Lifestyle

4 Bahaya Main Hp di Tempat Gelap, Mulai Dari Kerusakan Retina Hingga Jam Tidur yang Kacau

/

by Shaffi Kareem


Sebagai orang dewasa, kita cenderung menjadi orang yang berpikiran lebih sederhana, santai, dan rasional. Bukan hanya dalam pekerjaan, hal tersebut nampak jelas pada kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh kasusnya adalah ketika kita memilih untuk me-time di rumah pada hari libur. Menyingkir sejenak dari ke-hectic-an dengan main hp di tempat gelap menjadi hiburan tersendiri.

Meskipun begitu, tahukah kamu bahwa main hp di tempat gelap tidak baik untuk kesehatanmu?

Nah, topik inilah yang akan coba kita gali lebih jauh mengingat banyak dari kita yang masih melakukannya tanpa tahu kebenarannya. Pun, saat ini banyak anak-anak yang mencontoh kebiasaan buruk tersebut.

Selain itu, kita juga akan membahas mengenai tips bermain hp agar mata tetap sehat pada akhir artikel, lho.

So, stay tuned, friends!

Main Hp di Tempat Gelap

Rebahan di kamar sepanjang hari sudah menjadi hiburan tersendiri bagi orang dewasa ketimbang harus bepergian ke tempat wisata, mall, dan lain sebagainya. Terlebih lagi dengan ruangan kamar yang gelap.

Baca Juga: Ketahui 7 Penyebab Mata Gatal untuk Mencegah Komplikasi

Main hp di tempat gelap sudah menjadi barang biasa bagi sebagian orang. Padahal, kebiasaan semacam ini kurang baik nih, teman mata.

Pada dasarnya, layar gawai seperti hp memancarkan sinar biru atau yang disebut juga dengan blue light. Perlu kita ketahui bersama, sinar biru adalah sinar bergelombang pendek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila terpapar terus menerus ke tubuh, tak terkecuali mata.

Menurut seorang asisten profesor di Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo bernama Ajith Karunarathne, PhD, sudah  menjadi rahasia umum bahwa sinar biru membahayakan mata dengan merusak retina mata itu sendiri.

Tidak hanya itu, risiko mata lelah pun kian meningkat dengan perbedaan cahaya antara layar hp dengan pencahayaan di sekitar ruangan. Otot mata harus bekerja lebih ekstra saat menatap layar sehingga lama kelamaan otot pun menegang. Hal inilah yang disebut dengan mata lelah.

Meskipun tidak berbahaya, mata lelah menimbulkan ketidaknyamanan pada mata penderitanya. Beragam gejala mungkin muncul, seperti mata merah, berair, sensitif terhadap cahaya, bahkan sakit kepala, mual, dan muntah.

Bagaimanapun, ahli medis mengungkapkan bahwa main hp di tempat gelap berpotensi memperburuk mata minus yang kamu alami. Jadi, kebiasaan semacam ini sangat tidak disarankan ya, teman mata.

Bahaya Main Hp di Tempat Gelap

Main hp di tempat gelap menjadi healing tersendiri bagi beberapa orang. Namun, kebiasaan seperti ini harus dihentikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ya.

Berikut di bawah ini merupakan bahaya main hp di tempat gelap dilihat dari dunia medis, di antaranya adalah:

1. Rusaknya Retina

Main hp di tempat gelap harus disudahi sebab hampir tidak ditemukan manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan semacam ini.

Salah satu bahaya main hp di malam hari adalah kerusakan retina mata. Basically, retina merupakan mata bagian dalam yang bertugas untuk mengubah cahaya yang masuk ke dalam mata menjadi sinyal elektrik yang dikirim oleh saraf optik ke otak, yang akan menciptakan gambar dari benda yang kita lihat.

Retina terancam rusak dengan masuknya sinar biru atau blue light. Sinar tersebut merusak sel pada retina dan sayangnya, kerusakan ini tidak dapat diperbaiki.

2. Muncul Mata Lelah

Bukan hanya tubuh, mata juga merupakan organ yang dapat merasakan lelah. Kondisi ini disebut dengan mata lelah. Meskipun demikian, tahukah kamu bagaimana terjadinya mata lelah?

Mata lelah atau eye strain adalah suatu kondisi ketika otot mata mengalami penegangan dalam jangka waktu yang lama akibat dipaksa fokus saat melakukan aktivitas tertentu.

Pada kasus ini, main hp di tempat gelap memaksa otot mata untuk melakukan penyesuaian dengan perbedaan intensitas cahaya dari ruangan gelap dan layar hp yang terang. Lama kelamaan, otot mata menegang dan terasa lelah.

Saat mengalami mata lelah, kamu akan mengalami beberapa gejala seperti mata merah, berair, perih, mata sensitif terhadap cahaya (fotofobia), pusing, mual, dan muntah.

3. Risiko Depresi Meningkat

Memiliki kebiasaan main hp di tempat gelap terutama saat jam tidur meningkatkan risiko seseorang terkena depresi nih, teman mata.

Pada dasarnya, melatonin adalah hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam otak. Hormon ini berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun tidur serta ritme sirkadian.

Seharusnya, hormon melatonin diproduksi pada malam hari. Namun, ketika kita memilih untuk main hp di tempat gelap khususnya pada malam hari, hal tersebut akan menyebabkan penurunan produksi melatonin dan berimbas pada peningkatan gangguan kecemasan bahkan depresi.

4. Jam Tidur Berantakan

Normally, hormon melatonin aktif di malam hari dan membuat kita mengantuk. Namun, main hp di tempat gelap khususnya pada saat jam tidur akan mengganggu sistem kerja hormon tersebut sehingga kita tidak merasa mengantuk.

Tidak sampai di situ, terganggunya hormon melatonin dapat mengacaukan emosi dan meningkatkan tingkat kecemasan. Akibatnya, peluang untuk mengalami depresi pun meningkat.

Tips Bermain Hp Agar Mata Tetap Sehat

Hadirnya hp dan jenis gawai lainnya sangat memudahkan segala urusan kita. It can’t be denied. Segala sesuatu terasa lebih efisien dan efektif dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi yang ditawarkan.

What’s more, hiburan sangat mudah diperoleh tanpa harus melangkahkan kaki sekalipun. Dengan hp, ada beragam jenis hiburan yang dapat kita nikmati, mulai dari game, film, series TV, drama korea, video lucu, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, kecanggihan dan kemudahan yang ada menuntut kita untuk lebih bijak dalam penggunaannya. Berikut di bawah ini merupakan tips bermain hp agar mata tetap sehat yang dapat kita terapkan, di antaranya adalah:

  • Istirahatkan mata. Ahli medis mengungkapkan bahwa mengistirahatkan mata cukup efektif untuk mencegah mata lelah dengan menerapkan aturan 20-20-20, yang artinya: “Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik”.
  • Gunakan pencahayaan yang cukup. Main hp di tempat gelap memicu terjadinya mata lelah. Oleh karenanya, pastikan pencahayaan dalam ruangan cukup dan tidak terlalu terang. Kalau ingin mematikan lampu, lampu belajar dapat menjadi solusi yang tepat.
  • Pakai pelindung mata di luar ruangan. Memakai kacamata dengan filter sinar biru dapat  membantu memfilter sinar biru yang dipaparkan oleh layar gawai.
  • Makan makanan bergizi tinggi. Asupan makanan sangat penting untuk memastikan mata selalu sehat. Perbanyak makanan dengan nutrisi penting untuk mata seperti vitamin A, C, E, asam lemak omega 3, lutein, zeaxanthin, dan antosianin.
  • Periksa mata secara rutin. Memeriksakan mata secara rutin, at least 1-2 tahun sekali, dapat membantu mendeteksi penyakit mata tak bergejala. Hal tersebut menekan risiko penyakit mata bertambah parah.
  • Pilih kacamata atau lensa kontak yang tepat. Gunakan kacamata atau lensa kontak dengan resep dan ukuran yang tepat untuk meningkatkan kualitas penglihatan.
  • Berhenti merokok. Menurut ahli medis, merokok berkaitan erat dengan terjadinya sindrom mata kering. Maka dari itu, berhenti merokok akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan mata dan sistem pernapasan, lho.

Itulah kiranya pembahasan mengenai main hp di tempat gelap yang dapat kita gali pada kesempatan kali ini. Hal ini semakin menyadarkan kita bahwa selama ini kita masih kerap kali melakukan kebiasaan yang dapat membawa keburukan bagi kesehatan mata.

Memperoleh mata yang sehat bukan hal yang mustahil untuk digapai, kok. Selain cara-cara di atas, kamu juga disarankan untuk minum vitamin mata seperti Eyebost untuk menambah asupan nutrisi untuk mata.

For your information, Eyebost adalah vitamin mata yang diformulasikan untuk memelihara kesehatan mata, meningkatkan kualitas penglihatan, serta meredakan iritasi mata berkat bahan-bahannya yang berkualitas tinggi.

Eyebost terbuat dari ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli sehingga tidak heran kalau Eyebost disebut juga sebagai madu herbal. Rasanya pun manis dan segar yang disukai oleh semua orang.

Dengan minum Eyebost setiap hari, kamu memperoleh nutrisi kompleks seperti vitamin A, C, E, serta antioksidan bernama antosianin, lutein, flavonoid, dan polifenol.

Tunggu apalagi, yuk pesan dan minum Eyebost sekarang juga!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi