Kesehatan

11 Jenis Kebiasaan Yang Merusak Mata, Pakai Kosmetik Salah Satunya!

/

by Shaffi Kareem


Kamu hobi traveling?

Ketimbang rebahan, melakukan kegiatan yang produktif seperti jalan-jalan patut kamu coba untuk mengisi hari libur. Menikmati pemandangan menjadi cara tersendiri untuk memperbaiki suasana hati.

Jangan lupa, persiapannya juga harus matang, ya. Di satu sisi, melakukan kegiatan outdoor baik untuk kesehatanmu, namun di sisi lain, kegiatan semacam ini berpotensi merusak mata nih, teman mata.

Eh, kok bisa?

Cocok banget nih teman mata, isu yang akan kita kupas pada artikel mengenai kesehatan mata adalah tentang merusak mata. Kamu akan menemukan berbagai informasi penting dan menarik di bawah ini yang beberapa di antaranya seperti kegiatan, warna, dan makanan yang merusak mata.

Hayuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama!

Jenis Kebiasaan Yang Merusak Mata

Tak ayal, menjalani hari-hari yang produktif sangat menyenangkan. Bertemu dengan banyak orang, memperoleh pengetahuan baru, pikiran jadi fresh, mood bagus, dan terkadang, ada bonus foto-foto juga. Pokoknya, setiap detiknya terasa bermanfaat, deh.

Baca Juga: Mengungkap Umur Berapa Bayi Bisa Melihat Beserta 4 Tahapan Penglihatan Bayi

Namun di sela-sela berkegiatan, ada banyak kebiasaan yang merusak mata dan seringkali tidak kita sadari. Berikut di bawah ini telah terangkum lengkap mengenai jenis kegiatan yang berpotensi merusak mata, yaitu:

1. Merokok

Merokok membunuhmu”, begitulah kiranya kalimat yang terpampang nyata pada bungkus rokok. Kalimat tersebut benar adanya dan bukan hanya ingin menakut-nakuti saja lho, teman mata.

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang merusak mata entah kamu sadari atau tidak. Ada sebuah studi penelitian yang menyebutkan bahwa merokok memicu mata kering.

Meskipun mata kering tergolong penyakit mata ringan, membiarkannya tanpa perawatan bukan pilihan yang tepat. Kondisi ini dapat berakibat fatal, seperti abrasi atau goresan kornea serta ulkus kornea.

2. Menatap layar gadget terlalu lama

Gadget atau gawai adalah perangkat yang dikembangkan guna mempermudah hampir semua aktivitas sehari-hari, mulai dari hal urgent hingga sekedar mencari hiburan saja.

Bak mata pisau, gawai merusak mata kalau digunakan terlalu lama akibat sinar biru yang dipaparkan melalui layar gawai. Hakikatnya, sinar semacam ini merupakan warna yang berbahaya bagi kesehatan terutama mata.

3. Jarang mengonsumsi buah dan sayur

Tuhan telah mencukupkan kebutuhan kita di dunia, termasuk hadirnya buah dan sayur di muka bumi ini.

Nah, dengan segala kebaikannya, buah dan sayur membantu kita memenuhi asupan makanan, nih.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan junk food atau fast food tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya mata.

4. Mengucek mata

Mata gatal memang paling enak mengucek mata. Rasa nyaman setelah mata dikucek menjadi ketenangan tersendiri.

Meskipun demikian, seringkali mengucek mata berlebihan justru menyebabkan kondisi matamu semakin parah, misalnya terjadinya keratoconus, dan lain-lain.

5. Tidak memakai pelindung mata yang aman

Banyak dari kita yang belum menyadari bahwa melindungi mata menggunakan pelindung mata merupakan merupakan sebuah keharusan.

Terlebih lagi jika pekerjaanmu melibatkan alat-alat berat, zat kimia, kaca, serta pasir yang berpotensi masuk ke dalam mata.

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan yang merusak mata ini. Agar lebih aman, pakai pelindung mata, ya!

6. Begadang

Seperti kata Bang Rhoma Irama, jangan begadang kalau tidak ada artinya.

Ternyata, begadang masuk ke dalam salah satu deretan kebiasaan yang merusak mata nih, teman mata.

Kurang tidur akibat begadang akan memicu mata kering dan berbagai keluhan lainnya. Idealnya, tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

7. Tidak memakai kacamata hitam

Memakai kacamata hitam bukan persoalan gaya-gayaan nih, teman mata. Memakai kacamata hitam adalah tentang kesadaran menjaga kesehatan mata.

Kamu harus tahu kalau tidak memakai kacamata hitam merupakan kebiasaan yang bisa merusak mata sebab paparan sinar biru dari matahari berpotensi menyebabkan kerusakan sel retina.

Bahaya banget, bos

8. Tidak pernah memeriksakan mata

Siapa di sini yang sudah pernah melakukan pemeriksaan mata rutin?

Sepertinya, hanya segelintir orang yang pernah melakukannya. Kebanyakan dari kita masih memiliki kesadaran akan menjaga kesehatan mata yang rendah.

9. Memakai softlens saat tidur

Secara umum, softlens memiliki dua fungsi yaitu untuk mengoreksi kelainan refraksi (mata minus) dan fungsi estetika alias lucu-lucu an saja.

Kendatipun, ada berbagai poin penting yang harus kamu perhatikan ketika memakai softlens. Salah satunya adalah tidak memakai softlens untuk tidur.

Nah, memakai softlens untuk tidur adalah kebiasaan yang merusak mata. Risiko softlens masuk dan hilang di dalam mata meningkat.

10. Tidak mengoreksi kelainan refraksi

Ada dua jenis orang di muka bumi ini, yaitu yang pe-de menggunakan kacamata dan yang terlampau tidak nyaman memakainya.

Tidak boleh dibiarkan, kelainan refraksi harus segera diatasi sesegera mungkin agar tidak semakin parah dan mencegah terjadinya kebutaan.

Membiarkan mata minus merupakan bagian dari kebiasaan yang merusak mata, lho.

11. Kurang tepat dalam menggunakan kosmetik

Tidak ada salahnya menggunakan kosmetik karena semua perempuan cantik dan berharga. Namun, penggunaan kosmetik juga membutuhkan ilmu, ya.

Kurang tepat dalam pemakaian kosmetik bisa menjadi suatu kebiasaan yang merusak mata. Contohnya, penggunaan maskara yang terlalu dekat dengan bulu mata bisa mengakibatkan sumbatan pada kelenjar minyak sehingga peradangan pun tak terhindarkan.

Perhatikan juga tanggal kadaluarsa setiap produk kosmetik yang kamu kenakan. Bukannya makin cantik, kesehatan mata terancam akibat penggunaan kosmetik kadaluarsa.

Warna Apa yang Merusak Mata

In fact, mata memiliki kemampuan untuk mendeteksi lebih dari satu juta warna. Tanpa warna, hidup kita mungkin tidak akan semenarik ini, misalnya pepohonan yang hijau, jeruk berwarna oranye, langit yang biru, dan masih banyak lagi.

But, tahukah kamu kalau ada satu warna yang merusak mata?

Ya, biru!

Ngomong-ngomong, biru adalah salah satu warna yang sangat kontroversial. Warna ini adalah warna favorit bagi banyak orang karena memiliki kesan tenang, aman, dan rileks.

Dalam dunia bisnis, warna biru lebih banyak digunakan untuk merepresentasikan perusahaan atau organisasi yang stabil dan dapat dipercaya, ketimbang warna merah.

Secara medis, warna biru dikenal atas kemampuannya untuk menurunkan suhu tubuh dan denyut nadi. Di sisi lain, warna ini memiliki sisi negatif yang tidak kalah membagongkan.

Biru adalah warna yang menggambarkan kesedihan dan kesepian. Berangkat dari ide ini, ada sebuah ungkapan yang berbunyi “She has the blue” atau “I’m feeling blue” yang mana biru artinya sedih atau kesepian.

Selain itu, warna biru sangat cocok diaplikasikan saat kamu ingin menurunkan berat badan atau diet sebab warna semacam ini akan membantumu menurunkan nafsu makan, misalnya dengan menggunakan piring berwarna biru.

Bagaimanapun, satu poin yang paling mencengangkan adalah bahwa biru adalah warna yang merusak mata dalam keterkaitannya dengan sinar biru nih, teman mata.

Paparan sinar biru terlalu banyak dan lama menyebabkan kerusakan sel retina mata. Panjang gelombang biru menyebabkan lonjakan kalsium yang dapat mengubah bentuk sel. Pada akhirnya, kematian sel pun tak terhindarkan.

Oleh karenanya, jangan sampai kebaikan yang kamu dapatkan dari warna biru tergantikan dengan kerusakan yang ditimbulkan. Bahkan, kamu harus tahu kalau sinar biru menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan.

Makanan yang Merusak Mata

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukanlah yang pada akhirnya merusak tubuh. Bukan hanya soal kebiasaan dan warna saja, melainkan ada juga makanan yang merusak mata.

Sudah menjadi rahasia umum kalau asupan makanan menjadi ajang penimbunan racun dan berbagai zat berbahaya lainnya bagi tubuh. Adapun beberapa contohnya, seperti:

  • Processed meat atau daging olahan
  • Pasta, roti, atau makanan berbahan dasar tepung lainnya
  • Kafein seperti teh dan kopi
  • Gorengan
  • Minuman alkohol
  • Fast food atau makanan cepat saji
  • Minuman manis
  • Kerang dan ikan tertentu yang disinyalir mengandung merkuri

Wah, ternyata menjaga kesehatan mata bukan hanya soal mengistirahatkan mata dari gadget saja ya, teman mata, melainkan ada begitu banyak hal yang harus kita pertimbangkan.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah memenuhi asupan nutrisi untuk mata dengan minum vitamin mata Eyebost. Vitamin mata yang satu ini terbukti ampuh dapat memelihara mata tetap jernih, tajam, dan fokus.

Komposisinya tidak main-main nih, teman mata. Semua bahan-bahannya 100% alami tanpa pengawet buatan seperti ekstrak buah bilberry, bunga marigold, wortel, dan madu hutan asli.

Berkat Eyebost, nutrisi untuk mata terpenuhi, meliputi vitamin A, C, E, serta antioksidan lutein, antosianin, flavonoid, dan polifenol. Tidak hanya memelihara kualitas penglihatan, Eyebost menjaga mata dari berbagai jenis penyakit mata.

Yang tak kalah menenangkan adalah bahwa vitamin mata Eyebost aman diminum oleh anak-anak, remaja, dewasa, lansia, hingga penderita diabetes tanpa efek samping.

Sekarang saatnya kamu membuktikan dahsyatnya manfaat Eyebost!

Ingat mata, ingat Eyebost!


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Lilla
Online
|
//
Konsultasi