Kesehatan

4+ Cara Menghilangkan Mata Memar Agar Kepercayaan Diri Tidak Menurun

/

by Shaffi Kareem


Kalau kita perhatikan, anak-anak kecil memiliki energi yang tidak ada habisnya untuk bermain dan berlarian hingga terkadang membuat orangtua ‘ketar-ketir’ buah hatinya jatuh dan terluka. Ngomong-ngomong soal luka, ternyata luka gak selalu mengeluarkan darah loh, moms.

Salah satu luka tak berdarah adalah memar. Sebenarnya, luka adalah luka yang terjebak di bawah kulit sehingga kulit terlihat berubah warna dan bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk mata.

Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, ada beberapa cara menghilangkan mata memar yang mungkin dialami oleh anak-anak akibat cedera saat bermain ataupun bagi orang dewasa yang dengan sengaja atau tidak segaja terpukul di bagian matanya.

Gak usah basa-basi lagi, kita langsung ke pembahasan mata memar, yuk!

Apa Itu Mata Memar?

Cara Menghilangkan Mata Memar

Memar adalah luka yang terjadi karena adanya cedera berupa benturan yang mengakibatkan pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah. Darah akan merembes ke jaringan di sekitarnya dan membeku.

Memar atau lebam ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi biru, ungu, merah, atau bahkan hitam. Meskipun tidak ada darah yang mengucur, memar mengakibatkan rasa nyeri terutama apabila luka ditekan.

Luka jenis ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, tak terkecuali mata. Dalam istilah medis, memar pada mata disebut dengan periorbital hematoma yang ditandai dengan adanya memar di sekitar mata.

Baca Juga: Apakah Benar Mata Panda Disebabkan Karena Kurang Tidur? Simak!

Umumnya, luka memar bisa hilang dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Tapi, kamu juga harus waspada apabila memar disertai dengan gejala lain karena bisa saja luka yang kamu alami merupakan tanda atau sinyal terjadinya masalah kesehatan di tubuhmu.

Penyebab Mata Memar

Cara Menghilangkan Mata Memar

Bagi orang dewasa, mata memar kena tonjok sangat mungkin terjadi akibat adanya suatu permasalahan yang melibatkan luapan emosi tak terkendali. Selain perubahan warna pada sekitar mata, timbul juga rasa nyeri yang menyakitkan.

Tetapi, kamu harus tahu kalau tidak selamanya mata memar terjadi akibat adanya benturan. Ada beberapa penyebab mata memar, di antaranya adalah:

1. Cedera

Cedera atau luka di daerah mata menjadi penyebab mata memar yang paling sering. Adanya benturan pada jatuh, kecelakaan, atau pukulan di daerah mata, menyebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah dan darah merembes.

Oleh sebab itu, muncul memar di sekitar mata. Tapi tenang! Mata memar akibat bentura biasanya akan menghilang atau sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa perawatan khusus.

2. Kerusakan tulang tengkorak

Skull fracture atau kerusakan tulang tengkorak merupakan salah satu penyebab mata memar yang ditandai dengan sekeliling mata berwarna hitam. Kondisi ini disebut juga dengan raccoon eyes.

Kondisi ini membutuhkan penangan dengan segera untuk mengurangi risiko terjadinya kompikasi karena raccoon eyes adalah suatu tanda terjadinya masalah serius pada bagian kepala atau di sekitat wajah.

3. Prosedur operasi

Penyebab mata memar lainnya adalah akibat prosedur operasi seperti operasi hidung atau rahang. Di samping itu, operasi facelift yang merupakan prosedur operasi kecantikan yang bertujuan untuk membuat wajah lebih kencang dan halus juga bisa menyebabkan mata memar.

Setelah operasi dilakukan, wajah akan membengkak selama beberapa hari. Setelah bengkak mereda, mungkin barulah memar akan muncul tak terkecuali mata.

Kamu gak perlu khawatir mencari cara menghilangkan mata memar setelah operasi karena memar akan membaik dengan sendirinya dalam hitungan hari, ya.

4. Gangguan pembekuan darah

Sebuah kelainan pembukan darah bernama hemofilia terjadi akibat tubuh kekurangan protein sehingga proses pembekuan terganggu. Biasanya, kelainan ini diturunkan oleh seorang ibu ke anak laki-lakinya.

Gangguan pembekuan darah atau hemofilia yang diderita seseorang bisa menyebabkan mata memar tanpa sebab meskipun tidak mengalami benturan atau cedera sama sekali.

5. Infeksi

Penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti bintitan, blefaritis, atau kalazion merupakan penyebab lain dari mata memar. Selain memar, penyakit mata tersebut disertai dengan kelopak mata gatal, bengkak, keras, dan keluarnya nanah.

Bagaimanapun, cara menghilangkan mata memar akibat infeksi bakteri bisa dilakukan dengan kompres hangat atau mengonsumsi obat paracetamol untuk menghilangkan nyeri. Konsultasikan dengan dokter apabila terasa mengganggu dan menyakitkan.

Penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti bintitan, blefaritis, atau kalazion merupakan penyebab lain dari mata memar. Selain memar, penyakit mata tersebut disertai dengan kelopak mata gatal, bengkak, keras, dan keluarnya nanah.

Bagaimanapun, cara menghilangkan mata memar akibat infeksi bakteri bisa dilakukan dengan kompres hangat atau mengonsumsi obat paracetamol untuk menghilangkan nyeri. Konsultasikan dengan dokter apabila terasa mengganggu dan menyakitkan.

Apakah Mata Memar Berbahaya?

Cara Menghilangkan Mata Memar

Dalam derajat keparahan ringan, mata memar tidak bahaya dan bisa menghilang dalam hitungan hari tanpa perawatan khusus sekalipun. Tapi kamu harus waspada, mata memar bisa berbahaya kalau disertai dengan gejala seperti:

  • Hifema (terjebaknya darah di antara kornea dan iris)
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Pingsan
  • Penglihatan bermasalah
  • Nyeri yang teramat sangat
  • Demam
  • Sulit menggerakkan mata
  • Keluarnya darah adari hidung atau telinga

Kalau kamu mengalami mata memar disertai dengan gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi, mata memar yang kamu alami adalah sinyal terjadinya kerusakan otak atau masalah kesehatan lainnya.

Cara Menghilangkan Mata Memar

Cara Menghilangkan Mata Memar

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata, memar pada mata menurunkan kepercayaan diri seseorang terutama bagi orang-orang yang harus berinteraksi dengan orang lain setiap harinya, seperti customer service, guru, perawat, dan lain sebagainya.

Meskipun tidak bisa sembuh dalam satu hari, namun ada beberapa cara menghilangkan mata memar yang bisa membantu mempercepat penyembuhannya, di antaranya seperti berikut:

1. Kompres dingin

Kompres dingin dalam cara menghilangkan mata memar bertujuan untuk membuat aliran darah ke mata menjadi lebih lambat, sehingga penumpukan darah di bawah kulit bisa berkurang.

Selain itu, kompres dingin bisa meredakan nyeri dan pembengkakan pada mata. Cara ini terbilang efektif karena bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah dengan tahapan sebagai berikut:

  • Siapkan wadah, air es, dan kain lembut
  • Celupkan kain ke dalam air es dan peras hingga air tiris
  • Letakkan kain di atas mata tertutup dan biarkan 10-20 menit
  • Lakukan secara rutin hingga memar mereda

2. Kompres hangat

Kompres hangat adalah salah satu cara menghilangkan mata memar yang dilakukan untuk memperlancar aliran darah agar rasa nyeri mereda. Ingat ya, pastikan kamu menggunakan air hangat, bukan air panas!

Cara menghilangkan mata memar yang satu ini hampir sama dengan kompres dingin. Yang membedakan hanya pada air yang digunakannya saja. Ada beberapa step yang bisa kamu ikuti, seperti:

  • Siapkan wadah, air hangat, dan kain lembut
  • Celupkan kain ke dalam air hangat dan peras hingga tidak ada air menetes
  • Tempelkan kain di atas mata dan biarkan selama 10-20 menit
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal

3. Memijat bagian mata

Cara menghilangkan mata memar yang satu ini dilakukan dengan memijat bagian mata yang memar. Cara ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah sehingga mata memar akan berangsur-angsur membaik.

Jangan terlalu menekan daerah mata memar karena dikhawatirkan akan memperparah kondisinya. Oh iya, segera hentikan pijatan kalau timbul rasa nyeri pada luka memar yang kamu alami, ya!

4. Memberikan salep

Memberikan salep yang mengandung vitamin C merupakan cara menghilangkan mata memar yang bisa kamu lakukan. Vitamin C dikenal akan manfaatnya meredakan memar atau lebam.

Fun fact, orang yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin C lebih berisiko mengalami memar, sehingga pemberian salep vitamin C merupakan cara menghilangkan mata memar yang tepat. Tapi, kamu harus konsultasikan telebih dulu dengan dokter, ya!

5. Mengonsumsi buah bilberry

Buah bilberry beda dengan blueberry ya, bestie. Bentuknya memang hampir mirip, tapi buah bilberry mengandung jumlah vitamin C dan E yang lebih banyak.

Buah yang satu ini telah teruji secara klinis akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata, termasuk meredakan mata memar. Cara menghilangkan mata memar dengan bilberry bisa dilakukan dengan mengonsumsi secara langsung, jus buah, ataupun vitamin mata.

Salah satu vitamin mata yang mengandung bilberry adalah Eyebost. Terbuat dari ekstrak bilberry yang dikombinasikan dengan ekstrak wortel, bunga marigold, dan madu asli yang kaya akan vitamin A, C, E, senyawa lutein, betakaroten, dan antioksidan.

Kamu cukup mengonsumsi Eyebost sebanyak 2 sendok sehari secara rutin agar mata lebih sehat, jernih, fokus, dan tajam. Selain itu, mata kamu bebas dari gangguan mata, deh!

Kosmetik mungkin bisa menutupi berbagai permasalahan mata seperti mata memar, mata panda, kerutan mata, dan lain-lain. Tapi, hal ini akan semakin menyadarkanmu betapa pentingnya menjaga kesehatan mata.

Tanpa mata, kita tidak bisa menikmati keindahan dunia yang terbentang dengan sedimikian sempurnanya di atas muka bumi. Terlebih lagi sudah memasuki bulan puasa di mana kita akan lebih sering membaca Al Quran. Eitsss… selamat berpuasa ya! Semoga puasa kamu selalu lancar! Aaamiin.


Share on:

ISFJ type of human.

Tinggalkan komentar

logo eyebost

Eyebost adalah vitamin mata alami yang diracik menggunakan bahan pilihan terbaik, eyebost membuat mata jadi jernih.

Kontak Kami

eyebostofficial@gmail.com

+6281327850411

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Jam Pelayanan

Senin – Jum'at: 08.00 am – 16.00 pm

Sabtu: 08.00 am – 14.00 pm

Minggu: Slow Respon

Yuk pesan eyebost sekarang di eyebost.id agar mata makin sehat dan jernih
//
CS Kamel
Online
|
//
Konsultasi