Kesehatan

8 Cara Meredakan Mata Bengkak Karena Menangis Lebih Cepat

/

by Shaffi Kareem


Setiap dari kita memiliki emosi yang memunculkan rasa senang, sedih, kecewa, cemas, dan lain sebagainya. Kemudian, emosi dilepaskan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menangis.

Pada kenyataannya, menangis adalah suatu mekanisme yang sehat dan normal untuk meluapkan emosi. Inilah alasan mengapa hati dan pikiran kita menjadi plong setelah menangis.

Kendati demikian, setelah menangis akan muncul masalah baru yaitu mata bengkak karena menangis. Hal ini kerap kali membuat kita kurang percaya diri sebab tak jarang orang-orang bertanya apakah mata bengkak tersebut akibat menangis.

Tapi, tenang! This is the end of ‘mata bengkak karena menangis’ era.

Ada beberapa tips meredakan mata bengkak karena menangis yang bisa kamu coba di rumah, jadi nggak akan ada lagi minder karena menangis, deh.

Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis?

Dilansir dari laman Healthline, menangis masuk ke dalam kategori emotional tears atau air mata emosional. Menangis merupakan respon tubuh terhadap perasaan yang cenderung kuat seperti bahagia atau sedih yang teramat sangat.

Ketika seseorang menangis, air mata yang diproduksi lebih banyak daripada yang bisa diatasi oleh sistem drainase lakrimal. Hal ini mengakibatkan air mata keluar dari mata dan hidung.

Baca Juga: Bingung Mata Bengkak Obatnya Apa? Kupas Tuntas 6 Obat Mata Bengkak Minim Trauma

Pada saat ini terjadi, jaringan di sekitar mata mengalami retensi atau penyerapan cairan sehingga mengakibatkan jaringan tersebut membesar. Inilah alasan mengapa mata bengkak karena menangis.

Bukan hanya mata bengkak, biasanya menangis juga membuat mata kita merah terutama di sekitar sklera. For your information, sklera merupakan bagian mata berwarna putih, sehingga akan sangat nampak jelas kalau mata merah terjadi.

Tidak hanya itu, risiko mata kering meningkat setelah menangis. Air mata mengandung minyak, air, dan lendir yang masing-masing elemen berperan untuk menjaga dan menutrisi mata.

Banyaknya air mata yang keluar kemudian mengalir ke saluran drainase berukuran kecil di dalam kelopak mata. Tetapi, ketika elemen-elemen tersebut tidak seimbang, mata kering menyerang mata.

Apakah Mata Bengkak Karena Menangis Bisa Hilang Sendiri?

Malam hari memang waktu yang cocok binggo untuk overthinking. Benar atau benar?

Memikirkan hal-hal yang belum pasti terjadi dan pikiran negatif lainnya memenuhi otak kita. Berawal dari insecure, lama-lama banjir air mata. Pahitnya lagi, pagi-pagi disambut dengan mata sembab atau bengkak akibat menangis semalaman.

Tapi sejujurnya kamu tidak perlu khawatir, teman mata. Mata bengkak karena menangis bisa hilang sendiri meskipun kamu tidak melakukan apapun untuk mengatasinya.

Untuk kembali dalam bentuk mata normal mungkin memerlukan waktu sekitar 1-2 hari. Sejauh ini, mata bengkak semacam ini juga tidak menimbulkan masalah pada gangguan penglihatan.

Meskipun begitu, menangis berlebihan bisa menyebabkan kamu dehidrasi sebab tubuh kehilangan cairan dengan keluarnya air mata. Tetapi, bukan berarti menahan tangis disarankan, lho.

Menahan tangis akan berdampak pada kondisi psikologis. Stres yang kamu rasakan justru akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat dada terasa sakit. Dikhawatirkan, tumpukan stres tersebut meledak suatu hari. Tentu, ini bukan hal yang baik.

Cara Meredakan Mata Bengkak Karena Menangis

Mata bengkak karena menangis bisa hilang dengan sendirinya dalam 1-2 hari. Pun, hal ini tidak menimbulkan sakit mata atau penglihatan yang mengkhawatirkan.

Alih-alih membiarkannya, kita bisa melakukan cara-cara yang terbukti ampuh meredakan mata bengkak karena menangis serta mengembalikan rasa percaya diri.

Melansir dari laman Healthline, ada berbagai cara mengatasi mata bengkak karena menangis yang bisa kita lakukan di rumah, antara lain seperti:

1. Kompres dingin

Kompres dingin dikenal baik untuk mengatasi masalah mata. Pun, cara ini terbukti ampuh meredakan mata bengkak karena menangis.

Pertama, siapkan sehelai kain yang bersih dan lembut, kemudian basahkan dengan air dingin atau air es. Duduk di kasur atau kursi yang nyaman. Genggam kain dingin tersebut di area mata yang bengkak selama beberapa menit.

Kalau kamu menggunakan kompres es, jangan letakkan es secara langsung di atas mata. Bungkus es batu menggunakan kain atau handuk yang bersih dan kering, lalu aplikasikan di atas mata tertutup.

2. Aplikasikan irisan mentimun atau kantung teh

Irisan mentimun dan kantung teh merupakan dua cara ampuh mengatasi mata bengkak karena menangis. Untuk kompres mentimun, ambil mentimun dingin dari dalam kulkas, cuci bersih, lalu iris tipis secukupnya.

Dalam posisi rebahan, letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata sampai sensasi dinginnya hilang. Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga mata bengkak membaik.

Mengompres mata dengan kantung teh juga bisa diandalkan untuk meredakan mata bengkak setelah menangis nih, teman mata.

Teh dikenal akan kandungan kafein yang kaya akan antioksidan. Saat ditempelkan di atas mata, kafein dipercaya dapat meresap ke dalam kulit, meredakan pembengkakan, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Kompres kantung teh dilakukan dengan membasahi kantung teh tersebut dan memasukkannya ke dalam kulkas sekitar 20 menit. Kemudian, tempelkan kantung teh di atas mata selama 15-30 menit dalam satu kali sesi.

3. Pijat area sekitar mata dengan lembut

Untuk melancarkan aliran darah pada area yang terdampak, kamu bisa memijat sekitar mata dengan lembut. Tekanan yang diberikan oleh jari-jari tangan mungkin dapat membantu memindahkan cairan yang tersimpan di bawah jaringan kulit.

Yang perlu kamu ingat, jaringan di sekitar mata sangat halus sehingga kamu harus memijatnya dengan super lembut penuh kehati-hatian. Krim mata membantu melicinkan area sekitar mata sehingga proses memijat akan semakin mudah.

Pijat area tersebut selama beberapa menit. Hentikan kalau kamu menyadari munculnya iritasi atau nyeri saat atau setelah memijat.

4. Aplikasikan witch hazel

Witch hazel adalah tanaman yang bentuknya menyerupai bunga dan semak. Nama ilmiah witch hazel adalah Hamamelis virginiana L. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara, tepatnya pantai Atlantik.

Witch hazel dikenal akan kandungan antioksidan berupa polifenol dan tanin yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Biasanya, witch hazel diekstrak dan tersedia juga dalam bentuk cairan.

Dalam sebuah studi berjudul Medicinal Plants Used in Treatment of Inflammatory Skin Disease disebutkan kalau witch hazel merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi mata bengkak karena menangis.

Penggunaannya tidak boleh sembarangan. Kamu harus menggunakan kapas sebagai medianya. Setelah cairan witch hazel diteteskan ke kapas, lalu tap-tap perlahan di atas pipi. Jangan sampai menyentuh kelopak mata bawah, ya.

Sebelum menggunakannya, alangkah baiknya kamu cek label produknya terlebih dulu, apakah produk tersebut aman diaplikasikan pada area sekitar mata atau tidak.

5. Gunakan alat massage wajah

Menggunakan alat massage wajah seperti facial roller dan gua sha boleh dicoba untuk memijat kulit di sekitar mata. Kamu juga bisa menggunakan serum atau minyak wajah agar area tersebut licin dan mudah dipijat.

Sebenarnya, cara kerja alat ini hampir sama dengan pijat manual dengan jari. Penggunaan alat ini dapat membantu melancarkan aliran darah dan membantu produk skincare meresap ke dalam kulit.

6. Aplikasikan krim atau serum dingin

Meski harus diulang beberapa kali, tidak ada bosannya mengingatkan kalau mendinginkan area mata bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Seperti halnya sensasi dingin yang diberikan oleh kompres dingin, kita juga bisa mengaplikasikan produk skincare yang telah dimasukkan ke dalam kulkas, misalnya krim mata.

Tapi, satu hal yang harus kamu ingat, pastikan produk yang kamu gunakan aman untuk diaplikasikan pada area mata, ya.

7. Ubah pola makan

Mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan cairan harian bisa mengurangi tampilan mata bengkak karena menangis. Pada akhirnya, bukan hanya mata saja yang sehat, organ tubuh yang lain juga sehat, lho.

Beberapa poin yang perlu kamu perhatikan adalah:

  • Memenuhi asupan cairan. Setidaknya, minum 8-10 gelas sehari. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti mentimun, dan jenis buah dan sayuran lainnya.
  • Tidak berlebihan. Tidak berlebihan yang di maksud di sini adalah tidak berlebihan dalam minum alkohol, kafein, atau minuman berenergi. Ketiga jenis minuman tersebut berperan sebagai diuretik dan memicu dehidrasi.
  • Kurangi garam. Kamu bisa mengurangi garam dengan mengurangi makanan olahan. Mengonsumsi makanan kaya akan garam menyebabkan tubuh menyerap air lebih banyak dan mengakibatkan bengkak.
  • Daun parsley. Secara turun temurun, memakan daun parsley dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun dari ginjal.
  • Teh herbal. Meski sudah melakukan kompres menggunakan kantung teh, kamu juga disarankan untuk meredakan mata bengkak karena menangis dengan meminum teh herbal sebab kandungan kafein yang terkandung di dalamnya.

8. Minum vitamin mata

Vitamin mata merupakan vitamin yang dibuat khusus untuk memelihara kesehatan mata pada umumnya dan mengatasi mata bengkak karena menangis pada khususnya.

Berkat kandungan di dalamnya, vitamin mata terbukti ampuh dapat mengurangi mata bengkak setelah menangis, misalnya vitamin mata Eyebost.

Vitamin mata Eyebost dikenal juga dengan madu Eyebost sebab madu hutan asli dijadikan sebagai bahan utama pada vitamin mata ini.

Tidak hanya itu, madu Eyebost dikombinasikan dengan ekstrak wortel, buah bilberry, bunga marigold, dan flavor blueberry yang kaya akan antioksidan polifenol, lutein, antosianin, flavonoid, dan vitamin A, C, E.

Kamu tidak perlu khawatir sebab vitamin mata Eyebost aman dikonsumsi oleh segala usia mulai dari balita berusia di atas 2 tahun, anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, hingga penderita diabetes sekalipun sebab terbuat dari 100% bahan alami.

Untuk memperoleh mata yang sehat secara fisik dan fungsinya, serta penglihatan jernih, tajam, dan fokus, minumlah vitamin mata Eyebost cukup 2 sendok sehari. Akan tetapi, kondisi seperti diabetes memiliki aturan minum khusus, ya.

Zaman sekarang, mata sehat tidak hanya impian belaka. Madu Eyebost menawarkan manfaatnya untuk senantiasa memelihara kesehatan mata dan penglihatan.

Pesan dan minum vitamin mata Eyebost sekarang juga, yuk!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi