuk melindungi kesehatan mata yang bertujuan untuk memastikan mata dalam keadaan baik serta mendeteksi adanya penyakit mata tak bergejala.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan mata pada dokter spesialis mata setiap 1-2 tahun sekali. 

7. Olahraga Rutin

Ternyata, kamu bisa melindungi kesehatan mata dengan berolahraga rutin, lho.

Dengan berolahraga, itu berarti kita turut menurunkan risiko terjadinya gangguan mata bahkan kebutaan sekalipun. Kebiasaan baik untuk mata yang satu ini menunjang kesehatan pembuluh darah dan jantung sehingga kita terhindar dari penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi pemicu penyakit mata.

Dari 24 jam, kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit per hari untuk berolahraga. Olahraga ringan seperti jogging pun tidak masalah, kok.

8. Jaga Kebersihan Alat Makeup

Cara melindungi kesehatan mata yang satu ini menjadi perhatian utama bagi kaum hawa. Yup, apalagi kalau bukan makeup.

Tidak dapat dipungkiri bahwa makeup menambah kepercayaan diri. Akan tetapi, kita juga harus memastikan alat makeup bersih dan higienis sebab alat makeup seringkali menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur.

Yang dikhawatirkan adalah ketika alat makeup menyentuh area mata, maka infeksi bakteri atau jamur tak terhindarkan. Oleh karenanya, selalu rutin mencuci alat makeup untuk memastikannya dalam kondisi bersih setiap pemakaian.

Fiuh, akhirnya sampailah kita pada paragraf penutup ya, teman mata. Semoga pembahasan mengenai melindungi kesehatan mata semakin menyadarkan kita bahwa mata adalah organ tubuh yang sangat berharga dan harus dijaga sebaik mungkin.

Selain delapan cara merawat mata agar tetap sehat di atas, kamu juga direkomendasikan untuk minum vitamin mata Eyebost untuk memastikan penglihatan senantiasa jernih, tajam, fokus, dan sehat bebas dari gangguan mata, nih.

Terbuat dari ekstrak wortel, bunga marigold,, buah bilberry, dan madu hutan asli, kamu akan memperoleh  nutrisi kompleks untuk mata mulai dari vitamin A, C, E, serta antosianin, polifenol, flavonoid, dan lutein.

Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia tanpa efek samping sebab terbuat dari bahan 100% alami dan tanpa pengawet sedikitpun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk minum Eyebost setiap hari.

Untuk mata yang lebih sehat, yuk minum vitamin Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi